Review ERHA.DNA, Sistem Pintar Perawatan Kulit Wajah Berbasis AI dan DNA

By Keke Naima - October 31, 2019

Review ERHA.DNA, Sistem Pintar Perawatan Kulit Wajah Berbasis AI dan DNA - "Apa jenis kulit mu?"

Kalau ada yang bertanya seperti itu ke Chi, biasanya akan dijawab kombinasi. Ya gak salah juga sih jawab seperti itu. Selama ini memang masyarakat secara umum hanya mengenal 4 jenis kulit yaitu kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. 4 jenis kulit ini dipopulerkan oleh Helena Rubinstein, seorang tokoh kosmetik, pada tahun 1900-an.


Review ERHA.DNA, Sistem Pintar Perawatan Kulit Wajah Berbasis AI dan DNA

Seiring dengan berkembangnya berbagai inovasi perawatan kulit, penggolongan 4 jenis kulit ini terasa kurang spesifik. Saat ini, alat ukur yang dipakai adalah Bauman Skin-Type Indicator (BSTI) atau Indikator tipe kulit Baumann. Di mana indikator ini lebih akurat karena ada 16 klasifikasi jenis kulit.


Launching ERHA.DNA, Sistem Pintar untuk Perawatan Kulit


Beberapa waktu lalu, saat sedang kumpul keluarga besar, tante Chi tanya produk perawatan kulit yang Chi pakai. Katanya kulit wajah Chi semakin terlihat glowing. Ketika Chi bilang pakai ERHA.DNA, spontan tante-tante Chi ini bilang, "Ooooh ERHA. Panteeeess bagus."

ERHA CLINIC memang sudah dikenal memiliki berbagai perawatan kulit yang bagus. Selama 2 dekade terakhir, ERHA telah mendalami konsep perawatan kulit untuk menghasilkan berbagai produk Over The Counter (OTC) untuk konsumen dengan mobilitas tinggi dengan permasalahan kulit yang ringan. Melalui inovasi teknologi perawatan kulit serta konsultasi dengan dermatolog, ERHA membantu para konsumen merawat serta mengatasi permasalahan pada kulit.

Inovasi teknologi perawatan kulit wajah ERHA terus berlanjut. Time Spent serta Trial and Error seperti menjadi permasalahan mendasar saat ini. Apalagi sejak adanya media sosial. Banyak konsumen yang terpengaruh dengan berbagai produk di media sosial padahal belum tentu cocok.


smart assistant erha dna
ERHA.DNA Mobile Apps


Kamis (24/10) bertempat di Treasury Tower, Jakarta, diluncurkan produk ERHA.DNA. Produk ini menjadi solusi bagi permasalahan mendasar yang disebut dengan 3 Consumer Point yaitu Time Spent, Cost, dan Trial and Error.


“Untuk mempermudah konsumen dalam mengidentifikasi dan merawat kulit mereka, ERHA mempersembahkan inovasi terbarunya, ERHA.DNA sebagai smart skin solution yaitu sebuah sistem pintar berbasis artificial intelligence (AI) dan DNA, untuk menentukan personalized product yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan unik setiap individu. Karena tidak ada individu yang sama, sistem pintar ERHA.DNA akan membantu merawat kulit dengan tingkat akurasi penilaian yang tinggi karena diformulasikan sesuai dengan hasil tes AI dan DNA tubuh kita,” jelas dr. Devina Nova Estikaratri, Head of ERHA.DNA.

erha dna test kit
ERHA.DNA Test Kit


Ada 3 tahapan sistem terpadu untuk mengetahui jenis kulit berdasarkan tes genetika yaitu

  1. SMART ASSISTANT menggunakan ERHA.DNA Mobile Apps bisa didownload di GooglePlay dan iOS
  2. SMART INNOVATION menggunakan ERHA.DNA Test Kit
  3. SMART TREATMENT dengan ERHA.DNA Skincare Products

skin journal erha dna
Skin Journal ERHA.DHA


Tidak hanya itu, Chi juga mendapatkan Skin Journal ERHA.DNA. Ini semacam raport tentang kulit wajah. Skin journal ini ada di apps dan versi cetak. Jadi tau secara detil permasalah apa aja yang ada di kulit wajah Chi serta bagaimana solusinya.


Review ERHA.DNA Skincare Products


erha dna skincare products

2 sistem terpadu yaitu SMART ASSISTANT dan SMART INOVATION sudah Chi tulis pada postingan sebelumnya. Di postingan itu Chi jelaskan bagaimana menggunakan 2 sistem tersebut.

[Silakan baca: ERHA.DNA, Revolusi Teknologi untuk Perawatan Kulit Wajah]

Setelah itu, baru deh masuk ke sistem ketiga yaitu SMART TREATMENT. Setiap konsumen akan mendapatkan 5 produk yaitu cleanser, day moisturizer, sunscreen, essence, dan night moisturizer. Tentu saja kelima produk ini sudah disesuaikan dengan jenis kulit dan karakteristik genetik setiap individu.

Pemakaiannya mudah banget. Dari 5 produk yang Chi dapat, tahapannya sebagai berikut


  1. Pagi hari: Fasial Cleanser - Day Moisturizer - Sunscreen
  2. Malam hari: Facial Cleanser - Essence - Night Moisturizer


Facial Cleanser C12

Cleanser ini dipakai setiap pagi dan malam. Caranya wajah dibasahi terlebih dahulu kemudian aplikasikan cleanser. Pijat wajah dengan lembut selama lebih kurang 1 menit, lalu bilas dan keringkan. Cleanser ini mengandung Glycolic Acid, Withch Hazel, dan Aloe Vera. Manfaatnya membersihkan wajah dari minyak berlebih, menjaga kelembapan kulit, serta menjadikan wajah tampak segar dan bercahaya.


Day Moisturizer Md2

Setelah wajah dibersihkan dnegan facial cleanser, oleskan moisturizer secara tipis pada wajah dan ratakan. Day moisturizer ini mengandung Aquaxyl, Capryloyl Glycine, dan Niacinamide. Manfaatnya untuk menjaga kelembapan kulit dan membantu mengurangi produksi sebum berlebih.


Sunscreen Su1

Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah setelah menggunakan pelembap. Pakai tipis-tipis saja. Pakai lagi 15-30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Sunscreen ini mengandung Polymethyl Metacrylate, Kompleks Tabir Surya -1, dan Aloe Vera. Manfaatnya melindungi kulit dari photoaging dan dampak lain karena paparan radiasi ultraviolet matahari serta membantu menyerap minyak berlebih.


Essence Es4

Gunakan essence secara tipis dan ratakan ke seluruh wajah setelah dibersihkan dengan facial cleanser. Essence ini mengandung Alpha-Bisabolol, Sodium Hyaluronate, dan X50 Pure White. Manfaatnya menjadikan kulit wajah tampak lebih cerah, mempertahankan kelembapanb kulit, dan melindungi kulit dari kemerahan akibat iritasi.


Night Moisturizer Mn4

Gunakan pelembap ini setelah essence. Moisturizer ini mengandung Aquaxyl, Juventide, dan Zinc PCA. Manfaatnya mempertahankan kelembapan kulit dan membantu menyamarkan kulit halus pada wajah.

Sistem Pintar Perawatan Kulit Wajah Berbasis AI dan DNA
Belum menggunakan ERHA.DNA karena baru menerima


Musim kemarau yang berkepanjangan berimbas pada kulit wajah. Rasanya gak nyaman banget. Berasa semakinkering dan cekat-cekit agak perih. Makanya, harapan Chi ketika pertama kali menggunakan produk ERHA.DNA ini adalah bisa mengatasi masalah kulit wajah gara-gara cuaca.

Alhamdulillah berhasil! Baru pemakaian pertama, rasa kering dan perih di wajah sirna. Kulit jadi berasa lembap hingga saat ini. Perlahan hasil lainnya pun dirasakan. Kulit tidak hanya terasa lebih lembap, tetapi juga glowing. Ya gak heran kalau berhasil dengan cepat. Untuk mengetahui produk yang tepat pakai tes DNA dulu supaya hasilnya akurat.

[Silakan baca: Lakukan Teknologi DNA Sebelum Perawatan Wajah]



review erha dna
Sekitar 1 bulan pemakaian ERHA.DNA


Makanya tante-tante Chi pada nanya pakai apa karena melihat kulit wajah keponakannya ini terlihat semakin sehat hehehe. Foto di postingan ini juga diambil saat resepsi pernikahan adik yang paling kecil. Chi dandan tipis-tipis aja karena lagi seneng dengan kulit wajah yang semakin terlihat terawat.


Cara Mendapatkan Produk ERHA.DNA


Ada beberapa teman yang bertanya caranya mendapatkan produk ini dan harganya. Sebetulnya udah Chi ulas di postingan sebelumnya.

Singkatnya, yang pertama dilakukan adalah download apps ERHA.DNA terlebih dahulu. Setelah sign in, lakukan berbagai tahapan yang diminta. Kita akan diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang kondisi kulit sendiri. Setelah semua selesai, selanjutnya order ERHA.DNA Test Kit melalui apps. Harga alatnya Rp1,5 juta.

Test kit ini untuk tes DNA. Lakukan semua instruksinya dan laporkan melalui apps. Ada juga yang harus dikirim kembali ke ERHA untuk cek laboratorium. Sekitar 2-3 hari, hasilnya keluar. Kita akan tau report tentang kulit kita serta produk apa aja yang harus dipakai. Nah order deh produk tersebut via aplikasi. Harganya tiap produk bisa berbeda-beda.


“Peluncuran ERHA.DNA sebagai smart skin solution ini akan menjadi sebuah momen penting dari perjalanan 20 tahun ERHA sebagai brand dengan layanan dan produk perawatan kulit terpadu yang sejak awal, berkomitmen untuk terus melayani masyarakat dengan memberikan solusi terdepan dan hasil yang nyata. Sekaligus menjadi milestone bagi perjalanan Derma Global Ventura atau DGV sebagai holding company yang menaungi ERHA, yang merupakan salah satu dari sekian brand dalam portfolio bisnis kami di bidang dermatologi. Kami berharap peluncuran inovasi ERHA.DNA hari ini tidak hanya bisa menjadi bagian dari revolusi perawatan kulit Indonesia, tetapi juga memberikan kontribusi besar dalam menjaga kualitas kesehatan kulit masyarakat Indonesia,” tutup Alfons Sindupranata, CEO Derma Global Ventura.

Teman-teman tertarik juga dengan ERHA.DNA? Silakan cek info lengkapnya di:

www.erhadna.co.id
IG: @erhadna

  • Share:

You Might Also Like

49 comments

  1. Erha emang paling pengertian ya..Produk produknya di sesuaikan dengan kulit wanita indonesia hihi.. dijamin makin sehat dan glowing deeh

    ReplyDelete
  2. aku kepo sama Erha DNA ini mba, btw kulit mbak Chi udah bagus ah :) jadi makin bagus ya pakai Erha DNA ini

    ReplyDelete
  3. Wah kelihatan ya wajah yg terawat dgn skincare ERHA DNA ini, make up tipis2 saja tetap nampak glowing koq, rekomended deh :)

    ReplyDelete
  4. Makchie awet muda, dari pertama aku lihat fotonya pas bw sampai sekarang masih sama. Malah tambah cakep. Skincare membuktikan, ya.

    ReplyDelete
  5. Keren banget ya ERHA ini terus berinovasi, aku cocok pakai Erha Acne Gel. Liat ini kok aku jadi penasaran juga ya cara kerja ERHA DNA ini pasti lebih glowing nih muka hehe.

    ReplyDelete
  6. Erha bukan hanya produknya yang bikin glowing wajah pemakainya sekarang juga dimudahkan utk tanya jawab dengan adanya aplikasinya ya. Kece.

    ReplyDelete
  7. Pintar banget ya ERHA DNA jadi nantinya kita dapetin perawatan kulit sesuai kebutuhan ya. Setelah pakai ERHA DNA memang main glowing & muda nih. ERHA enak juga sih skr punya produk OTC ya jadi bebas dibeli tanpa harus ke dokter dulu

    ReplyDelete
  8. Suka seneng sama review beauty gini, suka kepo karena perawatan kulit itu investasi jangka panjang

    ReplyDelete
  9. Aku pun berubah ubaaah mba.. kalau lag ngg di Indonesia biasanya cenderung kering. Pulang kampung langsung cenderung berminyak hehehe

    ReplyDelete
  10. Inovasi erha mutakhir sekali ya. Sekarang sudah ada aplikassnya juga, orang bisa cek kulit di rumah 🤗

    ReplyDelete
  11. Pasti hasilnya lebih mantabs nih mak, soalnya testnya akurat banget yah dan sesuai dengan jenis kulit banget, penasaran ingin cobain juga.

    ReplyDelete
  12. udah sebulanan ini aku menggunakan produk skincare dari ERHA DNA, dan iya, bikin kulit wajah lebih cerah, lembap, sehat dan glowing

    ReplyDelete
  13. Lagi banyak banget yang bahas bagusnya erha dna ini, aku jadi penasaran banget mau cobain juga

    ReplyDelete
  14. Waaah hasilnya sudah terlihat dalam waktu 1 bulan ya Mbak. Keren nih. Saya mau juga ah pakai rangkaian perawatan dari ERHA. Tapi gimana caranya kalau jauh dari Jakarta?

    ReplyDelete
  15. Woalah jadi ini rahasianya ya hahaa

    Waktu acara apa gitu, ketemu mak chie aku ngebatin. Kulitnya glowing banget. Pangling aku. Sip sudah terbukti deh Erha 😍

    ReplyDelete
  16. Mbaa, aku penasaran juga mau nyobain deh. Ini kalo boleh tahu harganya brapa ya mba ? Mnurutku dasar kecantikan ya harus kulit wajah juga sehat ya mba. Rangkaian produknya oke banget mba

    ReplyDelete
  17. Senang deh dengan adanya Erha DNA ini. Kita bisa ceki2 kulit wajah dengan aplikasi. Kekinian dan gak pakai ribet. Jadi bisa kan muka kita makin bersinar

    ReplyDelete
  18. Makin glowing nih mbak setelah memakai ERHA. Jadi sebelum pake skincare kayaknya bagus di cek dulu kondisi kulit kita. kayak pake Bauman Skin-Type Indicator (BSTI) atau Indikator tipe kulit Baumann ini ya mbak

    ReplyDelete
  19. Makin glowing pake Erha ya Mbak. Ng mau tanya nih Mbak, essence itu hanya dipakai saat malam hari aja?

    ReplyDelete
  20. keren ada aplikasinya. aku tertarik pengen tahu jenis kulitku termasuk apa. sama pengen nyobain juga produknya biar ikutan glowinggg :D

    ReplyDelete
  21. Aku kan sempat pakai beberapa skin care juga, dan kebetulan yang menggunakan alat "setrika wajah" itu, dan di facial-in juga loh

    nah menurut temenku, itu gak signifikan perubahannya

    kalau di ERHA ini, kita kan perawatan sendiri ya, kira kira gimana dong cara mengukur perubahannya?

    ReplyDelete
  22. Salut sama Erha yang terus berinovasi dalam hal kecantikan. Emang penting banget dah tau jenis kulit kita apa ya, mak. Biar mudah menentukan perawatan apa yang akan dipakai. Worth it banget dengan hasilnya nih. Glowing mak.

    ReplyDelete
  23. Senangnya bisa tahu kondisi kulit dengan teknologi Erha ini deh mba. Jadi pengen punya juga. Apa aku pinjam dlu ya mba ? Hehehe

    ReplyDelete
  24. produk skincare ERHA DNA memang bagus sih mba, hanya kan sebelumnya kulit wajah kita tuh salah pakai produk skincare yang gak sesuai sama jenis kulit jadi tentu akan ada penyesuaian ya

    ReplyDelete
  25. btw aku lupa berapa ya harga ERHA DNA skin test nya, beneran bermanfaat ya mba, ketahuan gitu jenis kulit wajah dengan tepat

    ReplyDelete
  26. Kelihatan banget lebih glowing dan terlihat lebih muda, emang banyak yang bilang Erha bagus sekali skincarenya. Tentu dengan harga segitu, sesuailah dg hasilnya.

    ReplyDelete
  27. Dulu kalau baca DNA ingatnya hanya untuk tes biologi dan untuk kepentingan kriminal.
    Tapi karena sering ikut BW jadi tahu kalau DNA juga merambah dunia skincare.

    ReplyDelete
  28. Teknologi makin canggih aja ya. Untuk ngecek kulit kita pun sudah ada ERHA.DNA Mobile Apps. Sehingga dengan mudah jenis kulit kita akan ketahuan. Perawatannya juga akan tepat. Keren ini ERHA, bisa meluncurkan perawatan kulit berbasis AI dan DNA.

    ReplyDelete
  29. erha kenapa keren banget siiiii, bisa bikin skincare yang bener bener personalized gini. aku pengen coba deh kepo kebutuhan kulit aku tuh apa

    ReplyDelete
  30. Rangkain alat periksa ERHA DNA lengkap. Gampang ya pemakaian alatnya. Tinggal tempel-tempel saja lansung kelihatan hasil tes kulit kita. Bisa tes kulit wajah sendiri tanpa perlu bantuan orang lain.

    ReplyDelete
  31. Aku sering mbatin, Mbak Myra tambah glowing aja. Tambah matang, tambah oke body dan wajah, hehehe. Ternyata selain pola hidup yang semakin sehat, ERHA rahasianya.
    Aku tertarik sama cleanser-nya, karena ada kandungan Withch Hazel, dan Aloe Vera. Beberapa kali nyobain produk yang memiliki kandungan keduanya, hasilnya selalu nyaman di kulitku.
    Btw, 1,5 itu berarti baru alatnya aja ya?

    ReplyDelete
  32. Daku penasaran sama test kit nya ingin coba. soalnya kondisi sekarang pikirku cenderung kombinasi. Beda sama yang dulu cenderung berminyak

    ReplyDelete
  33. Berarti ini setelah tes sendiri di rumah trus bakal dikirimin skincare yang cocok, ya
    Packagingnya cakep banget deh, bener-bener exclusive nih Erha DNA.

    ReplyDelete
  34. Aku yang penasaran kit-nya itu beli atau gimana ya mbak? Berapaan harganya?
    Oh ternyata baru launching ya yang Erha DNA ini? emang sih kalau utk kulit wajah sebaiknya cek bener2 dan mendapatkan hasil yang akurat ya sebelum memulai perawatan, supaya gak zonk di awal :D
    Kemasannya apik banget itu produk Erhanya

    ReplyDelete
  35. Ada test kit-nya segala ya, Mbak? Tapi, kalau erha sih percaya Mbak, nggak abal-abal, pokoknya recommended. Thanks infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  36. Duh kulitnya kenyal banget mba trus glowing banget aku kepengen punya kulit kaya gitu secara kulit wajah aku keing bngt...pngen coba pake produk Erha kaya mba myra rekomen bngt produknya

    ReplyDelete
  37. Makin kinclong aja deh Chi perawatan pake ERha ini. Keren ya treatment dari Erha, sebelum perawatan ada test kit nya dulu untuk menentukan jenis kulit wajah kita. Jadi enggak salah pemilihan jenis skincare yang akan digunakan nantinya.

    ReplyDelete
  38. Bisa gak ya...kalau alat Erha DNA nya pinjem-pinjeman sama temen.
    Hihi...tapi nanti skincarenya sesuai dengan hasil tes masing-masing.

    ReplyDelete
  39. Belum pernah nyoba perawatan macam ini..

    Klo pake dna pasti lebih costumize dgn kulit kita ya

    ReplyDelete
  40. Lebih glowing ya Mba, aku dari kemarenan banyak banget info soal Erha ini. Solusi utk berbagai jenis kulit

    ReplyDelete
  41. Hasilnya oke banget Mbak. Jadi penasaran dengan Erha DNA ini. Berasa pengen coba juga kali aja cocok diwajah saya. Apalagi sudah dilengkapi juga dengan app canggih untuk mengetahui jenis kulit kita

    ReplyDelete
  42. Huaaa keren banget bisa tau skincare cocok lewat alat canggih test DNA, bisa mantau perkembangan nya di aplikasi yaaa kaak chi

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^