Belum memiliki anak setelah beberapa tahun menikah, bagi sebagian orang dianggap sebagai masalah serius. Bisa jadi dari sinilah mulai timbul benih-benih kemarahan, kekecewaan, dan kekesalan terhadap pasangan. Bahkan ada sejumlah pasangan yang sampai bertengkar hebat dan pada akhirnya memutuskan untuk bercerai serta saling menyalahkan satu sama lain.

rumah sakit loj guah lye, berobat ke penang

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan baik medis/non-medis untuk mengatasi hal ini. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, sudah ada banyak sekali pengobatan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keturunan. Berbicara soal kesulitan untuk mendapatkan anak, apakah teman-teman sudah tahu apa penyebabnya?


Berbagai Penyebab Sulit Mendapatkan Keturunan


Faktor umur bukan satu-satunya penyebab dari masalah ini, tetapi ada faktor lainnya. Tentu kita tidak bisa menebaknya. Harus ada pemeriksaan medis mengenani penyebabnya. Tetapi, setidaknya ada beberapa faktor yang biasanya menjadi penyebab sulit mendapatkan keturunan, yaitu

  1. Jumlah produksi sperma yang sedikit
  2. Sumbatan pada jalur sel telur di rahim
  3. Sperma yang kurang berkualitas sehingga tidak mampu melewati cairan leher rahim
  4. Minimnya produksi sel telur

Pada umumnya, sebagian besar orang akan melakukan beragam cara setelah mengetahui penyebab ketidaksuburan yang dialami. Ada yang menjalankan terapi, minum minuman herbal, atau bahkan operasi. Sayangnya, dari sekian banyak cara yang dicoba, hanya beberapa pasangan saja yang berhasil dan sisanya masih harus berjuang untuk menemukan cara yang tepat.

Sebenarnya, masih ada satu cara lain, tetapi mungkin informasinya masih minim.  Cara yang dimaksud adalah program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF).


Prosedur dan Faktor Keberhasilan Bayi Tabung


Prosedur bayi tabung ini meliputi:

  1. Pengambilan sel telur. Hal ini dilakukan dengan menggunakan jarum khusus berongga yang dimasukan dari folikel dalam rahim. Sebelum proses ini dilakukan, calon ibu akan diberikan suntik hormon terlebih dahulu untuk merangsang produksi sel telur. Lalu, diadakan tes darah untuk melihat kesiapan sel telur. Jika memang sudah siap, barulah pengambilan dilakukan. 
  2. Pembuahan sel telur dan sperma. Setelah sel telur berhasil dikeluarkan, tahapan selanjutnya adalah melakukan pembuahan dengan mempertemukan sel telur dan sperma yang diambil di hari yang sama. Kemudian sel telur dan sperma disimpan di dalam tabung sampai perkembangannya maksimal dan matang. 
  3. Embrio hasil pembuahan dimasukan ke dalam sperma. Langkah terakhir adalah memasukan embrio ke dalam rahim dengan menggunakan kateter. Setelah dua minggu pasca melakukan hal ini, tes kehamilan pun boleh dilakukan untuk melihat hasilnya. 

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan program ini yaitu usia dari calon ibu sekitar 23-39 tahun, gaya hidup, sejarah reproduksi, dan penyebab ketidaksuburan. Selain itu, pilihan rumah sakit dan dokter juga bisa menambah tingkat keberhasilan. Untuk bisa mendapatkan program ini, pasien bisa saja ke rumah sakit di dalam negeri. Tetapi, mencoba program di rumah sakit di luar negeri, seperti halnya di Penang juga sangat dianjurkan.


Program Bayi Tabung di Penang


Penang merupakan salah satu destinasi favorit untuk program bayi tabung karena terkenal dengan biaya terjangkau dan tingkat keberhasilan tinggi, bahkan hingga 70%. Apabila teman-teman tertarik untuk melakukan program bayi tabung ke Penang, tapi bingung apa saja persiapannya maka dianjurkan untuk tidak memilih nekat pergi begitu saja. Alangkah baiknya untuk mengunjungi Medisata terlebih dahulu. Di sini, teman-teman bisa mendapatkan bantun untuk:


Menemukan Rumah Sakit yang Recommended

Ini sangat penting karena hanya dengan rumah sakit atau klinik dengan fasilitas dan tim yang lengkap, maka tingkat keberhasilan program bayi tabung jadi semakin tinggi.


Memilih Dokter Spesialis yang Tepat

Untuk program bayi tabung, dokternya tidak boleh sembarang karena ada sejumlah resiko berbahaya yang harus ditanggung oleh pasien, seperti infeksi, pendarahan, kerusakan organ dalam, dan lain sebagainya. Agar tidak salah pilih, Medisata dapat memberikan rekomendasi dokter kandungan dengan sub spesialis fertilitas.


Membuat Janji dengan Dokter

Tidak perlu report kirim email atau menelpon pihak rumah sakit di Penang jika ingin bikin janji bertemu dokter karena teman-teman bisa mendapatkan layanan ini dengan mudah di sini.


Memberikan perkiraan biaya

Bingung mau bawa berapa banyak uang karena tidak tahu perkiraan biaya berobatnya? Hal ini tidak perlu dipusingkan karena teman-teman bisa mendapatkan info mengenai perkiraan biayanya.


Mendapatkan Layanan Penjemputan dari Bandara Menuju Rumah Sakit

Tidak perlu bingung bagi yang baru pertama kali pergi ke Penang. Sesampainya di bandara, akan ada petugas yang menjemput pasien untuk langsung menuju rumah sakit tujuan.

Terakhir, bila sudah tahu kapan janji ketemu dokternya, teman-teman tinggal beli tiket pesawat dan book hotel di sekitar rumah sakit. Jika butuh bantuan untuk book hotel, Medisata Indonesia juga siap membantu.