PRAISE dan Waste4Change Meluncurkan 100 Dropping Box untuk Membantu Memilah dan Mendaur Ulang Sampah

By Keke Naima - August 13, 2018

Apa yang terpikirkan oleh teman-teman ketika mendengar kata sampah?

Sesuatu yang sudah tidak lagi ada harganya? Eits! Jangan salah, lho. Sampah rumah tangga yang selama ini sering dikira tidak lagi berguna, sebetulnya masih bisa memiliki nilai ekonomis. Tentunya teman-teman pernah mendengar atau membaca yang namanya daur ulang sampah, kan? Sampah organik bisa diolah menjadi pupuk. Sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi berbagai benda yang juga masih memiliki nilai ekonomis.


Membiasakan Diri untuk Memilah Sampah


PRAISE dan Waste4Change Meluncurkan 100 Dropping Box untuk Membantu Memilah dan Mendaur Ulang Sampah

Pastinya kita sudah sering dengar ungkapan "Buanglah Sampah Pada Tempatnya." Yup! Untuk urusan membuang sampah pada tempatnya aja, masih jadi PR besar bagi sebagian masyarakat Indonesia. Masih ada aja yang suka buang sampah sembarangan. Meskipun begitu, gak ada salahnya lebih meningkatkan lagi kesadaran masyarakat dengan membiasakan diri untuk memilah sampah.

Saya punya pengalaman yang bisa dibilang cukup mengesalkan untuk urusan memilah sampah. Udah dipisah-pisah mana sampah organik dan tidak, di tempat sampah malah diacak-acak lagi sama pemulung. Begitu aja terus. Hadeeeuuh!

Tetapi, saling menyalahkan juga memang gak menjadi solusi. Para pemulung hingga para petugas kebersihan mungkin punya alasan masing-masing. Ya katakanlah salah satu alasannya adalah pendapatan yang masih kurang layak. Andai saja gajinya cukup tinggi mungkin akan lebih semangat bekerjanya. Kita pun juga jangan jadi skeptis kalau urusan sampah gak akan pernah selesai. Tetap aja konsisten memilah sampah. Dan terus berharap semoga kebiasaan ini akan semakin banyak yang mengikuti.

Menurut riset terbaru dari Sustainable Waste Indonesia (SWI) pada 2018, Sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekitar 67%. Dan hanya 7% dari sampah yang masuk ke TPA yang baru didaur ulang.

Tidak semua sampah berakhir di TPA. Berarti kemungkinan sampah-sampah tersebut berada di mana-mana dan mengotori lingkungan. Dengan persentase daur ulang yang masih kecil, juga gak heran kalau tumpukan sampah di TPA semakin banyak seperti sebuah bukit. Bahkan menurut situs Waste4Change jumlah rata-rata sampah di Jakarta adalah 7,2 ton. Dengan sampah sebanyak ini, TPS Bantar Gebang bisa membuat candi Borobudur setiap 2 hari!


PRAISE dan Waste4Change Meluncurkan 100 Dropping Box


Packaging and Recycling Alliance for Indonesia Sustainable Environment (PRAISE) atau Aliansi Untuk Kemasan dan Daur Ulang Bagi Indonesia yang Berkelanjutan sebuah aliansi yang diprakarsai oleh 6 perusahaan besar di Indonesia yaitu Coca-Cola, Unilever, Danone-AQUA, Tetrapak, Indofood, dan Nestle. Aliansi yang dideklarasikan pada tanggal 19 Februari 2017 ini berkomitmen untuk mengelola sampah berkelanjutan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah.

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mengkonsumsi makanan atau minuman kemasan yang diproduksi oleh 6 perusahaan tersebut. Pertanyaan selanjutnya adalah lari kemana sampah-sampah kemasannya? Dengan membuang sampah pada tempatnya, tentu sudah menjadi solusi awal untuk sellau menjaga kebersihan. Tetapi seperti yang dikatakan oleh Sinta Kaniawati, perwakilan PRAISE, sampah bukanlah sesuatu yang sudah tidak memiliki nilai. Sampah masih bisa didaur ulang dan kembali memiliki nilai ekonomis.

Kebiasaan memilah sampah di masyarakat Indonesia masih sangat rendah, hanya berkisat 18,84% menurut Biro Pusat Statistik pada tahun 2014. Tentunya butuh partisipasi aktif peran serta masyarakat agar kebiasaan ini terus bertumbuh.


PRAISE dan Waste4Change Meluncurkan 100 Dropping Box

Kamis (8/8) bertempat di Colony6, Jakarta, PRAISE bekerjasama dengan Waste4Change beluncurkan dropping box. 100 Dropping box nantinya akan ditempatkan di berbagai tempat keramaian seperti perkantoran, sekolah, dan lain sebagainya. Dropping box ini juga memiliki 4 keunikan PASTI yaitu


1. Pasti Pemilahannya

Dalam 1 dropping box terdapat 2 tempat pembuangan sampah yaitu kertas dan non kertas. Teman-teman tinggal tinggal memilah sampah sesuai dengan tempat pembuangannya.


2. Pasti Prosesnya

Setelah dropping box ini penuh, secara berkala Waste4Change akan meyerahkan sampah yang sudah dipilah ke bank sampah


3. Pasti Daur Ulangnya

TPA bukanlah tempat yang buruk. Tetapi, persentase daur ulang di sana juga masih kecil dibandingkan jumlah sampah yang datang setiap harinya. Oleh karena itu dengan membuang sampah di dropping box sudah dipastikan kalau sampah tersebut akan didaur ulang.


4. Pasti Edukasinya

Dropping Box untuk Membantu Memilah dan Mendaur Ulang Sampah

Bila diperhatikan, dropping box ini terlihat menarik karena dilengkapi dengan infografis edukasi tentang sampah. Kita jadi tau bagaimana cara memilah sampah dengan benar dan bagaimana proses daur ulang sampah akan berjalan hingga menjadi produk bernilai ekonomis.

Dropping box ini hanya untuk sampah kertas dan non kertas. Bukan untuk sampah basah dan elektronik. Itulah kenapa dropping box ini tidak disediakan di skala rumah tangga.

Untuk skala rumah tangga, biasanya ada sampah basahnya. Walaupun tidak disediakan dropping box, kita semua tetap harus membiasakan memilah sampah. Nanti sampah yang sudah dipilah bisa disetor ke bank sampah. Kalau bukan dimulai dari diri sendiri, siapa lagi yang akan menjaga lingkungan?

  • Share:

You Might Also Like

40 comments

  1. Menunggu dropping box ini bisa ditaruh di setiap lingkungan perumahan warga nih. Biar kita bisa terbiasa kayak masyarakat di Jepang/Korea yang sudah memilah sampahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju. Supaya semakin banyak yang bijak dengan sampah

      Delete
  2. Dropping Box nya kece ya, banyak pesan mendidik yg bisa dibaca para pembuang sampah supaya lebih bisa memilah sampah

    ReplyDelete
  3. Kebersihan sebagian dari iman . buang sampah pekerjaan mudah tapi berat sekali cari tong sampah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetapi, tetap jangan buang sampah sembarangan ya, Mpo

      Delete
  4. Sama kayak komentar Lia, pengen ada di lingkungan ruman gitu biar makin tenang soalnya udah membuang sampah dengan tepat gitu rasanya :)

    ReplyDelete
  5. Semoga Dengan adanya dropping box gag ada lagi TPA yang bikin resah warga ya mbak 😊😊

    ReplyDelete
  6. Bagus banget ini inovasinya ya mba. Bisa untuk pembelajaran ke anak-anak juga terkait pemilahan sampah

    ReplyDelete
  7. Kereeeeeen, bisa ke daerah juga gak? Edukasi olah sampah ke Bogor juga dong, ini programnya keren

    ReplyDelete
  8. Sampah emang ga ada abisnya ya mba. Semoga solusi dari PRAISE bisa sutainable ;)

    ReplyDelete
  9. Asik nih edukasi masyarakat untuk memilah sampah sejak awal. Lebih baik lagi mengurangi produksi sampah.
    btw, aku suka celananya, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi terima kasih. Semoga semakin banyak yang bijak dengan sampah

      Delete
  10. Pemilahan sampah ini boleh dikatakan belum sepenuhnya terwujud, karena masih banyak yang gabungkan jadi satu saat membuang sampah.

    ReplyDelete
  11. Bagus nih dropping box buat sampah kemasan ya? Soalnya aku misahin sampah di rumah tapi yg bagian sampah kering selalu diobok2 dan diberantakin ma pemulung hiks. Kalau ada drop box kyk gini bisa langsung dibawa ke sana aja. Sayang di rumahku blm ada :(

    ReplyDelete
  12. Wah terobosan baru nih. Ngedukasi banget dan pasti bermanfaat sekali. Pengen juga yang ada buat sampah basahnya biar bisa dipakai sehari-hari buat emak2 ya hihihi

    ReplyDelete
  13. Cakep banget ini tempat sampahnya, semoga aja masyarakat taat untuk membuang sampah pada tempatnya dan sesuai dengan kategorinya. Dan semoga si tempat sampah ini awet ya.

    ReplyDelete
  14. jadi malu nih
    saya ga pernah milah sampah
    masuk kantong lalu buang ke tong sampah depan rumah
    klu begitu nanti biasakan deh milah dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dipilah aja. BEberapa sampah masih bernilai ekonomis

      Delete
  15. inisiatif pemilahan sampah ini bagus untuk menginspirasi orang2 agar mau melakukan hal yg sama.. meskipun masih sulit diterapkan sekarang, namun jika terus digiatkan, ke depannya bisa viral dan dicontoh semua orang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus mulai dibiasakan. Kalau enggak, gak akan pernah bisa

      Delete
  16. Baguuus konsepnya! :D Semoga bisa diterapkan dan awet yaa

    ReplyDelete
  17. Bagus box droppingnya ya. Cantik dan edukatif. Moga awet dan dijaga boxnya dari kerusakan.

    ReplyDelete
  18. Bagus idenya mbak. Terutama buat sampah kering tu, kalau dikumpulkan dan sampai ke tangan yg epat bisa lbh dikelola dengan baik. Moga nyusul kota2 lainnya di Indonesia pakai box ini.

    ReplyDelete
  19. Waaahh bagus banget programnnya. Iya bener kalo di publik aku suka bingung kako nempatin sampah bener nggak akhirnya nanti digunakan sesuai jenisnya. TApi dengan PRAISE semua terstruktur.

    ReplyDelete
  20. Sebuah terobosan bagus nih. Semoga konsisten mengolah dan mendaur ulang sampah ya

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^