Tips Ngeblog yang Asik - Keke Naima

Sabtu, 25 Agustus 2018

Tips Ngeblog yang Asik

Tips Ngeblog yang Asik

Tips Ngeblog yang Asik


Sekitar 2 bulan yang lalu seseorang yang Chi kenal minta diajarkan ngeblog. Tentunya dengan senang hati Chi mengajarkan. Chi mulai dari sangat dasar karena memang benar-benar baru mulai ngeblog.

Baru juga perkenalan tentang apa itu blog, tetapi yang ditanyakan sudah sangat banyak. Sebetulnya gak ada salahnya banyak bertanya. Tetapi kalau terus bertanya tanpa aksi kan malah jadinya pusing sendiri. Pengennya langsung tampilan blog langsung terlihat bagus, banyak pembaca, kalau perlu langsung menghasilkan pundi-pundi uang. Padahal itu semua butuh proses ya, kan?

Kadang-kadang berproses menjadi sesuatu yang sulit bagi sebagian orang. Mungkin karena kadang-kadang ekspektasi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Atau bisa juga karena kitanya yang kurang tekun. Kalau menurut Chi, kuncinya adalah menjalani dengan asik termasuk ketika ngeblog. Lalu bagaimana ngeblog yang asik itu?

Menulis dengan Hati


Beberapa tahun silam para blogger beramai-ramai mengadakan giveaway. Hadiahnya memang gak sebesar lomba blog. Tetapi, kebersamaannya yang bikin seru. Meskipun begitu, bisa dipastikan Chi gak pernah ikutan giveaway puisi atau cerpen. Chi nyerah kalau disuruh bikin puisi atau cerpen.

Teman-teman juga gak akan menemukan tulisan politik di blog Chi. Bukan berarti Chi tutup mata terhadap perkembangan politik. Tetapi, memang tidak ingin menuangkan di blog aja. Cukuplah untk satu hal ini Chi mempelajari sendiri atau berdiskusi secara pribadi dengan orang-orang terdekat.

Intinya sih Chi hanya ingin menulis dengan hati. Bukan berarti segala curhatan di tulis, ya. Misalnya kalau hati lagi kesel, kemudian dituangkan di blog. Big NO! Chi hanya menulis yang positif, terutama tentang pengalaman pribadi karena ini kan memang blog personal.

Berkomunitas


Walaupun sudah ngeblog sejak tahun 2007, tetapi Chi baru berkomunitas mungkin sekitar tahun 2011 atau 2012. Chi merasakan banyak manfaatnya dari ikut komunitas blogger di media sosial. Biasanya komunitas ini ada di Facebook.

Banyak ilmu yang Chi dapat sejak berkomunitas. Dulu ya Chi cuma taunya menulis aja. Setelah berkomunitas jadi tau kalau blog ternyata ada berbagai platform, TLD, hosting, dan lain sebagainya. Banyak diskusi menarik tentang dunia blog setelah ikut berbagai komunitas.

Buat Chi bergabung di komunitas bisa bikin semangat ngeblog tetap terjaga. Diakui juga sejak berkomunitas, blog ini pun mulai menghasilkan berbagai rezeki mulai dari yang recehan hingga lumayan nominalnya. Semua itu sangat Chi syukuri.

Menjadi Diri Sendiri


Blogger-blogger sekarang kelihatannya makin keren dan kreatif aja. Dulu waktu Chi mulai ngeblog paling postingan para blogger hanya berupa tulisan dan foto. Tetapi, sekarang ada yang pakai infografis, avatar, hingga video. Suka merasa minder gak sih kalau ternyata blog kita sendiri kok gak sekeren itu?

Awalnya Chi merasa minder. Apalagi kalau udah ikutan lomba blog kemudian melihat ada postingan yang keren dengan infografis atau video. Hati rasanya udah ciut duluan hahahaha. Untungnya nyadar kalau dibiarkan berlama-lama dilanda minder memang gak bagus. Malah jadinya gak berkembang.

Boleh banget mempelajari semua hal. Tetapi, tetap konsisten dengan tulisan dan foto aja pun juga sama bagusnya. Chi tetap memilih di jalur lama hingga saat ini. Membuat postingan dengan tulisan yang agak panjang dan dilengkapi dengan foto.

Berlaku juga untuk gaya penulisan. Coba deh perhatiin gaya penulisan tiap blogger. Biasanya punya gaya masing-masing. Nah bagaimana dengan gaya penulisan teman-teman?

Bukan berarti Chi gak pernah bikin infografis atau video. Pernah, tetapi jarang banget. Chi memang masih lebih nyaman dengan gaya yang sekarang. Walaupun Chi akui banyak blogger keren dengan gaya masing-masing, maka kita pun harus tetap menjadi diri sendiri. Justru dengan menjadi diri sendiri bisa jadi branding kita juga, lho.

Pelajari dan Pahami Do's and Don'ts Dunia Blogging


Mempelajari Do's and Don'ts pada saat ngeblog juga merupakan tahapan dasar yang seharusnya dipelajari. Menjadi diri sendiri bukan berarti seenaknya. Melakukan cyber bullying, menebar hoax, dan lain sebagainya. Duh! Enggak banget deh yang kayak begitu!

Copy paste tulisan? Jangan sesekali dilakukan, ya! Tulisan yang beredar di internet itu semuanya ada pemiliknya. Sekadar mengutip quote masih boleh, lah. Apalagi kalau menulis hadist kan memang gak boleh sembarangan atau diedit. Yang dilarang keras itu mengambil tulisan orang lain apalagi kalau diaku-aku jadi milik sendiri. Jangan pernah melakukan itu, ya!

Ngeblog jadi gak asik kalau sudah melakukan hal-hal yang sebetulnya gak boleh. Jangan juga berpikir ngegampangin tinggal dihapus. Jejak digital itu bisa kejam, lho. Siapa tau juga ada yang udah screenshot tulisan kita?

Konsisten Menulis


Beberapa tahun lalu, Chi sempat merasa agak telat mengetahui perkembangan dunia blog. Baru tau kalau dunia blog itu ada komunitas hingga hingga bisa mendapatkan penghasilan setelah 5 tahun ngeblog. Telat banget gak sih taunya? Hehehe.

Tetapi, kemudian Chi bersyukur. Terlambat tau justru bikin Chi jadi terasah untuk konsisten menulis tanpa ada tujuan apapun selain ingin meyimpan berbagai kenangan ke dalam tulisan. Jadi berbagai warna yang terjadi dalam perkembangan dunia blogger saat ini, Chi seringkali masih tenang menyikapinya dan tetap konsisten menulis. Sambil pelan-pelan tsrus upgrade ilmu.

Sudahkan teman-teman terus konsisten menulis? Sesekali evaluasi juga tulisan sendiri. Termasuk tulisan yang lama. Chi suka senyum-senyum sendiri ketika membaca tulisan lama. Walaupun gaya menulisnya tetap sama, tetapi tetap ada perbedaan. Setidaknya udah mulai agak paham bagaimana cara menulis yang baik dan benar hehehe.

Banyak cari info juga sebelum memutuskan mengubah blog menjadi TLD (Top Level Domain). Memang blog kita jadi lebih terlihat profesional dan keren. Tetapi, mengubah ke TLD tentunya ada biaya untuk beli domain. Apalagi kalau self hosting juga jangan sembarangan memilih. Jangan sampai nanti malah jadi banyak kecewanya daripada puasnya.

Pokoknya asik-asik aja kalau ngeblog, ya! 😊

5 komentar:

  1. Toss dulu Chi.
    Aku juga suka senyum-senyum sendiri saat baca postingan lama :).
    Bergabung dengan komunitas blogger apalagi, mungkin baru 2 tahun, jadi masih cetek banget ilmunya.
    Mood ngeblog juga masih naik turun.
    Intinya masih harus banyak belajar, lagi dan lagi, salah satunya ya dengan BW gini.
    Saat BW kadang bisa membantu menyalakan semangat ngeblog, menurutku.

    BalasHapus
  2. wah aku juga pernah nih punya pengalaman kaya gitu, blom mulai udah pusing sendiri orangnya, dan sama, orangnya mau langsung 'jadi' hihihi, akhirnya malah aku yg awalnya semangat banget ngajarin jadi mundur teratur heheh..

    BalasHapus
  3. konsisten itu emang yang paling sulit deh hehehe, nice sharing mbak :)

    BalasHapus
  4. Sepakat kak. Kontinyu dan selalu berusaha mengupgrade diri ya kak. Aku juga terus belajar nih dari kakak-kakak semua. 1 dipelajari eh ternyata ada 10 lagi yang belum kita tahu, pengetahuan memang tak berbatas..

    BalasHapus
  5. Waah, makasih tipsnya mba. Konsisten ini emang penting banget deh. Aku sendiri suka moodyan update blog dan blogku isinya receh hehehe

    Seperti yang mba bilang Rata-rata temenku pun tertarik ngeblog tapi ya itu udah pengin segalanya bagus, pembaca banyak dan menghasilkan pundi-pundi uang. Aku yang baru aktif di blog kadang bingung jelasinnya (╥﹏╥)

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^