Sunday, July 22, 2018

5 Tips Memakai Hijab Segi Empat untuk yang Berkacamata

Tips Memakai Hijab Segi Empat untuk yang Berkacamata

Tips Memakai Hijab Segi Empat untuk yang Berkacamata - Sudah seminggu ini Chi mulai berkacamata. Sebetulnya gejalanya udah agak lama, tapi Chi abaikan. Ketika semakin penglihatan semakin gak nyaman, setiap hari sakit kepala, bahkan kadang-kadang sampai mual, Chi masih berpikir mungkin penyebabnya karena kecapean. Baru pindahan dan belum punya asisten rumah tangga. *Tapi, emang pengaruh ya antara kecapean dan penglihatan? 😁*

K'Aie: "Periksa, Bun! Jangan sampai kayak Keke. Ditunda melulu, tau-tau langsung besar minusnya."

Ya udahlah karena Chi gak mau juga kalau minusnya besar, penglihatan pun semakin gak nyaman, akhirnya memutuskan pergi ke optik. Setelah diperiksa, memang tidak sebesar Keke minusnya. Tetapi, udah harus pakai lensa progresif. Ada minus, plus, dan silindris. 😅

[Silakan baca: Kacamata Keke]

Seumur-umur gak pernah pakai kacamata, trus langsung progresif membuat Chi harus penyesuaian sampai sekarang. Masih ada sedikit rasa kurang nyaman saat berkacamata. Tetapi, kalau gak pakai juga lebih gak nyaman. Apalagi blogger kan pastinya akan berhubungan dengan layar laptop atau smartphone.


Tips Agar Nyaman Berhijab Saat Menggunakan Kacamata


Lalu bagaimana dengan hijab? Sebelum berkacamata, Chi lebih bebas aja pakai hijab apapun selama bahannya memang nyaman dan cuka dengan modelnya. Tetapi, ternyata setelah berkacamata juga ada sedikit penyesuaian. Terutama kalau pakai jilbab segi empat atau pashmina.


1. Jangan Mengenakan Jilbab yang Terlalu Ketat

Chi termasuk tim pengguna ciput garis keras. Tetapi, pemilihan ciput juga harus diperhatikan. Bahannya harus nyaman di kepala. Selain itu juga jangan kekecilan hingga terasa ketat. Bisa pusing nanti saat berhijab. Setelah berkacamata tentunya juga harus semakin memperhatikan jangan sampai terlalu ketat saat mengenakan ciput dan jilbab.


2. Perhatikan Meletakkan Posisi Gagang Kacamata

Salah satu trik berhijab saat berkacamata agar terlihat pas, katanya bisa juga dari cara meletakkan posisi gagang kacamata. Teman-teman pernah melihat kan ada yang posisi gagang kacamata di luar hijab atau sebaliknya? Kalau Chi belum atau mungkin gak kepikiran apakah akan pas dilihat. Chi lebih memilih kenyamanan. Dan buat Chi, paling nyaman meletakkan gagang kacamata langsung menempel ke telinga, artinya gagangnya ada di dalam ciput.


3. Hati-Hati Saat Menggunakan Jarum Pentul

Kalau biasa menggunakan hijab segi empat atau pashmina mungkin akan terbiasa menggunakan jarum pentul.  Menggunakan hijab tanpa jarum pentul juga bisa. Tetapi, Chi udah terbiasa pakai jarum pentul. Sebetulnya gak terlalu berpengaruh juga menggunakan jarum pentul setelah berkacamata karena posisi jarum biasanya agak di atas jarum telinga. Gak mentok ke gagang kacamata. Tetapi, tetap aja sebaiknya lebih berjati-hati agar posisinya lebih pas.


4. Bentuk Frame Kacamata dan Hijab yang Seimbang

'Kacamata yang begini cocok gak ya untuk semua jilbab? Chi sempat mikir begitu saat memilih frame. Ya kali aja lagi kumat pengen tampil cantik hahaha. Biasanya kan Chi agak cuek sama penampilan. Tetapi, memang agak ribet juga ya kalau memilih frame harus sesuai dengan semua bentuk jilbab? Jadi akhirnya Chi memilih frame kacamata yang disuka aja, deh. *Hmmm... Sebetulnya pengen yang frame bening. Tapi, lagi gak ada* *Curcol 😜*


5. Pilihlah Ciput dan Kerudung yang Berbahan Nyaman

Kalau ini sih sebelum berkacamata juga Chi selalu memilih yang bahannya nyaman. Apalagi kalau berada di luar rumah. Gak nyaman juga kan berpanas-panasan saat menggunakan hijab yang bahannya gak enak dipakai.

I & U Apparel, Hijab Segi Empat yang Nyaman Dipakai


Tips Memakai Hijab Segi Empat untuk yang Berkacamata

Nah, salah satu jilbab yang nyaman dipakai adalah I & U Apparel. Sebetulnya, Chi agak jarang pakai jilbab segi empat. Lebih sering pakai pashmina. Bukannya gak suka, tetapi memilih kerudung segi empat yang nyaman buat Chi lebih sulit daripada pashmina.

Ketika mengenakan jilbab segi empat I & U Apparel, Chi langsung suka. Bahannya adem, gak tipis, dan jatuhnya pas ke wajah. Seringkali kalau hijab segi empat bagian atasnya suka melenyot. Duh, apa ya bahasa Indonesia melenyot? Hihihi. Terlalu jatuh gitu, lah. Apalagi kalau setelah pakai helm. Makin berantakan deh hijabnya. Kalau pakai hijab ini masih rapi jatuhnya tanpa pakai trik khusus. Teman-teman punya tips lain menggunakan hijab segiempat saat berkacamata? Yuk, share di sini.


Kalau teman-teman penasaran dengan hijab segi empat yang Chi pakai ini, langsung aja cek IG @ianduapparel.
5 Tips Memakai Hijab Segi Empat untuk yang Berkacamata
4/ 5
By

40 comments

  1. Aku tuh pakai kacamata sbnrnya, tp bandel ttp ga mau, kecuali pas nonton film di bioskop, trus lepas lagi selesai nonton :p. Ngerasa ga pantes aja. Pdhl pak suami bbilang ga aneh. Makanya kalo pas di kantor kan pake jilbab, aku ttp ga pake kacamata. Perna coba ttp ga nyaman. Akhirnya sudahlah.. Kacamata hanya dipakai pas sdg training supaya bisa melihat jauh :p. Itupun aku ga masukin ke dalam, krn ga nyaman kalo gagangny di dlm, jd aku pake di luar jilbab :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya juga saya gak pede. Tapi, kalau gak dipakai juga malah bikin saya jadi gak nyaman. Udah mulai gak jelas kalau baca atau nonton

      Delete
  2. Wah aku banget nih mbak, baru seminggu ini rutin pakai kacamata, karna sebelumnya bandel gamau pake pas minus masih 1,eh tau2 kmren kerasa banget mata sering lelah akhirnya diperiksalah dan dengdengdeng minusnya langsung naek jadi 2,5. Tentunya ini juga berpengaruh sama style hijab yg biasanya nyaman2 aja mau bahan yg gimanapun, kadang suka bingung krna setelah pake kacamata kok jadi sering sakit di bagian atas telinga, ternyata gegara pakai ciput yg terlalu ketat hihi. Makasih untuk tipsnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Ternyata pakai jilbab pun harus tetap ada penyesuaian, ya :)

      Delete
  3. Cantik, Chiiii. Suka lihatnya . ^_^

    ReplyDelete
  4. Ternyta ada triknya ya mbak, kebetuln saya jug mau berhijab dan berkacamata. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  5. Waj jadi bikin saya kangen pake jilbab segi 4. Sejak jadi IRT dan di rumah terus, jdi jaranh bgt pke jilbab segi 4nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah jarang banget pakaijilbab segi 4 :)

      Delete
  6. keliatan bahan jilbab segi 4 nya adem ya mbak,,, saya sering pake jilbab segi4 tapi emang milih banget bahan yg cucok

    ReplyDelete
  7. Banyak hijabers yang berkacamata jadi tambah cantik penampilannya tinggal pemilihan kacamata yang disesuaikan dengan bentuk wajah kita, mantap mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Pemilihan frame yang tepat ternyata membantu penampilan juga

      Delete
  8. Aku juga pakai kacamata dan benar jangan terlalu ketat pakenya karena bikin sakit sekitaran wajah. Dan bentuk frame berpengaruh juga buat total looknya.

    ReplyDelete
  9. iya mbak.. cuma aku kok ngga pede ya pake kacamata.. trus juga kebawa nggak nyaman mungkin ya.. jadi aku pake kacamata kalo pas lagi kepepet doang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya juga begitu. Tetapi, lama kelamaan biasa juga :)

      Delete
  10. Sejak sma sudah pakai kacamata dan berjilbab. Kalau untuk model segiempat atau pasmina biasanya jilbab dibuat lebih ke atas agar gak mengganggu kacamata, kalau model kacamata pilih yang sesuai selera aja sih. Gak harus ikut model jilbab, yang penting pede, hehehe.

    ReplyDelete
  11. Aku juga pakai kacamata mbak tapi masih suka lepas pasang gitu. Untuk aku yang nggak berjilbab aja sering galau kalau pilih frame apalagi untuk yang berhijab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya pakai frame yang cocok untuk segala model hijab, ya hehehe

      Delete
  12. Saya pakai kacamata juga mba. Tapi sering ilang. Dan skrg kacamatanya ga tau dimana hahaha.. tapi kalau pakai jilbab biasanya saya pakai jilbabnya dulu baru deh pakai kacamatanya. Ga pernah mikir kayak tips2nya mba myra.. xixizi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bisa nangis kalau sampai hilang hihihi

      Delete
  13. Cantik banget sih mbaaaak. Memang pemilihan jilbab yang baik dan benar itu jadi salah satu trik tampil menawan seharian yak! Recommended sepertinyaa

    ReplyDelete
  14. Hahaha, iya memang ada bahan-bahan jilbab yang suka melenyot di bagian kepala, apalagi pas keterpa angin, wah kudu siapin cermin selalu 😁

    ReplyDelete
  15. Yang kadang saya lihat tuh pake jilbab, kacamata, terus gagangnya masuk ke rambut yang diikat apa ya. Jadinya pas kacamatanya diambil, ketarik deh rambutnya. Tu nyiasatinnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAlau saya menyiasatinya saat memakai jilbabnya, Mbak. Jadi pastikan rambut gak ikut ketarik saat kacamata dilepas

      Delete
  16. Waah mba Myra pake kacamata jg deh. Samaan kita. Aku pake hijab dulu, baru kacamata. Jadi nyaman dan gampang aja pakenya.

    ReplyDelete
  17. Ternyata kacamata nya harus dipakai dulu ya, biar lebih rapih pakai hijabnya,, ok dicoba tipnya mba. Pantas kok saya merasa ga sreg mulu kalau pakai hijab ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga sih pakai kerudung dulu. Bagaimana nyamannya aja

      Delete
  18. Aku yg gak berkacamata aja kadang bingung mau pakai jilbab kayak gimana. Biar keliatan gak chubby gitu. Hehehe.. Sebagian temenku ada yg beralih ke kontak lens hanya karena biar kerudungnya ttp rapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sama. Saya juga kadang-kadang juga begitu. Tetapi, saya gak berani kalau pakai contact lens

      Delete
  19. aku juga pernah jadi tim rempong berhijab dan berkcamata moms. tapi yaaa ituu ga mau kerempongan malah copot kacamatanya. eh mata smpe skrg makin sakit. sedih akuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending dipakai aja daripada bikin mata sakit :)

      Delete
  20. Cakep mba Myra dan kerudungnya. Jadi pengen pake 😄. Tipsnya simple tapi ngefek banget.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^
EmoticonEmoticon