Pernah Mengalami Anyang-Anyangan dan Sakit Pinggang? Waspada Infeksi Saluran Kemih Terutama Pada Wanita - Keke Naima

Senin, 28 Mei 2018

Pernah Mengalami Anyang-Anyangan dan Sakit Pinggang? Waspada Infeksi Saluran Kemih Terutama Pada Wanita

Pernah Mengalami Anyang-Anyangan dan Sakit Pinggang? Waspada Infeksi Saluran Kemih Terutama Pada Wanita

Pernah Mengalami Anyang-Anyangan dan Sakit Pinggang? Waspada Infeksi Saluran Kemih Terutama Pada Wanita

Foto milik IG @penaliswanti

Teman-teman pernah terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK)? Semoga jangan pernah, ya. Kalaupun sudah, semoga jangan pernah mengalami lagi karena rasanya sangat tidak nyaman dan bisa berbahaya.

Saya pernah merasakan anyang-anyangan dan sampai menangis karena gak tahan sakitnya. Menjelang hari raya begini, saya mulai kepikiran lagi tentang anyang-anyangan. Biasanya kan perjalanan mudik bisa sampai berjam-jam di jalan. Menahan buang air kecil sudah tentu bukan hal baik. Tetapi, mencari toilet umum pun bukan hal mudah. Selain ramai, biasanya juga kebersihannya kurang terjaga. 

Pernah Mengalami Anyang-Anyangan dan Sakit Pinggang? Waspada Infeksi Saluran Kemih Terutama Pada Wanita

Sabtu (26/5) bertempat di hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta, Uri-cran mengadakan Blogger Gathering dengan tema "Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih pada Wanita" bersama dr. Boy Abidin, SPOG(K), dokter kebidanan dan presenter DR OZ Indonesia.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah suatu infeksi dimana ada koloni kuman yang bisa masuk melalui aliran darah atau melalui saluran kemih. Saluran kemih dimulai dari ginjal hingga saluran pengeluaran. Oleh karena itu, ISK tidak hanya infeksi yang terjadi pada saluran pengeluaran, tetapi juga pada ginjal.

Wanita Lebih Rentan Terkena Infeksi Saluran Kemih


Pernah Mengalami Anyang-Anyangan dan Sakit Pinggang? Waspada Infeksi Saluran Kemih Terutama Pada Wanita
Setidaknya 1 dari 5 wanita ini (di tengah) pernah terkena anyang-anyangan. Rasanya kapok banget! 
Foto milik IG @penaliswanti

Berdasarkan data, 50-60% pasien yang terkena ISK adalah para wanita. Tidak hanya terjadi pada wanita yang masih bereproduksi. ISK juga terjadi pada wanita kelompok anak-anak hingga menopause. Sebanyak 25% wanita yang pernah terkena ISK akan mengalami infeksi saluran kemih berulang.

Pernah Mengalami Anyang-Anyangan dan Sakit Pinggang? Waspada Infeksi Saluran Kemih Terutama Pada Wanita

Siapapun bisa terkena ISK baik wanita maupun pria. Tetapi, wanita lebih rentan terkena ISK karena jarak saluran kemih wanita lebih pendek daripada pria. Berdasarkan data, penyebab terbanyak wanita terkena ISK adalah bakteri e-coli.

Keluhan pertama yang dirasakan wanita saat terkena infeksi saluran kemih adalah anyang-anyangan dan 5 dari 10 wanita pernah mengalaminya.

Infeksi Saluran Kemih mulai dari saluran bagian atas hingga bawah. Masing-masing mempunyai gejala infeksi saluran kencing yang berbeda. ISK yang berasal dari saluran bagian bawah memiliki gejala sebagai berikut:

  1. Rasa perih di ujung saat urine akan keluar
  2. Sering buang air kecil, terutama saat malam hari, tetapi jumlah urine sedikit
  3. Tidak bisa menahan buang air kecil (ngompol), tetapi berbeda dengan wanita yang sedang menopause
  4. Anyang-anyangan (buang air kecil tidak tuntas)
  5. Mulai terasa nyeri di bagian perut bagian bawah
  6. Demam ringan

Bila tidak segera diatasi, infeksi akan menjalar ke bagian atas dengan gejala yang lebih berat, yaitu:

  1. Demam tinggi
  2. Tidak nafsu makan
  3. Mual dan muntah
  4. Nyeri pada bagian pinggang

Kita suka berpikir kalau nyeri pinggang akibat kurang minum, Padahal harus waspada, lho. Sakit pinggang juga bisa menjadi salah satu gejala infeksi saluran kencing. Bila infeksi sudah sampai nyeri pinggang artinya ISK sudah menjalar ke bagian atas. Memang harus dipastikan melalui pemeriksaan kesehatan di laboratorium. Tetapi, bila penyebabnya karena ISK yang sudah menjalar ke bagian atas, maka penangannya akan lebih serius. Bila sudah terkena ginjal, dampaknya bisa cukup jauh.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih


Pernah Mengalami Anyang-Anyangan dan Sakit Pinggang? Waspada Infeksi Saluran Kemih Terutama Pada Wanita
Jitakable, jangan? Jangan tertipu sama penampakannya yang unyu-unyu dan kayak kembaran sama mr. Plankton di Spongebob, lho. Karena sesungguhnya bakteri e-coli ini merupakan tersangka utama sebagai penyebab terbanyak wanita terkena ISK.

Kurang Minum

"Minumlah sebelum haus," ujar dr. Boy Abidin. Bila kita minum setelah rasa haus datang artinya tubuh sudah 'berteriak' kalau kekurangan cairan. Dalam sehari jumlah air yang harus dikonsumsi adalah 8-10 gelas. Cara melihat apakah jumlah minum kita cukup atau tidak adalah dari warna urine. Bila berwarna kuning pekat maka harus waspada karena petanda cairan berkurang. Semakin pekat warna urine menandakan jumlah bakteri semakin banyak.

Sering Menahan Buang Air Kecil

Produksi urine biasanya 3-4 jam sekali.  Bila akan melakukan perjalanan jauh atau macet sebaiknya buang air kecil direncakan dengan benar. Misalnya, sebelum pulang kantor dan menempuh perjalanan yang macet sebaiknya buang air kecil dulu. Bila di tengah jalan kembali ingin buang air kecil, segera cari toilet umum terdekat atau biasakan menggunakan diapers khusus wanita.

Aktivitas Seksual

Aktivitas ini bisa memicu infeksi dengan masuknya kuman ke vagina dan menyebar ke saluran kemih.

Menopause

Pada usia menopause faktor hormonal membuat kulit lebih tipis sehingga kuman lebih mudah menempel.

Diabetes

Salah satu gejala diabetes adalah banyak minum, banyak makan, dan banyak buang air kecil, tetapi berat badan tidak bertambah. Sering buang air kecil terjadi ketika gula darah penderita sedang tinggi. Imunitas penderita diabetes menurun sehingga mudah terkena infeksi. Selalu menstabilkan gula darah agar tidak terkena infeksi.

Kehamilan

Hal yang normal bila wanita hamil sering mengalami keputihan. Kondisi keputihan normal adalah bening, tidak berbau, dan jumlah tidak berlebihan. Tetapi, bila tidak dijaga dengan baik, maka akan terjadi koloni kuman dan menyebabkan ISK. Waspada bila terjadi infeksi karena bisa menyebabkan kelahiran prematur, berat badan bayi lahir rendah, pre-eklamsi, hipertensi, gagal ginjal, atau kematian janin.

Penting sekali menjaga kebersihan organ intim karena organ ini mempunyai 3 fungsi, yaitu kelurnya darah mentruasi, fungsi seksual, dan fungsi reproduksi untuk melahirkan. Bila terjadi gangguan, maka salah satu fungsi akan terganggu bahkan bisa juga ketiganya.

Menggunakan pembalut atau pantyliners secara rutin pada saat sedang keputihan tidak disarankan karena justru bisa membuat keputihan semakin parah. Tetapi, dalam kondisi tertentu, misalnya sedang ada acara dan tidak ingin keputihan mengganggu karena pakaian dalam menjadi basah, maka boleh menggunakan pantyliners atau pembalut.

Toilet yang Kurang Bersih

Masalah yang sering terjadi bila berada di tempat umum dan ingin buang air kecil adalah toilet yang kurang bersih. Hal yang bisa dilakukan saat harus buang air kecil, terutama di toilet yang kurang bersih adalah

  1. Bawa air sendiri untuk membilas. Kita gak tau sudah berapa banyak kuman yang berada di ember atau gayung toilet tersebut.
  2. Cara membasuh yang benar setelah buang air kecil. Basuhlah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Membasuh dari belakang ke depan akan membuat kuman masuk ke dalam saluran kemih.
  3. Membawa tissue, tetapi lebih bagus lagi bila membawa handuk dari bahan katun.Bila menggunakan tissue pilih yang bahannya bagus. Bukan tissue yang mudah menjadi bubur bila terkena air. Lap area vagina hingga kering setelah dibilas.

    Mengingat anak kecil juga bisa terkena ISK, maka kebiasan menjaga kebersihan ini sudah harus dimulai sejak kecil. Jangan pula membiasakan menggunakan bedak, alkohol, atau sabun mandi untuk vagina. Sabun khusus pembersih vagina boleh digunakan asalkan tidak terlalu sering dan selama produknya menyatakan pH balance karena tidak merusak kelembapan flora normal area vagina. Penggunaan pakaian dalam juga selain dari bahan katun dan jangan terlalu ketat.

    Manfaat Uri-cran, Ekstrak Buah Cranberry


     Pernah Mengalami Anyang-Anyangan dan Sakit Pinggang? Waspada Infeksi Saluran Kemih Terutama Pada Wanita
    Prive Uri-cran menjadi solusi praktis untuk mencegah dan mengatasi anyang-anyangan

    Kandungan buah cranberry adalah 80% air dan 10% karbohidrat. Cranberry memiliki zat yang dapat menghambat pelengketan bakteri. Cranberry juga bukan antibiotik sehingga tidak menyebabkan resistensi bila secara rutin dikonsumsi. 

    Buah cranberry sulit di dapat di Indonesia. Sebagai penggantinya, kita bisa mengkonsumsi Prive Uri-cran. Menurut mbak Ferina, perwakilan PT. Combiphar, Uri-cran hanya mengandung ekstrak cranberry sehingga aman dikonsumsi siapapun termasuk ibu hamil. Saya juga mencari tau tentang mitos dan fakta seputar kehamilan. Ya, karena ibu hamil memang sering berkemih, maka untuk membantu kesehatan saluran kemih bisa mengkonsumsi Uri-Cran karena hanya mengandung ekstrak cranberry. Uri-cran ada yang dalam bentuk kapsul atau bubuk (sachet dan bisa dikonsumsi sebagai pencegah maupun obat anyang-anyangan.

    Setelah pemaparan dari dr. Boy Abidin, SPOG(K), acara dilanjutkan dengan tausyiah dari ustadz Soleh Kurniawan. "Kebersihan adalah Sebagaian dari Iman" adalah sebuah peribahasa yang diambil dari hadist. Tema tausyiah pada hari itu adalah tentang menjaga kebersihan dari sudut pandang islam. Tentang bagaimana islam menganggap menjaga kebersihan adalah satu hal yang sangat penting.

    Menjaga kesehatan saluran kemih memang tidak hanya pada saat mudik. Sangatlah penting untuk selalu menjadi kesehatan saluran kemih agar tidak terjadi ISK.  


    Pernah Mengalami Anyang-Anyangan dan Sakit Pinggang? Waspada Infeksi Saluran Kemih Terutama Pada Wanita

    5 komentar:

    1. Ternyata kalau sudah nyeri pinggang itu tanda ISK udah menjalar ke atas ya

      BalasHapus
    2. Aku udah cobain, uricran rasanya seger dan enak, mau cbain buat pengobatan nih Mba

      BalasHapus
    3. Widihhh, artikel kayak gini nih yang penuh edukasi hehe, mantappp jiwa

      BalasHapus
    4. Tante saya nih pernah kena anyang2an, bahkan sampai harus ke rumah sakit karena udah demam, pengaruh dari infeksi saluran kemih ini. Sampai sekarang memang iya kata dokter mesti dijaga banget, karena bisa berulang lagi.

      BalasHapus
    5. emang kalau kena ISK itu ngga enak banget, tersiksa... Ternyata ISK pada wanita hamil akibatnya bisa fatal juga ya...

      BalasHapus

    Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

    Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^