Resep Sup Ayam Berempah SO GOOD

By Keke Naima - July 21, 2017

Resep Sup Ayam Berempah SO GOOD

Resep Sup Ayam Berempah SO GOOD - Keke : "Masakan Bunda yang paling gak enak tuh sup."
Bunda: "Masa, sih? Trus kenapa juga Keke suka minta dibikinin sup jagung?"
Keke: "Kalau itu sih enak. Yang gak enak tuh sup ayam. Gimana, ya, kayaknya ada yang kurang aja."

Beberapa hari yang lalu saat kami sedang makan malam bersama Keke bilang kalau sop sayur buatan Chi gak enak. Kesel iya, sedih iya, tapi sebetulnya Chi pun mengakui apa yang Keke bilang. Sup ayam yang dimaksud adalah sayur yang berisi wortel, buncis, kol, dan kentang. Lauknya bisa dikasih ayam, sosis, atau baso. Seringnya pakai ayam, makanya anak-anak menyebutnya sup ayam. Tapi mau dikasih ayam, sosis, atau baso tetap aja rasanya gak pas. Nightmare banget deh kalau udah urusan bikin sup ayam.

Bosan gak pernah berhasil dapat rasa yang pas, Chi pun mulai pakai bumbu sup instan. Rada lumayan lah rasanya tapi belum sampai level puas. Apalagi karena ini pakai bumbu instan. Buat Chi tetap lebih puas kalau bisa masak enak tapi pakai bumbu yang dibuat sendiri.

Sekian tahun lalu Chi pernah nyicipin sup ayam yang enak banget. Buatan nenek Chi yang sempat lama menetap di Sumatera. Rasa sup ayamnya tuh spesial karena berasa rempahnya. Trus wangi kayu manisnya itu bikin Chi masih teringat kenikmatannya sampai sekarang.
Kadang memang bosan karena gagal melulu tapi suka penasaran aja, Masa sih segitu susahnya bikin sup ayam. Anak-anak bisa lahap ketika makan sup ayam jagung, creamy corn soup, sup buntut, atau sup kacang merah. Masa' sup ayam gak bisa? Selalu aja bersisa kalau bikin sup ayam. *gregetaaaann!

Kali ini Chi pengen coba bikin sup ayam lagi. Cobalah googling berbagai resep sup ayam, selain membaca beberapa menu juga malah dapat info beberapa metode memasak. Lumayan lah dapat ilmu baru lagi.

Sebelum mengenal ayam potong SO GOOD kalau beli ayam atau daging selalu beli di supermarket. Beli sayur mayur baru di pasar. Alasannya beli di supermarket udah pasti lebih bersih dan segar. Daging ayam SO GOOD terlihat bersih dan segar sehingga bisa langsung diolah. Daging ayam potong SO GOOD ini juga memiliki kualitas terbaik karena berasal dari peternakan sendiri. Ayam SO GOOD juga gak disuntik hormon, lho. Sering kan ya kita mendengar atau membaca berita kalau ada ayam yang disuntik hormon. Dan yang terpenting adalah sejak awal pemrosesan hingga akhir dilakukan dengan cara yang halal.

Cara mendapatkannya pun mudah. Gak harus ke supermarket, di minimarket pun ada. Chi beli ayam SO GOOD ini di Alfamidi dekat rumah. Ayamnya sudah dipotong-potong dan dalam kondisi bersih dengan packaging yang rapat. Bahkan untuk sup ayam ada pilihannya juga, lho. Yuk! Sekarang saatnya mengolah.


Potongan daging sup ayam SO GOOD 
Potongan daging sup ayam SO GOOD rapi dan tidak perlu disuwir lagi.


Untuk sup, Chi biasa menggunakan bagian punggung karena paling pas buat sekalian dibikin kaldu. Enaknya kalau pakai daging sup ayam SO GOOD, bagian punggung ayamnya sudah dipotong-potong lebih kecil. Gak makan tempat kalau direbus dipanci. Mau disantap dagingnya pun gak repot harus disuwir dulu.

[Silakan baca: Resep Ayam Goreng Bawang Putih]


Sup Ayam Berempah SO GOOD


cara membuat Sup Ayam Berempah SO GOOD

Bahan:
  • 1 bungkus SO GOOD Daging Sup Ayam
  • 2 buah jeruk lemon - Diiris-iris
  • 5-6 siung bawang putih
  • 4-5 butir kapulaga
  • 1,5 sdm ebi
  • 1,5-1 buah bawang bombay - Dicincang
  • 1-2 ruas jahe - digeprek
  • 1 buah tomat - diiris
  • 8-10 butir cengkeh
  • Daun bawang diiris tipis untuk taburan
  • Kayu manis bubuk secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Pala bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Air
  • Minyak untuk menumis


Cara Membuat:
  1. Rebus air, garam, dan lemon hingga mendidih. Pastikan air dalam jumlah yang cukup untuk merendam ayam.

    marinasi ayam
  2. Setelah mendidih, diamkan dengan panci tertutup hingga air rebusan dingin.
  3. Setelah air rebusan dingin, masukkan seluruh SO GOOD Daging Sup Ayam. Pastikan ayam terendam seluruhnya.

    Resep Sup Ayam Berempah
    Kebetulan di foto ini yang direndam daging ayam potong SO GOOD. Tapi Chi menggunakan cara yang sama untuk daging sup ayam SO GOOD


  4. Masukkan ayam yang direndam ke dalam air lemon ke dalam wadah tertutup. Kemudian simpan di kulkas selama +/- 1-2 jam
  5. Setelah 1-2 jam, keluarkan ayam dari kulkas dan buang seluruh airnya.
  6. Tambahkan kayu manis bubuk secukupnya. Kurang lebih 2-3 sdm.  Pastikan seluruh daging ayam diberi kayu manis bubuk kemudian masukkan kembali ke kulkas dan diamkan minimal 6 jam *Kalau Chi mendiamkan semalaman.
  7. Keluarkan ayam dari dalam kulkas
  8. Ulek ebi, bawang putih, dan kapulaga hingga halus
  9. Tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga harum
  10. Rebus air untuk membuat kuah sup
  11. Setelah mendidih, masukkan ayam. Sedikit demi sedikit buang bagian yang menggumpal hingga kuah menjadi bening.
  12. Masukkan tumisan bumbu halus dan bawang bombay
  13. Masukkan jahe yang sudah digeprek
  14. Masukkan tomat
  15. Tambahkan merica bubuk, pala bubuk, kayu manis bubuk, kaldu jamur, dan gula pasir
  16. Tambahkan garam. Masak hingga ayam lembut dan matang
  17. Sajikan. Beri rebusan wortel dan irisan daun bawang


    Catatan:
    1. Proses nomor 6 akan membuat daging ayam ada rasa kayu manis tetapi hanya samar saja. Kalau teman-teman tidak menginginkannya, proses nomor 6 bisa dilewatkan. Cukup menambahkan kayu manis pada saat merebus.
    2. Chi menggunakan kayu manis bubuk dan pala bubuk sehingga kuah berwarna gelap. Bila teman-teman menginginkan warna yang lebih terang, bisa diganti dengan kayu manis batangan dan biji pala yang digeprek
    3. Garam selalu Chi berikan terakhir setiap kali memasak. Bila semua rasa sudah dirasa pas, maka baru masukkan garam. Buat Chi, garam berfungsi untuk meningkatkan rasa. Kalau garam yang lebih dahulu dimasukkan, suka sulit aja menentukan rasa yang pas.
    4. Sengaja memisahkan sayurannya supaya rasa sayurnya lebih segar dan menambah rasa manis di supnya. Chi biasanya pakai wortel import atau wortel lokal yang warnanya mirip seperti wortel import. Selain lebih cantik, rasanya juga lebih manis 
    5. Tidak menggunakan seledri karena gak kuat sama baunya. Bikin pusing. Rasanya pun Chi gak suka. Chi juga gak menambahkan bawang merah goreng karena Keke gak suka

      Aroma kayu manis terus menguar saat memasak. Bahkan saat wadah ayam dibuka, sudah tercium aroma kayu manis. Hmmm..., meningkatkan nafsu makan banget nih aromanya.

      Kenapa Chi terus penasaran untuk membuat sup yang enak? Karena sup gak selalu jadi menu makan utama di rumah kami. Sup kacang merah dan sup buntut selalu dijadikan makanan utama untuk makan bersama nasi. Tapi kalau bikin creamy corn soup atau sop jagung biasanya dimakan tanpa nasi. Kedua sup yang tanpa nasi ini juga jadi salah satu andalan bila sedang kurang enak badan. Kalau lagi sakit kan susah susah makan, dibuatin sup biasanya lumayan mau makan.

      Chi pengen sup ayam bisa dinikmati keduanya. Dikasih nasi enak, tanpa nasi pun enak. Alhamdulillah, berhasil juga bikin sup ayam yang enak. Rasa rempah terutama kayu manis menggugah selera. Ada rasa hangat dari jahe serta rasa manis dari wortel. Buat Chi yang saat ini juga lagi sakit tenggorokan, nikmat banget makan sop ayam ini. Yang lebih menyenangkan adalah kali ini gak ada kritikan dari anak-anak. Malah mereka bilang sopnya enak. Yipppiiieee!


      Ayam Taichan Modifikasi


      Chi kasih bonus resep, ya. Kebetulan beli 2 macam daging ayam SO GOOD, nih. Tapi ayam potong SO GOOD yang di dekat rumah packagingnya masih yang pakai styrofoam. Meskipun begitu, kualitasnya tetap sama, lah.

      Saat ini lagi ngetrend banget kuliner sate ayam taichan. Chi belum pernah beli karena malas banget harus antre panjang hehehe. Jadilah cari resep sana-sini di internet. Setelah baca, ternyata simple banget resepnya.

      Simple bukan berarti mudah. Bumbu yang (sangat) sedikit justru harus dibuat menonjol. Intinya sih bumbu untuk ayam taichan tuh cuma garam dan perasan jeruk nipis/lemon. Ada juga resep yang kasih merica, tapi Chi gak pernah kasih.

      Namanya juga sate, pastinya pakai tusuk sate. Tapi ribetlah kalau harus dipotong kecil-kecil trus dikasih tusukan. Lagipula yang penting rasanya. Nah masalahnya, Chi sering nemuin rasa yang gak pas. Kalau gak keasinan ya gak berasa asam jeruknya. Sekarang Chi udah punya cara dong gimana ayam taichan ini bisa pas rasanya.


      resep ayam taichan


      Bahan:
      cara membuat ayam taichan
      • Ayam potong SO GOOD
      • Air untuk merendam
      • 2 buah jeruk lemon - diiris
      • Garam


      Cara membuat:
      1. Pisahkan kulit ayam dari dagingnya
      2. Rebus air, lemon, dan garam hingga mendidih. Setelah mendidih, tutup panci dan diamkan hingga dingin
      3. Masukkan ayam potong, pastikan terendam seluruhnya. Simpan di wadah tertutup dan masukkan ke kulkas selama +/- 3 jam
      4. Tiriskan ayam
      5. Panggang dengan api kecil hingga matang dan berwarna kecoklatan
      6. Memasak ayam harus benar-benar matang. Bila masih kurang yakin bagian dalamnya sudah matang padahal bagian atas sudah berwarna kecoklatan, bisa dimasukkan ke oven sekitar 4 menit. Gak akan bikin ayamnya gosong, kok. Tapi ayam jadi matang sampai ke dalam
      7. Sajikan dengan sambal bawang dan salad


        Catatan:
        1. Pada saat membuat sup dan ayam taichan, Chi selalu lebih dulu merendam dengan air garam. Metode memasak ini namanya metode Brining.
        2. Sebetulnya Chi masih harus banyak belajar dan mencari tau tentang metode brine ini. Dari beberapa artikel yang dibaca ada berbagai macam cara. Ada yang airnya direbus dulu, ada yang tidak. Ada standar waktu merendamnya untuk setiap pon daging yang direndam. Dan kebanyakan menggunakan garam khusus. Tapi intinya sih metode ini adalah merendam daging di air garam. Air garamnya bisa ditambahkan bahan lain seperti lemon.
        3. Walaupun masih harus banyak belajar, tapi rasa ayam taichan yang didapat dengan menggunakan metode ini sudah pas
        4. Bedanya dengan marinating adalah kalau brining rasa dagingnya jadi berasa sampai ke dalam. Sedangkan marinating akan memperkaya rasa di bagian permukaan
        5. Karena direndam di air garam, sebaiknya airnya jangan terlalu asin. 
        6. Selain bumbu lebih meresap ke dalam, dengan dibrining daging ayam juga jadi lebih lembut
        7. Teman-teman bisa menambahkan air jeruk nipis dan dikucurkan ke ayam atau sambal sesaat sebelum disantap. Tapi kalau buat Chi sih dengan direndam pakai air lemon, wangi dan rasa lemonnya sudah berasa 
        8. Kulit ayam tidak Chi buang tapi ikut direndam. Setelah sekian jam direndam, tiriskan, lalu digoreng hingga renyah. Kulit ayamnya tidak hanya crispy tetapi juga ada rasa lemonnya. 


          Ayam taichan ini cocok banget untuk yang lagi diet karena tanpa minyak dan prosesnya dipanggang. Tapi tergantung siapa yang makan, sih. Chi malah susah diet kalau udah makan ayam ini. Abis pelengkapnya sambal bawang dan salad. Kalau udah makan pakai sambal, kayaknya sayang banget kalau cuma makan sedikit hehehe

          [Silakan baca: Seporsi Soto Ayam Hangat untuk Bekal Sekolah]

          • Share:

          You Might Also Like

          30 comments

          1. Wah seger sup ayamnya dimakan anget-anget.
            Btw penasaran dengan rasa sate taichan di sono. Kapan hari nyobain sate taichan via online di kotaku, duh asiiiiin rasanya.

            ReplyDelete
            Replies
            1. Iya kalau udah dingin kurang nikmat makan supnya.

              Nah itu, sate taichan kan bumbunya sedikit. Jadi harus pas. Beberapa kali saya bikin keasinan. Sekalinya pas asinnya, rasa asamnya gak berasa. Tapi cobain pakai cara yang ditulis ini pas rasanya hehehe

              Delete
          2. Sup nya bnyk bnget ya mba bumbunya..lengkap..kap! Aku mlh baru tahu klo sup bisa dipakein kayu manis. Biasanya klo mbikin sup..aku cuma bawang, garam sama mrica doang. Rasanya? Minimalis gitu deh.. Apalagi aku hampir ga pernah pke kaldu bubuk.. 😊😊

            ReplyDelete
            Replies
            1. Saya juga tadinya cuma pakai gula, garam, merica, bawang putih, dan air kaldu dari rebusan tulang ayam. Tapi anak-anak suka protes katanya gak enak hehehe

              Delete
          3. AKU Suka banget sup ayam mb Myr hehehe. Resepnya ini boleh banget dicoba

            ReplyDelete
            Replies
            1. Sup memang enak. Dan biasanya kalau lagi gak nafsu makan pun, saya pengennya makan sup. Makanya penasaran banget bikin sup yang enak :D

              Delete
          4. Resep sup ayamnya boleh dicoba nih. Aku biasanya dibikin sup ayam yang biasa itu. Pake wortel, kol, sama lobak. Anak-anakku bakal suka pasti. TFS...

            ReplyDelete
            Replies
            1. Sup biasa dengan bumbu minimalis itu yang sering diprotes ma anak-anak saya :D

              Delete
          5. Suo ayamnya bikin ngiler. Mak kapan aku boleh ke rumah ngicipn masakannya😋😋😋

            ReplyDelete
          6. Mauuu donk Sup Ayamnya, apalgi cuaca dingin begini di BAndung..

            Penasaran sama masakan Chi, enaaaak pastinya!
            Tunggu resepku yaaa...

            ReplyDelete
            Replies
            1. Kalau dingin enaknya memang makan berkuah ya, Teh :)

              Delete
          7. wah banyak rempah2nya ya supnya, anak2ku sayur ayng palng suka ya sayur sop

            ReplyDelete
            Replies
            1. rempah-rempah bikin sup jadi kaya rasa, Mbak

              Delete
          8. Udah lama gak buat sup ayam yang rempahnya banyak gini. Selain sup kayak ini, sup chinesse sama sup sayur bakso jadi favorit. Apalagi setelah menemukan cara baru bikin sup sayur bakso. Gak ada yang bakal nolak

            ReplyDelete
            Replies
            1. Saya lagi pengen nyobain bikin Chinese Food, Mbak. Kayaknya enak juga :)

              Delete
          9. Mau mencoba ah rsep sup ayam berempahnya mba. Enak nih dimakan panas-panas. Yummy :)

            ReplyDelete
          10. Baru tahu ada sup ayam rempah. Lama juga ya proses sebelum dimasak. Rasanya pasti enak banget, ayam bau segarlemon ditambah kayu manis dan buah pala. Biasanya masak sup ayam cuma ngandelin bawang merah, bawang putih sama garam gula. Kalau pakai resep sup ini pasti keluarga pada suka

            ReplyDelete
            Replies
            1. Saya juga pertama kalu tau sop ayam berempah dari nenek yang lama tinggal di Sumatera, Mbak :)

              Delete
          11. Ayam taichan itu...belum sempet aja nyoba bikinnya. Pernah nyobain sate taichan dan suka sama rasanya yang minimalis. Rasa sambelnya sih tobat :D

            ReplyDelete
            Replies
            1. Kayaknya rasanya sama aja karena bumbu dan prosesnya kan sama. Cuma saya gak jadiin sate karena malas potong kecil dan nusknya :D

              Delete
          12. Rasa sop sumatra itu memang lbh rempah ya mba. Akupun krn lama di sumatra, terbiasa ama sop yg begitu. Tp pas nikah ama org solo, sop yg srg di masak di rumahnya lbh simple, tp ntah kenapa aku jg suka :p. 2-2 nya enaknya beda :D. Tp kalo sop yg berempah ini memang lbh enak kalo dimakan saat sdg sakit :)

            Resep taichannya boleh jg nih.. Ga ditusuk2.. :D. Aku mau coba ah ntr

            ReplyDelete
            Replies
            1. iya, sejak menikah juga saya jadi lebih banyak mengenal dan menggunakan rempah. Suami kan ada darah Sumatera juga. Lama-lama lidah saya pun terbiasa dengan rempah

              Delete
          13. wah aku baru tahu ada air rendaman jeruk seperti itu mbak, mau coba ahh.. biasanya selama ini cukup dikasih rempah-rempah aja supaya hilang bau ayamnya, thanks infonya ya mbak

            ReplyDelete
            Replies
            1. Malah yang saya tau supaya baunya hilang dikasih air jeruk nipis trus dibiarkan sejenak dan cuci lagi

              Delete
          14. Duh, pengen coba buat. Bikin ngiler ini bacanya. Kalau buat kan bias puas bikin banyak..he

            ReplyDelete
          15. Waaah sup ayam berempah yaaa mba.. kayaknya enak bangeeet

            ReplyDelete

          Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

          Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^