Chi itu paling gak tahan sama kuku panjang. Gak enak aja rasanya di jari. Makanya, Chi termasuk yang lumayan rajin gunting kuku kalau udah agak panjang sedikit. Chi juga paling suka guntingin kuku Keke dan Nai. Walopun mereka udah pada bisa gunting kuku sendiri, Chi masih suka nawarin untuk ngeguntingin kuku mereka. Senang aja rasanya kalau udah guntingin kuku anak-anak.

Chi memang suka menggunting kuku Keke dan Nai, tapi ketika bayi menggunting kuku mereka itu susah-susah gampang. Kayaknya, sih kalau ini termausk problem yang suka atau pernah dialami beberapa orang tua, ya. Menggunting kuku bayi memang agak sulit karena mereka belum bisa diminta untuk diam. Bisa tiba-tiba tangannya bergerak kalau lagi digunting kukunya. Bikin yang ngeguntingin kuku jadi khawatir kalau guntingnya akan menyakiti kulit mereka. Chi bahkan nyaris gak pernah ngegunting kuku Keke dan Nai ketika mereka masih bayi, lho.

Walopun Chi agak jarang ngeguntingin kuku mereka ketika bayi, tapi Chi ada 7 tip cara aman menggunting kuku bayi. Karena biar gimana kan kuku mereka tetap harus rutin dipotong. Kasian kalau sampe dibiarkan panjang.


Pilih Gunting Kuku yang Tepat

Ketika masih bayi, gunting kukunya pake gunting kuku bayi. Ada 2 macam gunting kuku bayi. Yang seperti gunting kuku orang dewasa atau yang seperti gunting kertas. Chi lebih memilih gunting kuku yang seperti gunting kertas.


Lakukan Setelah Mandi

Setelah mandi, kuku akan terasa lebih lunak. Jadi, bayi juga akan merasa lebih nyaman digunting kukunya setelah selesai mandi


Lakukan di Pencahayaan yang Terang

Menggunting kuku bayi seharusnya dengan pencahayaan yang terang. Karena kuku bayi kan masih kecil. Jadi, harus terlihat secara jelas. Jangan sampai kulit bayi terluka karena pencahayaan yang kurang terang membuat kita salah menggunting.


Alihkan Perhatian

Ketika sedang menggunting, sebaiknya alihkan perhatian bayi. Misalnya, dengan mengajak mereka mengobrol atau becanda. Sehingga fokus bayi itu ke candaan orang tua. Sesekali, Chi elus juga telapak tangan dengan lembut supaya Keke atau Nai tau kalau proses menggunting kuku itu menyenangkan.


Kasih ASI

Chi paling sering menggunting kuku sambil kasih Keke atau Nai ASI. Biasanya setelah selesai dimandikan, mereka akan lapar. Setelah berpakaian, langsung dikasih ASI, trus diguntingin kukunya. Memberi ASI juga bisa dibilang sebagai bentuk mengalihkan perhatian. Biasanya, kalau diguntingin kukunya sambil dikasih ASI, proses mengguntingnya bisa tenang


Kerjasama dengan Suami

Nah, inilah kenapa Chi agak jarang menggunting kuku Keke dan Nai. K'Aie yang paling sering menggunting kuku mereka, sambil Chi kasih Keke dan Nai ASI atau Chi ajak anak-anak becanda. Sebetulnya bisa aja Chi yang gunting. Cuma, ketika kasih ASI, Chi lebih sering melakukannya sambil tidur. Karena kalau dikaish ASI sambil tidur, anak-anak suka lebih cepat tidur. Tapi, kalau disambi dengan menggunting kuku, pasti sulit. Kecuali kalau Chi menyusuinya sambil duduk.


Jangan Lupa Dikikir

Setelah selesai menggunting kuku, jangan lupa dikikir. Apalagi kalau buat Keke dan Nai yang memang gak pernah mau pake sarung tangan. Dikikir jadi wajib biar kalau mereka garu-geruk, gak berasa kasar atau melukai kulit. Trus, gunting kuku bayi juga jangan kependekan. Karena menggunting kuku kalau sampe kependekan itu juga rasanya gak enak banget.

Itu 7 tip cara aman menggunting kuku bayi yang pernah Chi lakuin. Bagaimana dengan teman-teman, silakan di share di kolom komentar kalau ada tip lainnya :)