Perlengkapan Ibu Menyusui - “Myr, biasa … aku ke belakang dulu, ya.”

Chi udah ngerti kalau atasan Chi bilang ‘biasa’. Itu artinya beliau akan memompa ASI untuk bayinya. Setelah itu, ASI yang dihasilkan akan disimpan di kulkas, dalam keadaan botol yang tertutup rapat. Setiap hari atasan Chi ini bawa perlengkapan ibu menyusui ke kantor.

Cerita di atas adalah waktu Chi masih kerja kantoran. Jadi, walopun saat itu Chi belum menikah, tapi sudah ada bayangan seperti apa perjuangan seorang ibu kantoran yang sedang menyusui anaknya. Chi sempat berpikir kalau suatu saat nanti juga akan mengalami hal sama.

Tapi, jalan hidup memang gak bisa kita tebak. Ketika mempunyai anak, justru Chi sudah tidak lagi bekerja. Chi memutuskan untuk resign, beberapa bulan sebelum menikah. Walopun begitu, bukan berarti Chi gak punya perlengkapan ibu menyusui, lho. Berikut ini, perlengkapan apa aja yang pernah Chi punya ketika masih menyusui Keke dan Nai.


Breast Pad


Benda yang berfungsi untuk menyerap ASI supaya tidak merembes ke pakaian ini, gak akan mempan kalau Chi cuma pakai 1. Biasanya Chi pakai 2-3 breast pad untuk masing-masing payudara. Alhamdulillah, dikasih ASI yang melimpah dan lancar. Jadi kalau cuma pakai 1, pasti akan cepat merembes ke pakaian.


Bra Menyusui


Namanya perempuan, dimana-mana pasti pakai bra terutama kalau ke luar rumah. Kalau lagi menyusui memang sebaiknya pakai bra menyusui. Lebih mudah bila sewaktu-waktu anak ingin menyusui.


Pompa ASI


Walaupun Chi di rumah aja dan leluasa menyusui anak-anak kapanpun, tapi tetap butuh pompa ASI. Payudara yang terlalu penuh dengan ASI rasanya sakit. Mau dikasih ke anak masih kenyang. Terpaksa sesekali harus dipompa supaya agak berkurang. Chi pernah coba memerahnya pake tangan, tapi perasaan lama aja. Lebih enak pake pompa ASI. Itupun Chi lebih suka pake pompa yang manual daripada yang elektrik.


Botol Susu


Fungsinya untuk menampung ASI yang telah dipompa. Biasanya setelah itu Chi buang ASInya karena anak-anak kan selalu menyusu langsung ke Chi. Setelah masuk MPASI, Chi suka nyetok ASI juga walopun gak banyak. Nanti ASInya buat campuran MPASI. MPASI yang menggunakan ASI harus sekali makan, ya. Kalau untuk makan lagi harus bikin lagi makanan yang baru.


Handuk Kecil


Ketika sedang menyusui, biasanya payudara yang sedang tidak disusui mengalir deras seperti keran yang dibuka. Supaya gak banjir ke baju, Chi lebih memilih menutupnya dengan handuk kecil kalau lagi di rumah. Jadi yang basah banget nanti handuknya. Begitu juga kalau lagi di luar rumah. Chi sumpel dulu pake handuk kecil karena kalau Cuma ngandelin breast pad, gak cukup.

5 barang itu aja, sih yang Chi perlukan sewaktu masih menyusui Keke dan Nai. Mungkin bagi ibu yang bekerja perlengkapan ibu menyusuinya lebih banyak lagi. Tapi, untuk ibu yang di rumah, bukan berarti gak perlu perlengkapan menyusui, lho. Buktinya, Chi butuh perlengkapan ibu menyusui. Bagaimana dengan pengalaman teman-teman yang sedang atau pernah menyusui?