Antara Bekasi, Bali, dan Bandung

By Keke Naima - April 15, 2014

Sekitar bulan September 2013 lalu, Papah ngajak kami liburan ke Bali. Chi pikir Keke akan menolak, karena selama ini kalau diajak libur pakai pesawat gak pernah mau. Takut jatuh, alasannya. Gara-gara dia pernah nonton berita tentang kecelakaan pesawat di tv. Jadi, selalu menolak kalau diajak jalan-jalan pakai pesawat. Eh, gak taunya dia langsung spontan bilang mau.

Rencana awalnya adalah tanggal 5 Oktober 2013. Tapi, baru nyadar kalau ditanggal segitu di Bali lagi ada APEC. Bakalan rame banget banget pastinya. Jadi, diundurlah ke awal November. Ada long wiken di awal November, tapi Chi lupa libur apa :D

Masalahnya, di awal November itu K'Aie gak bisa ikut. Ada rapat sama Wanadri di Bandung. Keke tetep pengen ikut ke Bali. Nai yang selama ini gak pernah jauh dari bundanya, malah pengen ikut ke Bali. Tinggal Chi yang galau, ikut anak-anak ke Bali apa ke Bandung.

Chi udah bujukin anak-anak supaya ikut ke Bandung aja, tapi mereka gak mau. Akhirnya setelah bercap-cip-cup ditimbang-timbang, Keke dan Nai ikut kakek-neneknya ke Bali, Chi sama K'Aie ke Bandung. Papah sama mamah gak keberatan ketitipan Keke dan Nai tanpa ayah-bundanya. Keke dan Nai termasuk anak-anak yang anteng dan mandiri kata orang tua Chi. Jadi, gak akan repot jagain mereka.


anak-anak wisata ke bali
Perasaan Chi lagi gak karuan di sini :D


Saat nganterin Keke dan Nai ke bandara subuh-subuh, hati rasanya sediiihh. Cuma mau nangis, bisa-bisa diketawain sama anak-anak. Gimana gak sedih, ini pertama kalinya kami jauh-jauhan. Liburan terpisah-pisah. Keke sih udah beberapa kali nginep di rumah aki-nin kalau liburan sekolah. Tapi, masih di Jakarta lokasinya, deket lah. Nah kali ini jauh, udah gitu Nai juga pertama kalinya jauh dari Chi.

Beuntung zaman sekarang udah serba canggih teknologinya. Gak cuma telpon dan sms. BBM, WA juga bisa sekaligus kirim-kirim foto. Lumayan lah obat kangen selama 3 hari.


anak berlibur tanpa orang tua
Chi kangen banget sama Keke dan Nai saat itu :)


Mereka seneng banget di sana. Jalan-jalan ke patung GWK, Bali Bird Park, Bali Zoo Park, dan lainnya. Tapi, yang paling mereka suka adalah pantai. Hotel yang mereka tempati dekat banget sama pantai. Tinggal keluar hotel, udah pantai. Jadi dari pagi mereka udah berlarian ke pantai. Susah diajak jalan-jalan ke tempat lain. Lagian Keke dan Nai males juga kayaknya. Long wiken bikin Bali macet banget sepanjang jalan. Dari pada macet-macetan, mending main di pantai :D

Chi beberapa kali telpon ke orang tua. Agak susah nelpon ke Keke dan Nai. Mereka asik main, suka gak mau diganggu hehehe. Tapi kata Mamah-Papah sih Keke dan Nai gak ngerepotin. Mereka udah bisa melakukan sendiri. Paling Keke yang kadang harus agak diingetin sama Nai. Misalnya, kalau main ke pantai bawa baju ganti.

Nai sempet nangis sekali waktu malam terakhir di Bali, sampe susah dibrentiin. Dia sih ngakunya kangen sama Chi dan pengen pulang. Dibujukin ini itu gak mau. Nangis terus sampe ketiduran.

Kalau kata Chi sih Nai rewel itu bukan karena kangen, tapi kecapean dan ngantuk. Jadi, Mamah-Papah itu kan kepengen banget jalan-jalan ke Beachwalk Mall Kuta. Lokasi mallnya sebetulnya gak jauh dari hotel. Cuma beberapa ratus meter aja. Jalan kaki juga bisa.

Tapi, anak-anak gak ada yang mau. Keke sama Nai emang kurang suka nge-mall sih, apalagi kalau cuma sekedar jalan-jalan. Mereka lebih memilih main di pantai. Akhirnya, pukul 10 malam mereka baru jalan ke mall untuk makan malam di mall sekaligus jalan-jalan.

Hampir seharian main di pantai, trus pukul 10 malam lanjut jalan ke mall. Jelas aja mereka kecapean. Apalagi Keke dan Nai itu udah lama gak biasa tidur larut. Paling telat pukul 9 mereka udah tidur. Makanya gak heran kalau akhirnya Nai jadi rewel banget. Keke juga Chi yakin udah kecapean, tapi dia udah bisa menahan diri untuk gak nangis.

Buktinya, setelah tidur, besok paginya Nai ceria lagi. Chi godain lewat telpon, dia malah heboh gak mau berlama-lama telpon sama Chi. Lagi asik main hihihi.

Lalu, Chi dan K'Aie ngapain ajah selama anak-anak di Bali? Setelah mengantar anak-anak ke bandara, kami pulang ke rumah. Beberes sebentar trus lanjut ke Bandung. Sampe Bandung, K'Aie langsung rapat di sekretaria Wanadri. Chi di rumah aja.

Siangnya, Chi bareng tante dan sepupu makan siang di Warung Misbar.Selesai makan, lanjut ke Gramedia. Pulang ke rumah sebentar, abis maghrib lanjut ke Dago. Kopdar sama Teh Nchie dan Mbak Dey sambil makan jagung bakar.

Sayang gak bisa berlama-lama sama Mbak Dey. Rumahnya jauh katanya. Sempet ketemu juga sama juragan Dewa SEO alias Boss Teh Nchie yaitu Kang Argun :p Seneng banget bisa lumayan lama ngobrol-ngobrol sama Teh Nchie. Mau nemenin Chi sampe dijemput K'Aie. Makasih banyak ya, Teh :)

Chi dan K'Aie, mutusin gak nginep di Bandung (rencana awalnya nginep). Abis kopdar, kami langsung pulang ke Bekasi. Hari-hari berikutnya tanpa anak-anak, benar-benar hari malas. Gak masak, ngemall ajah. :p

Pas hari kepulangan anak-anak, Chi dan K'Aie pergi ke book fair di Senayan. Hari itu K'Aie cuti kerja. Dan karena pergi ke book fair pas hari kerja, suasananya lebih sepi daripada pas wiken. Udah 2x kami ke bookfair pas hari kerja. Kayaknya kalau ada book fair lagi kami mendingan milih dateng pas hari kerja aja. Milihnya lebih leluasa karena sepi.

Setelah memilih beberapa buku untuk kami dan anak-anak, waktu ternyata masih cukup banget buat ngemall. Chi dan K'Aie pun ke Sency untuk ngopi-ngopi. Abis itu baru lanjut ke bandara. Perjalanan lancar, sampe bandara kami masih nunggu lumayan lama.

Akhirnya, ketemu lagi sama Keke dan Nai. Yang heboh? Udah pasti Chi hahaha. Keke dan Nai kaleeeeemmmmm. Besoknya mereka baru cerita banyak dengan cerewetnya. Bener-bener kangen sama mereka.

Dan, kulit mereka menjadi lebih gelap karena terus-terusan di pantai. Tapi, yang penting mereka seneng banget. Malah kepengen lagi katanya. Ya, udah kapan-kapan ke sana lagi kalau ada rezekinya, ya. Insya Allah :)

Ssstt... kalau ditanya mana yang lebih enak anatra jalan-jalan sama anak-anak atau berdua aja 'ma suami? Dua-duanya punya keasikan sendiri. :p

  • Share:

You Might Also Like

23 comments

  1. anak2 saya juga termasuk anak2 yg gak pernah jauh dari ortunya mak... :)

    ReplyDelete
  2. Selain jauh, ngobrol sama saya ngga bisa santai Chi, bakal direcokin Fauzan pastinya .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi lucu juga denger celotehan2 Fauzan, Mbak hihihi

      Delete
  3. Beberapa hari tanpa anak-anak, gak kebayang. Rasanya pastii...

    ReplyDelete
  4. Duuuh gaenak bgt jauh dr anak2.. tapi jadi bisa pacaran yah mba, apa tetep aja ga enak? Heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak, kok. Walopun kangen juga sama anak2 hihi

      Delete
  5. kalau pas anak-anak pergi kangen banget ya

    ReplyDelete
  6. asyik yaa keke sama nai pada berani & mandiri, berani jalan2 ga sama ayah bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Apalagi buat Nai itu pertama kalinya, jaid agak deg2an juga :)

      Delete
  7. kadang kita emang perlu juga pergi hanya berdua ama suami..tapi pasti tetep ga tenang ya..kepikiran anak2 mulu, hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. untungnya anak2 anteng, jadi saya lumayan tenang :)

      Delete
  8. Seru banget liburannya KeNai,,,anak yg mandiri,,pisah sama ortu masih bisa happy ya,,,

    ReplyDelete
  9. Anak2 kalau capek, obatnya dipeluk sama Ibunya, ya. :)
    Kalau gak ikut K'Aie ke Bandung, malesnya dobel2 ya, Mba. :D

    ReplyDelete
  10. wah wah wah..belum pernah sie jalan2 berduaan aja sama suami.....

    ReplyDelete
  11. Pengalaman yang seru mak hehehe

    ReplyDelete
  12. kapan yaaa aku ketemu teh nchie dan ibu dey....

    ReplyDelete
  13. aaaaaaaak jadi ngiri...aku kemana2 masih bawa rombongan dan gembolan banyaaaaak

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^