Setiap orang tua biasanya senang kalau mendengar pujian seperti ini...

"Wah! Anaknya sehat terus, ya. Jarang sakit."
"Selamat, ya! Putranya berprestasi terus. Cerdas, deh."
"Umurnya baru 5 tahun? Tinggi, ya? Kayak anak SD."

Senang, ya, kalau dapat pujian seperti itu. Tapi biasanya kita juga pernah mendengar kalimat seperti ini...

"Anak saya itu gampang sakit. Persis seperti saya waktu kecil, sebentar-sebentar sering sakit. Jadi gak heran, deh."
"Pantes aja dia cerdas. Orang tuanya aja dokter, pasti anaknya cerdas."
"Gak heran kalau dia badannya tinggi, sekeluarga badannya tinggi semua. Jadi memang udah turunan."

Tapi ternyata, saya baru tau kalau faktor genetik tidak menjadi faktor yang mutlak menentukan tumbuh kembang anak karena faktor lingkungan juga memiliki pengaruh yang sangat besar. Jadi, untuk orang tua yang merasa gampang sakitan, merasa biasa-biasa aja kecerdasannya, dan postur tubuhnya juga biasa aja, jangan keburu pesimis karena ada caranya untuk menstimulasi itu semua, kok :)


Tips membentuk anak hebat.


Sistem Imunitas

Umumnya bayi dan anak-anak itu paling gampang terkena batuk-pilek. Keke dan Nai juga begitu. Mereka terkena batuk-pilek karena sistem imun atau daya tahan tubuhnya berkurang. Biasanya penyebabnya itu karena kecapean, kurang istirahat, makan gak benar (bisa karena menu atau jadwal makan yang kurang teratur), dan lainnya.

Kalau sedang sakit, biasanya saya selalu meminta mereka untuk banyak beristirahat Seringkali gak mudah karena yang namanya anak-anak suka gak mau diam walaupun lagi sakit. Tapi yang jelas, saya harus lebih menertibkan lagi dalam urusan makanan. Gizi harus lebih diperhatikan, begitu juga dengan jadwal makan.

Salah satu nutrisi yang dapat berpengaruh dalam pembentukan sistem daya tahan tubuh adalah prebiotik FOS dan prebiotik GOS. Prebiotik GOS berasal dari susu sedangkan prebiotik FOS banyak terdapat pada tumbuhan seperti :


  1. Akar Chicory
  2. Asparagus
  3. Pisang
 
Sepintas bentuknya mirip seperti lobak. Akar chicory merupakan sumber prebiotik alami seperti FOS yang baik bagi tubuh. Akar chicory ditambahkan pada beberapa produk susu.
Sumber: agardenerstable.com


Perkembangan Otak Anak

Alhamdulillah, Keke dan Nai termasuk anak yang cerdas. Tapi rasanya terlalu berlebihan kalau berpikir semua itu karena murni genetik. Saya bersyukur kalau memang faktor genetik cerdas juga ada pada Keke dan Nai. Hanya saja saya juga berpikir, mereka bisa berprestasi karena usaha mereka yang selalu mau belajar dengan baik.

Supaya mereka mampu belajar dengan baik tentu dibutuhkan otak yang baik pula. Untuk itu diperlukan nutrisi yang terbaik agar otak mereka berkembang maksimal.


Pertumbuhan Fisik

Saya dan suami termasuk yang rata-rata saja tingginya, begitu juga dengan orang tua kami. Banyak yang bilang, pertumbuhan fisik itu dipengaruhi genetik. Tapi saya punya 2 orang adik laki-laki yang sangat tinggi. Saya jadi ingin Keke dan Nai kelak jadi seperti om-om mereka, berbadan tinggi tapi tidak obesitas.

Kalau lihat saya dan suami yang tingginya biasa aja, mungkin gak, ya? Ya mungkin aja. Terbukti, kan, sama 2 orang adik saya. Caranya saya harus mengoptimalkan gizi Keke dan Naima untuk pertumbuhan fisik mereka.


Nutrisi Optimal Itu Penting!

Dari 3 hal diatas, yaitu sistem imunitas, perkembangan otak, dan pertumbuhan fisik, terlihat jelas kalau nutrisi memegang peranan penting dalam hal tumbuh kembang anak. Stimulasi lainnya juga mendukung 3 hal tersebut, tapi kalau pemberian nutrisi yang diberi tidak maksimal rasanya stimulasi yang lain juga kurang mendukung tumbuh kembang anak.

Jangan 'tar-sok-tar-sok' alias menunda-nunda untuk memberikan nutrisi terbaik bagi anak, Lakukan sejak mengetahui diri kita hamil karena tumbuh kembang terjadi sejak dalam kandungan. Mulai biasakan mengkonsumsi makanan bergizi. Kurangi atau berhenti jajan makanan yang tidak sehat.

Imunitas pasif diterima janin dalam kandungan melalui plasenta ibu. Setelah bayi dilahirkan, baru sistem imun mulai bekerja. Dan 70% sistem imunitas pada manusia terdapat dalam saluran cerna.

Otak dan sistem syaraf merupakan organ pertama yang terbentuk pada masa kehamilan. Oleh karena itu apabila orang tua ingin mempunyai anak yang otaknya berkembang maksimal, ia harus mengkonsumsi makanan yang membantu tumbuh kembang otak dan sistem syaraf.

Anak yang fisiknya bagus juga gak semata-mata karena genetik, tapi pemberian nutrisi yang optimal pada masa kehamilan mampu memaksimalkan tumbuh kembang fisik seorang anak sejak dalam janin.

Pemberian nutrisi yang optimal jangan hanya pada saat kehamilan, tapi dilanjutkan setelah lahir. Ada istilah Masa Keemasan (Golden Age) pada anak mulai dari bayi hingga balita, Masa dimana tumbuh kembang anak berkembang sangat pesat. Sayang seklai kalau kita sebagai orang tua menyia-nyiakan masa keemasan ini.


Keke dan Nai sudah sekolah. Daripada jajan, mendingan saya bikinkan mereka bekal. Sudah pasti menunya kesukaan mereka. Insya Allah gizi serta kebersihannya juga terjamin :)


Bertanya Kepada Ahlinya

Seringkali saya bingung dan bertanya-tanya, "Udah bener belum, ya, pemberian nutrisi untuk Keke dan Nai? Jangan-jangan kurang atau berlebihan?"

Ketika hamil, saya selalu bekonsultasi dengan dokter kandungan. Setelah lahir, sesekali saya juga berkonsultasi dengan dokter anak. Dan kalau memang diperlukan berkonsultasi dengan ahli gizi juga bisa untuk mengetahui nutrisi yang tepat bagi anak-anak.

Selain bertanya langsung dnegan ahlinya, dulu saya banyak langganan majalah dan tabloid, juga membeli beberapa buku yang semuanya tentang tumbuh kembang anak.

Zaman sekarang malah lebih enak lagi, tinggal tanya ke google banyak sekali info yang bisa kita dapatkan. Tapi saking banyaknya, yang kadang pro-kontra atau gak jelas kebenarannya tentu kita harus hati-hati. Cari banyak perbandingan terutama dari situs-situs yang bisa dipercaya.

www.nutriclub.co.id termasuk situs yang bisa diandalkan. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan kalau bergabung di sana, yaitu :


  1. Konsultasi dengan dokter tamu
  2. Berbagi pengalaman di forum dengan para ibu
  3. Info terbaru tentang event
  4. Informasi program baru
  5. Resep menu untuk si kecil

Gabung juga di FB Nutriclub Indonesia atau hubungi Careline number (08001821059).
27 jam sehari, 7 hari seminggu. Berarti kita bisa bertanya kapan aja kita mau dan butuh, Asik banget, ya! Yuk, gabung sekarang juga. Jangan tunda-tunda, karena setiap orang tua ingin punya anak yang hebat, kan? :)