Tips Supaya Anak Mau Disunat

By Keke Naima - July 03, 2013

Buat Chi salah satu hal terberat ketika punya anak laki-laki adalah kapan waktu terbaik untuk disunat? Apalagi bagi kami yang muslim, sunat itu wajib bagi laki-laki. Ya, walopun ada juga yang bilang sunat itu sunnah, tapi Chi gak mau berdebat tentang hal ini. Lagipula apapun itu sunat bagi laki-laki juga baik buat kesehatan.

Tapi membuat anak mau disunat hanya dengan bilang kalau itu adalah wajib, rasanya gak semudah seperti kita mengucapkannya. Setidaknya bagi Keke seperti itu. Apalagi Chi juga termasuk yang gak tegaan. Dari dulu kalau anak harus disuntik untuk imunisasi aja rasanya Chi lebih memilih untuk gak ikut ke ruang periksa. Walopun tetep aja Chi akhirnya pasti masuk untuk nemenin anak-anak :D

Selasa kemarin (2/7), alhamdulillah, Keke sudah disunat. Sebetulnya dia udah minta dari lebaran tahun lalu. Cuma setelah kami pikir-pikir, kayaknya ribet banget, ya. Disaat banyak orang saling bersilaturahmi, kami malah sunatan. Jadi kami pun bilang ke Keke untuk ditunda dulu sampe waktu yang belom ditentukan :p Dan setiap ada tanggal merah long wiken, Keke suka tanya kapan disunat?

Ya udah karena dia nanya terus akhirnya kami putusin liburan ini Keke disunat. Awalnya Chi sempet merasa bakal gagal lagi rencana sunatnya, kerena tanpa diduga K'Aie ngajak jalan-jalan. Eh, gak taunya hari Kamis minggu lalu, K'Aie putusin Keke disunat setelah pulang jalan-jalan dan Keke pun gak keberatan. Bener-bener rencana mendadak, karena daftar aja belom. Dan sukses bikin kaget kakek-nenek Keke :D

Oiya, ini tips yang kami lakukan supaya Keke mau disunat :

  1. Mulai mengenalkan apa itu sunat. Seperti yang Chi tulis diawal, anak belum tentu langsung mau kalau kita hanya mengatakan sunat itu wajib. Paling gak kalau Keke pasti akan bertanya kenapa begini-begitu, yang panjang pertanyaannya bisa jauh melebihi panjang kereta api :D tapi bukan berarti kita gak bisa mengenalkan tentang sunat, kan? Pake bahasa yang mereka mengerti alias jangan yang terlalu ilmiah yang bikin mereka makin susah paham.
  2. Sunat itu sakit. Walopun metode sunat zaman sekarang katanya udah jauh lebih canggih, tapi kalau dari info-info yang Chi baca atau denger, tetep aja ada rasa sakitnya. Paling gak saat disuntik bius atau ketika efek biusnya mulai hilang. Dan Chi pernah baca katanya kalau anak tanya apakah sunat itu sakit, sebaiknya bilang tidak. Karena kalo bilang yang sebenarnya, anak akan jadi takut. Tapi Chi justru berpendapat sebaliknya, walopun resiko kemungkinan membuat Keke jadi takut itu bisa terjadi. Cuma Chi gak mau kalo bilang sunat itu gak sakit dan ternyata keadaan berbicara lain, Keke jadi menganggap kami udah berbohong. Ribet urusannya kalo anak sampe gak percaya sama orang tuanya nanti. Yang harus dicatat adalah, mengatakan yang sebenarnya BEDA dengan menakut-nakuti.
  3. Besarkan hatinya. Karena udah membuat Keke jadi jadi takut dengan menjawab apa adanya, maka kami pun bertanggung jawab harus membesarkan hatinya. Biasanya Chi dan K'Aie puji-puji Keke kalau dia anak yang hebat pasti bisa mengadapi rasa sakit. Trus kan Keke kalo ditanya cita-citanya selalu aja menjawab pengen jadi tentara, Chi suka bilang kalau pengen jadi tentara berarti harus belajar kuat dan tabah. Chi pikir dengan cara memberikan pujian akan mampu memberi sugesti ke anak kalo dia memang hebat dan kuat.
  4. Ingatkan tentang rasa sakit. Semua manusia pasti pernah ngerasain sakit, kan? Begitu juga Keke. Kadang kalau Keke lagi khawatir tentang rasa sakit kalau disunat, Chi suka ingatkan gimana rasanya waktu digigit semut. Keke bilang rasanya sakit. Trus Chi bilang walaupun sakit, tapi kan gak lama setelah itu sakitnya hilang. Nah, begitu juga kalau disunat. Chi juga ingetin waktu Keke harus dirawat karena typus, dimana dia beberapa kali harus pindah telapak tangan untuk infus dan juga ambil darah. Yang awalnya sempet takut pas ambil darah, lama-lama jadi cuek aja tiap kali jarum infus masuk telapak tangannya. Chi sengaja ingetin masa-masa itu supaya Keke bisa ngebayangin kira-kira sakitnya saat disuntik seperti apa jadi dia bisa mencoba untuk mengontrol rasa takutnya.
  5. Pengaruh lingkungan. Chi juga pernah baca katanya sebaiknya anak yang belum sunat dijauhkan dulu dari anak yang sudah sunat. Tujuannya supaya anak yang belum sunat tidak takut gara-gara mendengar cerita proses tentang sunat. Cuma Chi pikir ribet banget, ya. Kadang kita kan gak bisa ngontrol hal kayak gitu. Contohnya temen sekelas Keke udah ada beberapa yang sunat, biasanya tiap kali ada temennya yang abis sunat, Keke suka cerita. Nah masa' Chi harus minta jauhin temennya yang udah sunat hehehe. Lagian kata Chi malah lingkungan bisa mempengaruhi. lho. Bisa jadi karena udah ada beberapa temennya yang sunat, Keke jadi makin kepengen sunat. Yang pasti, sih, ada sepupu Keke yang usianya sepantaran, beberapa hari lalu juga abis sunat. Kalo menurut cerita orang tuanya (kakak ipar Chi), anaknya udah ditawarin dari tahun lalu untuk sunat tapi belum mau juga karena takut. Kira-kira 2 minggu lalu ketemuan sama Keke dan Keke cerita kalo mau disunat. Langsung, deh, sepupu Keke ini minta sama orang tuanya untuk disunat. Alasannya karena Keke mau disunat. Orang tuanya begitu tau anaknya minta, langsung daftar ke rumah sakit. Ya, daripada anaknya berubah pikiran lagi. Nah, itu bukti kalo lingkungan juga bisa mempengarui, kan? :)

Itu 5 tips dari Chi dan terbukti berhasil untuk Keke. Semoga tip ini berguna untuk para orang tua yang lagi galau dengan pertanyaan kapan anak mau disunat :D Silakan kalau ada yang mau menambahkan lagi. Untuk cerita proses sunatnya, nanti dipostingan selanjutnya. Kepanjangan kalo di tulis di sini semua :)

  • Share:

You Might Also Like

40 comments

  1. pake tara klamp atau smart klamp mbak? abis sunat gimana langsung bs pake celana ya? makasih share-nya....

    ReplyDelete
  2. peerku tinggal moses nih. bima udah sunat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. PRnya ada 2, ya, Mak. Kl saya satu aja cukup, deh hihi

      Delete
  3. satu beres, tinggal satu lagi...hehehe, tapi teknik sunat sekarang udah lumayan canggih ya.

    ReplyDelete
  4. aku setuju dengan yang mengatakan kalau sunat itu sakit. ya, katakan yang sebenarnya. dengan bahasa yang hati-hati, dengan tidak terlalu menakuti anak-anak. selamat ya keke, semoga semakin sholeh. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. walopun keliatannya sama pdhl sebetulnya beda, ya :)

      Delete
  5. di sounding terus menerus ya myr, Pascal juga gitu sejak masuk TK. Akhirnya malah minta sendiri tanpa harus merayu-rayu untuk di sunat. Aku paling gak suka kalau ada yang meledek nanti berdarah dll, itu urusan aku yang menghandle menjelaskan sunat itu apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, Lid, Saya terus2an sounding. Kl pun ada yg nakut2ain, sy ngomongi yg positif aja ke dia :)

      Delete
  6. tipsnya bagus bgt buat ortu yg mau nyunat anaknya nih, tp alhamdulillah sean juga udh sunat saat berumur 2 bulan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih kecil bgt, ya, Mak, waktu Sean sunat :)

      Delete
  7. Hmmmm...psti skt tp sbntar kok kt ponakanku sih mbk hehe....slamat keke sayang,baarakallah
    Akhirnya..bisa bewe ksini lgi...hehe.....kangeeeennnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis2 jalan2 br bisa bewe lagi, ya? :)

      thx, ya :)

      Delete
  8. Wah, selamat ya Keke, habis jalan-jalan kemarin, ternyata langsung disunat.
    Iya Chi, mumpung lagi liburan, jadi kan bisa lebih tenang tinggal di rumah...sayang sekali saya tidak punya anak laki-laki Chi, jadi tips-nya nggak bisa saya tambahin deh!
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, gpp, Mbak.

      Betul, Mbak, enaknya emang pas anak2 lg libur sekolah :)

      Delete
  9. aq lagi sounding ttg masalah sunat nih ke rafi yg umurnya 5 tahun biar segera siap disunat..keke umur berapa mbak?

    ReplyDelete
  10. waduh.. makasih yah tipsnya soalnya i-an belon mau di sunat neh... dah dirayu rayu juga gak mau kata sakit....he he he
    aku coba deh langkah langkahnya....

    ReplyDelete
  11. Selamat ya keke.. semoga jadi anak soleh :)
    Jadi inget Daffa' waktu mau disunat, sudah berani etapi jadi hancur mentalnya gara-gara si Dokter. Aku juga nggak pernah bilang kali sunat itu nggak sakit, bohong itu kan dosa. Hehe.. tapi setelah sunat, Daffa' banyak yang kasih kado e malah ngomporin sdiknya si Abyan biar sunat juga, jadi biar banyak yang ngasih kado juga. hahaha... Dan adiknya ukses mupeng minta sunat, tapi nanti lah masih terlalu kecil menurutku, 4 tahun. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, sy suka kesel juga, tuh, Mbak. Kalo anaknya udah semangat, pas last minute ada yg jatohin mentalnya.

      Dan kado emang bisa jadi penyemangat, ya :)

      Delete
  12. Siiip. .
    Sudah baligh nih, Keke. . . :)

    ReplyDelete
  13. Selamat ya Keke, selamat mbak Myra. "Hajatan" pertama sudah terlaksana. Semoga Keke cepat pulih.
    Tipsnya oke punya mbak. Memang kita jangan pernah menakut2i anak2 tentang sunat. Saya punya teman yg suka menakuti anaknya kalau tidak mau nurut," Awas loh nanti ibu sunat." Dampaknya, smp anaknya jadi ketakutan sama sunat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, itu dia, Mbak, kalo ditakut2i malah anaknya jd gak berani. Klpun akhirnya mau sunat, sy khawatir dia mikirnya disunat itu krn hukuman

      Delete
  14. Hihihi.. iya ya, masa anak yg blm disunat jgn main sama anak yg udah disunat, ribet banget! :) Kalo Farras, pengen sunat, tapi nanti kalo udah kelas 4 katanya hehehe..
    BTW Selamat ya Keke, sudah menjadi "laki-laki" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, Mbak. Semoga Farras mau disunat jg krn kemauannya sendiri :)

      Delete
  15. hi hi dzaky dan Fai disunat taun lalu, mereka mau dan yajin karena abis sunat mau dapat banyak hadiah.'

    Selamat ya keke sdh disunat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih byk, Mbak, termasuk ttg infonya :)

      Delete
  16. Selamat tuk Abang Keke... :)
    Mudah2an taon depan kk Ammar juga sudah berani sunat :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Insya Allah taun dean giliran kk Ammar, ya :)

      Delete
  17. musim liburan memang pas untuk sunatan. tipsnya bisa nih untuk bekal saya kelak kalo Athar udah cukupp umur di sunat ^.^
    selamat untuk keke, semoga jadi anak yang soleh yah nak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, thx, ya.

      Semoga tipsnya berguna juga buat Athar :)

      Delete
  18. Wah, selamat dikhitan ya, Keke. Semoga jadi anak soleh yang pinter. Aamiin.
    Alhamdulillah sudah lega ya, Mbak. Hutang sunat saya tinggal si bungsu Dd Irsyad aja, nih.
    Yg pertama kali disunat justru anak kedua, Rasyad, waktu umur 6 bulan karena fimosis (penyempitan). Harus dioperasi sekalian disunat. Setelah itu, saya 'kompori' kakaknya untuk sunat juga. Kurang dari setahun kemudian, Aa Dilshad (pas mau masuk SD) minta disunat.
    Dulu saya juga bujuknya pelan2. Yg paling manjur adalah bilang akan banyak dikasih hadiah uang dan mainan seperti adiknya waktu disunat dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata hadiah memang bs membuat anak mau disunat, ya hihi

      Delete
  19. Alhamdulilah, selamat yah keke udah disunat.

    Salut mba sama tipsnya, bener2 menjarkan anak untuk berani disunat tanpa harus takut..

    ReplyDelete
  20. simplenya, sunat iru sakit, tapi sakitnya supaya lebih sehat nanti :D

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^