Tips Liburan Bersama Anak

Yipppiiee, liburan t'lah tiba! Udah ada yang punya rencana jalan-jalan? Atau cuma di rumah aja? Semua pilihan oke, kok, asal kita bisa menikmatinya. Betul, gak?

Tahun ini, insya Allah kami sekeluarga akan melakukan sedikit perjalanan. Kemanakah itu? Rahasiaaaa ...! Tunggu tanggal mainnya, ya :p

Sekarang, Chi mau nulis tentang tips mempersiapkan liburan bersama anak-anak, ah. Apa aja, sih, yang harus dibawa dan dipersiapkan? Oiya, kalo pengalaman, Chi persiapan liburan outdoor atau indoor, gak terlalu beda. Ya, emang untuk yang outdoor agak sedikit banyak persiapannya. Jadi, Chi nulisnya digabungin aja, ya. :)

Pakaian


  1. Kalau masih punya anak kecil sebaiknya bawa pakaian lebih banyak. Namanya anak-anak, kan, bajunya lebih gampang kotor. Apalagi, Chi termasuk yang gak suka kegiatan mencuci baju ketika liburan. Yaiyalaaaahhh, lagi libur gitu, lho. :p
  2. Jangan semua pakaian di taro di koper atau tas besar. Bawa 1-2 stel pakaian di tas kecil. Karena siapa tau mendadak harus ganti baju, daripada ribet buka tas besar (apalagi kalo ditaronya di bagasi), mending ambil di tas kecil, kan? Ini juga berlaku kalo ke mall. Dulu waktu anak-anak masih TK, Chi suka bawa 1-2 stel baju ganti untuk mereka walopun jalan-jalannya ke mall. Kalau sekarang, sih, udah enggak.
  3. Bawa baju hangat. Apalagi kalau perginya ke tempat yang dingin
  4. Celana - Kalau udah dewasa, celana kayaknya gak harus setiap hari ganti. Celana jeans kan bisa dipake untuk 2-3 hari. Tapi kalau masih anak-anak biasanya setiap hari ganti. 

Makanan-Minuman


  1. Botol minum. Biasanya kami bawa minimal 1 liter air minum.
  2. Camilan kalau perlu makan berat. Contohnya kayak waktu ngajak Keke-Nai ke pantai Ancol beberapa waktu lalu. Chi bawa bihun goreng lumayan banyak, biar gak usah jajan. Kan jadi irit :D 

Obat-obatan


Idealnya, sih, kalau lagi pergi-pergian semua sehat, ya. Tapi kan kita gak tau, siapa tau saat liburan justru sakit. Jadi Chi tetep persiapin obat-obatan 

  1. Obat-obatan umum, seperti obat demam, batpil, pusing, anti mabok, dan obat supaya gak masuk angin.
  2. Obat-obatan khusus (kalau ada)
  3. Minyak angin
  4. Vitamin
  5. Plester dan betadine
  6. Buku kesehatan pribadi 
 Lain-lain

  1. Mainan anak-anak - Sekarang, Chi selalu bawain PSP sama NDS. Bisa bikin mereka anteng kalau lagi jenuh di perjalanan. Trus, suka bawa kertas sama alat tulis karena Nai suka ngegambar. Dan kalau dulu, Keke suka bawa mobil-mobilan koleksinya.
  2. Kamera - Jalan-jalan kalo gak bawa kamera kayaknya garing, ya :D
  3. HP dan gadget lainnya
  4. Kaos kaki - tempat bermain di mall juga ada yang mengharuskan pakai kaos kaki. Daripada harus ngeluarin uang buat beli kaos kaki, mendingan pakai dari rumah, kan?
  5. Sepatu atau sendal. - Kalau lagi ke luar kota biasanya Chi bawa dua-duanya
  6. Senter
  7. Aneka charger
  8. Buku
  9. Perlengakapan mandi - handuk, sabun, shampoo, dan lainnya. Untuk jalan-jalan indoor pun ada lho yang sebaiknya kita bawa perlengkapan mandi. Contohnya waktu kami main di Giggle
  10. Selimut - kalo pergi ke tempat dingin, Chi suka bawa selimut. Di mobil dingiiiinnn, walopun udah pake jaket. Brrrr ...
  11. Bantal kecil - buat anak-anak tidur kalau di mobil
  12. Stop kontak - Di era gadget bawa stop kontak itu perlu. Karena biasanya kamar hotel cuma ada 1 colokan. 
 Itu persiapan umum untuk barang bawaan. Bisa ditambahi atau dikurangi sesuai kebutuhan masing-masing keluarga.Nah, kalau sebelum liburan, apa aja yang harus dipersiapkan?

Rencana


Rasanya kami sekeluarga jarang pergi-pergian tanpa rencana, bahkan ke mall sekalipun. Biasanya suka direncanain dari 2-3 hari sebelumnya. Bukannya 'sok' sibuk, tapi Chi emang kurang nyaman aja kalau pergi mendadak, walopun cuma ke mall. Malah kalau mendadak suka mikir, di mall mau ngapain, akhirnya udah males duluan hehe.

Cari info sebanyak-banyaknya


Tanya ke sodara, temen, bahkan om gugel (hari gini nyari info banyak jalannya) tentang tempat yang mau kita tuju 

  1. Kayak apa serunya di sana? - Chi suka baca juga blog-blog tentang jalan-jalan. Paling enggak bisa dapet sedikit gambaran kayak apa tempat yang bakal kita tuju
  2. Kira-kira butuh biaya berapa? - Termasuk tentang blog. Chi lebih suka liat blog yang gak cuma menjelaskan jalan-jalannya tapi juga biayanya.
  3. Dan lainnya - Pokoknya cari info sebanyak-banyaknya
 

Biaya


Termasuk mempersiapkan biaya tak terduga. Jadi memang sebaiknya jangan bawa uang pas banget dan juga siapin uang cash karena gak setiap saat bisa atau ada ATM termasuk juga pakai kartu kredit.

Waktu 


  1. Musim liburan biasanya memang lebih ramai, tapi gak semua orang dewasa yang sudah bekerja bisa berlibur di musim liburan. Tentu harus mempersiapkan cuti, kan?
  2. Waktu tempuh juga harus diperhitungkan 

Penginapan


Apalagi kalo nginepnya bukan di rumah keluarga alias cari penginapan kayak hotel, villa, dan lainnya. Tentu aja harus booking. Jangan sampe udah di sana susah cari penginapan.

Tanya pendapat anak-anak


Biasanya Chi suka tanya ke anak-anak kalau ada rencana jalan-jalan, termasuk pergi ke mall sekalipun. Karena Chi pengen semuanya senang, termasuk anak-anak.Enak kalo ternyata anak-anak langsung setuju dengan rencana orang tuanya, tapi kalo enggak harus berdiskusi lagi. Dan itu sering kami lakukan. Contohnya kayak rencana liburan kali ini. Udah dari seminggu sebelumnya Chi dan K'Aie kasih tau ke anak-anak.

Chi ceritain gimana asiknya di sana. Padahal Chi sendiri juga belom pernah ke sana :r Trus Chi ajak juga mereka lihat foto-foto tempat yang bakal kami tuju di google.Chi kasih gambaran atau kadang mereka baca sendiri kayak apa nanti di sana. Alhamdulillah sampe Chi nulis postingan ini mereka antusias, malah gak sabar pengen cepet-cepet pergi ke sana. Tenang, Nak. Etapi Bunda juga ikutan gak sabar, sih :p

Sesuaikan dengan usia anak


Yang namanya jalan-jalan harusnya semua seneng. Liburan sama anak pastinya akan terjadi perbedaan selera. Apalagi kalau anaknya masih bayi, balita, atau dibawah 12 tahun. Sebasai orang tua jelas kita harus pertimbangkan dengan usia mereka, lah. Jangan mereka yang menyesuaikan. Misalnya, nih, kita pergi ke tempat-tempat yang ektrim bawa bayi. Kasian, dong, bayi (plus emaknya) cuma jadi penonton. Ya, mungkin ada yang seperti itu, terserah aja. Tapi kalau Chi gak bisa. :)

Itu aja tips dari Chi. Semoga berkenan, ya. 'Met liburaaaaannn! :)

Posting Komentar

48 Komentar

  1. kita lg ngepak2 nih mba, besok mau meluncur ke tmpt liburan...

    BalasHapus
  2. Met liburan Keke dan Naaaai, have fun ya ;)

    BalasHapus
  3. Tips kita kurang lebih sama, Mak :D
    Aku jadi gk sabar mo liat pergi ke mana sih, hihihi..

    BalasHapus
  4. mau kemana maak?? ikut dong!
    makasiy yah tipsnya, sebagian besar sama, cuma senteer tuh yang aku ga pernah bawa mak. makasiy yah udah ditambahin niy buat list daku kao packing liburan nanti..kecuuuuppp aaaahhh ^.~

    BalasHapus
    Balasan
    1. muaaaaccchhhh jugaaa :)

      senter suka perlu, lho. Paling gak buat jaga2 sapa tau mobil mogok malem2 di jalan :D

      Hapus
  5. Penasaran nih pada liburan kemana siihh...

    Met liburan ya, semoga liburannya lancar jaya dan menyenangkan.. aamiinn ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. keliling2, Mak

      alhamdulillah menyenangkan :)

      Hapus
  6. pakaian anak-anak jumlahnya susah diprediksi , bawa sedikit kurang bawa banyak gak terpakai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp sy mending bw lebih, Lid. Kalo kurang bingung carinya dimana :D

      Hapus
  7. Bawa anak-anak liburan memang harus yang bisa bikin anak2 hepi....
    Kalau aku yang penting anak dulu. Ibunya ya gpp belakangan... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup krn kl anak udah gak nyaman biasanya berimbas kemana2 :)

      Hapus
  8. Wah ke Bromo yach...senangnya

    BalasHapus
  9. asyik..asyik...liburan,keke dan naima pasti seneng banget deh bisa liburan.

    Enjoy yah mba sama liburannya, ditunggu oleh2 ceritanya :D
    *berangkat aja belum*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl skrg malah sy udah sp rumah lagi :)

      Hapus
  10. Bener banget mba, kalo bawa anak-anak liburan itu bawaan harus ringkes tapi komplit! Nah lho.. gimana tuh? Hehehe.. biasanya para emak tuh yang tau gimana caranya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy taunya cuma nyiapin tp trus yg bikin ringkes suami hehe

      Hapus
  11. kepo nih, liburan keke dan nai kemana ya? kemanapun liburannya, have fun ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti sy posting satu per satu, Mbak :D

      Hapus
  12. met liburan, keke-nai...:)

    BalasHapus
  13. Pas banget nih mak, thifa besok sabtu juga mau liburan ke luar kota :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan2 kemana, Mak? 'Met jalan2, ya :)

      Hapus
  14. Kalau saya jarang membawa makanan dari rumah, Teh. Maklum udah dewasa, ya. :D

    Selamat berlibur untuk KekeNai dan keluarga. . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl org dewasa, sih, makan dimana aja gampang, ya :D

      Hapus
  15. kalo Oyen ada 1 barang sepele yang bisa berabe kalo ketinggalan pas ngajak dedek Fira, yaitu karet kuncir rambut, soalnya musti megangin kepalanya, kalo-kalo kuncirnya lepas... dan setiap habis mandi/sisiran musti nanya "util..util" (kucir..kucir)... ahdehhh... bisa nangis tuh kalo karetnya putus dan gak bawa ganti :P

    BalasHapus
  16. List yg kubuat setiap mau bepergian kurang lebih sama dgn punyanya Chi..
    Dan tempo hari waktu ke Medan, bisa2nya lupa satu hal yg udah biasa. Saya baruuu saja posting ttg kecerobohan itu di blog...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah apa, nih, kecerobohannya? ke tekape, ah :)

      Hapus
  17. Selamat mempersiapkan liburan Jeng Chi, tetap sehat ceria selama menikmati liburan bagi Keke Nai. Salam

    BalasHapus
  18. Bagaimana liburannya, Keke & Nai? Asyiik ya.. eh, denger2 ke Bromo ya... :)
    Trims, Tipsnya Chi.. bagus & bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah menyenangkan. Salah satu destinasinya memang ke Bromo :)

      Hapus
  19. lengkap summarynya mbak...wah ini sedang dalam langka liburan yah mbak bersama keluarga lihat updatenya di FB...kayaknya seru...selamat berlibur.buat kak keke dan kak nai...
    tfs mbak..saya juga kurang lebih sama seperti itu listnya saat pergi liburan...harus direncanakan dengan baik dan kalo perlu ada plan a, b,c karena kita kadang tidak tahu dilapangan atau actualnya suka agak meleset dari rencana...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Mbak. Hrs siap sm plan cadangan :)

      Hapus
  20. Tipsnya aku catet nih Mak....laksanakaannn !!

    BalasHapus
  21. wah kalo saya udah kaya mau pindahan persiapannya wkwkwk maklum 2 balita yang hebohh bangett qeqeqe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy sempet ngalamin masa2 itu, Mak hihi

      Hapus
  22. iya ya, kadang udh bolak-balik liburan kalo ga teliti tetep aja suka ada yg ketinggalan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya sy suka dicatet supaya gak ada yg ketinggalan :)

      Hapus
  23. selamat liburaan keke & nai...

    kadang bawaan yg mungkin gak penting bisa jadi sangat dibutuhkan saat perjalanan jd memang hrs bikin daftar bawaan dl yg sekiranya dibutuhkan pas jalan2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kl liburannya panjang, ya. Bikin list kyknya emang harus :)

      Hapus
  24. kami jg libur ni..
    Tp di rumah aja deh..
    Beres2 menjelang ramadhan.
    * intan m *

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^