Siang itu kami bertiga (Chi, Keke dan Nai) lagi ke minimarket. Lumayan rame minimarket saat itu sampe mau bayar aja harus antri lumayan panjang..

Waktu lagi antre, Chi liat ada 2 anak remaja putri (salah satunya masih pake seragam SMA) nunjukkin gelagat kalo mereka gak mau antre. Sementara semua orang antre, 2 remaja itu berdiri di luar antrean dekat kasir.

Ibu di depan Chi lagi di hitung belanjaannya, Chi liat 2 anak ini menaruh belanjaannya di meja kasir sementara mereka berdua berdiri disamping Chi

Feeling Chi, setelah ibu di depan selesai bertransaksi, 2 anak ini akan menyelak antrean. Hati pun mulai rada-rada mangkel. Berpikir kalimat apa yang pas supaya gak keliatan kesel (karena gak enak di liat sama Keke dan Nai) tapi tetep keliatan 'nonjok' buat 2 anak ini
Feeling Chi pun benar ...

"Yang ini dulu mas" kata salah seorang dari mereka..

Chi    : "Maaf ya, kayaknya saya dulu deh.. Kan saya antri di belakang ibu tadi"
Remaja SMA :"Tapi belanjaan saya cuma sedikit bu"
Chi    : "Oh gak ada alasan.. Mau belanja sedikit mau banyak tetep harus antre. Adek pake baju sekolah berarti di sekolah pernah di ajarin tentang antre kan? Kalo belom coba buka lagi buku pelajarannya"

2 anak itu pun akhirnya mengalah.. Sebetulnya Chi agak menyayangkan juga sikap pegawai minimarket yang selalu berdiri di samping si kasir. Si pegawai sempet mau melayani 2 anak remaja ini kalo aja Chi gak protes. Kalo belanja di dept. store, setau Chi customer yang tidak antre tidak akan di layani dan minta kita ngantri.

Ketika di mobil..

Bunda : "Belajar antre aja kok gak mau."
Keke   : "Emang kenapa, Bun?"
Bunda : "Mereka gak mau antre."
Keke   : "Emang antre itu harus ya.."
Bunda : "Harus dong kan itu belajar tata tertib"
Keke   : "Tapi kan tadi dia bilang kalo belanjaannya cuma sedikit.. Kok bunda gak kasih?"
Bunda : "Belanja banyak atau sedikit gak bisa di jadiin alasan Ke. Kan bukan sesuatu yang penting banget. Kalo kita kasih kesempatan ke mereka yang belanja sedikit, nanti yang belanja sedikit lainnya akan menuntut hal yang sama. Lama-lama yang di layanin yang cuma belanja sedikit. Padahal belanja banyak atau sedikit haknya itu sama. Kecuali karena alasan yang mendesak.. Sesuatu yang sangat penting yang memang harus diduluin. Misalnya karena sakit. Boleh kita duluin mereka. Tapi kalo gak ada alasan penting ya janganlah.."
Keke   : "Oh gitu ya Bun.."
Bunda : "Pokoknya anak-anak bunda jangan sampe kayak gitu. Jangan sampe karena kita gak mau antre trus kita di tegur orang. Mending kalo cuma di tegur baik-baik, kalo di labrak orang gimana?"

Hati Chi yang tadi mangkel ngeliat 2 anak remaja gak mau antri berganti jadi bersyukur. Setidaknya anak-anak Chi belajar tentang tata tertib antri secara langsung..