Kami sekeluarga, termasuk yang paling suka jalan-jalan. Paling tidak seminggu sekali, kami jalan-jalan. Jalan-jalannya Keke dan Nai gak selalu harus keluar kota, tapi sekedar cari suasana baru, biar gak di rumah terus. :D Misalnya, main ke rumah aki-nin mereka, ke mall, ke event-event tertentu, atau makan bersama di salah satu restoran pilihan, juga udah bikin mereka seneng

Waktu mereka masih balita, kemanapun jalan-jalannya, ya nurut aja. Tapi, saya pernah , ada masanya nanti si kecil minta jalan-jalan. Hmmm ... iya, sih. Apalagi sekarang mereka gak cuma minta diajak jalan-jalan. Tempat tujuannya pun udah mulai memilih kemana mereka mau jalan-jalan.

Seringkali kali kami harus berdiskusi, mau jalan-jalan kemana wiken ini. Dan lebih seru lagi kalo masing-masing udah punya keinginan yang berbeda. Hahaha! Ya, selama diskusinya berjalan dengan sehat, biarkan saja perbedaan pendapat mengalir sampai pada akhirnya bertemu solusinya. Biar mereka belajar menghargai perbedaan pendapat juga :)

Dulu, walopun jalan-jalannya cuma ke mall, yang harus dibawa itu banyak. Paling gak di tas, selalu tersedia baju ganti dan diapers. Karena anak-anak sering kali harus ganti baju, entah karena keringat ataupun kotor. Kalo sekarang, sih, udah gak sebanyak itu bawaannya kalo hanya jalan-jalan sehari.Mereka udah lebih bisa jaga kebersihan dan udah gak pak diapers lagi.

Kalo menginap, persiapan jalan-jalannya harus lebih terencana lagi, yaitu :


  1. Baru saya bawa baju lebih. Anak-anak cukup sering gonta-ganti baju. Kasian kalo mereka sampe kehabisan baju. 
  2. Bawa baju hangat kalau ke tempat dingin. Atau jas hujan kalo lagi musim hujan
  3. Bawa mainan atau benda kesayangan mereka, biar di jalan gak bosen. 
  4. Camilan beserta air minum juga harus dibawa. 
  5. Dan yang gak boleh juga lupa adalah P3K serta vitamin.

Sebetulnya kalo anak-anak sehat, makannya juga teratur dengan gizi yang seimbang, saya gak perlu kasih vitamin buat mereka. Kecuali kalo mereka lagi sakit, masa penyembuhan atau lagi susah makan.

Nah, kalo lagi jalan-jalan, apalagi ke luar kota, sedia vitamin itu perlu. Gak ada jaminan Keke dan Nai akan tetap teratur makannya kalo lagi liburan. Apalagi kalo udah kesenengan karena jalan-jalan biasanya suka susah diajak makan. Padahal cuaca sekarang juga kurang bagus, pagi sampai siang panasnya menyengat, menjelang sore tau-tau hujan deras. Bikin gampang sakit, terutama batuk-pilek, kalo gak bisa jaga badan. Makanya untuk usaha pencegahan, supaya badan tetap prima, saya membawa vitamin.



Contohnya kayak waktu kami ajak anak-anak camping, Desember lalu. Hujan deras, berkabut, dingin pula. Brrrrr .... Tapi Keke dan Nai malah santai aja. Mereka malah mandi hujan bahkan guling-gulingan di rumput. Udah sempet saya larang, tapi mereka terus merengek minta diijinin untuk mandi hujan.

Saya melihat dari dalam tenda sambil tertawa-tawa melihat keceriaan mereka. :D Setelah mereka puas bermandi hujan saya mandikan dengan air hangat, dilanjutkan dengan makan dan memberi vitamin. Karena saya berusaha supaya mereka jangan sampe sakit setelah mandi hujan. Alhamdulillah, pulang camping kondisi mereka tetap sehat. Jadi siap, nih, untuk jalan-jalan berikutnya.