Senin, 05 November 2012

Pura-Pura Kalah

Salah satu metode belajar lagi untuk Nai adalah bermain tebak-tebakan dan Chi suka pura-pura kalah.. Contohnya seperti ini..

Bunda : "Rukun islam adaaaaa...??"
Nai : "Tunggu bunda.. Hmmmm..."
Bunda : "Duh ada berapa ya.. Nai jangan nebak yaaaa... Bunda kayaknya bisa jawab nih.."
Nai : "Limaaaaaaaa.."
Bunda : "Yaaaaa.. Kok Nai nebak duluan siiihh.. Pinter banget sih Nai, Bunda sampe kalah.."
Nai : "Yeeeeee... Ima menaaaaaaannngg.. 1-0!!" *sambil joget-joget kegirangan.. :D*
Bunda : "Oke kita main tebak-tebakan lagi yaaaa..."

Permainan terus berlanjut, dan biasanya Chi biarkan Nai untuk menang terus kecuali kalo Nai keliatan bener-bener gak bisa jawab baru deh Chi jawab sambil joget-joget kegirangan juga..

Cara "pura-pura kalah" ternyata membantu juga buat Nai. Bikin dia cepet menghapal pelajaran dan biasanya gak cuma cepet tapi juga menempel lama pelajarannya.. Selain itu yg bikin dia seneng & semangat banget karena merasa jadi pemenang :)

Cara belajar "pura-pura kalah" tentu aja harus di awali dengan belajar bersama dulu.. Cuma karena Nai ini suka keliatan banyak main-mainnya, jadi suka gak keliatan apa dia bener-bener udah bisa atau belum.. Nah untuk memastikan apakah dia udah bisa, caranya ya dengan main tebak-tebakan seperti ini..

Keke Naima
Keke Naima

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

56 komentar:

  1. anak-anak jadi gak ngeh ya kalau begitu juga lagi belajar, dipikirnya lagi main-main

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn dunia anak kan msh dunia bermain Lid :)

      Hapus
  2. hihihi jadi ga kerasa kalo lagi belajar ya..Chi..
    inspiratif..;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. pdhl sebetulnya mrk lagi belajar ya.. ^^

      Hapus
  3. kalo Nai, gak bisa jawab malah bunda yang joget-joget yal :P
    kwkwkwk

    anak-anak memang senang sekali dipuji dengan hal yang baik-baik ya bun..
    saya juga selalu begitu dgn keponakan saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan biar suasananya seru.. hehehe..

      buat sy reward & punisment itu harus seimbang.. Jadi memang wajib di puji kalo mereka berbuat baik :)

      Hapus
  4. mba keren ih selalu punya metode belajar yang asik buat anak2.. mudah2an akupun bisa bgitu

    BalasHapus
  5. Serunya main tebak2an kek gitu, Mbak.
    Reward positif (seperti 'kemenangan') bisa menjadi penyemangat mereka dalam belajar ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. mereka lebih semangat & merasa di hargai juga.. :)

      Hapus
  6. hihihi, lucu deh Nai...
    hampir sama ama Lubna ya mbak... baca doa mau bobo, mau makan, mau jalan-jalan...nah kadang saya pura-pura lupa bacaan mau makan, sambil pura-pura mengingat, eeh Lubna langsung nyeletuk "Lubna inget, maa...gini..." dan meluncurlah doa mau makan itu dgn lancar... yippie...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mereka jd semangat karena merasa bisa ya :)

      Hapus
  7. Belajar tanpa tekanan dan enjoy... Ide bagus...
    *pengen liat Mbak Myra joged2...*

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau joget apa mbak? Gangnam style aja ya :p

      Hapus
  8. mengajari anak memang harus kreatif ibunya...metode belajar sambil bermain

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya gak jenuh juga mbak.. kl jenuh kan bawaannya ngantuk :D

      Hapus
  9. harus banyak cara ya Mbak....
    hmmmm....

    BalasHapus
  10. ini dia yg namanya belajar yg fun ya Chi... ntar copas ah caranya... *sambil joget2 juga*

    wkwkwk...

    BalasHapus
  11. Jadi pingin liat Teh Chi joget2 kegirangan. . . #eh. :D
    Ikut belajar bersama bareng Nai. . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. beraninya cuma di depan anak aja ah :D

      Hapus
  12. jadi gak berasa sedang belajar yaa
    berasanya main tebak tebakan
    pake acara nari nari kegirangan pula
    hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn Nai suka joget2 jadi itu bonusnya.. eheehe..

      Hapus
  13. Ini bukan pura-pura kalah bu ...
    hanya memberikan kesempatan si Anak untuk merasa berarti dan eksis ...
    dan itu sangat penting artinya bagi si Anak

    (dan kalau sudah begitu ... rasanya tidak ada kebahagiaan yang mengalahkannya)

    Salam saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih ya om ya.. tujuan utamanya sy sih juga gitu.. Pengen anak2 saya menjadi percaya diri & berarti karena mereka bisa..

      Bahagianya memang luar biasa.. Thx ya om :)

      Hapus
  14. metode pembelajaran untuk anak2 memang harus dibuat seunik mungkin, agar tidak bosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn kl uda bosan biasanya ngantuk menyerang.. :D

      Hapus
  15. Nai ....senangnya belajar bersama mama Chi. Dari rasa senang membangun kepercayaan diri. Selamat belajar mengajar Jeng. salam

    BalasHapus
  16. Siip... ada banyak cara yg kreatif ya Chi... jempol buat mama kretif ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih buat jempolnya.. jadi malu saiah :D

      Hapus
  17. Triknya oke banget Mbak, dgn begitu Nai jd semanagat belajarnay karena bisa nyebtin jawaban benar lbh cepat dari Mamanya ya...

    #di memo ah

    BalasHapus
  18. Untuk membantu anak belajar, orang tua juga mesti ikut kreatif dan inovatif ya Mbak Myr..Pelajaran dng tebak2an selain menarik, yah setuju, pasti melekat lebih lama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn konsepnya menyenangkan, jadinya lebih melekat lama ya mbak :)

      Hapus
  19. Tips yg bagus nih, klo belajar itu memang harus menyenangkan yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup kita aja yg uda gede suka bosen kl pelajaran bikin bosen ya :)

      Hapus
  20. hehehe sepertinya bagus buat melatih sikap PD juga mbak

    BalasHapus
  21. untung emaknya mau ngalah ya...hehehehe

    BalasHapus
  22. **ngekek**
    :D

    simple ngga bertele2...

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk anak2 emang jgn di bikin bertele2 :D

      Hapus
  23. Karna nai udah ngejawab dg benar, maka nai dapet 50.000 rp karna nai ada di acara ups salah! Bhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha.. kirain di acara "gak nyangka deeehh.."

      Hapus
  24. untuk anak2 remaja spt anak2 saya,kadang2 masih saya terapkan loh...hanya saja sudah gak pake loncat2 kegirangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah malu kali ya kalo udah gede masih loncat2.. :D

      Hapus
  25. Nanti kalo Vales udah sekolah, aku bisa konsultasi ke dirimu aja yah Jeng, soal kayak beginian.. :)

    BalasHapus
  26. Wah, penting ini. Bisa dicontek. :D Kalo aku selama ini, apa istilahnya itu, "jembatan keledai" atau apalah gitu. Suka ngajarin dengan cara nyari apa yg "deket" ama mereka. Ih, jadi orangtua itu tnyata harus kreatif yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan2 cerita dong mbak ttg metode "jembatan kedelai" siapa tau sy juga bs ikutan nyontek.. bener mbak, harus serng2 puter otak bikin sesuau yg kreatif :)

      Hapus
  27. pura-pura kalah tu sama dengan berbohong gak bunda?
    oy ada sesuatu untuk bunda mohon di cek ya bun.
    hehehe
    maaf kalo telat
    ngceknya disini bunda http://ricoademandana.blogspot.com/2012/10/award-pertama-dari-rian-hendra-noterian.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl hy melihat secara hitam-putih saja, apa yg sy lakukan memang berbohong.. Tp kan sesuatu itu gak bs cuma di lihat hitam-putih, masih byk warna lain.. bahkan berbohong pun ada yg namanya bohong putih.. Jd kita lihat manfaatnya aja.. selamat itu gak merugikan si anak malah mampu meningkatkan rasa percaya diri anak, saya rasa gak ada salahnya :)

      thx ya utk PR & awardnya, nanti sy kerjain :)

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^