Field Trip

By Keke Naima - October 16, 2012

Beberapa waktu lalu Keke pernah protes "Bunda kok gak pernah nemenin sih kalo Keke jalan-jalan sama sekolah!"

Ya sejak anak-anak TK, Chi memang gak pernah nemenin anak-anak. Alasan pertama adalah males.. :p Sebenernya dari TK, sekolahnya juga melarang orang tua untuk nemenin. Dengan alasan supaya anak-anak mandiri.. Dan karena dari awal Chi emang males, jadi ya Chi nurut.. :D

Chi bukannya gak suka nemenin anak-anak jalan-jalan. Malah sebetulnya Chi pengen banget ngeliat keseruan mereka secara langsung waktu jalan-jalan ke TMII (Keong Mas, PP IPTEK, dll), Kandang Jurank Doang, Kidzania, Rumah Abia, Taman Budaya, Lanud Halim, dll

Tapi karena orang tua gak boleh nemenin.. Dan kata Keke kalopun ada orang tua yang ikut boleh-boleh aja, tapi harus dari jauh ngeliat anak-anaknya. Gak boleh deket-deket.. Yah kalo gitu ngapain Chi nemenin..

Chi maunya kalo boleh nemenin itu boleh liat dari deket. Bukan untuk manjain mereka, tapi Chi pengen foto-fotoin keceriaan anak-anak sama temen-temennya.. Cuma kalo bolehnya dari jauh, yang ada judulnya nunggu. Yang namanya nunggu udah pasti ngebosenin.. Gabung sama orang tua yang lain kadang suka males juga.. Chi lebih suka di rumah, beberes rumah, internetan, baca buku, bikin craft atau tidur..


Field Trip
Ikut field trip tapi gak ikut sama rombongan di bis.. K'Aie cuti buat nemenin anak-anak & istri tercintanya tentunyaaa.
Pulang dari sea world langsung beli es doger :D


Cuma kehitung sama jari Chi nemenin mereka.. Keke cuma sekali waktu ke seaworld, itupun karena Nai ikut. Dan karena waktu Nai masih playgroup jadi boleh di temenin. Selebihnya Keke gak di temenin. Karena Keke kan cuma 3 bulan di playgroup.. Jadi Keke mulai jalan-jalannya pas TK.. Dan di TK udah gak boleh di temenin..

Kalo Nai selain ke sea world Chi pernah nemenin dia waktu jalan-jalan ke Ragunan. Chi nemenin karena Nai kepengen ikutan.. Dan terakhir Chi nemenin waktu Nai TK, jalan-jalan ke Pasir Mukti *hhhmmmm.. ternyata Chi belom cerita yang tentang jalan-jalan ke Pasir Mukti ini..

Waktu TK Chi memang pernah nemenin Nai field trip. Tapi itu karena persyaratan dari sekolahnya juga. Katanya kalo mau ikut ke Pasir Mukti, anak harus ada yang dampingi. Entah itu orang tua, Baby Sitter, dll.. Karena Nai mau ikut, Chi jadinya harus nemenin..

Setelah itu anak-anak gak Chi temenin kalo ada field trip lagi.. Walopun khusus untuk Nai, Chi harus kashi dia wejangan yang panjang banget. Termasuk sama gurunya.. Sangat minta tolong untuk di perhatiin..

Karena Nai ini lebih pecicilan dari Keke.. Pernah ada kejadian 2 kali Nai jatoh, waktu Chi lagi gak ikut.. Dua-duanya kejadian waktu TK. Yang pertama waktu dia jatoh di lantai kolam renang pas lagi berenang sama sekolahnya.. Padahal Chi udah pesen ke guru-gurunya untuk ngawasin Nai.. Dan dari situ Chi gak pernah kasih Nai ijin berenang lagi, kecuali kalo Chi ikut..

Kedua waktu field trip ke tempat pemerahan sapi.. Katanya sih Nai lagi berdiri di pinggir bangku bis saat bisnya lagi jalan, trus Nai jatoh. Makanya Chi was-was kalo ngebiarin dia tanpa pengawasan Chi.. Ya walopun setelah SD ini Chi liat dia lebih hati-hati sih. Tapi tetep aja daftar panjang nasihat masih Chi kasih buat Nai kalo dia field trip.. Termasuk untuk guru-gurunya.. Daftar titipannya berkali-kali :D

Semoga aja gak ada lagi kejadian Nai jatoh kalo lagi pergi tanpa Chi.. Begitu juga dengan Keke, walopun belom perna kejadian sama Keke tapi semoga aja jangan sampe kejadian.. Semoga mereka selalu di lindungi. Aamiin..

  • Share:

You Might Also Like

30 comments

  1. anak anakku juga gak pernah ditemenin klo field trip. pas TK A aja dulu nemeninnya. Setelah TK B bu Guru melarang (dan aku males juga hihi..)

    ReplyDelete
  2. de dulu sempat nganter Rafa fieldtrip. Sama lah ke ragunan + museum juga. Pernah juga outbound di sekitar puncak.

    Fay nih yang belum kesampaian ditemenin fieldtrip sama mamanya.

    Anak SD udah gak boleh ditemenin ortu, kata sekolahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, malah kl anak2 sy dr TK udah gak boleh di temenin.. Ya sy sih nurut aja deh.. Males juga.. :p

      Delete
  3. Sama, aku juga lebih senang tinggal dirumah daripada pergi-pergi. Gimana nanti nasib Valeska kalo udah TK ya? Apakah kayak Keke juga? :D

    ReplyDelete
  4. kalo ikutan field trip pun, males ngerumpi ama ibu2 yang laen ya Chi..;p

    ReplyDelete
  5. sekolah memiliki alasan tersendiri kenapa orang tua nggak diikutkan ikut dalam perjalanan. Ini tentu sekolah berusaha mengajari kemandirian anak, trus sekolah merasa mampu bertanggung jawab terhadap semua aktivitas anak, dan kalo plus orang tua, pasti repot ngatur kegiatan anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pak.. cuma karena udah pernah sp 2x kejadian anak sy jatoh, akhirnya sy gak brani kasih sendiri tanpa sy temenin. Sy coba maklum sih, namanya ngurus anak2 apalagi usia TK memang gak mudah.. Jd akhirnya sy yg nemenin kl memang mau ikut :)

      Delete
  6. Kalau sy fleksibel aja. Dan melihat tujuan field tripnya. Seperti ke Kidzania kmrn, sy menemani fanni. Sb ada bbrp profesi yg sy tdk ingin fanni masuki sehubungan dgn prinsip dan pemahaman sy.
    Tapi waktu ke taman mini, planetarium... Sy ga ikut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl sy emang gak boleh mbak.. Kl pun ikut cuma boleh liat dr jauh.. Jd ya mending gak usah ikut.. :)

      Delete
  7. Aku juga gak pernah menemani anak-anak field trip Mbak Myr..Pokoknya mempercayakan saja keselamatan anak pada guru2. Kan emang itu tugas mereka, resiko bawa anak2 keluar. Untunglah sampai sejauh ini tak pernah ada kejadian yg bikin saya kuatir..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kl org tua gak bole ikut harusnya memang udah full tanggung jawab guru.. Cuma karena pernah ada kejadian itu, jdnya sy harus lebih cerewet lagi utk mengingatkan :)

      Delete
  8. emang kalo anak anak wisata, seringnya malah ibunya yang jalan jalan
    anaknya kalem justru ibunya yang sibuk belanja

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini kl anak2 field trip tempatnya gak ada yg buat belanja, kecuali wkt ke kidzania kali ya.. Tp kesempatan utk ngerumpi banyak.. :D

      Delete
  9. Wah, hebat ya sekolahnya, bener-bener mendidik anak untuk mandiri. Sekolah Nadya nggak gitu sih, orang tua boleh ikut, kadang sampe baby sitter n ART diborong semua, asal bayar uang kursi. Kalo Nadya field trip juga kayaknya yang lebih excited malah emaknye yang emang doyan jalan, kebalikan banget deh dari Chi, hihihi..
    Moga Nai nggak jatoh2 lagi yaaa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl jalan sm keluarga sy seneng, tp kl sm sekolahan suka males.. hehehe.. Apalagi gak boleh deket2 sm anak :D

      Delete
  10. gpp bunda, dicoba sedikit sedikit biar si anak belajar mandiri ^^

    biar nggak ketergantungan dengan keberadaan orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo mandirinya sih mereka udah bisa. Cuma pecicilannya ini yg suka bikin kawatir :D

      Delete
  11. Iya terkadang sekolah memang begitu, alasannya biar anak mandiri..
    Nah itu sama aku paling malas kalo di suruh nunggu bareng Emak2 di sekolah, yang ada malahan gosip yang ga bermutu hihiih...

    Aduuuhh besok kamis Olive di sekolah jalan2 ke 3 Museum di BAndung pake Bis katanya, tega ga teganya juga, belom pernah naik bis sendiri, lagian suka muntaah, tapi aku berusaha menyemangati. Olive pasti bisa, ga muntah, dan sama orang tua pun ga boleh ikut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendingan ngeblog di rumah ya teh.. hehe..

      loh selama ini Olive kalo field trip naik apa teh. Kl Keke juga suka mabok kl naik bis, kecuali naik Bis yg di sekolahnya skrg.. Katanya bis yg di pake sekolahnya enak. Big Bird gak bikin mabok :D

      Delete
  12. Eehh.. kl kejadian kyk gitu jadi ga aman juga kl Field Trip ya.. Mo ikut biar gampangin ngawasin anak salaah, tp gurunya ga mungkin ngawasin anak kita trus kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia, jadinya serba salah.. Harusnya sih kl ada larangan org tua gak boleh ikut 100% jd tanggung jawab guru.. Sepecicilan kayak apapun anak kita. Tp yah emang susah juga kali ya ngawasin banyak anak. Jd sy ambil solusi tengah aja, gak akan sy ksih ijin kl sy gak ikut. Kecuali kl anak sy sendiri udah bs lebih kalem. Kayak di SD ini, sy liat Nai lebih kalem, jdnya sy ngasih ijin dia pergi sendiri tanpa sy

      Delete
  13. teh tanya itu edit fotonya kok kayak komik pake software apaan?? ajarin dong #salah fokus :D

    Nai banyak polanya jadi beberapa kali jatuh, kadang itu ngantuk apah sangking semangatnya jadi mak gedebuk teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake photoshop.. Waktu itu sy blm kenal photo edit yg instant, jd masih rajin pk photoshop :D

      Nai emang petakilan, jadinya kurang hati2 juga

      Delete
  14. selama pascal TK juga gak pernah aku nemenin karena memang dilarang. kalau harus lihat jauh-jauh buat apa ya gak bisa moto trus gak bisa posting hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ntu dia Lid.. Kan blogger kalo gak ada foto2 gak asik ya.. hehehe..

      Delete
  15. Sekolahan TK di kota beda dgn di desa ya. Klo di desa orang tuanya ikut nemenin anaknya sekolah. Kadang suara berisik anak2 TK kalah sama suara berisik ibu-ibu yg nemenin anaknya. Sambil nunggu anaknya, ibu-ibu pada ngerumpi diluar kelas.

    Bukannya ibu-ibu itu suka bgt ngerumpi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sini juga banyak kok yg nemenin anak2nya.. Tp sy gak termasuk yg suka ngumpul kayanya.. Hehe..

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^