Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

By Keke Naima - August 10, 2017

Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan  - Chi pernah bercerita di blog kalau K’Aie adalah seorang pecinta kopi. Setelah bangun tidur, aktivitas yang pertama kali dilakukan adalah membuat kopi. Dulu K’Aie selalu bikin kopi sendiri karena dia selalu punya takaran untuk secangkir kopi hitamnya. Seberapa takaran airnya dan berapa sendok bubuk kopinya. Kadang-kadang ditambahkan sedikit brown sugar dan sebatang kayu manis. Tetapi paling sering kopi hitam tanpa pemanis atau tambahan apapun. Dalam sehari K’Aie bisa beberapa kali ngopi.

Chi juga suka dengan wanginya kopi. Rasanya pun suka. Hanya saja, Chi harus berhati-hati kalau minum kopi. Kadang suka lemas dan gelisah karena efek kafein padahal frekwensi minum kopi paling secangkir sehari.

[Silakan baca: Mengurangi Drama Agar Hidup Bisa #ASikTanpaToxic]

Tetapi sekarang Chi punya cara yang cukup jitu yaitu jangan pernah mengkonsumsi kopi saat perut sedang kosong. Beda banget ma K’Aie yang bisa langsung ngopi setelah bangun tidur. Paling kalau tergoda dengan harumnya kopi dari cangkir K’Aie, Chi icip-icip 1-2 sendok aja dulu. Nanti setelah sarapan baru ngopi. Cara seperti ini biasanya sih gak akan bikin gelisah.

Beberapa waktu lalu, Chi lagi belanja di supermarket dekat rumah. Biasanya area kopi termasuk yang gak pernah dilewatkan. Nah, Chi sempat melihat ada green coffee. Baru kali ini Chi tau green coffee, kalau white apalagi black coffee sih udah sering lihat. Chi penasaran jadi langsung aja deh browsing tentang green coffee saat itu juga.


nescafe kopi hijau

Dari hasil browsing, Chi jadi tau bahwa biji kopi yang selama ini warnanya hitam, sebelumnya berwarna hijau. Biji kopi yang berwarna hitam berasal dari proses pemanggangan biji kopi hijau. Pada saat proses pemanggangan, biji kopi tidak hanya berubah warna tetapi akan mengeluarkan berbagai aroma dan rasa yang khas. Itulah kenapa aroma dan rasa kopi juga bisa berbeda-beda karena tergantung dari pengaturan waktu dan suhu pemanggangan.

Pada saat biji kopi dari buah yang sudah matang mengering, warna bijinya berubah menjadi hijau tetapi belum mempunya rasa dan aroma. Tetapi biji kopi hijau ini memiliki lebih banyak manfaat. Kenapa biji kopi hijau lebih memiliki banyak manfaat? Karena pada saat pemangganan, beberapa zat berkurang kadarnya.

[Silakan baca: Tips Menjalankan Diet Gak Menyiksa Dengan Slim&Fit]

Manfaat green coffee adalah menurunkan berat badan, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan mood, mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, dan lain sebagainya. Menarik, ya! Asam klorogenat pada kopi hijau memang lebih tinggi dari biji kopi hitam. Diduga, zat inilah yang memberikan banyak manfaat untuk kopi hijau.

Biji kopi hijau juga memiliki antioksidan yang lebih banyak. Kita semua tau kalau sekarang polusi di mana-mana. Lingkungan gak lagi sebersih dulu. Antioksidan dianggap mampu menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi udara, asupan makanan yang kurang baik, paparan sinar UV, dan lain sebagainya. Antioksidan efektif menangkal berbagai jenis penyakit akibat radikal bebas.

rasa nescafe kopi hijau

Beli … jangan …. beli … jangan …?

Chi sempat ragu untuk membeli kopi ini. Di satu sisi, banyaknya manfaat kopi hijau memang menarik banget. Apalagi manfaat menurunkan berat badannya itu, lho. Tapi di sisi lain, Chi suka banget dengan rasa dan aroma kopi. Belum bisa ngebayangin nikmatnya ngopi tanpa aroma dan rasanya yang khas.

Sebungkus Nescafe Green Blend berisi 10 sachet itu pun kembali Chi simpan di rak supermarket. Yup! Chi masih ragu saat itu walaupun udah sering beli kopi Nescafe untuk varian lain.

Chi kembali tertarik pengen beli Nescafe Green Blend saat gak sengaja lihat iklannya di salah satu tv lokal. Chi pun mulai cari info lagi di internet dan dapat beberapa review tentang kopi ini. Hmmm … katanya rasanya nikmat. Duh jadi penasaran, nih!

Tergoda dengan iklan dan beberapa review, tanpa ragu lagi Chi beli 1 bungkus Nescafe Green Blend. Daripada penasaran, mending dicoba! Sebelum dicoba, Chi baca lagi kemasannya. Rupanya dulu ada yang luput dari perhatian.

Dulu, Chi hanya fokus mencari info tentang kopi hijau. Padahal di kemasan Nescafe Green Blend itu jelas tertulis kata blend. Artinya dalam satu sachet kopi ini tidak hanya ada biji kopi hijau tetapi merupakan perpaduan dengan biji kopi yang disangrai.

Rasa dan aroma kopinya memang lebih light dibandingkan kopi hitam. Tetapi setidaknya aroma dan rasa khas kopi tetap ada. Sedangkan manfaat yang lebih besar dari biji kopi hijau pun didapat. Ini sih namanya double kenikmatan.

Chi sekarang gak ragu lagi mengkonsumsi Nescafe Green Blend. Teman-teman begitu juga, kan?

tentang green coffee

Referensi Green Coffee: 
 
  1. https://www.nescafe.co.id/coffee-culture

  • Share:

You Might Also Like

59 comments

  1. Saya kadang ngopi, jadi pengen nyobain kopi hijau ini deh

    ReplyDelete
  2. Belom nyobain kopi hijau ini. Enak? Nyari aaaah... :D

    ReplyDelete
  3. kopi andalam emak-emak ini, Mbak..ya nikmatnya ya khasiatnya...nurunin berat badan gitu lho!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuulll ... Emak-emak kan selalu cari yang manfaatnya banyak :D

      Delete
  4. Wah mesti beli nih kayanya buat diet hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tuh kan kalau perempuan mah pada suka deh urusan diet :D

      Delete
  5. Harumnya kopi memang sangat menggoda, tp memang ga berani klo minum kopi dg keadaan perut kosong. Senggaknya jd temen sepotong roti saat pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun gak berani ngopi kalau perut masih kosong :)

      Delete
  6. belum coba nih mba...banyak baca di blog teman-teman katanya enak ya

    ReplyDelete
  7. dari dulu aku sukanya kopi susu mba, tapi green coffee ini lagi hits banget, jadi penasaran :D

    ReplyDelete
  8. Menurunkan berat badan?? Waa ini.. Menggoda mba..😀😀
    Aku pecinta kopi juga. Suka aromanya. Tapi blkngan memang jarang ngopi.. Karena seringnya bbrp saat setelah ngopi perutnya berasa nggak nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Bagus buat diet. Enak juga aroma kopi ini :)

      Delete
  9. Idih enak banget kopi itu.. saya pernah sekali coba greentea kopi cuma rasanya emang enak cuma harganya lumayan mahal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Nescafe Green Coffee ini rasanya kurang lebih samakayak varian lain

      Delete
  10. Wahhhh wah ada antioksidan nih ya, Wiihhh. Seru banged Saya senang semua yang berkonten antioksidan karena memang baik untuk kesehatan. Antioksidan (antioxidant) adalah zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Antioksidan menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas.

    Beberapa minuman merek tertentu memang memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi, sehingga akan berfungsi secara maksimal menjadi antibodi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Meminum minuman yang beranti oksidan yang tinggi secara teratur akan membantu menjaga tubuh dari bermacam sebab radikal bebas di lingkungan sekitar kita.

    ReplyDelete
  11. wah, persis banget kaya aku, kalo ngopi (kopi item) suka bikin lemes sama gelisah, biarpun udah makan juga >.< AKu padahal sukaaa banget ngopi :( Tapi kalo kopi instan gak kenapa2 sih, asal ya itu gak boleh saat perutnya kosong.
    Tapi aku jadi pengen coba green coffee ini deh, nanti kalo mampir minimarket, mau beli ahhhh

    ReplyDelete
  12. Nah sama ama aku teh, jangankan secangkir aku seteguk, maagh langsung kumat
    Tapi kayaknya yang merek ini ga sesetrong kopi pada umumnya ya
    Kemasannya juga menarik ada ijo2nya, jadi bikin pnisirinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain, deh. Tapi, memang kalau gak kuat, minum kopinya jangan dalam keadaan perut kosong

      Delete
  13. Saya nggk tahu deh tergolong pecinta kopi atau penikmat kopi, tapi yg pasti tiada hari tanpa kopi, kopi tanpa atau sedikit gula

    ReplyDelete
    Replies
    1. penikmat sekaligus pecinta juga gak apa-apa hehehe

      Delete
  14. Aku udah cobain kopi ini. Kirain bakalan hijau juga warnanya. Tapi terobosan baru juga ini kalau kopi juga bisa bikin cantik & sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak hijau karena diblend dengan kopi tradisional

      Delete
  15. Saya jelas peminum kopi, tapi menyebut diri pecinta kopi ngga berani, soalnya ga ngerti kopi rasa ini itu #cemen yaaa

    ReplyDelete
  16. Wah baru tau ada produk green coffee ini, pengen nyoba ah. Aku juga pecinta kopi lho 😊

    ReplyDelete
  17. Jadi penasaran, hrs nyoba ini mah... Lbh sehat tp tetap nikmat ya

    ReplyDelete
  18. Aku pribadi gak begitu suka kopi, tapi bukan berarti gak suka. Paling suka kopi sama es..hehe

    Ngeliat Nescafe Green Blend jadi penasaran pengen coba. Campur es enak gak ya...hehe

    ReplyDelete
  19. dulu aku suka ngatain temen cewek kok ngopi, haha sekarang malah aku yg ketagihan. Pernah nyobain Nescafe Green Blend ini, tapi masih kurang nendang kalau gak ditambah nescafe originalnya

    ReplyDelete
  20. belum bisa ngopi
    lambung sedang tidak bersahabat -_-

    ReplyDelete
  21. Minum kopi setelah makan pilihan yang bijak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lambung kurag kuat memang sebiaknya jangan dalam keadaan kosong

      Delete
  22. saya juga sering lihat ini di rak mini market, tapi belum kepengen nyoba takut caffeinnya mba karena masih menyusui >,<

    ReplyDelete
  23. Aku baru tahu ada kopi hijau ini mbak, taunya selama ini cuma teh hijau. Nanti aku rekomen buat suami deh,soalnya dia lg diet :D TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi hijau malah kadar antioksidannya lebih tinggi daripada teh hijau

      Delete
  24. Kalau ini bisa dibuat diet, aku mau coba. :D

    ReplyDelete
  25. Saya juga suka kopi ini Mbak Chi :)

    ReplyDelete
  26. Aku suka minum kopi hijau :)
    Lebih ringan dan rasanya beda

    ReplyDelete
  27. Woah jadi ini yang aku lihat kemarin di swalayan. Baru tau mbak ternyata ada kopi sehat untuk diet :D

    ReplyDelete
  28. Lebaran dapat parcel kopi hijau tapi merk lain. Doooh baunya aneh, gak doyan. Kalau nescafe dah pasti pyar lah ya. Nyoba ah,

    ReplyDelete
  29. ketinggalan info nih saya baru tau ada kopi hijau

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^