Featured Post

Ruang Paling Favorit di Rumah

“Panas banget sih kamar mu!” Untuk kesekian kalinya papah berkata seperti itu kalau ke kamar kami. Chi paling cuma senyum aja atau nyen...

Kamis, 10 Agustus 2017

Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

Chi pernah bercerita di blog kalau K’Aie adalah seorang pecinta kopi. Setelah bangun tidur, aktivitas yang pertama kali dilakukan adalah membuat kopi. Dulu K’Aie selalu bikin kopi sendiri karena dia selalu punya takaran untuk secangkir kopi hitamnya. Seberapa takaran airnya dan berapa sendok bubuk kopinya. Kadang-kadang ditambahkan sedikit brown sugar dan sebatang kayu manis. Tetapi paling sering kopi hitam tanpa pemanis atau tambahan apapun. Dalam sehari K’Aie bisa beberapa kali ngopi.

Chi juga suka dengan wanginya kopi. Rasanya pun suka. Hanya saja, Chi harus berhati-hati kalau minum kopi. Kadang suka lemas dan gelisah karena efek kafein padahal frekwensi minum kopi paling secangkir sehari.

Tetapi sekarang Chi punya cara yang cukup jitu yaitu jangan pernah mengkonsumsi kopi saat perut sedang kosong. Beda banget ma K’Aie yang bisa langsung ngopi setelah bangun tidur. Paling kalau tergoda dengan harumnya kopi dari cangkir K’Aie, Chi icip-icip 1-2 sendok aja dulu. Nanti setelah sarapan baru ngopi. Cara seperti ini biasanya sih gak akan bikin gelisah.

Beberapa waktu lalu, Chi lagi belanja di supermarket dekat rumah. Biasanya area kopi termasuk yang gak pernah dilewatkan. Nah, Chi sempat melihat ada green coffee. Baru kali ini Chi tau green coffee, kalau white apalagi black coffee sih udah sering lihat. Chi penasaran jadi langsung aja deh browsing tentang green coffee saat itu juga.


Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

Dari hasil browsing, Chi jadi tau bahwa biji kopi yang selama ini warnanya hitam, sebelumnya berwarna hijau. Biji kopi yang berwarna hitam berasal dari proses pemanggangan biji kopi hijau. Pada saat proses pemanggangan, biji kopi tidak hanya berubah warna tetapi akan mengeluarkan berbagai aroma dan rasa yang khas. Itulah kenapa aroma dan rasa kopi juga bisa berbeda-beda karena tergantung dari pengaturan waktu dan suhu pemanggangan.

Pada saat biji kopi dari buah yang sudah matang mengering, warna bijinya berubah menjadi hijau tetapi belum mempunya rasa dan aroma. Tetapi biji kopi hijau ini memiliki lebih banyak manfaat. Kenapa biji kopi hijau lebih memiliki banyak manfaat? Karena pada saat pemangganan, beberapa zat berkurang kadarnya.

Manfaat green coffee adalah menurunkan berat badan, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan mood, mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, dan lain sebagainya. Menarik, ya! Asam klorogenat pada kopi hijau memang lebih tinggi dari biji kopi hitam. Diduga, zat inilah yang memberikan banyak manfaat untuk kopi hijau.

Biji kopi hijau juga memiliki antioksidan yang lebih banyak. Kita semua tau kalau sekarang polusi di mana-mana. Lingkungan gak lagi sebersih dulu. Antioksidan dianggap mampu menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi udara, asupan makanan yang kurang baik, paparan sinar UV, dan lain sebagainya. Antioksidan efektif menangkal berbagai jenis penyakit akibat radikal bebas.

Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

Beli … jangan …. beli … jangan …?

Chi sempat ragu untuk membeli kopi ini. Di satu sisi, banyaknya manfaat kopi hijau memang menarik banget. Apalagi manfaat menurunkan berat badannya itu, lho. Tapi di sisi lain, Chi suka banget dengan rasa dan aroma kopi. Belum bisa ngebayangin nikmatnya ngopi tanpa aroma dan rasanya yang khas.

Sebungkus Nescafe Green Blend berisi 10 sachet itu pun kembali Chi simpan di rak supermarket. Yup! Chi masih ragu saat itu walaupun udah sering beli kopi Nescafe untuk varian lain.

Chi kembali tertarik pengen beli Nescafe Green Blend saat gak sengaja lihat iklannya di salah satu tv lokal. Chi pun mulai cari info lagi di internet dan dapat beberapa review tentang kopi ini. Hmmm … katanya rasanya nikmat. Duh jadi penasaran, nih!

Tergoda dengan iklan dan beberapa review, tanpa ragu lagi Chi beli 1 bungkus Nescafe Green Blend. Daripada penasaran, mending dicoba! Sebelum dicoba, Chi baca lagi kemasannya. Rupanya dulu ada yang luput dari perhatian.

Dulu, Chi hanya fokus mencari info tentang kopi hijau. Padahal di kemasan Nescafe Green Blend itu jelas tertulis kata blend. Artinya dalam satu sachet kopi ini tidak hanya ada biji kopi hijau tetapi merupakan perpaduan dengan biji kopi yang disangrai.

Rasa dan aroma kopinya memang lebih light dibandingkan kopi hitam. Tetapi setidaknya aroma dan rasa khas kopi tetap ada. Sedangkan manfaat yang lebih besar dari biji kopi hijau pun didapat. Ini sih namanya double kenikmatan.

Chi sekarang gak ragu lagi mengkonsumsi Nescafe Green Blend. Teman-teman begitu juga, kan?

Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

Referensi Green Coffee:
  1. https://www.nescafe.co.id/coffee-culture

38 komentar:

  1. kalau saya, suami gak suka kopi karena katanya kalau ngopi suka mual. kalau saya malah suka ngopi padahal dulu saya punya sakit maag, suami malah gak punya penyakit maag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebalikan ma saya dan suami ya, Mbak :)

      Hapus
  2. Aku juga pecinta kopi, bangun tidur pasti langsung nyeduh kopi tubruk, tapi dengan gula meski sedikit. Pernah nyobain kopi hijau dari Nescafe juga, enak rasanya dan cocok aja sih buatku, Ma Chi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya saya juga cocok dengan berbagai kopi Nescafe :)

      Hapus
  3. Saya kadang ngopi, jadi pengen nyobain kopi hijau ini deh

    BalasHapus
  4. Belom nyobain kopi hijau ini. Enak? Nyari aaaah... :D

    BalasHapus
  5. kopi andalam emak-emak ini, Mbak..ya nikmatnya ya khasiatnya...nurunin berat badan gitu lho!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuuulll ... Emak-emak kan selalu cari yang manfaatnya banyak :D

      Hapus
  6. Oh pantesan kemarin pas aku ke lampung, mbakku nitip kopi yg masih ijo katanya buat obat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi yang hijau memang lebih banyak manfaatnya

      Hapus
  7. Aku gak terlalu sukakopi, tapi boleh lah minum dikit
    Yang bikin menarik kopi hijaunya. Merek lain blm ada

    BalasHapus
  8. Pecinta kopi asli mau minum kapan aja bisa. Kalau saya sih nunggu kalau pengen banget ngopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesekali cobain kopi hijau kalau lagi pengen banget ngopi, ya :)

      Hapus
  9. Saya suka ngopi, sebelumnya kalo ngopi no sugar, jadi kadang cari cari farian rasa kopi, tapi sejauh ini belum pernah coba yang kopi hijau.

    gara gara mbak mungkin saya akan coba,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain yang blend dulu biar aroma dan rasa kopinya tetap ada :)

      Hapus
  10. Wah mesti beli nih kayanya buat diet hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha tuh kan kalau perempuan mah pada suka deh urusan diet :D

      Hapus
  11. Kalau lagi lembur biasanya suka minum kopi...

    BalasHapus
  12. Ya ampuuun.....kukira green coffee itu ketika diseduh juga berwarna hijau #tepokjidat

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena diblend, Mbak. Kan ada campuran kopi hitamnya juga

      Hapus
  13. wah ada lagi varian baru, setelah kopi putih, ini kopi hijau yaa.. tapi kalau di blend sama kopi yg disangrai berarti ngga pure hijau ya mba, pantesan warnanya tetep coklat #halaaah #kudet XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, San. Makanya dibungkusnya kan dikasih keterangan bled

      Hapus
  14. Harumnya kopi memang sangat menggoda, tp memang ga berani klo minum kopi dg keadaan perut kosong. Senggaknya jd temen sepotong roti saat pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun gak berani ngopi kalau perut masih kosong :)

      Hapus
  15. kayaknya enak nih.. bisa di coba besok

    BalasHapus
  16. belum coba nih mba...banyak baca di blog teman-teman katanya enak ya

    BalasHapus
  17. dari dulu aku sukanya kopi susu mba, tapi green coffee ini lagi hits banget, jadi penasaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali bisa cobain green coffee :)

      Hapus
  18. Menurunkan berat badan?? Waa ini.. Menggoda mba..😀😀
    Aku pecinta kopi juga. Suka aromanya. Tapi blkngan memang jarang ngopi.. Karena seringnya bbrp saat setelah ngopi perutnya berasa nggak nyaman.

    BalasHapus
  19. Waktu itu suami nyobain green coffee yg bener2 raw dan dia gak suka. Mana rasa kopinya, katanya 😂 Kalo yg Nescafe ini udah blend sama yg disangrai kan ya? Mau nyoba beli ah untuk suamiku. Pasti masih ada rasa dan wangi kopi yg familiar gitu ya

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge