Jumat, 21 Juli 2017

Resep Sup Ayam Berempah SO GOOD

Resep Sup Ayam Berempah SO GOOD

Keke : "Masakan Bunda yang paling gak enak tuh sup."
Bunda: "Masa, sih? Trus kenapa juga Keke suka minta dibikinin sup jagung?"
Keke: "Kalau itu sih enak. Yang gak enak tuh sup ayam. Gimana ya ... kayaknya ada yang kurang aja."

Beberapa hari yang lalu saat kami sedang makan malam bersama Keke bilang kalau sop sayur buatan Chi gak enak. Kesel iya, sedih iya, tapi sebetulnya Chi pun mengakui apa yang Keke bilang. Sup ayam yang dimaksud adalah sayur yang berisi wortel, buncis, kol, dan kentang. Untuk lauknya dikasih ayam, sosis, atau baso. Seringnya pakai ayam, makanya anak-anak menyebutnya sup ayam. Tapi mau dikasih ayam, sosis, atau baso tetap aja rasanya gak pas. Nightmare banget deh kalau udah urusan bikin sup ayam.

Bosan gak pernah berhasil dapat rasa yang pas, Chi pun mulai pakai bumbu sup instan. Rada lumayan lah rasanya tapi belum sampai level puas. Apalagi karena ini pakai bumbu instan. Buat Chi tetap lebih puas kalau bisa masak enak tapi pakai bumbu yang dibuat sendiri.

Sekian tahun lalu Chi pernah nyicipin sup ayam yang enak banget. Buatan nenek Chi yang sempat lama menetap di Sumatera. Rasa sup ayamnya tuh spesial karena berasa rempahnya. Trus wangi kayu manisnya itu bikin Chi masih teringat kenikmatannya sampai sekarang.

Kadang memang bosan karena gagal melulu tapi suka penasaran aja, Masa sih segitu susahnya bikin sup ayam. Kalau anak-anak bisa lahap ketika makan sup ayam jagung, creamy corn soup, sup buntut, atau sup kacang merah, masa sup ayam gak bisa? Selalu aja bersisa kalau bikin sup ayam. *gregetaaaannn ...

Kali ini Chi pengen coba bikin sup ayam lagi. Cobalah googling berbagai resep sup ayam, selain membaca beberapa menu juga malah dapat info beberapa metode memasak. Lumayan lah dapat ilmu baru lagi.

Sebelum mengenal ayam potong SO GOOD kalau beli ayam atau daging selalu beli di supermarket. Beli sayur mayur baru di pasar. Alasannya beli di supermarket udah pasti lebih bersih dan segar. Daging ayam SO GOOD terlihat bersih dan segar sehingga bisa langsung diolah. Daging ayam potong SO GOOD ini juga memiliki kualitas terbaik karena berasal dari peternakan sendiri. Ayam SO GOOD juga gak disuntik hormon, lho. Sering kan ya kita mendengar atau membaca berita kalau ada ayam yang disuntik hormon. Dan yang terpenting adalah sejak awal pemrosesan hingga akhir dilakukan dengan cara yang halal.

Cara mendapatkannya pun mudah. Gak harus ke supermarket, di minimarket pun ada. Chi beli ayam SO GOOD ini di Alfamidi dekat rumah. Ayamnya sudah dipotong-potong dan dalam kondisi bersih dengan packaging yang rapat. Bahkan untuk sup ayam ada pilihannya juga, lho. Yuk! Sekarang saatnya mengolah.

Resep Sup Ayam Berempah SO GOOD 
Potongan daging sup ayam SO GOOD rapi dan tidak perlu disuwir lagi.

Untuk sup, Chi biasa menggunakan bagian punggung karena paling pas buat sekalian dibikin kaldu. Enaknya kalau pakai daging sup ayam SO GOOD, bagian punggung ayamnya sudah dipotong-potong lebih kecil. Gak makan tempat kalau direbus dipanci. Mau disantap dagingnya pun gak repot harus disuwir dulu.

Sup Ayam Berempah SO GOOD

Resep Sup Ayam Berempah SO GOOD

Bahan:

1 bungkus SO GOOD Daging Sup Ayam
2 buah jeruk lemon - Diiris-iris
5-6 siung bawang putih
4-5 butir kapulaga
1,5 sdm ebi
1,5-1 buah bawang bombay - Dicincang
1-2 ruas jahe - digeprek
1 buah tomat - diiris
8-10 butir cengkeh
Daun bawang diiris tipis untuk taburan
Kayu manis bubuk secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Pala bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Kaldu jamur secukupnya
Air
Minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Rebus air, garam, dan lemon hingga mendidih. Pastikan air dalam jumlah yang cukup untuk merendam ayam.

    Resep Sup Ayam Berempah SO GOOD
  2. Setelah mendidih, diamkan dengan panci tertutup hingga air rebusan dingin.
  3. Setelah air rebusan dingin, masukkan seluruh SO GOOD Daging Sup Ayam. Pastikan ayam terendam seluruhnya.

    Resep Sup Ayam Berempah SO GOOD
    Kebetulan di foto ini yang direndam daging ayam potong SO GOOD. Tapi Chi menggunakan cara yang sama untuk daging sup ayam SO GOOD
  4. Masukkan ayam yang direndam ke dalam air lemon ke dalam wadah tertutup. Kemudian simpan di kulkas selama +/- 1-2 jam
  5. Setelah 1-2 jam, keluarkan ayam dari kulkas dan buang seluruh airnya.
  6. Tambahkan kayu manis bubuk secukupnya. Kurang lebih 2-3 sdm.  Pastikan seluruh daging ayam diberi kayu manis bubuk kemudian masukkan kembali ke kulkas dan diamkan minimal 6 jam *Kalau Chi mendiamkan semalaman.
  7. Keluarkan ayam dari dalam kulkas
  8. Ulek ebi, bawang putih, dan kapulaga hingga halus
  9. Tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga harum
  10. Rebus air untuk membuat kuah sup
  11. Setelah mendidih, masukkan ayam. Sedikit demi sedikit buang bagian yang menggumpal hingga kuah menjadi bening.
  12. Masukkan tumisan bumbu halus dan bawang bombay
  13. Masukkan jahe yang sudah digeprek
  14. Masukkan tomat
  15. Tambahkan merica bubuk, pala bubuk, kayu manis bubuk, kaldu jamur, dan gula pasir
  16. Tambahkan garam. Masak hingga ayam lembut dan matang
  17. Sajikan. Beri rebusan wortel dan irisan daun bawang
Catatan:
  1. Proses nomor 6 akan membuat daging ayam ada rasa kayu manis tetapi hanya samar saja. Kalau teman-teman tidak menginginkannya, proses nomor 6 bisa dilewatkan. Cukup menambahkan kayu manis pada saat merebus.
  2. Chi menggunakan kayu manis bubuk dan pala bubuk sehingga kuah berwarna gelap. Bila teman-teman menginginkan warna yang lebih terang, bisa diganti dengan kayu manis batangan dan biji pala yang digeprek
  3. Garam selalu Chi berikan terakhir setiap kali memasak. Bila semua rasa sudah dirasa pas, maka baru masukkan garam. Buat Chi, garam berfungsi untuk meningkatkan rasa. Kalau garam yang lebih dahulu dimasukkan, suka sulit aja menentukan rasa yang pas.
  4. Sengaja memisahkan sayurannya supaya rasa sayurnya lebih segar dan menambah rasa manis di supnya. Chi biasanya pakai wortel import atau wortel lokal yang warnanya mirip seperti wortel import. Selain lebih cantik, rasanya juga lebih manis 
  5. Tidak menggunakan seledri karena gak kuat sama baunya. Bikin pusing. Rasanya pun Chi gak suka. Chi juga gak menambahkan bawang merah goreng karena Keke gak suka
Aroma kayu manis terus menguar saat memasak. Bahkan saat wadah ayam dibuka, sudah tercium aroma kayu manis. Hmmm ... meningkatkan nafsu makan banget nih aromanya.

Kenapa Chi terus penasaran untuk membuat sup yang enak? Karena sup gak selalu jadi menu makan utama di rumah kami. Sup kacang merah dan sup buntut selalu dijadikan makanan utama untuk makan bersama nasi. Tapi kalau bikin creamy corn soup atau sop jagung biasanya dimakan tanpa nasi. Kedua sup yang tanpa nasi ini juga jadi salah satu andalan bila sedang kurang enak badan. Kalau lagi sakit kan susah susah makan, dibuatin sup biasanya lumayan mau makan.

Chi pengen sup ayam bisa dinikmati keduanya. Dikasih nasi enak, tanpa nasi pun enak. Alhamdulillah, berhasil juga bikin sup ayam yang enak. Rasa rempah terutama kayu manis menggugah selera. Ada rasa hangat dari jahe serta rasa manis dari wortel. Buat Chi yang saat ini juga lagi sakit tenggorokan, nikmat banget makan sop ayam ini. Yang lebih menyenangkan adalah kali ini gak ada kritikan dari anak-anak. Malah mereka bilang sopnya enak. Yipppiiieee!

Ayam Taichan Modifikasi

Chi kasih bonus resep, ya. Kebetulan beli 2 macam daging ayam SO GOOD, nih. Tapi ayam potong SO GOOD yang di dekat rumah packagingnya masih yang pakai styrofoam. Meskipun begitu, kualitasnya tetap sama, lah.

Saat ini lagi ngetrend banget kuliner sate ayam taichan. Chi belum pernah beli karena malas banget harus antre panjang hehehe. Jadilah cari resep sana-sini di internet. Setelah baca, ternyata simple banget resepnya.

Simple bukan berarti mudah. Bumbu yang (sangat) sedikit justru harus dibuat menonjol. Intinya sih bumbu untuk ayam taichan tuh cuma garam dan perasan jeruk nipis/lemon. Ada juga resep yang kasih merica, tapi Chi gak pernah kasih.

Namanya juga sate, pastinya pakai tusuk sate. Tapi ribetlah kalau harus dipotong kecil-kecil trus dikasih tusukan. Lagipula yang penting rasanya. Nah masalahnya, Chi sering nemuin rasa yang gak pas. Kalau gak keasinan ya gak berasa asam jeruknya. Sekarang Chi udah punya cara dong gimana ayam taichan ini bisa pas rasanya.


Bahan:


Ayam potong SO GOOD
Air untuk merendam
2 buah jeruk lemon - diiris
Garam

Cara membuat:
  1. Pisahkan kulit ayam dari dagingnya
  2. Rebus air, lemon, dan garam hingga mendidih. Setelah mendidih, tutup panci dan diamkan hingga dingin
  3. Masukkan ayam potong, pastikan terendam seluruhnya. Simpan di wadah tertutup dan masukkan ke kulkas selama +/- 3 jam
  4. Tiriskan ayam
  5. Panggang dengan api kecil hingga matang dan berwarna kecoklatan
  6. Memasak ayam harus benar-benar matang. Bila masih kurang yakin bagian dalamnya sudah matang padahal bagian atas sudah berwarna kecoklatan, bisa dimasukkan ke oven sekitar 4 menit. Gak akan bikin ayamnya gosong, kok. Tapi ayam jadi matang sampai ke dalam
  7. Sajikan dengan sambal bawang dan salad
Catatan:
  1. Pada saat membuat sup dan ayam taichan, Chi selalu lebih dulu merendam dengan air garam. Metode memasak ini namanya metode Brining.
  2. Sebetulnya Chi masih harus banyak belajar dan mencari tau tentang metode brine ini. Dari beberapa artikel yang dibaca ada berbagai macam cara. Ada yang airnya direbus dulu, ada yang tidak. Ada standar waktu merendamnya untuk setiap pon daging yang direndam. Dan kebanyakan menggunakan garam khusus. Tapi intinya sih metode ini adalah merendam daging di air garam. Air garamnya bisa ditambahkan bahan lain seperti lemon.
  3. Walaupun masih harus banyak belajar, tapi rasa ayam taichan yang didapat dengan menggunakan metode ini sudah pas
  4. Bedanya dengan marinating adalah kalau brining rasa dagingnya jadi berasa sampai ke dalam. Sedangkan marinating akan memperkaya rasa di bagian permukaan
  5. Karena direndam di air garam, sebaiknya airnya jangan terlalu asin. 
  6. Selain bumbu lebih meresap ke dalam, dengan dibrining daging ayam juga jadi lebih lembut
  7. Teman-teman bisa menambahkan air jeruk nipis dan dikucurkan ke ayam atau sambal sesaat sebelum disantap. Tapi kalau buat Chi sih dengan direndam pakai air lemon, wangi dan rasa lemonnya sudah berasa 
  8. Kulit ayam tidak Chi buang tapi ikut direndam. Setelah sekian jam direndam, tiriskan, lalu digoreng hingga renyah. Kulit ayamnya tidak hanya crispy tetapi juga ada rasa lemonnya.
Ayam taichan ini cocok banget untuk yang lagi diet karena tanpa minyak dan prosesnya dipanggang. Tapi tergantung siapa yang makan, sih. Chi malah susah diet kalau udah makan ayam ini. Abis pelengkapnya sambal bawang dan salad. Kalau udah makan pakai sambal, kayaknya sayang banget kalau cuma makan sedikit hehehe

52 komentar:

  1. Hmmm ... Itu sup ayamnya berasa hangat sampai di sini, Chi.
    Eh, bener tuh kapulaga dan jahe bikin sup jadi obat banget saat badan meriang.

    Good luck, Chi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kan ya kalau ada jahe dan rempah lainnya. Bikin badan jadi hangat. Pas buat yang lagi kurang enak badan :)

      Hapus
  2. haduh jadi laper mampir disini, haha...
    justru khasnya sop itu kan di seledri mba, aku suka seledri malah, cita rasa supnya jadi menggugah selera *beuh ghaya πŸ˜…

    noted ah, mau bikin jg yg ayam taichan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bisa gak makan kalau ada seledri hehehe. Tapi kalau pesan sup di resto pun gak selalu pakai seledri. Tetap enak rasanya. Sup yang dibuat sama nenek saya itu juga gak pakai seledri tapi rempah-rempahnya berasa :)

      Hapus
  3. Wah seger sup ayamnya dimakan anget-anget.
    Btw penasaran dengan rasa sate taichan di sono. Kapan hari nyobain sate taichan via online di kotaku, duh asiiiiin rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau udah dingin kurang nikmat makan supnya.

      Nah itu, sate taichan kan bumbunya sedikit. Jadi harus pas. Beberapa kali saya bikin keasinan. Sekalinya pas asinnya, rasa asamnya gak berasa. Tapi cobain pakai cara yang ditulis ini pas rasanya hehehe

      Hapus
  4. Sup nya bnyk bnget ya mba bumbunya..lengkap..kap! Aku mlh baru tahu klo sup bisa dipakein kayu manis. Biasanya klo mbikin sup..aku cuma bawang, garam sama mrica doang. Rasanya? Minimalis gitu deh.. Apalagi aku hampir ga pernah pke kaldu bubuk.. 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga tadinya cuma pakai gula, garam, merica, bawang putih, dan air kaldu dari rebusan tulang ayam. Tapi anak-anak suka protes katanya gak enak hehehe

      Hapus
  5. AKU Suka banget sup ayam mb Myr hehehe. Resepnya ini boleh banget dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sup memang enak. Dan biasanya kalau lagi gak nafsu makan pun, saya pengennya makan sup. Makanya penasaran banget bikin sup yang enak :D

      Hapus
  6. Resep sup ayamnya boleh dicoba nih. Aku biasanya dibikin sup ayam yang biasa itu. Pake wortel, kol, sama lobak. Anak-anakku bakal suka pasti. TFS...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sup biasa dengan bumbu minimalis itu yang sering diprotes ma anak-anak saya :D

      Hapus
  7. Suo ayamnya bikin ngiler. Mak kapan aku boleh ke rumah ngicipn masakannyaπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus
  8. Wahhhh pake kayumanis bubuk ya. Belom pnh bikin sop pake kayumanis bubuk, kebetulan pny di rmh bs di coba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya suka dengan kayu manis. Tidak hanya wanginya yang memang menambah nafsu makan. Rasa kayu manis pun enak buat campuran makanan atau minuman

      Hapus
  9. Mauuu donk Sup Ayamnya, apalgi cuaca dingin begini di BAndung..

    Penasaran sama masakan Chi, enaaaak pastinya!
    Tunggu resepku yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dingin enaknya memang makan berkuah ya, Teh :)

      Hapus
  10. wah banyak rempah2nya ya supnya, anak2ku sayur ayng palng suka ya sayur sop

    BalasHapus
    Balasan
    1. rempah-rempah bikin sup jadi kaya rasa, Mbak

      Hapus
  11. Udah lama gak buat sup ayam yang rempahnya banyak gini. Selain sup kayak ini, sup chinesse sama sup sayur bakso jadi favorit. Apalagi setelah menemukan cara baru bikin sup sayur bakso. Gak ada yang bakal nolak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lagi pengen nyobain bikin Chinese Food, Mbak. Kayaknya enak juga :)

      Hapus
  12. sup ayam itu enaknya kalau pakai ayam kampung sih mbak
    nah kalau ayam taichan itu sukses bikin saya pengin nyobain resepnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam kampung lemaknya gak sebanyak ayam broiler. Tapi untuk ayam broiler bisa dikurangi lemaknya dengan cara meminimalisir lemak. Faktor bumbu juga mempengaruhi. Kalau pakai ayam kampung tapi bumbu supnya masih pakai cara yang lama kayaknya anak-anak saya juga bakal tetep protes :D

      Hapus
  13. Mau mencoba ah rsep sup ayam berempahnya mba. Enak nih dimakan panas-panas. Yummy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dimakan tanpa nasi pun tetap enak :)

      Hapus
  14. Saya mau coba resep.mbak myraaa ah..kebetulan sudah beli ayam so good nich Mbak.

    BalasHapus
  15. comfort food banget nih mba sup ayam berempahnya, ayam taichannya juga bikin pengen nyomot duh yummy.. :D

    BalasHapus
  16. Baru tahu ada sup ayam rempah. Lama juga ya proses sebelum dimasak. Rasanya pasti enak banget, ayam bau segarlemon ditambah kayu manis dan buah pala. Biasanya masak sup ayam cuma ngandelin bawang merah, bawang putih sama garam gula. Kalau pakai resep sup ini pasti keluarga pada suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pertama kalu tau sop ayam berempah dari nenek yang lama tinggal di Sumatera, Mbak :)

      Hapus
  17. Ayam taichan itu...belum sempet aja nyoba bikinnya. Pernah nyobain sate taichan dan suka sama rasanya yang minimalis. Rasa sambelnya sih tobat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya rasanya sama aja karena bumbu dan prosesnya kan sama. Cuma saya gak jadiin sate karena malas potong kecil dan nusknya :D

      Hapus
  18. Sup ayamnya seger kayaknya. Ada kemasan sterofoam juga yaa isinya sama 1kg kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gak baca ukurannya, Mbak.Tapi kemasan styrofoam ada yang potong 10 dan 5. Ukuran per potongnya juga cukup besar

      Hapus
  19. Wah baru tahu bisa bikin sup ayam pakai campuran buah lemon ^^ Jadi penasaran pengen cobain juga

    BalasHapus
  20. Rasa sop sumatra itu memang lbh rempah ya mba. Akupun krn lama di sumatra, terbiasa ama sop yg begitu. Tp pas nikah ama org solo, sop yg srg di masak di rumahnya lbh simple, tp ntah kenapa aku jg suka :p. 2-2 nya enaknya beda :D. Tp kalo sop yg berempah ini memang lbh enak kalo dimakan saat sdg sakit :)

    Resep taichannya boleh jg nih.. Ga ditusuk2.. :D. Aku mau coba ah ntr

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sejak menikah juga saya jadi lebih banyak mengenal dan menggunakan rempah. Suami kan ada darah Sumatera juga. Lama-lama lidah saya pun terbiasa dengan rempah

      Hapus
  21. wah aku baru tahu ada air rendaman jeruk seperti itu mbak, mau coba ahh.. biasanya selama ini cukup dikasih rempah-rempah aja supaya hilang bau ayamnya, thanks infonya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah yang saya tau supaya baunya hilang dikasih air jeruk nipis trus dibiarkan sejenak dan cuci lagi

      Hapus
  22. Aku mau nyobain resep ayam Taichannya :)

    BalasHapus
  23. Duh, pengen coba buat. Bikin ngiler ini bacanya. Kalau buat kan bias puas bikin banyak..he

    BalasHapus
  24. Waaah sup ayam berempah yaaa mba.. kayaknya enak bangeeet

    BalasHapus
  25. gara-gara keseringan mbaca ttg so Good ayam ini di temlen, jadinya aku ikutan beli deh. Pas banget di dalamnya sudah ada free bumbu opor, jadi tinggal cemplung-cemplung...sedaaapppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah dapat yang ada bumbu opornya. Tapi ayam So Good memang praktis. Sudah dipotong rapi dan bersih

      Hapus
    2. Ayam so good ini masih perlu dilumuri jeruk kan mba biar ga amis?

      Hapus
    3. Enggak. Ayamnya udah bersih

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...