Rabu, 02 Januari 2013

Matematika Keke

Hasil raport Keke di semester ganjil ini, alhamdulillah masih membanggakan orang tuanya.. Kami gak tau ranking berapa, karena di sekolahnya memang gak ada ranking. Tapi kalo kemaren-kemaren orang tua masih tanya secara pribadi ke wali kelas, tahun ini sepertinya peringkat kelas di tutup rapat infonya. Paling Chi cuma tau dari wali kelas kalo Keke masih bisa mengikuti pelajaran, kalo di kira-kira ya dia termasuk 5 besar di kelas lah.. O'ya rata-rata nilai di raport Keke adalah 94. Alhamdulilah..

Nilai-nilainya oke, tingkah lakunya pun gak ada yang perlu jadi catatan khusus. Semuanya masuk ke daerah aman.. :)

Chi mau cerita tentang matematika Keke ah.. Tentang perkembangan pelajaran math yang Keke dapat dari kelas 1 s/d saat ini.

Menurut Chi dari kelas 1 s/d sekarang, di kelas 3 ini Chi merasa yang paling enjoy ngajarin Keke math..

Waktu kelas 1, bisa di bilang masa-masa pengenalan tentang math. Sebetulnya sih lebih mengenal tentang bahasa inggrisnya. Memperkaya kosa kata. Karena untuk mathnya sendiri masih termasuk gampang untuk Keke *bukan bermaksud meremehkan ya.. Karena pelajaran-pelajaran di kelas 1 itu sebagian besar udah dia dapet waktu TK. Hanya saja waktu TK kan mathnya pake bahasa Indonesia. Sementara di SD dia pake bahasa Inggris. Jadi saat itu Chi minta sama Keke untuk fokus sama bahasa Inggrisnya.. Kuasain bahasa Inggrisnya..

Di kelas 2 adalah masa-masa yang paling berat untuk belajar math sampe saat ini menurut Chi. Di kelas 2 udah mulai belajar soal cerita..

Menurut Chi kunci utama untuk bisa menyelesaikan soal cerita adalah memahami jalan ceritanya untuk kemudian mencari solusinya.. Kalo udah salah memahami, maka solusinya juga salah. Dan itu sering terjadi sama Keke.. Apalagi kalo penyelesaiannya itu butuh lebih dari solusi, misalnya harus di kali  dulu trus ditambah. Pasti deh seringnya salah..

Keke masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita. Di tambah lagi pake bahasa Inggris jadi lah suka dobel-dobel bingungnya.. Bener-bener kerja keras untuk ngajarin Keke memahami soal cerita..

Di kelas 3 ini, walopun baru semester ganjil tapi Chi perhatiin Keke udah lebih cepet memahami tentang soal cerita.. Dia udah mulai paham apakah soal-soal cerita itu harus sekali jalan atau lebih dari sekali solusinya.. Kalopun bingung, dia lebih cepat nangkap ketika di ajarin..

Mungkin berkaitan sama umur juga ya.. Semakin besar kan semakin jalan logikanya. Jadi ketika dia memahami soal cerita sekarang ini dia lebih mudah memahami ketimbang di level sebelumnya..

Mudah-mudahan di semester-semester berikutnya Keke bisa lebih memahami ya.. Insya Allah Keke bisa. *Optimis :)

post signature

61 komentar:

  1. Amiiiiin...
    Semoga semakin jago matematikanya Keke Mba Myra, kalo dasarnya udah ngerti matematika insyaAllah ga susah kan ya untuk beralih ke bahasa lain.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. matematika seringkali berkaitan dengan pemahaman juga.. gak melulu tentang menghapal rumus :)

      Hapus
  2. Ngajarin anak emang harus sabar ya bund.. pake bahasa Inggris pulak... manteb deh buat bunda dan Keke..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kadang sy suka lepas emosi juga krn deg2an walopun akhirnya nyesel.. semoga anak2 mau ngerti :)

      Hapus
  3. Hebat Keke ya.. rata rata 94 subhanallah

    BalasHapus
  4. Top. Pelajari terus ya Matematikanya jangan sampai dijauhi pelajaran yang satu ini he he.
    Trims.
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang, untuk bertransaksi aja hrs bs hitung2an ya :D

      Hapus
  5. 94?, alhamdulillah ya sesuatu.

    bantu komentar dan like FB ya di http://atdyn.blogspot.com/2012/12/hidup-aman-seorang-remaja-seperti.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sesuatu bgt alhamdulillah.. sy udah ke tekape dan like ya :)

      Hapus
  6. JAMAN saya masih duduk dibangku SD saya paling takut sama pelajaran Matematika. Entah kenapa ya nda suka aja gitu. Udah gitu gurunya juga "killer" hiheiheiheiee. Sampai sekarang saya kurang menyukainya hihieiheiee. Curcol sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, saya dulu juga paling takut matematika :D

      Hapus
    2. pak asep & cak win : kl dulu guru matematika identik dg guru killer ya :D

      Hapus
  7. Anak pintar biasanya punya orang tua yang rajin ngajarin juga. Terbukti ya, Chi :)
    Trus trus Keke dapet hadiah apa dari Bunda? Hihihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamdulillah hadiahnya ada.. tunggu postingan berikutnya.. #tsaaahh :D

      Hapus
  8. Salut deh sama keke... Pinter banget. Rata rata nilai nya tinggi bangett.. semangat keke! Salam ya buat keke :)
    Kalau pakai bahasa lain emang kadang bingung juga. Harus menguasai kedua nya. Tapi masih kelas segitu mah udah hebat lah.

    Salam hangat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jd harus belajarnya dobel.. thx ya :)

      Hapus
  9. duh...keren sekali nilainya Keke :)
    Selamat yah sayang :)

    Eh, jadi kepikiran buat bikin postingan soal raport Kayla juga deh...

    Sama dengan sekolah Keke, di sekolah Kayla juga gak ada peringkatnya sih cuman dikasih tahu nilai dan rata rata kelas aja...

    Mudah mudahan bisa dipertahankan nilainya yah Keke :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo Ry bikin.. Kayla pasti bagus juga deh raportnya ya..

      kayaknya sekarang sklh2 mulai gak pake ranking2 ya..

      Hapus
  10. uwaaa,,keke hebat bangetttt
    semoga semester genapnya dapet rangking 1 ya aminnn....
    kadang saya geleng-geleng kepala kl lihat anak SD dah bawa koper gede isinya buku tebel2,bhs inggris semua xixixi...pdhl masih kelas 1 :D **tempat saya mengajar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, di sklh anak sy juga gitu.. berat bgt bawaannya.. :D

      Hapus
  11. Matematika nilainya bagus, keren banget yaa keke :D

    Semoga nilainya bagus2 terus, makin rajin belajarnya yaa keke sama nai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kl gak bs privat sm tante Niar.. ehehe..

      Hapus
  12. wow ... tinggii amat 94? :)
    Selamat ya ...
    Selamat juga buat bundanya ya sudah menemaninya belajar :)

    BalasHapus
  13. Wah nilai rata2 94? Hebat banget dong mbak :). Smoga Keke mampu mempertahankan prestasinya Amin

    BalasHapus
  14. semoga seiring pertambahan usia..pemahaman akan pelajaran menjadi lebih mudah lagi :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy juga berarap gitu.. semoga ya :)

      Hapus
  15. pertahankan dan klaw bisa di tingkatkan lagi ya... :)
    selamat buat prestasinya :)

    BalasHapus
  16. Go Keke, pasti bisa :)
    keren ah, masih SD dah ngenglish, dulu baru kelas 4 aku diajarin bahasa inggris, hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kls 4 kan SD juga ya.. hehehe.. :D

      Hapus
  17. wah keke pintar..bunda heubat deh

    BalasHapus
  18. Whaa...Keke anak yang pandai, rata-rata nilainya saja tinggi seperti itu. Ini tidak terlepas dari kecerdasan orang tuanya dalam membimbing anaknya. :)

    BalasHapus
  19. Wah keke kelas tiga ya .. kebetulan saya juga pegang kelas tiga .. hehehe..

    Semangat buat keke dan mama nya !!!! Ganbatte !! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo akang guru ngajarin anak kelas 3 jadi guru yg baik gak? Hrs sabar loh kalo punya murid yg banyak nanya kayak Keke.. :D

      Hapus
  20. Amin... Keke pasti bisa, bun
    Hebat ya rata ratanya 94 :)

    BalasHapus
  21. baru tahu kalau ada SD yang meniadakan rangking. efeknya jadi susah mengetahui dimana sebenarnya posisi anak kita di kelas. tapi sepertinya ada positifnya jg, biar anak lebih fokus bagaimana memahami, ketimbang ribet dengan nilai dan rangking.

    salut ya anak sekarang matematika, pakai bahasa inggris pula. saya waktu masih SD dulu ingat kalau matematika buat gampang (kurikulum SD dari P&K jaman dulu). bahkan saya malah sering mengajari teman se-bangku. tapi dulu ga ada bahasa inggrisnya... :-)

    salut untuk Keke dan Emak nya... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sy perhatiin kadang yang terobsesi dengan ranking itu org tuanya.. Tp sy pikir ranking 1 kalo nilai rata2nya lebih kecil daripada kita gak tau ranking berapa tp nilai yg di dapat tinggi2. Saya lebih milih gak usah pk rabking tp nilai anak sy tinggi :)

      sklnya bilingual, makanya bbrp mata pelajaran pake bahasa inggris utk pengantarnya :)

      Hapus
  22. sellau salut tiap kli dirimu post tentang sekolah keke n Nai..aku pengen ngilut metode nyaaaaaaaa...hihihi

    keke pinter ya..sudah enggres pulak..ccckkkccckkk calutt akyuu..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga metodenya cocok ya.. thx mbak :)

      Hapus
  23. Amiiiin. Sama nih kayak Nikki. Dia juga kalo dah mulai terkait soal cerita, sudah deeeeeh. Pasti yang aneh2. :D
    Satu hal yang selalu saya tanya ke wali kelas Nikki saat ambil rapor adalah: apakah Nikki masih mau tanya ke guru kalau ada yang gak ngerti atau bikin dia bingung. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. o'ya sama mbak.. sy juga selalu tanya itu. penting bgt untuk saya anak aktif di kelas :D

      Hapus
  24. kelas 2 aja sekarang pelajaran matematikanya sudah ada soal cerita ya

    BalasHapus
  25. Keke punya semangat belajar ya :)

    ankq, si Azzam, masih 3 tahun...duh, semakin deg-degan kalo dia masuk SD. pengenku,dia udah pinter bahasa Inggris n Math juga SD saat. perlu persiapan ya mb,

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah semangatnya ada..

      persiapan perlu tapi di seuaikan sama umurnya aja mbak.. Jgn terlalu di paksa juga. Bikin konsep belajar yang menyenangkan, sambil bermain :)

      Hapus
  26. Selamat buat keke, semoga makin rajin ∂άn pintar. Aku ĵµƍα suka gemes kalau bantuin anas anakku ngerjain PR nggak cuma math aja sih yg lain2 ĵµƍα. Dia masih kls satu ∂άn pelajarannya pake bhs perancis, dia bingung aku jg bingung minta bantuan google translate ĵµƍα harus mikir2 lg tp pelan2 jd lebih mudah... ∂άn skrg perancisnya lbh bisa dia dr aku :D

    Jadi ibu memang harus super duper mbantu anak2 belajar ya mbak. Mbak mira menginspirasi aku utk terus mantau perkembgn bljr anas dr tulisan2 mbak mira ttg belajarnya keke ∂άn naima. Makasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pk bahasa prancis? Saya pingsan duluan kayaknya.. hehehe.. Tapi seneng bgt ya kl anak2 jd bs multi bahasa.. Sy dan suami selalu bilang ke anak2 pengen mereka bs minimal 2 bahasa asing.. Tapi mungkin nanti2.. Pelan2 aja belajarnya :)

      Sama2 mbak.. Kita sama2 menginspirasi ya :)

      Hapus
  27. Aiih keren banget mba 94. Bikin postingan cara ngajarin math dong mba myra.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar math sebetulnya bs dari hal2 sederhana kok.. Sambil bermain biasanya sih.. Tapi nanti sy usahain bikin postingan ttg belajar math ya :)

      Hapus
  28. moga aja makin pinter anaknya, harus sabar dalam mengajari... banyak tuh anak kalau di ajarin nggak mudeng - mudeng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bs jadi juga krn metode belajarnya blm ketemu makanya gak mudeng2.. Jadi harus terus dicari metode belajar yang tepat :)

      Hapus
  29. 94, waw banget tuh . . .
    ini sih yang hebat yang ngajarinnya di rumah
    kayaknya sabar banget ya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jadi malu kl di bilang sabar.. hehehe.. kadang saya lepas kontrol juga kok mbak.. :D

      Hapus
  30. Pintarnya Keke.... optimis semakin gape math & bhs inggrisnya.. ^__^

    BalasHapus
  31. Optimiss. Keke pasti bisa :-)

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge