Minggu, 26 Agustus 2012

Keke dan Puasa

Beberapa waktu lalu Chi pernah bercerita tentang Nai & Puasa, kali ini Chi mau cerita tentang Keke dan Puasa..

Alhamdulillah tahun ini Keke mulai bisa puasa full.. Mungkin bagi beberapa orang Keke termasuk telat ya.. Karena banyak anak-anak yang sudah mulai berpuasa full sejak TK atau sejak mulai masuk SD. Chi sendiri menurut cerita orang tua Chi juga mulai berpuasa full sejak TK. Sementara Keke baru berpuasa full tahun ini ketika Keke udah kelas 3 SD.

Chi memang udah mengenalkan puasa ke anak-anak sejak kecil, tapi Chi juga gak mau memaksa mereka.. Pelan-pelan aja sampai mereka ngerti, karena Chi gak mau mereka menganggap ibadah puasa itu sebagai sesuatu yang menyebalkan bagi mereka.. Ya syukur-syukur kalo mereka memang sudah mau sejak kecil tapi kalo baru mulai dari sekarang juga gak apa-apa.. Chi tetep bersyukur.. Alhamdulillah...

Dan seringkali Chi menghibur diri, yah mungkin karena Keke juga seneng makan.. Sehari bisa berkali-kali dia minta makan.. Jadi kalo pas puasa harus gak makan selama beberapa jam, tentu berat buat Keke. Memang harus pelan-pelan ngebiasainnya.. Beda dengan Chi dulu, yang kalo gak di kasih makan justru malah seneng. Karena saking susahnya makan... Makanya kalo bulan puasa dateg justru seneng, karena gak bakal di suruh makan. Hehehhee...

Walopun baru di mulai dari kelas 3 SD bukan berarti gak ada progress sama sekali dari Keke setiap tahunnya.. Peningkatan itu ada secara bertahap kok..

TK A.. Keke baru mulai puasa gak bawa bekel makan di sekolah.. Kalo minum sih masih Chi bawain.. Lumayan lah dari jam 1/2 8 sampe jam 10 pagi dia gak makan.. Untuk anak yang tukang makan kayak Keke bisa nahan makanan 2 jam aja udah rekor yang bagus... Hehehhe...

TK B.. Sama sekali Chi gak bawain dia bekel makan & minum.. Jadi 2,5 jam Keke gak makan & minum.. Pas sampe rumah baru deh heboh minta makan & minum :D

Kelas 1 SD.. Masih sama kayak TK B, udah gak Chi bawain bekel makan & minum. Tapi durasinya lebih panjang.. Dari jam 1/2 8 sampe jam 1/2 12 siang.. Lumayan ada penambahan puasa 1 1/2 jam.. Hehhe..

Kelas 2 SD.. Mulai mau Chi ajak sahur.. Awalnya semangat banget.. Makannya juga lahap.. Setelah sahur dia tidur lagi.. Masalahnya baru timbul.. Setelah bangun Keke merasa kehausan.. Nangis sampe gak bisa di bujuk.. Akhirnya buka puasa deh pagi-pagi alias sarapan lagi.. Jadi Chi belom ajak Keke sahur lagi.. Biar aja tetep sarapan sekitar jam 1/2 7. Cuma durasi puasanya lebih panjang, sampe jam 3. Belom bisa lebih lama dari jam 3..

Kelas 3 SD.. Sebetulnya target tahun ini Chi belom berharap Keke bisa puasa full.. Jadi Chi minta dia pilih salah satu dari 2 pilihan.. (1) Mulai ikutan sahur & berpuasa sampe jam 3, atau (2) Sarapan seperti biasa & bukanya pas maghrib.. Keke pilih opsi yang nomer 2.

Trus waktu liburan awal ramadhan Keke minta ijin buat nginep di rumah aki-neneknya.. Chi bilang ke Keke, kalo mau nginep di rumah aki-nin harus bisa puasa full.. Karena di sana puasa semua, kasian nin kalo harus nyiapin makan buat Keke pas lagi puasa.. Ternyata Keke nyanggupin.. Dan Alhamdulillah, Keke mampu puasa full selama di rumah kakek-neneknya..

Karena melihat Keke udah mampu puasa full, Chi pun lalu minta dia puasa full juga di rumah.. Keke memang menyanggupi.. Tapi yah mungkin kalo sama bundanya suka ada manja-manjanya sedikit, jadi kadang pas tengah hari suka merengek minta buka.. Katanya haus banget.. Bisa di maklumi sih, apalagi selama bulan puasa kemarin udara emang terik banget ya..

Waktu awal-awal puasa bibirnya Keke sempet pecah-pecah.. Kasian banget liatnya. Keke juga keliatan sangat gak nyaman.. Setelah buka bibirnya Chi olesin madu.. Awalnya Keke menolak, karena Keke emang gak suka madu.. Tapi lama-lama dia mau, malah madunya di minum juga.. Alhamdulillah gak lama bibirnya lembut lagi..

Sempet kena batuk di pertengahan puasa.. Awalnya dia tetep puasa.. Tapi karena Chi liat batuknya kok gak sembuh-sembuh malah semakin berat, Chi kasian juga.. Jadi Chi ngelarang Keke untuk puasa.. Maksudnya mau Chi kasih obat, supaya Keke tidur. abis kalo gak gitu Keke main terus gak mau istirahat.

Awalnya Keke nangis karena gak di bolehin puasa.. Seneng sebetulnya Chi liat Keke menangis karena di larang puasa.. K'Aie juga bilang ke Chi kalo emang Kekenya mau tetep puasa ya di kasih aja.. Tapi Chi kan mau kasih dia obat.. Kasian Chi liatnya.. Walopun semangat puasanya tetep ada, tapi keliatan kecapean banget. Karena kurang istirahat gara-gara terganggu batuk. Setelah Chi kasih obat, Keke seharian tiduuuuuurrrr terus.. Alhamdulillah setelah banyak tidur, batuknya juga cepet ilang. Jadi Keke bisa ikutan puasa lagi..

Menjelang lebaran, bibirnya Keke pecah-pecah lagi & sariawan di mana-mana.. Duh kasian liatnya.. Keke juga jadi agak rewel.. Mungkin karena udah di Bandung, udara adem bikin Keke gak merasa haus.. Jadi pas waktunya buka, Keke cuma minum sedikit.. Padahal biasanya Keke banyak minum.. Alhamdulillah setelah di kasih madu lagi & banyak minum, Keke cepet sembuh lagi...

Yah itulah cerita tentang Keke dan Puasanya.. Setiap tahun ada progress dari Keke sedikit aja Chi udah bersyukur apalagi kalo ternyata di luar dugaan akhirnya Keke udah bisa full puasanya, Alhamdulillah...

Kenapa Chi sengaja menunda cerita Keke dan Puasanya ini setelah lebaran, karena Chi pengen liat sampe berapa hari Keke kuat puasa full? Selain itu Keke suka baca blog ini juga.. Kalo nanti dia tau bundanya bersyukur walo cuma ada progress sedikit, bisa-bisa dia lebih merengek lagi untuk gak berpuasa karena yang penting kan udah bisa ikutan sahur... Hehehehe...

post signature

64 komentar:

  1. wah keke dah pinter ya puasanya sampe full. dan kalau aku perhatikan, banyak jg anak kecil yang kuat puasa full. cuma kadang2 kasihan melihatnya yg tampak lemas dan mukanya jadi memelas... :-)

    wah keke dapat hadiah apa sudah bisa puasa full? kan biasanya ortu selalu memotivasi anaknya kalau bisa full akan mendapatkan sesuatu nanti saat lebaran... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih sebetulnya kasian liat wajahnya tp kalo anaknya emang mau & kuat kita sbg org tua harus ngasih walopun gak tega.. hehhe..

      Utk hadiah, abis ini sy posting ttg hadiahnya ^^

      Hapus
  2. WAh, tiap tahun ada peningkatan ya Mbak..
    kebetulan saya juga keponakan, namanya juga keke..:)
    jadi selama Ramadhan ini dia cuma puasa selama 2 jam saja, maklum, umurnya masih 3 tahun mbak
    hehehe
    jadi kangen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. umur 3 tahun Keke malah blm puasa sama sekali.. hihi..

      Hapus
  3. mudah2an ini awal yang baik ya supaya thn depan bisa puasa full lagi tanpa rengekan :)

    BalasHapus
  4. Walah Keke rajin buka blog emaknya tho...
    Woh aku kira kelas tiga udah puasa full tuh hebat banget mbak, aku baru kelas 4 puasa hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dia sering baca blog ini..

      Una suka makan juga ya kayak Keke? :D

      Hapus
  5. keke hebatt.. mudah2an tahun depan lebih hebat lagi ya puasanya.. :)

    BalasHapus
  6. adek bungsu aku jg blum full mbak..dy hobi ngemil.sahur dia smngat kle mbak,kdng bolak-balik k kmar smbil bwa pring tuk bngunin.klo gak sahur,pagi2nya dia nangis2 n marah,knp dia gak dbgunin.biasanya,dy buka jam 1 an.
    skrg dy klas 2. smga kls 3 nanti udah full..kyk keke..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ya.. tp pelan2 aja jgn sp nanti adiknya yourha malah males puasa :)

      Hapus
  7. Saluut buat Keke yg sudah full puasanya..beneran luar biasa, apalgi saat sakit batuk tetap semangat puasa ya Mbak. Really amazing little girl:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg ada malah sy yg gak tega liat dia batuk.. hihi... btw, Keke itu cowok :D

      Hapus
  8. wah keke heubat ya puasanya..

    BalasHapus
  9. sepertinya aku dulu juga kelas 3 SD baru puasa full bund, berarti aku telat juga ya?enggak apa deh, yang penting semangat keke menggebu-gebu buat tetep puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup yg penting tiap tahun ada prof=gres kecil aja udah seneng bgt ^^

      Hapus
  10. mimi jg ga pernah maksa koq bun...srg ga tega hehe
    kk Rani klas 4 bru full wlw byk bolongnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg pentig tetep semangat ya mi.. ^^

      Hapus
  11. wah sama dong sama om, puasa fullnya mulai kelas 3 SD :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss dulu sama keke kalo gitu ^^

      Hapus
  12. Balasan
    1. terima kasih tante utk jempolnya ^^

      Hapus
  13. Melatih anak2 berpuasa tentu sangat bagus, namun ya flexible karena mereka belum wajib. Dengan berpuasa mereka juga akan mengerti bagaimana orang miskin2 menahan lapar dan dahaga setiap harinya.

    Salam sayang dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bgt pakdhe.. sy juga memberi pengertian itu ke Keke & Nai ^^

      Hapus
  14. jempol deh untuk keke... berjuang banget untuk melatih anak2 berpuasa... Selamat untuk para ibu dan ayah yang dah memberikan pelajaran akan arti wajibnya berpuasa bagi umat muslim.. klo mbak Rifa dan mas fakhri Alhamdulillah tahun ini lebih banyak puasa seharinya mbak rifa kelas 3 SD puasa setengah hari selama 4 kali n mas fakhri kelas 2 SD puasa setengah harinya 6 hari selebihnya puasa seharian... Tahun depan berjuang lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tiap tahun selalu ada progress ya :)

      Hapus
  15. bagus tuh latian puasa bu'

    kalo aq dulu sih latiannya puasa "mbedhuk" dulu jam 12 buka.
    trus puasa "ashar" jam 3 buka.
    trus puasa "ndino" ya maghrib bukanya.

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting ada progressnya terus :D

      Hapus
  16. Alhamdulillah, yg penting memang selalu ada progress dan istiqomah ortu mengajari anak. Salam kenal..

    ira
    www.keluargapelancong.net

    BalasHapus
  17. Syukur deh kalo Keke udah bsa puasa full. Keke anaknya nurut sma ortu ya. Buktinya, kalo Keke mau nginep dirumah aki-nin, Keke harus puasa full, dan Keke menyanggupinya.
    Keke anak yg penurut ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya sh ngelawan2 juga suka ada.. :D

      Hapus
  18. alhamdulillah mbak, yang penting kan selain telah berpuasa full, si keke juga udah nggak nganggep puasa sebagai beban, melainkan sebagai ibadah :D

    minal aidin wal faizin ya mbak....

    BalasHapus
  19. thumbs up buat keke..:D

    emang musti diajarin puasa sejak dini ya, dan aku salut ama Chi yang konsisten ngajarin keke puasa secara bertahap tiap taunnya :))

    Mudah2an puasa taun depan, keke bener2 bisa full dari sahur sampe magrib tanpa ada hambatan..;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsisten tp gak maksa..

      aamiin.. semoga tahun depan ada progress yg lebih baik dr tahun ini ya :)

      Hapus
  20. alhamdulillah.. slalu ada kemajuan dr thn ke thn.. salut bgt buat Keke. Memang ga perlu dipaksakan ya. Klo dipaksakan mlh jd beban.. :)

    BalasHapus
  21. Lebih baik terlambat dri pada tdak sama sekali
    mesti belajar ,nggak perlu terlalu dipaksain..
    mudah mudahan tahun depan lebih baik lagi.

    BalasHapus
  22. Yang penting kan prosesnya mbak, terlambat juga tak mengapa karna lihat kondisi tiap anak berbeda. Oya, tentang pemberian madu itu dibiasakan tiap hari cukup 1 sdt, mudah2n aja jarang sariawan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbak, prosesnya yg penting..

      Keke itu sebetulnya gak suka madu, makanya lumayan susah kalo di suruh konsumsi madu.. :)

      Hapus
  23. Selamat buat Keke !! Iya mba Chi, emang butuh proses koq.. Setelah proses terlewati dan didapat hasilnya biasanya kita baru nyadar hehe.. Dan lingkungan memang sangat mendukung seorang anak melakukan sesuatu. Di tempat lain msh ada perasaan ga enak utk minta makan, tapi kalo sama bundanya sendiri..sudah taulah yaa..ada manja-manjanya gitu..
    Semoga tahun depan lebih meningkat lagi ya, Keke :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat lain ada malu2nya.. Kalo sama org tuanya kan merasa lebih bebas kali ya makanya suka ada manja2nya.. hehhe...

      Hapus
  24. alhamdulillah, puasa tahun ini full

    BalasHapus
  25. madu bagus buat bibir biar lembut yaa teh, niar baru tau :D

    keke hebat deh udah bisa full, anak jagoan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. madu katanya bagus juga buat maser loh niar ^^

      Hapus
  26. Aku belajar banyak dari bunda nih, dari cara mendidik anak untuk puasa sampai nyembuhin bibir pecah2 dan sariawan pake madu, yang menurutku bagus banget.

    Buat Keke, selamet ya udah bisa puasa full..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx ya.. kita sama2 belajar ^^

      Hapus
  27. hebat kak keke...:) welldone.
    emang bener yah mbak..tidak dengan paksaan..dan masyallah berhasil bunda menerapkannya untuk kak keke..walah saya jamandulu juga kelas 3 kayaknya mulai full puasa gitu..itupun masih bolong bolong kayaknya..:)
    catet dibuku parenting juga nieh ..thanks for sharing mbak..

    BalasHapus
  28. Sekarang udah pada sehat lagi kan?
    Puasa sebaiknya dikenalkan bertahap, biar anak-anak nggak trauma dengan yang namanya nahan lapar dan dahaga...selamat buat Nai dan Keke ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah udah sehat mbak.. betul mbak biar mereka gak kaget & kapok ya :)

      Hapus
  29. Yups, mereka kan belum wajib, dan masa latihan jadi gak usah dipaksa ya Mak.. sip sip

    BalasHapus
  30. Sip.... yang oenting Keke sudah memulai dengan hal yang positif ya..... terus semangat ya Keke...


    Salam wisata

    BalasHapus
  31. Hihihi,,, Semoga tahun ini bisa nambah progress latihan puasanya Daffa.. aamiin

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge