Peluncuran Buku "Sambal Roa" dan Icip-Icip Kuliner Khas Gorontalo

By Keke Naima - February 14, 2023

Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner sambal. Melalui buku "Samba Roa" kita akan diajak mengenal lebih dekat tentang sambal roa. Mulai dari asal-usul, berbagai resep, hingga peluang bisnisnya. Pada saat pelucuran buku tersebut, kami pun diajak untuk icip-icip berbagai kuliner Gorontalo yang lezat!
 
sambal roa ragam resep dan rupiah


Peluncuran Buku "Sambal Roa - Ragam, Resep, dan Rupiah"


Minggu (12/02), Chi dan teman-teman Food Blogger Indonesia hadir di acara peluncuran buku "Sambal Roa - Ragam, Resep, dan Rupiah". Acaranya bertempat di Nusa Gastronomy Indonesia di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Acara yang dipandu oleh ibu Amanda Katili, Ketua Omar Niode Foundation, menghadirkan beberapa narasumber, yaitu
 
  1. Ade Putri Paramadita, Cullinary Storyteller
  2. Lidia Tanod, Moderator Komunitas Jalansutra
  3. Maria G. Soemitro, Blogger Senior
  4. Tantry Soetjipto, Komisaris Utama Independen PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk
 
Sebagai penyuka rasa pedas, makan tanpa sambal berasa ada yang kurang. Bahkan Chi selalu menganggap kalau sambal adalah perusak diet nomor 1. Karena susah makan hanya sedikit kalau udah ada sambal. Cukup dikasih nasi hangat aja udah enak banget!

Gak pernah bosan dengan sambal ulek terasi. Mau itu yang mentah atau matang. Tetapi, selalu penasaran dengan sambal nusantara lainnya. Makanya, sering Googling berbagai resep sambal supaya lebih bervariasi.
 
sambal roa sagela
Sambal roa (IG @roaria_titin)

 

Sekapur sirih pada buku ini tertulis kalau Indonesia memiliki ratusan jenis sambal. Menurut Prof Mudjiati Garjito dan Tim Peneliti dari Fakultas Pertanian UGM, teridentifikasi 257 macam sambal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian dikelompokkan lagi menjadi 119 sambal mentah, sisanya sambal matang. Bumbu yang paling banyak digunakan adalah bawang merah, bawang putih, gula kelapa, gula, dan minyak goreng.

Tentu aja cabe gak akan ketinggalan. Menurut mbak Ade Putri Paramadita, tingkat kepedasan bisa diatur sesuai selera. Tetapi, makan tanpa sambal memang berasa kurang lengkap bagi banyak orang Indonesia. Saking cintanya dengan sambal Indonesia, mbak Ade bersama Chef Bara Pattiradjawane melakukan marathon membuat 42 sambal nusantara pada bulan November 2021.

Berawal dari bincang-bincang di IG Live@omarniode tentang sambal roa. Membahas mulai dari asal-usul hingga resep dasarnya. Hasil dari diskusi tersebut dituangkan menjadi buku Sambal Roa - Ragam, Resep, dan Rupiah.
 
rasa khas ikan roa
Ikan julung-julung yang telah diasap

 

Sambal Roa adalah sambal dengan bahan dasar ikan roa yaitu ikan julung-julung yang telah melalui proses pengasapan. Dengan nama latin Hemiramphus.sp., ikan ini banyak ditemui di perairan laut utara Pulau Sulawesi sampai dengan Kepulauan Maluku. Ikan julung-julung segar langsung diasap sampai kering dengan menggunakan kayu bakar.

- Sumber: Buku "Sambal Roa - Ragam, Resep, dan Rupiah"


Saat ini, proses pengasapan bisa menggunakan mesin. Tetapi, tentu saja pengasapan tradisional menggunakan kayu bakar akan menghasilkan aroma lebih menggoda selera. Pengasapan menggunakan mesin biasanya ada tambahan aroma asap.

Buku setebal 100 halaman ini berisikan tentang asal-usul, resep, hingga peluang bisnis sambal roa. Chi jadi tau kalau sambal roa ternyata gak hanya di Manado. Di Gorontalo disebut sambal sagela. Sedangkan di Maluku disebut sambal galafea.

beberapa resep sambal roa

Bahan dasar sambal roa adalah ikan roa yang diasap hingga kering, cabai merah (boleh ditambah cabai rawit, bawang merah, dan garam. Ikannya bisa disuwir atau ditumbuk, teksturnya bebas sesuai keinginan.

Bahan dasarnya memang gak banyak. Tetapi, kemudian ada berbagai variasi sambal roa. Ada yang menambahkan kecombrang, daun jeruk, tomat, atau lainnya. Pada buku ini pun, pambaca akan disuguhkan 7 resep sambal roa yang bisa dicoba.

Beberapa tahun lalu, menikmati beraneka kuliner nusantara tidak semudah sekarang. Kita harus pergi ke tempat tersebut atau nitip oleh-oleh. Dengan adanya teknologi digital, belanja menjadi dimudahkan, termasuk membeli sambal roa. Coba aja ketik sambal roa di salah satu marketplace, kita akan diberi banyak pilihan. 
 
Buku "Sambal Roa - Ragam, Resep, dan Rupiah" ditulis oleh beberapa kontributor. 5 di antaranya adalah blogger.  Bila teman-teman tertarik dengan bukunya bisa pesan melalui Penerbit Diomedia (IG @penerbitdiomedia atau WA 0856-4376-2005). Harga bukunya Rp75.000,00 (diluar ongkos kirim).


Mengenal Lebih Dekat Berbagai Kuliner Khas Gorontalo


aneka ragam sambal nusantara
  Ekspresi bahagia para Food Blogger Indonesia setelah icip-icip berbagai kuliner Gorontalo


Seperti yang Chi tulis di atas, Awalnya, Chi berpikir kalau sambal roa hanyalah sambal dari Manado. Ternyata di Gorontalo dan Maluku pun ada. Namanya memang berbeda, tetapi ikannya sama.

Omar Niode Foundation adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam peningkatan sumber daya manusia, citra budaya, kuliner nusantara, khususnya Gorontalo
 
Sayangnya, kuliner Gorontalo belum setenar menu kuliner nusantara lainnya. Sebagai penggemar berbagai makanan, tentu Chi antusias dengan berbagai menu khas Gorontalo yang disajikan di acara peluncuran buku "Sambal Roa - Ragam, Resep, dan Rupiah".
 
Meskipun bu Amanda bilangnya sekadar 'icip-icip' ternyata membuat perut kenyang karena pilihan menunya banyak. Hati pun senang karena jadi tau berbagai kuliner Gorontalo yang rasanya lezat! Teman-teman bisa melihat berbagai resep kuliner Gorontalo di http://www.omarniode.org/blogreads-327.php
 
pisang goreng dengan sambal roa

Pernah gak makan pisang goreng dicocol sambal?
 
Kalau belum pernah, memang kesannya aneh. Tapi, Chi pernah mencicipinya beberapa tahun lalu. Ternyata memang enak, lho.
 
Singkong goreng, panada, pisang goreng, lalampa, dan pizza roa disajikan oleh Chef Ragil Imam Wibowo pemilik Nusa Gastronomy Indonesia. Semua sajian ini semakin nikmat bila dipadankan dengan sambal roa.

singkong goreng sambal roa
Singkong goreng
panada
Panada
lalampa
Pisang goreng dan Lalampa


Uniknya sambal roa memang bisa dipadukan ke berbagai kuliner. Tidak hanya untuk makanan utama. Tetapi, juga bisa dipadukan ke berbagai camilan, misalnya pisang goreng atau singkong goreng. Pizza dikasih sambal roa? Teman-teman wajib cobain! Kuliner asal Italia ini ternyata bisa pas dipadu dengan sambal roa.
 
tumpeng gorontalo
Tumpeng Gorontalo
pisang goroho goreng
Pisang goreng
kue tobu'u
Kue Tobu'u
Cara Isi Khas Gorontalo
Cara Isi


Selain itu, disajikan juga tumpeng Gorontalo dengan nasi kuning Gorontalo, ayam iloni, sate balanga, ihutilinanga, acar, dan sambal roa (sagela). Kudapannya disajikan cara isi dan kue tobu'u. 

Ada 2 menu pisang goreng yang disajikan pada hari itu. Menu yang pertama, tekstur pisang lebih keras seperti keripik. Sedangkan yang kedua lembek dan digoreng tepung. Keduanya sama-sama enak dan semakin enak bila dimakan bersama sambal roa.

Pisang yang digunakan adalah pisang Goroho yang didatangkan dari Gorontalo. umumnya memang dimakan saat masih mentah. Ketika kulitnya masih berwarna hijau. Bila sudah matang, teksturnya menjadi lembek dan ada rasa asamnya.

kripik pisang goroho
Goddie bag Kripik Pisang dan Sambal Roa dari Zahra Khan (IG @bakulgoronto) 


Pisang Goroho yang masih mentah itu kemudian diolah lagi menjadi berbagai kudapan. Salah satunya dibuat keripik. Kami juga mendapatkan goodie bag berupa kripik pisang dan sambal roa. Untuk kripik pisangnya ternyata berasa pedas karena diolah dengan sambal roa.

Rasa smoky dari ikan yang diasapkan menjadi ciri khas sambal roa. Selain dibikin sambal, ikan roa juga bisa diolah menjadi menu lain. Kalau kata Chef Ragil, ikan roa asap cocok dengan kuliner yang memiliki rasa asam atau bersantan. Begitupun bila di-pairing dengan minuman, pilih yang rasanya asam. Karena kombinasi asam dan smoky dari ikan roa akan menambah kaya rasa di mulut saat menikmatinya.

ikan julung-julung asap
Mari kita olah ikan roa menjadi kuliner yang lezat!

  • Share:

You Might Also Like

14 comments

  1. Aku tuh udah ajakin suami, traveling ke menado, dan Gorontalo. Krn kalo liat menu2 mereka, aku yakin sih bakal cocok banget, secara aku pecinta sambel, dan suka banget pedas.

    Untungnya di JKT ada banyak restoran menado. Jadi sebenernya kalo kangen sambel roa, ga usah jauh2. Tapi pasti beda kan kalo makan di tempat aslinya 😍.

    Pernah juga dibawain temen yg orang menado, setoples sambel roa, bikinan mamanya, dan itu enak bangettttt. 😍😍.

    Aku pun jadi tau pisang goreng paling mantep dimakan dengan sambel roa.

    Dulu sempet mikir sambel roa ya punya menado. Baru tahu kalo Gorontalo dan Maluku pun ada sambel roa walo berbeda nama 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mbak. Selalu pengen kelilimg Indonesia untuk kulineran. Karena biasanya suka ada yang berbeda entah itu daris egi rasa dan suasana. Jadi nikmatnya pasti juga akan berbeda. Penasaran dengan rasa aslinya

      Delete
  2. Belum pernah makan sambal roa yang kabarnya nikmat luar biasa ya...
    Apapun lauknya, sambal memang menjadi teman setia yang bikin makan jadi gak berasa kenyang-kenyang. Huhuhu.. Tapi makan kalau gak pakai sambal tuh berasa ada yang kurang...

    ReplyDelete
  3. sepakat mbak, sambal itu memang perusak diet nomor satu. Kalau makan pakai sambal, nggak afdol kalau nasinya cuma sedikit.

    Wih makan pizza dengan sambal roa? ternyata nikmat juga ya. Kalau singkong dan pisang goreng dengan sambal, saya sudah pernah. tapi kalau pizza belum

    ReplyDelete
  4. Woaaaaa,,, chii, postingan ini bener2 bikin perut berdisko yaaa, mantap banget
    Aku juga penasaran loh sambal roa tuh cem mana, krna belum pernah cobain juga sih
    Tapi sepertinya di atas itu ada sambal roa kemasan yg praktis ya, mupeng buat cobain euuy

    ReplyDelete
  5. saya baru tahu roa itu ikan julung-julung. ternyata bisa dimakan ya ikan ini. penasaran deh jadinya sama sambal ikan roa

    ReplyDelete
  6. Bener banget kalau makan tanpa sambal itu pasti kurang mantap. Ada rasa yang hilang gitu. Penasaran sama sambal Roa yang busa disajikan dengan berbagai jenis makanan baik yang berat maupun ringan.

    ReplyDelete
  7. Sering dengar namanya, tapi belum pernah nyobain Sambal Roa. Jadi ikannya melalui proses pengasapan dulu, ya? Jadi penasaran deh sama sambal dan bukunya ini. Mana aku baca ini malam-malam, melihat Sambal Roa aku langsung merasa lapar kembali.

    ReplyDelete
  8. Wah kuliner Gorontalo ternyata beragam ya. Sambal Roa sering dengar sih tapi belum pernah cobain. Jadi penasaran nih pengen cobain

    ReplyDelete
  9. Banyak banget makanannya nih. Sambal roa aku cuma pernah nyicipin yang dicampur ke nasi goreng. Itu aja enak banget. Kayaknya bakal susah diet kalau makan pakai sambal roa. Selamat atas peluncuran bukunya ya.

    ReplyDelete
  10. Pizza campur sambel roa? Wah mantep mba saya belum pernah nyoba. Dikira cocoknya sama balognais sauce aja. Tyt sambal roa pun multifungsi ya bisa buat sambel apapun. Duh, kan jadi laperr

    ReplyDelete
  11. Berharap abis icip-icip kuliner Gorontalo di Nusa Indonesian Gastronomy kemarin, ada kesempatan pergi ke Gorontalo nya langsung. Aamiin. Sekalian mau jelajah wisata alam Gorontalo, pasti seru.

    Dua macam olahan pisangnya enak semua. Tapi kalau untuk dicocol sambal roa, aku sukanya yang digoreng polos agak keras itu mbak 😃

    ReplyDelete
  12. Sambal Roa ini khas banget ya. Soalnya ikan Roanya cuma ada di sana. Makanya harganya ga murah. Berharap bisa ikutan icip-icip kuliner Gorontalo

    ReplyDelete
  13. Wah, rica alias sambal dari Manado! Baru tau juga ternyata di Maluku dan Gorontalo ada beginian hehehe.
    Salam kenal, aku juga dri Manado dan memang makan pisang goreng bahkan nasi sekalipun bisa enak dicocol pakai sambal roa ini. Mungkin kalau nanti datang di Manado, boleh singgah di Bunaken dan Malalayang Beach Walk, aku pernah review 2 tempat ini dan kulinerannya ada sambal roa juga :)

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^