Berjejak dan Berbagi di Acara KEB 11 Tahun - Sabtu (28/01), Kumpulan Emak Blogger merayakan ulang tahun ke-11 di  Bali Notes. Sebetulntya ulang tahun KEB setiap tanggal 18 Januari. Tapi, perayaan tahun ini baru terlaksana 10 hari kemudian.
 
keb berjejak dan berbagi

Chi cukup antusias untuk hadir ke acara ini. Tadinya juga pengen bisa datang ke acara fun walk KEB yang diadakan sebelum ulang tahun. Tapi, sehari sebelumnya udah keluar rumah seharian. Biasanya nih kalau abis keluar rumah lumayan lama, besoknya suka lumayan tepar. Jadi sadar diri aja, deh. Daripada manjang jadi sakit ๐Ÿ˜Š.

perayaan ulang tahun kumpulan emak blogger
Foto milik IG @travelerien


Pas di hari H, cukup was-was bakal batal hadir. Hujan lebat turun sejak malam. Alhamdulillah menjelang siang agak redaan. Tapi, udah gak mungkin keburu kalau naik TransJakarta. Makanya dianterin ma K'Aie pakai motor. Alhamdulillah, bisa sampai sekitar setengah jam sebelum acara dimulai.


Chicking Chicken Bali Notes Terrace


acara ulang tahun keb

Acara diawali dengan makan siang bersama. Staff di Bali Notes Terrace bersikap sangat ramah dan siaga, melayani kami para emak yang hadir. Nasi Mandhi, Chicking Chicken, Capcay, Mie Goreng, dan sambal menjadi pilihan menu prasmanan. Disediakin juga puding beraneka rasa dan juga buah-buahan.

Sempat agak di luar dugaan menunya. Chi pikir akan ada suguhan menu Bali. Karena kalau dari nuansanya memang udah kelihatan Bali. Tetapi, ternyata menunya bernuansa Timur Tengah. Meskipun ada juga capcay dan mie goreng.

ayam chicking khas dubai

Semua rasa makanannya enak! Harus cobain juga Chicking Chicken - ayam kaya rempah khas Dubai. Disediakan 2 pilihan, yaitu bakar dan digoreng tepung. Chi pilih yang dibakar. Memang berasa rempahnya dan pas banget dipadukan dengan nasi mandhi.
 
Kalau teman-teman penasaran dengan Bali Notes Terrace, lokasinya ada di Jl. Prof. Joko Sutono SH No.15, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kalau naik TransJakarta, cuma berjarak 500meter dari halte Tirtayasa. Jalan kaki sekitar 5 menit, lah. Haltenya persis di samping SMKN 29 Penerbangan.


Mini Workshop KEB Berjejak dan Berbagi

 
keb 11 th
Foto milik KEB


Perayaan ulang tahun KEB semakin terasa spesial karena tidak hanya diisi dengan temu kangen antara para emak. Tetapi, juga ada mini workshop. Tetep dong ya ada ilmu yang diberikan. Biar konten emak-emak semakin cakep kualitasnya.

Acara ini dipandu oleh Abi Satrio, Content Writer. Diawali dengan sambutan dari Mira Sahid - Founder KEB. Setelahnya, sambutan dari Donny Budhi Utoyo - Ketua Umum Siberkreasi. 
 
donny bu ketua umum siberkreasi

Kalau kata mas Donny BU, emak biasanya jadi titik sentral informasi dalam keluarga. Misalnya aja nih kalau setiap pagi belanja di tukang sayur. Kan, biasanya suka sambil bisik-bisik tetangga ngobrol. Makanya, emak perlu bijak dalam hal literasi. Supaya gak langsung percaya gitu aja dengan berbagai info yang bersliweran. Jangan mudah 'kemakan' hoax atau disinformasi, Mak!
 
Para emak juga akrab dengan dunia maya. Bahkan banyak pula yang berkarya di dunia digital. Oleh karena itu, KEB turut mendukung Gerakan Nasional Literasi Digital - Siberkreasi. Karena Komunitas Emak Blogger ingin para emak selalu membuat konten yang positif. Sesuai juga dengan taglinenya "Berjejak dan Berbagi".  Tentu harus yang positif, dong. Jauh-jauh deh dari konten hoax.

cara cari cuan masa kini

Mini workshop pertama menghadirkan Oktora Irahadi, CEO INFINA Indonesia. Temanya adalah "Cara Cuan Masa Kini". Asiknya dunia digital adalah membuka peluang meraih cuan dari manapun, termasuk dari rumah. Makanya, sekarang semain banyak ibu rumah tangga yang bisa memiliki penghasilan meskipun gak kerja kantoran.

Tidak hanya menjadi blogger. Dunia digital membuka peluang meraih cuan dari toko online, dropshipper, freelancer, SEO specialist, trader saham, dan masih banyak lagi. Salah satu contohnya, mengikuti affiliate di marketplace atau TikTok sedang menjadi trend netizen.

Apapun pilihan peluangnya, penting untuk mencatat dan memahami teori COST dari mas Tora, yaitu:

  1. Consistency: Terus konsisten membuat konten
  2. Objective: Berusaha objektif menetukan target pemirsa, apa yang ingin disampaikan, dan lain sebagainya
  3. Socialize: Media sosial menjadi tempat untuk bersosialisasi mendapatkan engagement
  4. Time: Membutuhkan waktu untuk berproses
 
Teori COST memang penting dan harus dipegang oleh siapapun yang ingin menggeluti dunia digital. Beberapa kali Chi memperhatikan, baru di tahap konsisten aja udah menyerah. Pengen dapat cuan, tapi gak sanggup menjalani prosesnya. Harap bersabar, ya. ๐Ÿ˜Š
 
tips menulis inspirasi dengan metode emak

"Menulis Kisah Inspiratif dengan Metode EMAK" menjadi tema yang kedua. Dibawakan oleh kang Ali Muakhir - Author, Content Writer, dan Influencer. Kalau mas Tora menceritakan secara general berbagai peluang dari dunia digital. Kang Ali lebih spesifik ke penulisan. 
 
Kisah Inspiratif adalah kisah yang ditulis untuk memberikan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
 
Teori EMAK dari kang Ali menarik untuk disimak, yaitu
 
  1. Endapkan Rasa - Baik saat mencari ide atau setelah mendapat ide kisah. Supaya kita bisa meresapi lebih dalam.
  2. Mulai dengan Membuat Struktur - Pastikan struktur kisah inspiratif sudah fiks sebelum ditulis.
  3. Apa Pesan yang Ingin Disampaikan - Cari 1 pesan paling dalam dari kisah inspiratif untuk dijadikan sebagai penutup tulisan
  4. Kapan Tulisan Tuntas - Buat jadwal menulis dan pastikan tuntas.
 
bali notes terrace
Makan siang dulu, sebelum menyimak mini workshop
Foto milik IG @travelerien

 

Bagaimana dengan emak blogger yang hanya ingin mebuat tulisan curhat? Menurut Chi pribadi, teori EMAK dari kang Ali Muakhir ini masih bisa diterapkan.

Sereceh apapun tulisan emak, memang sebaiknya tetap harus berhati-hati. Mungkin tulisan kita tidak menginspirasi sama sekali. Tetapi, setidaknya jangan sampai menyakiti perasaan orang/pihak lain. Sejalan juga, kan, dengan Siberkreasi yang mengajak untuk membuat konten positif.


Buku Warna-Warni di Balik Dapur Komunitas

 
jajaran makmin keb
Jajaran board dan makmin KEB. Seharusnya ada 9, tetapi sisanya berhalangan hadir.

 

Menurut Makpon Mira Sahid, KEB didirikan berdasarkan 'keisengannya' bersama Makpuh Indah Julianti. Didirikan pada tanggal 18 Februari 2012, terdiri dari 1 founder (Mira Sahid) dan 3 co-founder (Indah Julianti, Sary Melati, dan Mike Rasyid).
 
Alhamdulillah, yang tadinya mungkin sekadar iseng, malah udah 'pecah telor' 1 dekade. Tahun ini KEB 11 tahun. Yeaaay!
 
Makpuh Indah Julianti juga memberikan kabar gembira buat para Emak. Pada acara Siberkreasi Netizen Fair 2022, KEB menerima penghargaan dari Siberkreasi sebagai mitra terpilih terbaik tahun ini. Alhamdulillah.

Chi juga jadi bernostalgia ketika Makpon cerita kopdar pertama KEB tentang tutorial hijab. Bukan tentang blogging. Karena saat itu, hijab yang beraneka model memang sedang trend. Chi ikut hadir saat itu! Ya udah selama 11 tahun pula, Chi gabung di KEB.

Founder dan Jajaran Makmin KEB juga membuat buku dengan judul “Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur Komunitas”. Nah, yang penasaran sama bukunya, tunggu aja pengumuman berikutnya dari KEB.

donasi keb
Foto milik KEB


Mak Elly Nurul, Ketua Umum KEB menyerahkan secara simbolis #KEBPeduli melalui kampanye #KEBCharity11KRun dalam rangka KEB 11 Tahun sebesar Rp. 2.500.000 kepada RA Miftahul Jannah, Noborejo, Salatiga. Alhamdulillah komplit ya acara ulang tahun kali ini. Dapat ilmu, donasi, hingga silaturahmi.

pbn community
Foto milik IG @travelerien


Ada fashion show juga dari PBN Community. Ini komunitas yang bergerak di bidang pelestari budaya nusantara. Salah satunya lewat berkain dan berkebaya. Mak Elisa Koraag, Blogger dan Founder PBN Community mengajak para emak untuk berani berkebaya ke manapun. KEB tentu mendukung komunitas PBN untuk terus berkarya di ruang digital dengan berkarya positif mengenalkan tentang wastra dan kebaya kepada masyarakat luas.

syukuran ulang tahun keb

Dalam setiap perayaan ulang tahun selalu ada pemotongan tumpeng atau kue. Di acara KEB pun ada. Makpon Mira Sahid memberikan potongan pertama untuk Makpuh Indah Julianti. Kemudian yang kedua untuk Mak Sumarti Saelan, Ketua KEB periode sebelumnya. Tentu aja berikutnya untuk Bunda Yati.

Bunda Yati adalah blogger paling sepuh di KEB. Pernah mendapatkan penghargaan lifetime achievement di acara Srikandi Blogger pertama. Semangat ngeblognya memang menginspirasi!


Keriuhan di Deretan Belakang


kopdar kumpulan emak blogger
Deretan belakang yang heboh hehehe.
Foto milik IG @travelerien


Bagian paling menyenangkan dari perayaan Ulang Tahun KEB 11 tahun adalah kopdar. Seneng banget bisa kopdar sama blogger 'vintage'. *istilah dari Teh Nchie, nih hahahaha!

Tentu Chi gak bermaksud membeda-bedakan. Senang juga bertemu dengan emak blogger lain yang baru dikenal beberapa tahun terakhir. Apalagi meskipun pandemi membuat kita semua sulit ketemu - biasanya ketemu di event -, tapi lumayan sering juga saling blogwalking. Jadi, pastinya senang kalau bisa kopdar.

Tapi, emak blogger jadul memang punya 'arti sendiri'. Meskipun sekarang gak semuanya menjadi blogger aktif. Silaturahmi tetap terjaga. Dari yang anaknya masih pada kecil-kecil hingga sekarang rata-rata udah kuliah. Ada juga beberapa yang masih SMA. Atau yang awalnya kenal masih single, sekarang udah menikah dan punya anak. Jadi bisa dikatakan kami tumbuh dan berkembang bersama. Makanya bernostalgia banget bisa ketemuan di acara ulang tahun KEB. Bikin berisik deretan bangku paling belakang. ๐Ÿ˜‚
 
[Silakan baca: Tumbuh Kembang bersama KEB]

kumpulan emak blogger
Foto milik IG @travelerien


KEB memang mempertemukan kami. Tidak hanya bersilaturahmi. KEB juga membuat banyak perempuan berkarya dan berdaya. Buat yang tertarik bergabung, cuzz ke www.emak2blogger.com. Syaratnya yang penting perempuan blogger. Gak harus jadi emak (menikah dan punya anak), kok. 
 
Semoga bisa terus bersilaturahmi dengan para Emak. Aamiin Allahumma aamiin. Syukuran KEB 11 Tahun didukung oleh Siberkreasi, Kominfo RI, INFINA dan Bali Notes.