Tingkatkan Energi Usai Berolahraga dengan Berbagai Menu Praktis Bernutrisi Tinggi dari House Kari ala Jepang

By Keke Naima - January 11, 2023

Tingkatkan Energi Usai Berolahraga dengan Berbagai Menu Praktis Bernutrisi Tinggi dari House Kari ala Jepang - Sabtu (7/1) pagi Chi sudah ada di Gelora Bung Karno untuk seseruan bareng House Kari ala Jepang. Cuaca pagi itu sangat cerah. Bahkan sekitar pukul 8 pagi udah mulai berasa berkeringat.  
 
Tingkatkan Energi Usai Berolahraga dengan Berbagai Menu Praktis Bernutrisi Tinggi dari House Kari ala Jepang

Mengeluh karena keringetan?

Tentu tidak. Kalau matahari bisa ngomong, mungkin akan bilang, "Ketika pandemi datang, sinar matahari dicari-cari melulu. Udah lepas pandemi, kepanasan dikit aja udah mengeluh." Hihihi ... Jadi malu ya sama matahari.

Banyak-banyak bersyukur karena akhirnya bisa kembali beraktivitas normal. PPKM udah dicabut. Di beberapa tempat publik memang tetap harus pakai masker. Tetapi, setidaknya sekarang udah jauh lebih leluasa beraktivitas.
 
Pandemi COVID-19 mengingatkan kita semua tentang nikmatnya memiliki badan yang sehat. Makanya banyak yang mulai mengubah gaya hidupnya. Meskipun situasi sudah semakin terkendali, jangan abai dengan kesehatan. Tetap harus berusaha menjaga kesehatan fisik dan mental.

 

Tingkatkan Energi dengan Kari Jepang Kreasi  Chef Vindex yang Praktis Banget!


poundfit bersama rocca space

Rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan bernutrisi, dan istirahat yang cukup adalah 3 kunci penting dalam menjaga kesehatan. Seperti aktivitas Sabtu pagi itu, +/- 350 peserta Rocca Space melakukan Poundfit dipandu oleh Hanny Souw (Certified Pound Pro). Usai berolahraga, kami semua menikmati Nasi Kari Jepang dan minuman isotonik dari YOUC1000.

kari ala jepang

Gak perlu khawatir makan Nasi Kari Jepang usai berolahraga. Justru sebaiknya mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk nge-boost energy usai beraktivitas.

Tetapi, seringkali waktu yang menjadi kendala ketika aktivitas kembali normal. Terutama bagi kita yang tinggal di kota besar. Seperti selalu berkejaran dengan waktu. Akhirnya merasa tidak punya waktu untuk masak.  
 
demo masak bersama chef vindex
 
Memasakan makanan sehat gak harus ribet, kok. Pada acara kali ini House Kari ala Jepang berkolaborasi dengan Chef Vindex Tengker yang akan membagikan 2 resep yang tidak hanya lezat. Tetapi, juga sangat praktis.
 
Semua masakan yang dibuat oleh Chef Vindex gak membutuhkan waktu yang lama. Gak sampai 1 jam untuk memasak 2 menu tersebut. Bahkan kalau kita mau lebih praktis lagi, banyak bahannya bisa disiapkan dari malam hari. Paginya sebelum berolahraga, memasak dulu sebentar.


Japanese Curry Sirloin Strip with Spaghetti

japanese curry sirloin strip with spaghetti
 
Menu pertama yang dibuat oleh Chef Vindex adalah Sirloin Strip with Curry Spaghetti. Sambil menunggu spaghetti yang sedang direbus, chef menyiapkan bahan-bahan lainnya.
 
Jamur, bawang bombay, dan paprika diiris. Sirloin yang sudah dipotong strip ditaburkan sedikit maizena, garam, dan lada hitam kemudian di-frying pan. Sekitar 50gr blok House Kari ala Jepang diberi air panas (+/- 150ml), aduk hingga menjadi pasta.

Tumis jamur, setelah itu masukkan bawang bombay dan paprika. Tambahkan sirloin strip. Aduk sebentar, kemudian masukkan pasta kari jepang. Masak hingga seluruh bahan matang. 

Ada beberapa tips dari Chef Vindex untuk menu ini. Sirloin bisa diganti dengan tenderloin atau bagian apapun. Bisa juga diganti sama ayam, tahu, atau lainnya. Bebaskan aja sesuai selera. Paprika juga gak harus yang berwarna kuning. Mau yang merah atau hijau juga boleh. 
 
Chef Vindex menggunakan brown mushroom. Agak susah ya cari jamur ini. Apalagi kalau belinya di pasar. Jadi bisa diganti dengan jamur kancing. Tips, nih, kalau jamur gak boleh dicuci. Makanya harus cari jamur yang kondisinya benar-benar bagus dan masih segar. 

Al dente adalah tingkat kematangan yang dianggap sempurna. Tetapi, menurut Chef Vindex, rata-rata orang Indonesia senang dengan tekstur pasta yang lebih 'lembek'. Makanya biasanya Chef Vindex menambahkan waktu 1-2 menit dari saran memasak yang ada dikemasan. Setelah ditiriskan, diberi sedikit olive oil.

Setelah semuanya matang, kemudian ditata. Curry Sirloin Strip ditata di atas spaghetti. Kemudian diberi garnish. Tapi, kalau untuk makan rumahan sih, kata Chef langsung aduk aja semua.


Prawn Japanese Curry Wrap with Coleslaw

prawn japanese curry wrap with coleslaw

Masakan kedua lebih praktis lagi dari yang pertama. Udang dimarinasi dengan pasta kari. Sama kayak yang menu pertama, blok kari dikasih air panas dulu sampai menjadi pasta. Diamkan selama lebih kurang 15 menit. Bisa juga didiamkan di dalam kulkas. Tapi, jangan kelamaan ya. Cukup semalaman aja.

Siapkan berbagai bahan coleslaw. Chi lumayan sering bikin salad ini di rumah, Tetapi, biasanya hanya pakai wortel brastagi dan lobak. Kalau Chef Vindex lebih banyak bahan-bahannya. Seingat Chi ada nanas, apel, selada, dan beberapa bahan lainnya. Tambahkan mustard dan mayonaise, aduk rata.

Panggang udang yang sudah dimarinasi. Siapkan selembar roti wrap. Tata salad di atasnya, kemudian tambahkan udang. Gulung lalu panggang sebentar.

Udang bisa diganti dengan ayam. Tetapi, kalau pakai ayam proses marinasinya harus lebih lama. Supaya rasa karinya meresap sampai ke dalam daging. Gak hanya di permukaan saja. Roti wrap pun bisa diganti dengan rice paper.


House Kari ala Jepang Cocok untuk Mereka yang Aktif dan Sibuk

 
tetsufumi koda presiden direktur pt house and vox
Sambutan dari bapak Tetsufumi Koda, Presiden Direktur PT House and Vox Indonesia

 

PT House and Vox Indonesia mengenalkan House Kari ala Jepang yang merupakan produk Curry Roux atau Saus Padat Jepang Halal pertama di Indonesia sejak tahun 2016 yang dapat digunakan untuk masak sehari-hari. Membawa cita rasa otentik Nasi Kari Jepang, saus kari ini banyak digemari di seluruh dunia karena rasanya yang enak dan ringan. House Kari ala Jepang tersedia dalam dua varian rasa, Original dan Spicy untuk memanjakan lidah para penggemar makanan kari jepang di Indonesia.
 
Acara dengan tema "Japanese Curry Boost Energy" dibuka dengan sambutan dari bapak Tetsufumi Koda, Presiden Direktur PT House and Vox Indonesia. Menurutnya makanan berbahan dasar kari tidak hanya enak. Tetapi, juga banyak manfaatnya bagi tubuh. Apalagi ditambah dengan berbagai bahan sayuran dan daging.

tentang house kari ala jepang
Sharing session bersama Chef Vindex dan mbak Riany, representatif House Kari ala Jepang


Mbak Riany, represtatif House Kari ala Jepang juga mengatakan agar jangan takut mengkonsumsi kari usai berolahraga. Karena setelah beraktivitas tinggi, energi tubuh juga perlu ditingkatkan kembali. Makanya sebaiknya makan makanan yang bernutrisi tinggi seperti kari jepang.

House Kari ala Jepang memiliki rasa yang otentik. Kata Chef Vindex rasanya persis kayak makan kari di Jepang. Selain enak, kelebihannya ada di kepraktisannya.

Bumbu House Kari ala Jepang adalah bumbu instan berbentuk blok yang padat. Untuk satu kemasan kecil aja bisa diolah menjadi beberapa menu. Karena biasanya cukup pakai 1-2 blok aja. 
 
Rasanya pun udah komplit. Gak perlu juga ditambahkan garam, kecuali kita memang suka yang lebih asin. Bahkan komposisinya udah termasuk pengental. Praktis banget, deh.

Umumnya Kari Jepang dimasak dengan ayam, kentang dan wortel. Ayamnya bisa digoreng tepung dulu kemudian disiram bumbu kari. Atau bisa juga dimasak bersama kentang dan wortel yang kemudian ditambahkan House Kari ala Jepang. Seperti yang kami santap di hari itu. Nasi disiram menu Kari ala Jepang, kemudian ditaburi wijen. Oishii!

Rasa kari Jepang gak setajam kari India. Biasanya jadi lebih mudah diterima oleh lidah. Anak-anak Jepang pada suka menyantap kari. Aromanya juga tidak menyengat. Malah lebih menggugah selera.
 
bumbu kari instan padat
Dalam satu kemasan, ada beberapa blok. Sekali masak, biasanya cukup 1-2 blok aja.

 

Chi selalu menyetok House Kari ala Jepang di rumah. Bahkan 2 hari sebelum ke event, Chi baru aja bikin lumpia goreng. Isiannya kentang dan wortel yang diolah menggunakan bumbu House Kari ala Jepang varian pedas. 
 
 
Rasa dan aroma dari kari jepang yang gak tajam ini membuatnya jadi mudah dikreasikan ke berbagai masakan. Apalagi bentuknya yang blok dan udah komplit rasa. Jadi tinggal tambahin aja bahan protein yang kita inginkan. Kemudian dimasak sebentar. 

varian original dan pedas house kari ala jepang
Packaging warna hitam untuk rasa original. Sedangkan yang pedas berwarna gold.


Ada 2 varian House Kari ala Jepang yaitu otentik dan pedas. Rasa pedasnya lumayan berasa, lho. Kalau Chi suka keduanya. Kemasan kecil (300gr) bisa untuk 16 porsi. Sedangkan yang besar (935gr) bisa sampai 50 porsi.
 
House Kari ala Jepang dijual di beberapa supermarket seperti Grand Lucky, Papaya, Kemchick. Ranch Market, Farmers, dan lainnya. Bisa juga belanja di e-commerce.

Seperti yang dikatakan bapak Tetsufumi Koda kalau House Kari ala Jepang cocok untuk mereka yang sibuk dengan berbagai aktivitas. Jadi, tidak hanya mengkreasikan berbagai menu yang akan dinikmati usai berolahraga. Menurut Chi, bakal cocok juga dibawa buat bekal sekolah atau kantor. Apalagi kalau pagi hari, kan, suka agak grabak-grubuk. Perlu bikin bekal yang enak dan praktis.

menu serba praktis berbahan kari jepang

Selalu antusias juga datang ke acara House Kari ala Jepang. Karena selalu dapat menu dan tips dari Chef ternama. Apalagi di event kali ini berkolaborasi dengan Chef Vindex. Chi mengidolakan beliau. Humble banget! Cara menjelaskannya sangat mudah dimengerti. Oiya, selalu bertaburan doorprize menarik juga.
 
Terima kasih House Kari ala Jepang!

japanese curry boost energy

  • Share:

You Might Also Like

50 comments

  1. Beneran habis olahraga makan ini sih ya Mak Chi...Waah siap2 berapa ronde nih olahraga berikutnya kalsu udah boosted pakai menu-menu House Kari ala Jepang?

    ReplyDelete
  2. Wih langsung sama Chef Vindex dong. Jadi pengen nyobain makanannya deh japanese curry sirloin strip with spagethiinya ngilerrr

    ReplyDelete
  3. Wah, seru sekali acaranya, selesai pound fit, bisa nonton chef vindex demo memasak secara langsung, beberapa menu yang di demokan juga mudah ya, karena House Kari Ala Jepang ini salah satu bumbu kari instan yang sangat mudah cara memasaknya, cocok sekali untuk orang yang banyak kegiatan dan tidak sempat masak ribet - ribet. Japanese Curry Sirloin Strip with Spaghetti ini jadi salah satu menu yang saya incar hehe, bikin ngiler banget, gasabar banget buat langsung eksekusi.

    ReplyDelete
  4. Waah.. auto kebayang ngecesnya nih bumbu kari. Kayaknya cocok buat yang model grudag-grudug kayak aku kalau pagi di rumah, antara bingung nyiapin anak-anak dan nyiapin diri sendiri buat kerja.

    ReplyDelete
  5. Asyik banget, habis olahraga makan makanan sehat dan bisa lihat demo masak pula.
    ooo jadi kalau masak jamur itu nggak boleh di cuci ya, lah selama ini saya kalau masak jamur kancing ataupun jamur tiram, malah saya cuci terus rendam dulu dengan air garam.

    ReplyDelete
  6. Foto Nasi Kari Jepang aku kira tteokbokki 😅😆

    Setuju banget mbak, dengan rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan bernutrisi, dan istirahat yang cukup insha Allah kesehatan terjaga.

    Abis olahraga jadi laper, trus makan nasi kari, ga masalah ya. Tetep sama sehat, dan jadi sumber energi yang baik untuk beraktivitas seharian.

    Kalau ada House Kari Jepang, para ibu yang sibuk udah ga perlu repot lagi bikin masakan sehat bergizi, karena bumbunya tinggal masukin aja. Sungguh praktis!

    ReplyDelete
  7. Beneran dulu pas masih pandemi sengaja jemur nyari matahari, sekarang ogah kena panas haha.

    Praktis yah masak pake House Kari ala Jepang bisa dikreasikan ke berbagai menjadi karena gak terlalu tajem. Nanti pengen coba yang varian pedes ah

    ReplyDelete
  8. Ooh kayak gitu toh bentukan kari jepang!
    aku suka makannya tapi ga suka masaknya soalnya kayak semua panci bau dan berminyak gitu.... tapi nanti coba yang instan ini deh

    ReplyDelete
  9. House Kari ala Jepang dari dulu memberikan inspirasi apa yang bisa kita masak untuk sehari, bukan hanya enak, tapi juga bisa ngebooster energi kita yg udah terpakai.

    Event yang diadakan selalu full senyum ceria nih. Ada chef yang memberikan insight postif dan tips-tips bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Wow, seru amat acara Kari ala Jepang kali ini! Ada cooking demo bareng Chef Vindex pula, ntar di rumah dipraktikkan resepnya ya mbak hehehe :D Aku juga cocok nih masak pakai bumbu kari ala Jepang. Praktis, terutama bikin sarapan atau bekal buat anak2 sekolah. Aku suka yang varian pedas :D Yang otentik juga enak.

    ReplyDelete
  11. Enak banget..
    Kalau masak kari bisa dengan praktis menggunakan produk House Kari ala Jepang. Dan dengan 2 variannya, bisa dipilih sesuai kebiasaan dan selera.

    ReplyDelete
  12. wah, baca resepnya jadi pengen nyobain spaghetinya deh. penasaran aja rasa spaghetti dicampur rasa kari jadi gimana yaa. belum pernah ngerasain perpaduan rasa ini soalnya. karinya hemat ya, jadi gak langsung terpakai 1 kemasan gitu, tapi bisa beberapa kali masak :D

    ReplyDelete
  13. Wuih senengnya bisa foto sama chef vindex aku pun ngefans sama beliau. Udah dicoba praktek di rumahkah mbak resepnya? Kayanya enak smua

    ReplyDelete
  14. Iya mbak
    Emang praktis banget kalau masak dengan House Kari Ala Jepang ini
    Sat set gitu
    Rasanya juga enak

    ReplyDelete
  15. Aku suka nyetok bumbu kari kyk House Kari ala Jepang ini juga mbak soalnya darpada ribet bikin bumbu yang rasanya otentik, tinggal cemplungin aja ya bumbu jadi ini.
    Seru banget habis berolahraga kemudian makan kari :D
    Aku pun gak pernah nambahin garam lagi kalau masak kari pakai House Kari ala Jepang krn rasanya menurutku udah pas.
    Jd pengen masak spageti sirloinnya deh. Simple banget cara masaknya :D

    ReplyDelete
  16. Curry wrap simple ya, bisa marinasi udang sebelum tidur malam lalu paginya tinggal olah. Eh tapi gimana rasanya sayuran campur apel dan kari?

    Masak pakai House Kari gampang banget dan rasanya enak, udah berasa pro masak masakan dengan kuah kari seperti resto. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger seger gitu kali ya, kak Helen.
      Kebayang rasa seger dari buah dan rasa mantap bumbu kental House Kari ala Jepang.

      Delete
  17. hehehe... setuju Chef, Sirloin Strip with Curry Spaghetti ini kalau untuk ala rumahan sih langsung aduk aja semua. Anak-anak saya malah nggak suka kalau saus dan spagettinya belum diaduk gitu.

    ReplyDelete
  18. saya suka banget kari, dan penasaran dengan kari jepang
    Ternyata ada bumbu siap pakai
    otw cari di market place atau IGnya ah
    Saya ngiler spaghetti dengan kari jepangnya
    pasti lezaaattttt

    ReplyDelete
  19. Seruuu banget, abis olahraga, bisa meningkatkan energi dengan makan makanan enak pakai japanese curry.
    Kalau saya kok tertarik sama Prawn Japanese Curry Wrap with Coleslaw itu Mba, keknya enyak :D
    Enak ya pakai House Kari ala Jepang, praktis banget :)

    ReplyDelete
  20. Wah kalau kari itu sih kesukaaan suami. Apapun yang ada karinya. Kalau aku kalau karinya kental banget rempah2nya gak suka tapi kalau light baru suka

    ReplyDelete
  21. Kalau Japanese food emang kesukaan saya dari dulu. Kalau House of Kari sih baru denger. Lihat dari fotonya kelihatannya mantul abis ya. Mantab! Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  22. Wah seru banget teh acaranya. Udah olahraga bisa nyicipin makanan enak lagi dari kari ala jepang. Ternyata kari ala jepang ini bisa dijadiin banyak menu ya. Penasaran rasanya aku

    ReplyDelete
  23. Sekilas Prawn Japanese Curry Wrap with Coleslaw mirip ama kebab ya mba. Cuma ini make udang yah. Seruuu banget liat chefnya masak

    ReplyDelete
  24. Abis olah raga, perut emang gampang lapar. Kadang kita suka khilaf, beli jajan yang justru tinggi kolesterol. Ya, sia-sia dong olah raganya. Seru juga ya ikutan Chef Videx berkreasi bikin nasi kari jepang. Jadi ngiler lihat prawn japanese curry wrapnya.

    ReplyDelete
  25. Keren kak Myra dapat ilmu kuliner langsung dari Chef Vindex.
    Eh btw, memang iya sih pakai House Kari bikin praktis menyiapkan hidangan, apalagi kalau dadakan acara deuh..kebantu banget

    ReplyDelete
  26. Praktis ya, sekarang sudah ada curry block untuk memasak di Indonesia. Dulu aku bikin sendiri dari nol dan repot huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em kak jadi lebih simple, apalagi ada varian yg spicy nya juga. Lezatnya, ada rasa pedes tapi gurih

      Delete
  27. Masak kari dengan riang dan mudah menggunakan House Kari ala Jepang.
    Aku kalau nonton drama Jepang suka laper juga siih.. Kayanya masakan yang paling sering dibikin dan dimakan orang Jepang tuh kari gitu ya..

    Bayangannya kaya nasi goreng, kalau di Indonesia.

    ReplyDelete
  28. kari adalah salah satu makanan kesukaanku, Mba. Ahh pasti acaranya menarik dan seru yaa, selain ketemu banyak teman-teman juga bisa bertemu chef ternama

    ReplyDelete
  29. Ini yang bikin seru
    Jadi berharap ada juga kegiatan serupa di Surabaya
    Supaya bisa ikut olahraga dan makan menu ala House Kari pastinya haha
    Pasti banyak yang ikutan...

    ReplyDelete
  30. wah ini memudahkan banget nih untuk para ibu yang pengen nyoba menu kari ala Jejepangan

    ReplyDelete
  31. G usah ke jepang kalau pengen nyoba kari ala jepang ya mba. ada house kari yang bikin kelezatan sama kayak nyobain langsung di jepang.itu abis olahraga langsung santap kariii

    ReplyDelete
  32. Wah aku suka banget sama kari... btw ini bumbu karinya siap pakai ya jadi ga perlu tambahan bumbu dapur lagi?

    ReplyDelete
  33. Kebetulan banget nih... Kemarin pas berkunjung ke salah satu teman lama, diajak makan masakan istrinya di rumah. Menunya ayam kari gitu. Enak banget... Pas mau pulang aku nanya dong resepnya apa, kok enak... Ternyata pake bumbu House Kari ala Jepang. Langsung deh pulangnya nyari House Kari ala Jepang ke supermarket. Tapi belum sempat nyoba masak sendiri. Keknya spaghetti enak tuh

    ReplyDelete
  34. seru banget ya Mbak acaranya, bisa belajar masak langsung dari Chef idola, eheem, saya juga dari awal lihat Beliau di ajang chef itu udah suka dengan pembawaannya.
    jadi penasaran nih dengan House Kari Ala Jepang, apalagi bisa divariasikan dengan menu lain ya, bisa nih buat stock saat Ramadan nanti.

    ReplyDelete
  35. Saya juga suka kari. Biasanya bikin sendiri bumbunya. Ternyata udah ada yg instan ya. Jadi penasaran dengan kari Jepang ini. Apakah rasanya sama kayak kari yang biasa saya santap. Ntar cobain ah

    ReplyDelete
  36. Seru banget nih acaranya bisa olahraga bareng trus masak bersama jadi bisa dapat bayangan nih masak menu kari dengan berbagai macam resep yang pastinya smua suka

    ReplyDelete
  37. House kari Ala Jepang ini approve banget di lidah aku, mau dimasak dengan apapun rasanya memang istimewa, apalagi lihat hasil masakannya Chef Vindex yang spageti waduh bikin ngiler

    ReplyDelete
  38. seru sekali ini konsep acaranya mana bisa liat langsung Chef idola ibu-ibu ini mah ya.. aku udah nyobain House Kari Ala Jepang, endulll

    ReplyDelete
  39. Kari Jepang beda dengan Kari India begitu pula dengan Kari lokal Indonesia. Aku lumayan sering pakai Kari House utk bikin kari katsu ayam anakanak suka dengan rasa karinya

    ReplyDelete
  40. Suka banget nih saya makanan khas Jepang begini. House of Kari mau nyari ah di Bandung. Mupeng pengen cobain menu-menunya. Kayanya enak nih

    ReplyDelete
  41. Asik yaaaa abis berolahraga trs makan kari.. keren juga nih ada chefnya jadi nambah koleksi resep.. buat bikin kari di rumah

    ReplyDelete
  42. saya suka banget sama kari ala jepang tapi kalau untuk bumbunya apa nggak ada yang ukuran kecil yaa soalnya kayaknya yang 350 gr itu banyak banget isinya

    ReplyDelete
  43. Aku suka beli kari jepang dari house of kari ini karena memang enak. Tinggal bikin chicken katsunya lalu siram deh pakai kuah kari jepangnya wah anak anak lahap.

    ReplyDelete
  44. seru sekali nih bisa masak langsung dengan chef nya yah, anakku nih suka banget sama masakan Jepang

    ReplyDelete
  45. Habis berolahraga, makannya menu praktis bernutrisi tinggi dari house kari ala Jepang, recharge energi deh👍, emang enak banget sih masakan menggunakan house kari apa Jepang ini, praktis dan mudah juga buatnya yah kak

    ReplyDelete
  46. Ada chef yang emang jago banget masak. Seneng pasti ya bisa belajar masak langsung dari chef. Kalau ngomongin kari, brand House ini mudah dicari dan emang bikin masakan jadi enak

    ReplyDelete
  47. Aku suka kari jepang teh mir enak banget yah, nih event seru banget olahraga sambil memasak

    ReplyDelete
  48. Enak enak banget semuanya mbaaak. Jadi pengen recook di rumah. Apalagi sekeluarga doyan masakan Jepang semua, yummm

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^