Akhir-akhir sering dibahas tentang Generasi Sandwich. Sebuah fenomena yang banyak dialami Generasi Milenial dan Gen Z di Indonesia.

Tips Agar Generasi Sandwich Bisa Bebas Menjalani Passion

Sandwich adalah nama lain dari roti lapis. Tapi, tentu Chi bukan sedang mengulas makanan. Nah, apa yang terpikirkan oleh teman-teman tentang Generasi Sandwich?  
 
Ibaratnya seperti roti lapis, Generasi Sandwich ada di bagian isinya. Kemudian terhimpit dengan generasi di atas dan bawahnya. Memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidup pribadi serta  menjadi penopang hidup anggota keluarganya.
 
Bila sudah berkeluarga dan memiliki anak, tentu harus memikir hidup anaknya. Tetapi, juga menopang kehidupan orangtua. Bila penghasilannya terbatas, hal ini generasi sandwich mendapatkan kesulitan untuk berpikir jernih. Bahkan bisa sulit untuk bebas menjalani passion hidupnya.

Untuk itu perlu dilakukan beberapa langkah kreatif agar generasi sandwich ini bisa mengatur kehidupannya lebih baik dengan meminimalkan risiko. Memenuhi semua kebutuhan, termasuk untuk menjalankan passion. Berikut bisa diimak beberapa tips dari FWD Insurance dan Mada Aryanugraha, Financial Consultant, CoFounder & CEO Sipundi.id yaitu:


Berada dalam  Circle yang Anti Toxic


Temukan atau buatlah lingkaran pertemanan yang bisa saling memberikan dukungan. Bergaul dengan circle yang toxic tuh bikin capek hati. Sebaliknya berkumpul dengan orang-orang yang vibes-nya positif akan banyak manfaatnya.
 
Kita bisa memperkaya pengetahuan, sudut pandang, serta memiliki networking yang beragam. Sehingga bila kita memiliki permasalah di pekerjaan atau hidup secara umum, bisa mendapatkan masukan dan solusi yang membangun. Bisa tetap menjaga diri sendiri menjadi pribadi yang lebih baik dan positif.


Maksimalkan Proteksi Bare Minimum

 
Sebaiknya jangan mudah terlena dengan hal-hal yang sebetulnya hanya bare minimum. Diajak nonton atau makan malam bisa dibilang termasuk dalam bare minimum. Supaya lebih kreatif, mungkin kamu, teman, dan pasangan bisa ikut berbagai kuis Love Language. Supaya tahu apa saja hal-hal yang bisbikin kamu lebih penuh passion dalam bergaul atau berpasangan.

Sebaliknya, khusus untuk proteksi diri, memiliki perlindungan yang bare minimum bisa menjadi salah satu manajemen hidup yang penting untuk dipenuhi dibandingkan tidak punya proteksi sama sekali. Perbanyak informasi mengenai risiko kesehatan seperti apa yang sering dialami oleh orang seusiamu. Kemudian pilih produk perlindungan yang bisa disanggupi dan cukup melindungi diri sendiri dari risiko hidup.

Kondisi pandemi membuat semua orang menjadi ekstra cemas terhadap kondisi kesehatan dan juga kondisi finansial bila tidak bisa bekerja. Ada solusi jitu untuk menghalau kecemasan kita terhadap risiko dirawat akibat sakit. 
 
“Kami mengerti ada berbagai pertimbangan bagi generasi sandwich sebelum membeli asuransi, baik karena biaya yang mahal ataupun istilah yang sulit dipahami. Oleh karena itu, FWD Insurance ingin mematahkan kendala itu dengan menghadirkan produk asuransi dengan biaya terjangkau, namun tetap memberikan perlindungan yang maksimal sehingga generasi muda lebih yakin untuk bebaskan langkah dan merayakan hidup bebas rasa khawatir,” ungkap Ade Bungsu, Direktur, Chief of Operations, Product Proposition & Syariah.
 
Biaya pengobatan di rumah sakit seringkali memberatkan. Apalagi bagi generasi sandwich. Beban semakin terasa berat ketika harus menjalani proses penyembuhan di rumah sakit yang cukup lama. Sehingga tidak memungkinkan untuk bekerja atau mendapatkan penghasilan. 
 
Salah satu solusinya bisa dengan memiliki produk asuransi seperti Asuransi Bebas Handal yang bisa dibeli dengan premi yang terjangkau mulai dari Rp90.000 per bulan saja. Bisa juga mempertimbangkan memiliki FWD Hospital Care Protection yang merupakan produk dengan manfaat perawatan di rumah sakit secara privasi.

Asuransi kesehatan ini dapat digunakan di mana saja di seluruh dunia serta menyediakan fasilitas cashless. Dengan demikian, rasa cemas saat harus menghadapi tagihan rumah sakit bisa hilang seketika.


Pilih Jalur Karier yang Tepat


Di tengah kerasnya persaingan dunia profesional, penting bagi generasi sandwich untuk terus berusaha mengasah kemampuan profesional. Tentukan pula jalur kariernya. Diharapan bisa segera mencapai kebebasan finansial. Sehingga generasi sandwich bisa bebas menjalani passion sejak usia masih muda.

Kebebasan finansial bisa diartikan berbeda-beda. Tergantung persepsi masing- masing. Ada yang cukup puas dengan penghasilan yang didapatkan karena masih dapat menjalani bebas passion atau hobi dalam hidupnya. Tetapi, ada juga yang memiliki target penghasilan tertentu yang harus dicapai agar bisa memenuhi target hidupnya.

FWD Insurance dengan pengalamannya memberikan perlindungan selama 30 tahun. Perusahan asuransi jiwa ini menyadari keinginan para generasi muda. Untuk keterangan lebih detail, para calon nasabah dan nasabah existing dapat langsung mengunjungi fwd.co.id atau menghubungi FWD Customer Care di 1500 525.