Tips Supaya Gak Baper Ketika Dibilang 'Tambah Gemuk'

By Keke Naima - May 09, 2022

"Chi kayaknya tambah gemuk, ya?"
 
Pernah gak teman-teman merasa baper ketika dibilang semakin gemuk? Chi pernah banget. Bahkan saking bapernya, suka berniat gak mau ketemu siapa pun. Karena sakit hati dan jadi bikin menangis.

tips supaya gak baper dibilang tambah gemuk
Foto jadul dengan kualitas seadanya. Tapi, tau kan Chi yang mana? Hehehe.


Tapi, sekarang udah lebih cuek. Nah, sebelum kasih tips supaya gak baper ketika dibilang 'makin gendut', Chi mau bikin pernyataan dulu, nih. Karena obrolan ini sebetulnya cukup sensitif. Bahkan di saat momen hari raya, bahasan tentang berat badan bisa jadi termasuk yang terlarang. Sama lah bikin bapernya kayak ditanya pertanyaan tentang 'kapan ini, kapan itu'.

Tulisan ini murni opini pribadi karena Chi pernah mengalaminya. Jadi kalau nanti ada yang bilang, "mental setiap orang berbeda-beda." Iya, bener banget, kok. Makanya gak ada maksud mengeneralisir. Silakan kalau tipsnya cocok, tapi kalau enggak pun kembali ke masing-masing.

 

Kurus Gitu, Kok, Dibilang Makin Gendut?


Foto di atas adalah foto di mana Chi lagi baper-bapernya dibilang gemuk. Ya, di depan orangnya memang senyum aja. Gak mau jawab apapun. Tapi, sesudahnya suka nangis dan ngambek. K'Aie selalu jadi tempat curhat hihihi.

"Masa' sih kayak gitu dibilang gemuk?"

Iya, memang gak gemuk. Tapi, Chi baru menyadari itu setelah beberapa tahun. Ketika berat badan semakin bertambah.

Itu pun nyadarnya gak sengaja. Foto ini muncul di beranda FB. Lha, ternyata dulu gak gemuk!

Setelah diingat lagi, mungkin karena sebelumnya berat badan Chi gak pernah lebih dari 40 kg. Begitu punya anak, naik ke 45 kg. Makanya orang-orang kenal Chi dari masih cungkring pada bilang gemukan. Kalau teman-teman yang dikenal setelah punya anak, gak ada yang komentar begitu. 

Ya, karena gak terbiasa juga dengan ucapan 'tambah gemuk'. Karena sejak kecil selalu kurus. Makanya jadi baperan ketika dibilang makin gemuk. Coba kalau dibilang ideal, kayaknya gak baper hehehe.

Chi baru menyadari itu sekian tahun kemudian. Setelah berat badan semakin bertambah mendekati angka 60 kg. Sempat agak menyesal karena dulu baperan. Efeknya berat badan malah jadi semakin bertambah. Karena katanya stress juga bisa bikin berat badan semakin nambah, lho.

 

Semakin Baper Malah Semakin Gemuk

 
Ini ketika berat badan Chi di sekitar 45 kg. Chi gak share foto ketika masih 39 kg, karena belum berhijab. Pokoknya dulu kurus banget, deh.


Setiap kali baper, Chi bilang ke K'Aie gak mau lagi ketemuan ma orang-orang yang suka ngomongin berat badan. Tetapi, faktanya tetap aja ketemu. Karena yang ngomong kayak gitu kebanyakan sodara sendiri hahaha!

Mau menghindar, rasanya sulit. Lagipula, keluarga besar Chi sebetulnya pada baik-baik. Malah seru kalau udah ketemuan. Cuma kesel aja gitu kalau udah dikomentarin tentang berat badan.

Chi pun mulai bertekad ngurusin dengan diet. Biar gak dibilang makin gendut terus. Eh, gak ada satupun yang cocok! Badan malah tambah lemes. Perasaan juga malam semakin tambah laper hehehe.

Etapi, sebetulnya ada 1 program diet yang cocok. Cuma satu-satunya yaitu mengurangi karbohidrat. Gak ribet dietnya karena cukup mengurangi porsi nasi. Gak perlu ada pantangan apapun. nasi aja yang dikurangi. 
 
Tetapi, gak bisa berharap hasil instan dari diet begini. Apalagi kalau gak ditambah dengan olahraga. Biasanya baru kelihatan hasilnya setelah beberapa bulan dijalanin bahkan setahun.

Masalahnya waktu itu Chi gak sabaran. Apalagi setiap kali menimbang badan, kok gak turun-turun. Jadi makin stress. Langsung uring-uringan, deh! Karena semakin kesel, pelariannya jadi makan melulu. Berusaha bodo amat dan melampiaskan ke makanan. 
 
Pernah ya hampir tiap hari makan nasi uduk atau nasi padang. Minta dibawain ma K'Aie kalau pulang kantor. Makannya menjelang tengah malam karena biasanya K'Aie sampai rumah pukul segitu. Akibatnya berat badan bertambah drastis.

Udah nambah sekian banyak, masih juga males nurunin berat badan. Kesel karena merasa gak pernah berhasil. Tapi, tetap baper kalau dibilang makin gendut. Apalagi semakin banyak aja yang bilang begitu. Cuma bisa nyengir, tapi diam-diam menangis hehehe.


Alasan lainnya, Keke dan Nai ternyata lebih suka bundanya gemuk. Kata mereka, "Perut Bunda kayak Blobby." Hihihi.

Mereka suka rebutan tidur di perut bundanya sambil diunyel-unyel. Kalau Chi bilang pengen kurus, dengan kompak bilang, "Gak boleeeh!"

Beberapa kali Chi pura-pura kurus dengan cara menahan napas atau pakai korset. Selalu aja diprotes. Bahkan Nai sampai nangis kejer minta bundanya gendut lagi. Gemesin jadinya hahaha!

Chi jadi semakin galau. Pengen banget bisa nurunin berat badan. Tapi, Chi juga suka kalau mereka udah unyel-unyel dan tiduran di perut. Semakin seru kalau udah rebutan. Bener-bener kurang kuat niatan mau kurus, nih hehehe.


Semangat Diet untuk Sehat


"Bunda coba turunin berat badan."

Chi baru mulai konsisten diet setelah sering merasa kurang enak badan. Gerak jadi berasa kurang gesit karena cepat lelah. Paling sering tuh ngerasain sakit di bagian lutut. Kayaknya ngilu gitu kalau digerakin atau abis duduk lama.

K'Aie menyarankan supaya diet daripada minta dibalur melulu sama minyak tawon. Tapi, bukannya langsung nurut, malah bikin Chi jadi ngambek. Menganggap K'Aie gak suka punya istri gemuk. Pengennya yang langsing. Duh! Ribet jadinya kalau baperan dan cemburuan gini hihihi.

Padahal maksud K'Aie menyarankan diet karena ketika Chi masih kurus, segala keluhan itu gak ada. Ya kali aja penyebabnya memang karena bertambahnya berat badan yang lumayan banyak. Hampir 15 kg nambahnya. Nah, kalau udah diet masih gagal juga, baru periksa ke dokter.

Ya udah, deh. Karena semakin gak nyaman terutama rasa ngilu di lutut, Chi pun mulai coba diet karbo lagi. Lagipula anak-anak mulai gede. Udah gak rebutan unyel-unyel perut bundanya hehehe

Chi pilih diet karbo karena cuma diet ini yang pernah berhasil. Tetapi, memang harus sabar ngejalaninnya. Gak bisa berharap hasil instan.

Godaan awalnya aja yang berat. Biasanya makan pakai nasi yang banyak, trus dikurangi jadi setengah. Kan, kalau pas makanannya lagi enak banget pengen nambah terus. Makan lauk atau sayurnya aja suka berasa kurang kalau tanpa nasi hahaha. Tapi, lama-lama terbiasa, kok.


Menolak Baper Dibilang Tambah Gemuk


Foto tahun 2018, berat badan Chi di 54 kg. Lumayan turun setelah diet karbo. Tapi, sekarang celana jeans ini gak muat sama sekali. Berat badan naik banyak lagi hehehe


"Teh Chi tambah gendut, ya?"

Teman-teman dapat pertanyaan ini gak di Hari Raya kemarin? Chi dapet, dong hihihi ...

Tetapi, berbeda dengan sekian tahun lalu. Kali ini santai aja dibilang makin gendut. Ya, memang faktanya seperti itu. 
 
Padahal, ya, Chi masih bisa mempertahankan berat badan sampai setahunan pandemi. Setelah itu, agak bablas pola makannya. Mulai malas lagi berolahraga. Makanya mulai naik lagi berat badannya.
 

Mulai diet karbo lagi. Baru mulai sehari, sih hehehe. Mudah-mudahan bisa konsisten. Alasannya pun masih sama seperti sebelumnya. Badan mulai gak nyaman. Berasa berat dan kaki sering ngilu, terurama di lutut. Padahal lagi seneng-senengnya bablas makan dan mager banget, nih.

Baju dan celana juga mulai banyak yang gak muaaaat. Karena sebelum pandemi sempat langsing, ukuran pakaian juga menyesuaikan. Males banget kan kalau harus beli lagi ke ukuran besar.

Baiklah kalau gitu. Semangaaat! Semoga bisa kembali lagi ke berat badan sebelum pandemi. Aamiin.

Kali ini, Chi memang menolak baper ketika dibilang makin gemuk. Selain faktanya memang seperti itu, Chi merasa capek sendiri aja kalau jadi baperan. Belajar dari pengalaman, semakin baper bukannya bikin nafsu makan hilang malah jadi semakin laper.

Chi sepakat kalau kita harus menjaga omongan. Sebisa mungkin jangan keluar ucapan yang sekiranya menyakitkan. Tetapi, lama-lama Chi juga sadar lumayan sulit mengatur orang lain harus begini-begitu. Jadi mending atur diri sendiri. 
 
Tentunya diawali dulu berdamai dengan diri sendiri. Introspeksi juga kalau setahun ini kurang berusaha menjaga berat badan. Mulai makan semaunya dan lagi malas banget berolahraga.

Lagipula, kebanyakan yang ngomong gitu ke Chi sebetulnya pada baik. Mungkin memang sekadar basa-basi atau merasa hubungan udah baik. Jadi lebih leluasa mau ngomong apapun. Gak ada maksud meledek sama sekali.

Makanya cukup senyumin atau nyengir aja, deh. Inget-inget juga kebaikan orang-orang tersebut. Jangan sampai hanya karena merasa tersinggung, trus semua kebaikannya jadi dilupakan,

Lantas gimana kalau yang ngomong gitu, orangnya kurang akrab?

Senyumin trus melipir hehehe. Ya gak ada alasan juga untuk melanjutkan basa-basi hehehe.

Tapi, sekali lagi, cara ini terbukti berhasil untuk Chi. Jadi murni berdasarkan pengalaman pribadi dan gak akan mau memaksakan orang lain harus melakukan hal sama. Tetapi, kalau mau coba tips silakan. Alhamdulillah kalau cocok juga. Kalau pun enggak, Chi rasa setiap orang akan menemukan caranya masing-masing.

  • Share:

You Might Also Like

42 comments

  1. hahahaha aku gak baper dibilang gemuk, 2020 hingga sekarang adalah masa tergendutku, bapernya karena gak sedap dipandang terutama pas pakai baju, jadi ya sempet nanya ke suamik, suamik sih gak gitu masalah, katanya masih ada bentuknya, cuma aku lagi berproses untuk lebih sehat aja, btw thanks mba buat sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya sama, Mbak. Suami saya juga gak masalahin. Tapi, baju-baju saya udah banyak yang gak muat. Makanya pengen ngurusin lagi hehehe

      Delete
  2. Hahahahaaa Chiii..
    Jadi mana Poto penampakan semoxnya?
    Hmm, kirain aku doank, apalagi lebaran kemaren beneran judgement ke aku dalam setiap pertemuan bikin ngakak, aku suka jawab sambil dicandain yg bikin mereka ngakak juga.

    Ah, opini manusia yg pedes kadang kita tanggapi dengan guyonan dan menerima fakta ya memang gendut, lucuuu kaan? Tambah kece kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang jarang foto, Teh. Tapi, kita pernah sepanggung di Srikandi Blogger, kan. Nah, seperti itu saya sekarang hahaha

      Iya bener, Teh. Kalau emosi malah bikin saya jadi laper melulu huahahaha

      Delete
  3. Haha iya, aku awal awal suka baper. Tapi makin kesini makin santai saja
    Dan juga bikin semangat diet

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ah sama-sama semangat diet. Celana jeans saya udah gaka da yang muat satupun, nih hahaha

      Delete
  4. Mbak dulu sebelum nikah beratku 38 juga. Malah pernah 35. Begitu punya anak 3 sempat hampir menyentuh angka 70. Alhamdulillah skrg 61.
    Masih PR buat ke 54 lagi berat idealku. Pas lebaran juga dibilang tambah gemuk tapi aku bilang ini udah jurusan. Wkkkka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sama-sama target 54, nih. Bisa, yuuuuk! Hehehe

      Delete
  5. Alhamdulillah sih meskipun saya juga agak gendutan tapi nggak gampang baper kalau ada yang bilang saya gendutan ya karna faktanya memang agak gendutan ya kan. Tapi sekarang ini saya juga lagi usaha buat memperbaiki bentuk tubuh supaya ideal. Semangat dietnya yaa

    ReplyDelete
  6. Aku pun mbaa awalnya baper tapi lama-lama enggak karena susah banget nurunin berat badan. Tapi tetap usaha, pengennya sehat-sehat aja

    ReplyDelete
  7. Kadang sodara kasih komen "lah kok agak gemukan sekarang" gak kepikiran itu bakalan bikin saya baper juga. Tapi karena BB saya emang meningkat terus dari tahun ke tahun, saya tahan perasaan aja Cik. Bapernya masih ada tapi reaksinya sudah lebih termenej hahahaha

    ReplyDelete
  8. Entah karena saya orangnya gak baperan, atau emang ga ada yang bilang ke saya seperti itu, padahal saya dulu juga berat gak sampai lima puluh, dan sekarang selalu di kisaran 55. Pipi tembem terlihat banget.
    Saya sih kalau ada yang bilang gitu ya diterima saja. Toh sesuai kenyataannya hehehe

    ReplyDelete
  9. Reminder buat diri sendir juga ya mending ga bahas fisik, meskipun maksudnya baik. Ternyata bukan cuma omongan tambah gemuk yg bisa bikin baper, kemarin waktu lebaran sama keluarga suami dibilang suamiku kurus kaya penyakitan :-D emang ada-ada aja ya.
    Bener banget cukup senyumin aja atau cuekin aja ga usah dijawab kl aku milihnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dibilang kayak penyakitan menurut saya agak kurang enak, ya. Kan, kurus atau gemuk belum tentu karena sakit

      Delete
  10. Aku juga nambah berat badan jadi 60 kg sekarang Mak, itupun baru nyadar ketika baju makin sempit dan celetukan keluarga pas lebaran huhu soalnya berapa bulan ini nggak olahraga, kudu disiplin olahraga dan kurangi Karbo lagi deh semangat!

    ReplyDelete
  11. Saya dong tahun ini mudik hampir 100% bilang gemukan..ya memang tambah gemuk euy. Dulu selalu di bawah 50 kg, pas hamil aja naik terus nyusuin berangsur turun. Tapi, pandemi mengubahnya, naik dratis hampir 10 kg dan kini under 60-semoga enggak naik lagi, hiks.
    Setuju dengan tips enggak bapernya, saya juga enggak masukin ati sih hihih, anggap mereka yang bilang peduli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, saya juag merasanya gitu, Mbak. Aslinya pada baik, kok

      Delete
  12. Aku masih baper kalau ada yang ngatain gemuk.
    Makanya sering pake baju gelap, hahha, salah satunya agar siluetnya gak gemuk-gemuk amat. Karena bajuku sering gamis tanpa potongan di bagian pinggang kan.. Jadi tampak melebel gak jelas. Manalah wajahku chubby, jadi uda gak bisa dihindari lagi gunjingan gemuks ini... Huhuu~

    Dari sini jadi sadar sih..
    Jangan pernah basa-basi pakai fisik kalau gak bisa memuji.

    Aku pernah bilang ke temenku "Kamu kok kurusan sih, baguuss banget."
    Ternyata beliau ada sakit yang bikin badannya habis, turun 15 kg dan akibatnya keguguran kemarin pas hamil.

    Duh, rasanya gak ingin berbasa-basi menggunakan fisik lagi.
    Cukup ngobrol hal-hal universal aja deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya memang gak pernah ngomongin fisik, kecuali ke suami dan anak sendiri hehehe. Tetapi, beberapa keluarga masih ada yang suka nanya-nanya. Gak ke semua orang, sih. Biasanya lihat orangnya juga.

      Delete
  13. jawabnya gampang sih...iya, soalnya lagi bahagia, utang gak ada , makan enak suami setia..
    gitu hahahaah. dibawa happy..

    ReplyDelete
  14. Iya banget mak chi, kalo baper, kita beneran tambah gemuk. Huhu aku begitu dulu. Sekarang sih cuek aja. Ada yang bilang gemukan, aku senyumin aja. 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sering lihat timbangan juga bawaannya langsung laper hehehe

      Delete
  15. Aku dulu juga 11 12 ma dirimu sebelum nikah mbak, kurus banget, 40 kg aja wkwk
    Setelah lahiran baru bisa BB ideal
    Nah masalahnya pandemi ini aku naiknya mayan jugak wkwk, tp gk ada yg bilang ndut juga soalnya jarang ketemu org, tapi pernah tu sekali ada yg nyangka lagi hamil hiyaaa hiyaaa :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya lumayan sering dibilang lagi hamil hihihi

      Delete
  16. Aku udah di tahap kayak angin lalu aja omongan orang. Memang harus dari diri sendiri aja kalau pengin menguruskan badan sih. Butuh usaha yang cukup kuat untuk memangkas sekian kilogram dari badan kita hehehe... Iya, senyumin aja deh... kan kita yang harus bertekad bulat dan konsisten untuk olahraga plus mengendalikan makan yaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kita sebetulnya yang bisa mengontrol emosi

      Delete
  17. Alhamdulillah udah gak dikomentari lagi saat lebaran kemarin. Udah 2 tahun ini mulai atur pola makan, mulai olahraga, kurangin begadangnya ini nih yang belum berhasil. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh sama banget ma saya. Masih suka begadang

      Delete
  18. kalau aku malah agak susah naik nih Mak Chi. Tapi sama aja sih orang2 tetap akan berkomentar. Kalau kita semok dikomentarin gendut kalau kita kurus ditanya ada masalah apa dikira kayak orang susah hahaha. Aku kudu piye? hahaha

    ReplyDelete
  19. Sering juga dapet komentar kayak gini hehe senyumin ajah kalo aku sih kak..Alhamdulillah gituh..haha.. Mau sewot gemana wong memang gemukan karena jarang olahraga.. Paling setelah dibilang gitu jadi pengen olahraga lagi..hehe

    ReplyDelete
  20. Anak-anak tuh sama aja, ya, paling demen kalau perut emaknya bisa dijadiin bantal haha. Suamiku pas lebaran nanya gini, "Mih, kalau ada yang bilang kamu gemukan, kamu gimana?" Hmmm, aku biasa aja soalnya ya memang itu kenyataan hahaha. Tapi nggak banyak sih yang bilang gitu, makanya aku masih oke ya, Mbak. Coba kalau yang bilang banyak orang dan sering-sering, wah, aku juga bakal ngambek kaliii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya selama sesekali sih dibawa santai :D

      Delete
  21. Aku sudah bodo amat mba karena emang kenyataannya gendut. Ya udah si masih nyusuin ini dan suami gak protes aku nyaman dengan diriku yang penting sehat ya kan mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita memang harus punya sikap bodo amat hehehe

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^