3 Hal yang Perlu Diprioritaskan Perempuan Agar Mahir Mengelola Keuangan

By Keke Naima - April 18, 2022

3 Hal yang Perlu Diprioritaskan Perempuan Agar Mahir Mengelola Keuangan - Hari Perempuan Nasional selalu diperingati setiap tanggal 8 Maret. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah Break the Bias atau singkirkan bias.

3 Hal yang Perlu Diprioritaskan Perempuan Agar Mahir Mengelola Keuangan

Masih banyak anggapan negatif terhadap perempuan di dalam masyarakat. Salah satunya, perempuan sering diragukan hal pengambilan keputusan.

Padahal, ya, perempuan katanya dianggap sebagai Manajer Keuangan keluarga. Dianggap lebih ahli dalam mengatur arus kas keuangan keluarganya.

Tetapi, sebetulnya perempuan gak otomatis menjadi ahli dalam hal pengelolaan kas. Perlu juga memahami literasi keuangan. Bisa dipraktekkan dengan mengelola keuangan pribadi terlebih dahulu. Misalnya dimulai dari uang jajan semasa kuliah, saat mendapatkan gaji pertama, dan seterusnya.

Tentukan prioritas yang sejalan dengan pola hidup dan cita-cita sebagai kunci. Nah, apa saja yang perlu diprioritaskan agar dapat menjadi pengelola uang yang baik? Berikut ini adalah beberapa yang perlu dipertimbangkan:


1. Kesehatan

Kondisi pandemi semakin menyadarkan juga tentang pentingnya menjaga kesehatan. Tetapi, terkadang sakit tanpa kita duga. Dari mulai sakit ringan hingga akut bisa saja datang tanpa dibayangkan sebelumnya.

Setiap rumah sakit memiliki tarif yang mungkin berbeda-beda. Tarif tersebut mencakup biaya kamar, jasa dokter (dokter jaga UGD, dokter umum, dan dokter spesialis tarifnya bisa berbeda), obat-obatan yang akan diberikan sesuai dengan persetujuan pasien, dan lainnya.

Apalagi selama pandemi biasanya ada biaya APD yang dikenakan untuk dokter dan perawat. Biaya ini akan ditagihkan kepada pasien. Biayanya pun bisa berbeda-beda.

Tentunya pengobatan ini membutuhkan dana. Brrapa minimal dana darurat yang harus kita tabung? Bagaimana menyiasatinya?

Pertama, pelajari uang pemasukan yang didapat setiap bulan. Lalu tentukan besaran yang sanggup untuk disisihkan untuk ditabung, investasi, dan asuransi.

FWD Insurance memiliki produk asuransi kesehatan yang bisa diakses melalui jalur keagenan, bancassurance, corporate care maupun jalur eCommerce.

Salah satu produk asuransi kesehatan dari FWD Insurance yang bisa diakses melalui jalur eCommerce adalah Asuransi Bebas Handal. Produk ini memberikan manfaat rawat inap lengkap termasuk biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah, dengan pilihan kontribusi mulai dari Rp 75.000 dan pilihan manfaat tahunan Rp 50 juta atau Rp 100 juta.

Produk asuransi kesehatan lain bernama FWD Hospital Care Protection yang dipasarkan melalui jalur keagenan. Produk ini memberikan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra. Nasabah dapat memilih beragam pilihan layanan berdasarkan wilayah geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan mereka.

Manfaat tambahan lain yang bisa diberikan yakni limit booster, no claim bonu,s dan santunan pemakaman. Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX.


2. Pendidikan

Saat ini, perempuan memiliki kebebasan lebih untuk memilih pendidikan. Ketika sudah berumah tangga, perempuan bisa memilih tetap berkarir atau menjadi ibu rumah tangga.

Beberapa profesi mengharuskan pekerjanya memiliki kompetensi pendidikan yang memadai untuk mendukung karir. Terkadang juga dibutuhkan untuk terus meningkatkan kompetensi. Menjadi ibu rumah tangga tentu juga punya tantangan tersendiri.

Beberapa tantangan membutuhkan biaya. Hal ini bisa diatasi dengan membuat proyeksi hingga sekian tahun ke depan. Setelah itu mulai menyisihkan pemasukan bulanan dalam jumlah tertentu yang disanggupi

Coba beinvestasi selain menabung secara konvensional agar mendapatkan keuantungan yang lebih. Atau bisa juga memilih investasi yang bisa sekaligus berasuransi.

Layanan FWD Loop memberikan perlindungan yang optimal berbasis investasi dengan menyediakan biaya tanggungan berupa manfaat penyakit kritis, rawat inap, dan risiko tutup usia yang akan dicairkan untuk ahli waris.

FWD Loop, terus melindungi orang tercinta dengan rangkaian produk FWD Insurance yang bisa diakses dengan mudah melalui jalur distribusi online dengan premi yang terjangkau seperti Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi. Rangkaian produk ini menawarkan promo khusus dengan diskon hingga 25% dari periode 25 – 31 Maret 2022 untuk setiap pembelian/kepesertaan premi tahun pertama.

Jadi, kita bisa terus fokus menjalani hidup dan passion. Karena rasa khawatir sudah ada solusinya untuk terlindungi dari risiko kesehatan terutama risiko finansial.


3. Kemewahan

Kemewahan di sini bukan berarti harus hidup ala sultan atau malah berfoya-foya. Bisa bersantai sejenak dan melakukan perawatan diri adalah suatu kemewahan untuk setiap perempuan. Sekadar santai-santai di rumah tanpa beberes, staycation bersama keluarga, dan lain sebagainya adalah kemewahan yang tak ternilai.

Agar bisa seperti ini tentu membutuhkan biaya. Perlu menyisihkan sejumlah dana dari pemasukan. Pertama, tentukan kebutuhan berdasarkan prioritas dalam setiap bulan atau setiap tahun. Jika memungkinkan, pisahkan dana bersenang-senang ini dari tabungan yang lain, agar tidak mengganggu aliran uang kas.

3 hal di atas bisa terus diaplikasikan dalam kehidupa sehari-hari. Agar kita bisa lebih membebaskan langkah sebagai Manajer Keuangan.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^