Masak kari daging cuma 15 menit, mungkin gak sih? Mungkin banget! Coba deh masak pakai bumbu House Hari ala Jepang bakalan hemat waktu banget, praktis, dan rasanya enak!
 
Kok bisaaaa secepat ituuuu?

memasak kari daging menggunakan house kari ala jepang
Foto oleh Mbak Nurul Sufitri (IG: @nurul_sufitri)


Berkenalan dengan House Kari ala Jepang


sejarah house kari ala jepang

Kari merupakan makanan paling populer bagi anak-anak di Jepang. Bahkan berada di urutan pertama menurut peringkat nasional.

Japanese Curry mempunyai sejarah panjang. Produk House Kari sudah ada sejak tahun 1913. Awalnya berupa bubuk kari yang dijual dalam kemasan botol. Kemudian berinovasi menjadi roux kari.

Menurut artikel di housefoods.com, Roux kari adalah campuran tepung, lemak dan minyak, campuran rempah-rempah, bumbu, dll. yang dipanaskan secara menyeluruh, kemudian didinginkan hingga padat, dan dijual oleh berbagai perusahaan makanan di Jepang.

Roux kari mengandung aroma lezat yang tercipta dari tepung terigu yang ditumis di wajan serta aroma rempah yang dipanaskan dalam suhu yang sesuai sehingga tercipta aroma yang kaya cita rasa yang bisa menciptakan aroma yang harmonis serta kekentalan saus yang sesuai.


Nah! Roux kari ini yang bikin proses membuat kari jadi lebih cepat. Karena gak perlu menyiapkan segala bahan untuk membuat kari. Belum lagi harus nguleg atau dihaluskan dengan blender.
 
Kalau pakai roux kari, teman-teman tinggal menyiapkan bahan lainnya seperti daging/ayam dan sayuran. Setelah itu tinggal dimasak. Apalagi produk House Kari ala Jepang rasanya udah enak. Gak perlu ditambahin perasa lagi seperti garam juga udah berasa bumbunya.
 
Selain praktis, aroma dan rasa House Kari ala Jepang gak setajam kari dari negara lain, misalnya India. Cocok banget nih buat yang pengen menikmati kari, tapi suka gak tahan sama baunya. Kari Jepang lebih mild.

 

Membuat Kari Daging House Kari ala Jepang by Chef Theo


resep daging kari ala jepang

Sabtu (22/12) bertempat di Almond Zucchini Cooking Studio, Chi hadir di acara House Kari ala Jepang dengan tema "House of Heritages". Setelah mendapatkan penjelasan singkat tentang produknya, para blogger diajak melihat demo cooking by chef Theo yang akan memasak Kari Daging.
 
Hasil masakannya seperti steak yang disiram dengan saus kari. Dilengkapi dengan tumis sayuran, kroket, dan sayuran panggang. Tingkat kematangan dagingnya bisa disesuaikan dengan selera.
 
Membuat jepang memang praktis banget. Kari roux tinggal diberi air panas dan dipanaskan sebentar hingga kuah mengental. Kemudian disiramkan ke daging dan/atau sayuran. Bisa juga dimasak berbarengan dengan saus.

cara masak kari daging ala jepang

Chef Theo mencoba 'mengawinkan' kari jepang menjadi menu lain. Kari jepang tidak menggunakan santan. Di acara demo masak saat itu, saus karinya diberi tambahan santan kental, daun jeruk, sereh, bunga lawang, kapulaga, dan cabe rawit merah.

Chef Theo juga pernah membuat tongseng menggunakan kari roux. Cukup menambahkan kecap, maka jadilah menu tongseng tanpa ribet.

Setelah Chef Theo selesai masak, kami diminta membuat duplicate dish-nya dalam waktu 15 menit! Dalam 1 tim terdiri dari 2 peserta. Chi setim ma Mbak Nurul Sufitri. Kita tim yang kompak ya, Mbak hehehe.


membuat kari ala jepang dalam waktu 15 menit
Mbak Nurul, terima kasih banyak untuk fotonya 😊


Chi pun pernah beberapa kali membuat berbagai menu menggunakan House Kari ala Jepang. Pernah membuat taco, nasi goreng, mie goreng, nasi liwet, dan lain-lain.

Menurut Chi, ini tuh bumbu saus padat yang wajib banget ada di rumah. Karena bisa membuat berbagai masakan enak dari appetizer hingga main course dalam waktu singkat.
 
Kalau teman-teman penasaran dengan rasa asli kari Jepang, cobain produk House Kari ala Jepang ini, deh. Citarasanya otentik. Sudah ada di Indonesia sejak tahun 2016 dan merupakan saus kari padat pertama yang memiliki sertifikat halal MUI.
 
Produk  House Kari ala Jepang bisa dibeli di AEON, Farmers Market, Grand Lucky, Kem Chicks, Lotte Grosir, dan lain sebagainya. Bisa juga beli online melalui berbagai e-commerce. Kalau untuk ide memasak, teman-teman bisa lihat di IG @dapurkarialajepang.