Memasak Kari Daging Menggunakan House Kari ala Jepang Cuma Butuh 15 Menit

By Keke Naima - January 26, 2022

Masak kari daging cuma 15 menit, mungkin gak sih? Mungkin banget! Coba deh masak pakai bumbu House Hari ala Jepang bakalan hemat waktu banget, praktis, dan rasanya enak!
 
Kok bisaaaa secepat ituuuu?

memasak kari daging menggunakan house kari ala jepang
Foto oleh Mbak Nurul Sufitri (IG: @nurul_sufitri)


Berkenalan dengan House Kari ala Jepang



Kari merupakan makanan paling populer bagi anak-anak di Jepang. Bahkan berada di urutan pertama menurut peringkat nasional.

Japanese Curry mempunyai sejarah panjang. Produk House Kari sudah ada sejak tahun 1913. Awalnya berupa bubuk kari yang dijual dalam kemasan botol. Kemudian berinovasi menjadi roux kari.

Menurut artikel di housefoods.com, Roux kari adalah campuran tepung, lemak dan minyak, campuran rempah-rempah, bumbu, dll. yang dipanaskan secara menyeluruh, kemudian didinginkan hingga padat, dan dijual oleh berbagai perusahaan makanan di Jepang.

Roux kari mengandung aroma lezat yang tercipta dari tepung terigu yang ditumis di wajan serta aroma rempah yang dipanaskan dalam suhu yang sesuai sehingga tercipta aroma yang kaya cita rasa yang bisa menciptakan aroma yang harmonis serta kekentalan saus yang sesuai.


Nah! Roux kari ini yang bikin proses membuat kari jadi lebih cepat. Karena gak perlu menyiapkan segala bahan untuk membuat kari. Belum lagi harus nguleg atau dihaluskan dengan blender.
 
Kalau pakai roux kari, teman-teman tinggal menyiapkan bahan lainnya seperti daging/ayam dan sayuran. Setelah itu tinggal dimasak. Apalagi produk House Kari ala Jepang rasanya udah enak. Gak perlu ditambahin perasa lagi seperti garam juga udah berasa bumbunya.
 
Selain praktis, aroma dan rasa House Kari ala Jepang gak setajam kari dari negara lain, misalnya India. Cocok banget nih buat yang pengen menikmati kari, tapi suka gak tahan sama baunya. Kari Jepang lebih mild.

 

Membuat Kari Daging House Kari ala Jepang by Chef Theo



Sabtu (22/12) bertempat di Almond Zucchini Cooking Studio, Chi hadir di acara House Kari ala Jepang dengan tema "House of Heritages". Setelah mendapatkan penjelasan singkat tentang produknya, para blogger diajak melihat demo cooking by chef Theo yang akan memasak Kari Daging.
 
Hasil masakannya seperti steak yang disiram dengan saus kari. Dilengkapi dengan tumis sayuran, kroket, dan sayuran panggang. Tingkat kematangan dagingnya bisa disesuaikan dengan selera.
 
Membuat jepang memang praktis banget. Kari roux tinggal diberi air panas dan dipanaskan sebentar hingga kuah mengental. Kemudian disiramkan ke daging dan/atau sayuran. Bisa juga dimasak berbarengan dengan saus.


Chef Theo mencoba 'mengawinkan' kari jepang menjadi menu lain. Kari jepang tidak menggunakan santan. Di acara demo masak saat itu, saus karinya diberi tambahan santan kental, daun jeruk, sereh, bunga lawang, kapulaga, dan cabe rawit merah.

Chef Theo juga pernah membuat tongseng menggunakan kari roux. Cukup menambahkan kecap, maka jadilah menu tongseng tanpa ribet.

Setelah Chef Theo selesai masak, kami diminta membuat duplicate dish-nya dalam waktu 15 menit! Dalam 1 tim terdiri dari 2 peserta. Chi setim ma Mbak Nurul Sufitri. Kita tim yang kompak ya, Mbak hehehe.


Mbak Nurul, terima kasih banyak untuk fotonya 😊


Chi pun pernah beberapa kali membuat berbagai menu menggunakan House Kari ala Jepang. Pernah membuat taco, nasi goreng, mie goreng, nasi liwet, dan lain-lain.

Menurut Chi, ini tuh bumbu saus padat yang wajib banget ada di rumah. Karena bisa membuat berbagai masakan enak dari appetizer hingga main course dalam waktu singkat.
 
Kalau teman-teman penasaran dengan rasa asli kari Jepang, cobain produk House Kari ala Jepang ini, deh. Citarasanya otentik. Sudah ada di Indonesia sejak tahun 2016 dan merupakan saus kari padat pertama yang memiliki sertifikat halal MUI.
 
Produk  House Kari ala Jepang bisa dibeli di AEON, Farmers Market, Grand Lucky, Kem Chicks, Lotte Grosir, dan lain sebagainya. Bisa juga beli online melalui berbagai e-commerce. Kalau untuk ide memasak, teman-teman bisa lihat di IG @dapurkarialajepang.

  • Share:

You Might Also Like

44 comments

  1. Kak Chie...
    Untuk satu kemasan House Kari ala Jepang bisa jadi berapa porsi kah?

    Aku pernah lihat hasil masakan dari House Kari ala Jepang.
    dari fotonya memang terlihat banget kekentalannya. Dan ini kebayang yaah, so yummiii~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung ukuran. Produk House Kari ada yang kecil hingga besar. Tetapi, biasanya saya kalau untuk masak sekeluarga pakai 2 blok juga udah cukup

      Delete
  2. Waah boleh nih di coba kebetulan kalau belanja aku di Aeon mak.

    Simpel yaa masak kari dengan House Kari ala Jepang ini.

    ReplyDelete
  3. Gimana ceritanya 15 menit udah jadi secantik itu? Emang praktis loh Kari roux-nya House Kari ala Jepang. Aku buat isian sandwich, saus cocolan ayam itu juga enaaak. Ga pake tambah bumbu lain lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena gak perlu lagi ribet menyiapkan segala macam bumbu

      Delete
  4. Mbak Myra, baca ceritamu ini, aku langsung pengen nanya sama diriku sendiri: "Apa cuma aku di sini yang belum pernah nyobain House Kari ala Jepang?" haha.

    Jadi, Kari ala Jepang ini bisa dijadikan bumbu untuk berbagai ide masakan ya mbak. Nanti pas ke Aeon aku cari, biar bisa nyobain juga gimana mudahnya masak kari ga pake ribet dan lama. Tfs mbak.

    ReplyDelete
  5. Masak kari dalam 15 menit? Praktis ya kalau pakai house kari ala jepang ini, nggak perlu ribet beli macam-macam bumbu, meraciknya pula. Cukup pakai roux kari aja. Dan bisa dimodifikasi buat masak tongseng juga

    ReplyDelete
  6. Yummyy!
    Seneng bangeett bisa menyaksikan langsung demo cooking by chef Theo ini ya Mbaaa
    Apalagi, menunya Kari Daging.yg praktis, dan lezaaatt
    anak aku pasti demen nih, kari daging yg light giniii.
    cuss mo cobaaa

    ReplyDelete
  7. Jujur aja aku baru tahu ada House Kari ala Jepang dan ternyata bisa untuk masakan selain kari, ya. Penasaran deh kalau untuk nasi goreng kira-kira perlu tambahan bumbu lainnya, nggak? Kalau nggak perlu lagi sih enak banget masak nasi goreng bisa cepat, apalagi kalau sudah lapar berat atau buru-buru. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya gak perlu ditambah bumbu apapun, Mbak

      Delete
  8. Jadi pengen cobain nih masak pake Kari ala Jepang...Apalagi bisa dikreasikan aneka masakan ya...cek dulu ah di marketplace..

    ReplyDelete
  9. Suka tiba-tiba kepiingin makan kari tapi nggak tahu cara masaknya hihi kayaknya ribet enak banget ini kalau ada kari dalam kemasan, tinggal cemplung-cemplung jadi dehhh..enak pula rasanya...

    ReplyDelete
  10. asyik banget mbaaa.. aku juga pecinta kari jepang dan kalau ada yang instan seperti ini memang praktis yaa

    ReplyDelete
  11. Ooo ternyata selain dimasak kayak kari jepang gitu, bisa juga ya Chie dijadikan bumbu untuk nasi goreng, nasi liwet, dan masakan lainnya. Asyik nih, bisa untuk stok di rumah, ntar bisa disesuaikan dengan bahan pelengkap lainnya yang ada.

    ReplyDelete
  12. seru sekali event offline memasak kari ala house kari.. memang enak mba, aku pernah bikin tacos dan kebab, anakku suka banget

    ReplyDelete
  13. Aku udah nyoba House of Kari. Enak banget mba. Cara masak beraneka makanan juga mudah dengan Kari enak ini

    ReplyDelete
  14. Kapan-kapan boleh coba nih bumbu House Kari Ala Jepang. Biar gak bosan makan ayam yang gitu-gitu aja. Mana praktis, 15 menit jadi. Bumbu instan memang terbaik buat yang gak pintar masak, hehehe

    ReplyDelete
  15. Asik bisa dibeli di e commerce ya mbak, jujur nih...belum pernah sih aku bikin kari ala Jepang pengen bikin beli juga bumbunya...

    ReplyDelete
  16. Andalan aku banget ini kalau mau masak Kari beli bumbu kari jepang yang udah jadi.
    Waktu itu gak sengaja ke Food Hood nemuin bumbu House Kari ala Jepang ini ada yang kemasan kecil sama besar.
    Masakannya jadi enak banget, Oh ternyata bisa untuk buat nasi goreng juga ya dll/

    ReplyDelete
  17. Emang merek paling enak ini mbak untuk membuat kari ala jepang. Dulu saya juga pakai ini mbak, meski belum ada logo halalnya waktu saya di sana, tapi direkomendasikan sama teman teman karena bahannya gak ada yang non halal.

    ReplyDelete
  18. Wah iya, mudah banget emang masak kari ala Jepang dengan bumbu House Kari ini mbak
    Aku sudah pernah coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik banget ya masak pakai bumbu House Kari ala Jepang :)

      Delete
  19. Aku aku nyetok bumbu ini juga buat bikin kari jejepangan biar gak ribet nyiapin bumbu dan nguleg2 hehe. Aku biasanya ayam aku porong kecil2 sama sayurannya kentang dan wortel. Praktis sih :D
    Belum pernah masak yg lain selain kari kalau pakai bumbu ini. Kyknya enak tu bikin steak disiram kuah dr bumbu ini jg ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kan. Cukup sediain sayur dan lauknya udah jadi masakan enak, deh

      Delete
  20. Sekarang kalau mau masak kari gak perlu ribet dan memakan waktu lama. 15 menit aja bisa ya masak kari ala Jepang.

    Wah, saya kudu beli di e-commerce nih biar bisa merasakan bumbu House Kari Ala Jepang.

    ReplyDelete
  21. rasa ala jepang abnget donk ya..terus cuma 15 menit rasa udah enak banget,,,
    prasktis makan dirumah rasa resto..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Karinya gak terlalu tajam kalau yang Jepang

      Delete
  22. wah kelihatan nikmat banget, auto check out bumbunya nih :D mau stok banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli yang besar aja sekalian. Bisa untuk masak banyak :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^