Kenali Kanker Lebih Dekat Agar Bisa Semakin Waspada

By Keke Naima - October 18, 2021

Kanker adalah penyakit yang menakutkan. Rasanya semua orang tidak langsung siap menerima fakta ketika divonis kanker. Bayangan akan pengobatan yang panjang, biaya yang sangat besar, hingga kematian. Sungguh menakutkan!

Kenali Kanker Lebih Dekat Agar Bisa Semakin Waspada
Sumber gambar: pexels.com


Pengobatan kanker yang membutuhkan waktu lama, seringkali mengganggu produktivitas. Fokus menjadi terpecah-pecah karena harus memikirkan kesembuhan dan biaya yang sangat tinggi. Memiliki asuransi kesehatan dirasa bisa membantu.

Data menunjukkan, angka penambahan dan kematian karena kanker terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan hingga 8,8% dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
 
Kanker memang bukan penyakit menular. Tetapi, dampaknya bisa sangat menakutkan. Ketika sel abnormal dalam tubuh berkembang tanpa terkendali dan menekan sel-sel normal lain maka timbulah kanker.

Pada tahun 2020, hampir 10 juta kematian terjadi akibat kanker. Dalam satu tahun, tercatat banyak kasus baru, seperti kanker payudara (2,26 juta), paru-paru (2,21 juta), kolon (1,93 juta), prostat (1,41 juta), kulit non-melanoma (1,2 juta), dan perut (1,09juta). Dari hampir 10 juta kematian akibat kanker di tahun 2020, ada 5 jenis di urutan teratas yaitu kanker paru-paru (1,8 juta), kolon (935.000), liver (830.000), perut (769.000), dan payudara (685.000).

Kanker payudara menempati urutan teratas untuk yang dialami perempuan (65.858). Kemudian di bawahnya ada kanker serviks (36.633), paru-paru (34.783), kolon (34.189), liver (21.392), dan kanker lainnya (204.059) Sedangkan pada laki-laki, yang terbanyak adalah kanker paru-paru (25.943), kolon (21.764), liver (16.412), nasofaring (15.427), prostat (13.563), dan kanker lainnya (90.259).

Kita bisa mengurangi risiko kanker dengan menjalankan pola hidup sehat, berolahraga, dan menghindari radikal bebas. Beberapa caranya antara lain dengan tidak merokok, memiliki berat badan yang sehat, konsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, menghindari alkohol, mendapatkan vaksinasi untuk melawan HPV dan hepatitis B, dan menjauhi radiasi ultraviolet.

Semakin dini kanker terdeteksi, kemungkinan peluang untuk sembuh semakin besar. Biaya pengobatannya pun bisa semakin kecil dibandingkan kalau sudah stadium lanjut.

Biaya pengobatan kanker memang sangat besar. Bisa diantisipasi dengan memiliki asuransi jiwa FWD Cancer Protection dari FWD Insurance. Pasien bisa tetap fokus pada kesembuhan karena100% Uang Pertanggungan langsung diberikan di tahap awal sejak terdiagnonis kanker. Klaimnya juga mudah dan cepat, asalkan dokumen lengkap.

Premi FWD Cancer Protection mulai dari Rp10 ribu/bulan, loh! Cara membelinya bisa dilakukan online dengan menjawab tiga pertanyaan kesehatan saja. Bila ingin tahu lebih banyak tentang FWD Cancer Protection silakan langsung ke situs FWD, ya.

  • Share:

You Might Also Like

28 comments

  1. Preminya murah banget ya kak.. Kanker emang jadi momok hampir buat semua orang ya.. kalau bisa menyiapkan pembiyaannya sejak dini dan terjangkau gini.. auto apply deh..

    ReplyDelete
  2. Almarhum tetanggaku menderita kanker paru. Penyebabnya mungkin keturunan karena ibundanya juga wafat karena kanker. Sementara dia yang tahu hal tersebut berusaha mati-matian menjalani pola hidup sehat, tapi Allah berkata lain. Nah jadi tahu bahwa kanker itu tak hanya sekadar penyakit tapi juga membuat penderitanya merasakan sakit yang sangat. Belum lagi budget yang harus dikeluarkan untuk perawatan. Amit-amit ya jangan kita sampai kena. Makanya perlu banget deteksi dini dan kalau perlu punya asuransi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qadarullah ya, Mbak. Tetapi, kita memang harus terus berikhtiar

      Delete
  3. Pentingnya asuransi sebagai proteksi diri kita yaaah. Pengennya sih sehat terus, tapi kita kan gak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti. Terutama kanker yang biaya pengobatannya lumayan banget yaaah

    Semoga kita semuanya disehatkan terus yaaah sekeluargaaa

    ReplyDelete
  4. Paling sedih kalau ada kenalan kena kanker.Eh jangankan kenalan nonton drama aja kalau ada yang divonis kanker kyknya ikut kalut ya mbak.
    Semoag kita dijauhkan dari penyakit ini aamiin
    Memang gaya hidup sehat harus kita terapkan supaya dijauhkan.
    Wah premi untuk perlindungan cancer FWD cukup terjangkau ya mbak. TFS infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama. Saya suka agak menghindar nonton yang ceritanya sedih

      Delete
  5. Iya harus deteksi dini ya agar segera ditangani dan sembuh bagus nih program FWD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! Semakin dini diketahui, insya Allah lebih mudah ditangani

      Delete
  6. Kanker ini jika diketahui sejak dini kemungkinan besar bisa segera ditangani dan kemungkinan sembuh persentase nya lebih besar ya. Jangan malas memeriksakan diri kalau begitu. Semoga kita semua terhindar dari penyakit kanker. Aamiin...

    ReplyDelete
  7. Karena Ibunda saya berpulang akibat terkena kanker paru, saat ini keluarga kami makin aware dgn penyakit satu ini Mba.
    Memang kudu punya proteksi yg ciamik utk kesehatan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau di keluarga ada riwayat, biasanya jadi lebih berhati-hati

      Delete
  8. Selain menjalani gaya hidup yang sehat untuk mencegah kanker, ada baiknya punya proteksi kalau terkena kanker ya, Mbak. Supaya bisa tetap tenang dan maksimal menjalani pengobatan, nggak kepikiran biaya gitu karena sudah ditanggung asuransi.

    ReplyDelete
  9. Pelajaran berharga banget, kak Chie.
    Semakin dini kanker terdeteksi, kemungkinan peluang untuk sembuh semakin besar. Biaya pengobatannya pun bisa semakin kecil dibandingkan kalau sudah stadium lanjut.

    Jadi, semangat untuk semua wanita di dunia untuk cek mandiri dengan SADARI.

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu FWD ada paket asuransi untuk perlindungan dari kanker. Sebagai orang yang punya kluarga riwayat kanker, ini harus dipilih biar lebih tenang ya

    ReplyDelete
  11. Waaah baru tau ada asuransi khusus cancer dari FWD . Preminya juga terjangkau ya..

    ReplyDelete
  12. ah iya, kanker emang perlu diwaspadai ya mbak
    harus ada proteksi sedini mungkin untuk menghadaoi penyakit mematikan ini

    ReplyDelete
  13. Perjuangan yang cukup besar bagi penderita kanker untuk mengatasi penyakitnya ini. SAlut deh pada FWD yang menjamin biaya pengobatannya secara full gini. Amat meringankan beban biaya berobat kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena kanker biaya pengobatannya bisa sangat mahal, ya

      Delete
  14. Kalau udah bicara kanker rasanya langsung berasa makdeg gitu makChi. Kanker payudara ini sama mengerikannya dengan kanker rahim. Harus aware banget dengan tubuh sendiri

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^