Beberapa Cara Merawat Kucing Peliharaan Kesayangan dengan Benar

By Keke Naima - August 27, 2021

Bagi pemilik dan pecinta kucing, baik yang masih baru atau sudah berpengalaman, merawat kucing bukanlah hal yang mudah. Sebagai hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, memelihara kucing cukup menghilangkan stress dan bisa menjadi teman di saat sepi. Namun begitu, perlu cara yang tepat dan baik supaya hewan peliharaan kesayangan ini tidak mengalami kondisi yang buruk.

cara merawat kucing peliharaan dengan benar

Walau sudah banyak tips memelihara kucing kesayangan yang bersliweran di internet, terkadang cara tersebut masih belum cukup. Mungkin masih dirasa kurang efektif atau terkesan membingungkan. Oleh karenanya, pada pembahasan kali ini, saya akan bagikan beberapa tips dan cara merawat kucing kesayangan dengan benar.


1. Berikan Makanan Yang Bergizi dan Tepat


Memberi makanan kucing memang susah-susah gampang. Namun, jika sembarangan akan menimbulkan konsekuensi.

Berikan makanan kucing yang bergizi untuk kucing teman-teman sesuai umur, jenis kucing, dan perhatikan jenis makanannya. Teman-teman bisa mendapatkan makanan kucing bernutrisi lengkap di pet shop terdekat maupun pet shop online seperti Sukapets.

Contoh, apabila teman-teman memiliki anak kucing berikan makanan halus terlebih dahulu dan jangan lupa beri makan terus karena kebutuhan gizinya sangat tinggi. Ketika usianya mencapai 5-6 minggu berikan makanan rutin disertai vitamin dan nutrisi tambahan lainnya.

Selain faktor umur, jangan memberi makan kucing yang tidak tepat seperti memberinya makanan anjing. Walau demi alasan ekonomi, makanan untuk anjing tidaklah sesuai bagi kucing karena nutrisinya yang berbeda. Berikanlah makanan pada umumnya seperti daging atau ikan. Anda bisa menambahkan nasi, namun lebih baik diberi daging yang sudah dimasak karena secara alami kucing lebih suka.


2. Jaga Kebersihan Kucing Terutama Bulunya


Menjaga kebersihan kucing sangat penting. Agar kucing benar-benar nyaman untuk bermain dan wangi.

Mandikan secara teratur, supaya bulu tidak bau dan bebas dari kutu kucing. Mandikan dengan air dingin untuk mencegah iritasi atau gunakan tisu basah apabila kucing sulit dimandikan. Bila perlu berikan parfum khusus kucing supaya lebih wangi dan bebas kutu.

Selain membersihkannya dengan mandi, menyikat atau menyisir bulu kucing tidak salah untuk dilakukan. Hal ini juga bisa membuatnya lebih bersih dan manja. Apalagi bila kucing kesayangan memiliki bulu yang tebal, menyisir bulunya bisa menghilangkan rambut mati bahkan bakteri di dalamnya.


3. Jaga Kesehatan Kucing


Adalah wajib bagi pemilik untuk menjaga kebersihan supaya terhindar dari penyakit. Kucing harus tetap sehat dengan memberi vaksin, obat atau vitamin untuk mencegah sakit secara berkala. Bersihkan juga area tertentu tempat bersarangnya bakteri atau kuman seperti gigi, kuku, dan telinga. Jika kucing kotor bukan tidak mungkin kucing akan mudah terserang penyakit yang berbahaya.


4. Ajak Bermain dan Dihibur


Walau kucing bisa bermain sendiri, lebih baik ajak main kucing kesayangan di luar rumah. Ajak jalan-jalan ke taman atau di sekitaran rumah untuk memberi perasaan senang kepada kucing. Selain itu hibur kucing dengan memberi mainan tertentu seperti bola bulu atau tali-talian untuk menjaganya tetap aktif.


5. Ajari dan Biasakan Kucing Melakukan Kebiasaan Baik


Kucing peliharaan sebenarnya mudah diajari berbagai hal baik, seperti membuang kotoran pada tempatnya. Maka dari itu biasakan sejak dini ajari kucing untuk melakukan hal baik, seperti buang kotoran pada tempatnya dengan memberikan litter box sebagai toiletnya. Selain itu, ajari juga di mana ia harus makan dan minum serta tidur supaya hidupnya lebih teratur.


6. Jadilah Pemilik Yang Tegas


Walau menggemaskan, kucing kadang suka nakal dan perlu ditertibkan dengan baik. Hal ini karena kucing bisa berubah perilaku secara tiba-tiba dan bisa agresif seperti mencakar bahkan menggigit.

Jadilah pemilik kucing yang tegas dengan berkata tidak apabila kucing berbuat nakal. Selain itu, berikan arahan dengan tangan atau jari untuk memandu menjadi kucing yang baik. Lakukan hal ini secara terus dan sabar agar kucing memahami dengan baik arahan anda.

Memang memiliki kucing adalah kesenangan sendiri, namun sebagai pemilik juga harus memiliki tanggung jawab supaya kucing kesayangan tetap sehat, aktif, dan menjadi kucing yang baik.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^