Aksi Sinar Mas dalam Membantu Menangani Pandemi COVID-19

By Keke Naima - August 29, 2021

Sudah sekitar 1,5 tahun COVID-19 ada di Indonesia. Tidak ada yang tau kapan pandemi akan berakhir. Tetapi, yang Chi selalu yakini sejak awal, wabah bisa dikendalikan bila semua pihak saling membantu. Menarik mengetahui aksi Sinar Mas dalam membantu menangani pandemi COVID-19.

aksi sinar mas dalam membantu menangani pandemi covid-19

Masih lekat dalam ingatan kejadian mencekam di bulan Juli lalu. Angka penambahan harian seperti tidak terkendali. Berita duka ada di mana-mana setiap hari berkali-kali.

Sempat terpikir untuk berhenti sejenak dari media sosial. Sesak rasanya melihat begitu banyak berita duka. Tetapi, di dunia nyata juga sama aja. Suara sirene ambulance terdengar nyaris tanpa henti. Pengeras suara di masjid mengabarkan berita duka juga bersahut-sahutan. Sediiiihhh!

Saat ini, angka penambahan memang kelihatan mulai menurun. Tetapi, masyarakat dihadapkan dengan PPKM yang masih terus diperpanjang. Entah sampai kapan. Pastinya banyak yang terimbas dengan PPKM ini, terutama di sektor ekonomi.


Sinar Mas Peduli Pandemi COVID-19


bantuan oxygen sinar mas

Mengatasi pandemi butuh kepedulian bersama. Tidak bisa salah satu pihak bekerja sendiri. Sebaiknya saling bekerjasama.

Sinar Mas tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI turut membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Diharapkan juga aksi ini akan semakin banyak mengajak berbagai pihak untuk bersama-sama peduli dengan masalah ini.


bantuan paket sembako sinar mas

Baru-baru ini, Sinar Mas baru saja menyelenggarakan vaksinasi massal di JCC Senayan Jakarta. Vaksinasi gratis untuk anak usia 12 tahun ke atas ini diselenggarakan bekerjasama dengan Eka Tjipta Foundation dan Kolese Kanisius.

Aksi Sinar Mas peduli pandemi COVID-19 tidak hanya dilakukan baru-baru ini. Tetapi, sudah sejak pandemi hadir di Indonesia. Melalui pilar-pilar usahanya, Sinar Mas terus berbagai bantuan untuk menangani COVID-19, di antaranya adalah:


  1. Sinar Mas bekerjasama dengan pemerintah menghadirkan vaksinasi Gotong Royong bagi para karyawan. Pilar usaha Sinar Mas yang tergabung dalam aksi ini adalah Sinar Mas Agribussines and Food dan Asia Pulp & Paper Sinar Mas. 
  2. Sinar Mas memberikan donasi peralatan medis berupa ribuan ton liquid oxygen dan puluhan ribu oxygen concentrators (OC). Pengadaan stok oksigen sebanyak 1.200 ton per bulan ini dilakukan oleh pilar usaha Sinar Mas yaitu Asia Pulp & Paper. Bantuan tersebut diserahkan kepada Kementrian Kesehatan RI dan akan disalurkan ke berbagai rumah sakit di Indonesia. 
  3. Sinar Mas memelopori gerakan donasi lintas sektor industry yang berada di bawa Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan disalurak melalui Yayasan Bunda Tzu Chi Indonesia. Gerakan ini dinamakan Pengusaha Peduli NKRI.

Target donasi Pengusaha Peduli NKRI adalah Rp500 Miliar. Tetapi, tercapai melebihi target yaitu Rp650 Miliar. Saat ini para Pengusaha Peduli NKRI dan KADIN bekerjasama dengan Yayasan Bunda Tsu Chi Indonesia kembali menggalang donasi untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19.

Bentuk bantuannya pun tidak hanya menggelar vaksinasi. Sinar Mas dan pilar-pilar usahanya bekerjasama dengan banyak pihak memberikan beragam bantuan sejak awal pandemi Bantuan yang diberikan meliputi ribuan ton beras, ribuan OC, obat-obatan, APD, ventilator, dan masih banyak lagi.


donor plasma sinar mas

Menurut bapak Dhony Rahadjoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land, “Semoga partisipasi kami ini bisa membantu upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19, dapat dirasakan oleh warga yang terdampak, dan dapat membantu mendorong pemulihan ekonomi nasional.”
 
Ditegaskan pula oleh bapak Fanky O Wijaya, Board Member of Sinar Mas, bahwa apa yang dilakukan Sinar Mas belumlah cukup meskipun sudah melakukan banyak hal. Butuh seluruh elemen masyarakat, pihak swasta, dan pemerintah untuk saling bergandengan tangan mengatasi COVID-19.

Yuk! Kita ambil peran masing-masing. Setidaknya kita bisa memulai dengan patuh protokol kesehatan dan bersedia divaksinasi. Agar penyebaran wabah bisa dikendalikan. 

  • Share:

You Might Also Like

71 comments

  1. Kepedulian Sinar Mas sejak dulu memang selalu terdepan. Apalagi di tengah pandemi yang dampaknya makin meluas ini. Semoga inisiasi ini banyak diikuti perusahaan lain sehingga pemerintah akan terbantu dalam menangani pandemi

    ReplyDelete
  2. Kereen pisan aksinya Sinar MAs ini dalam penanganan Covid, terutama menyediakan layanan vaksin dan kebutuhan akan oksigen yang sangat dibutuhkan banget sekarang ini.
    Semoga berkah buat semuannya dan aksinya diikutin oleh perusahaan2 yang lainnya. Sukses programnya yaa.

    ReplyDelete
  3. mantap banget tercapai melebihi target 500 M ya mba semoga bisa membantu untuk covid ini karena terasa sekali PPKM makin bikin banyak yang susah semoga bantuan2 seperti ini bisa merata didapatkan bagi yang membutuhkan..

    ReplyDelete
  4. Walau merasa belum cukup tetap aja ya, ini sudah besar banget bantuan dari sinar mas. Semoga program seperti ini nggak berhenti disaat sudah tak ada pandemik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangatnya luar biasa, makanya berasa masih belum cukup. Terus semangat menggalang bantuan

      Delete
  5. Senang ya melihat perusahaan besar turun membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid, apalagi PPKM nampaknya tak akan usai hingga pandemi berubah jadi endemi. Semoga semangatnya bisa ditiru.

    ReplyDelete
  6. Sebelum PPKM di tempat tinggal saya pun setiap hari ada saja tetangga yang berpulang, sirine ambulans bolak balik nggak ada habisnya. Lalu PPKM berlaku dan sungguh terasa berita duka menjadi jauh berkurang. Seneng banget kalau ada perusahaan yang mengulurkan bantuannya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, khususnya dalam penyelenggaraan vaksin. Karena kita masih butuh banget vaksin untuk diberikan kepada masyarakat demi terbentuk antobodi. Insya Allah pandemi segera berakhir.

    ReplyDelete
  7. Penanganan Pandemi ini memang memerlukan kontribusi semua pihak
    Saling bersinergi agar negeri ini bisa lekas kembali pulih.
    Kita pun patut mengapresiasi, semua elemen yang berkontribusi seperti pihak swasta Sinar Mas yg sejak awal pandemi ini telah melakukan berbagai upaya dan dukungan dalam melakukan segala bentuk aksi kebaikan

    ReplyDelete
  8. Sepakat, penanganan pandemi serta efeknya pada masyarakat memang nggak bisa diselesaikan sendiri oleh pemerintah, butuh kerjasama berbagai pihak, termasuk pengusaha. Alhamdulillah donasi dari Pengusaha Peduli NKRI yang ditargetkan 500 miliar bisa tercapai ya, bahkan melebihi yang ditargetkan

    ReplyDelete
  9. MashaAllah keren banget aksi Sinar Mas dalam menangani pandemi covid ini. Setuju mbak, karena untuk mengatasi pandemi Corona tuh bukan cuma pemerintah saja yang harus turun tangan tapi semua elemen mulai dari pemerintah, masyarakat sampai pihak swasta. Semoga dengan makin banyak pihak yang bergandengan tangan dalam mengatasi pandemi sehingga si virus cepat lenyap dari dunia

    ReplyDelete
  10. Iya mbak, gelombang kedua pada bulan Juli itu benar-benar membuat hati mencelos karena keluarga dan orang-orang terdekat satu per satu meninggalkan saya. Sedih banget. apalagi ketika melihat angka terinfeksi harian yang tinggi. Alhamdulillah sekarang sudah mulai dapat dikendalikan ya mbak. Berkat kerjasama berbagai pihak, salah satunya yang dilakukan oleh Sinar Mas ini. Semoga pandemi segera berakhir dan kita bisa memiliki kehidupan yang normal kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, alhamdulillah. Semoga tidak ada gelombang lagi

      Delete
  11. senang sekali jika ada perusahaan yang juga peduli dengan penanganan COVID-19 ini ya mbak
    seperti yang dilakukan oleh Sinarmas
    bisa dibilang ini adalah wujud tanggung jawab sosial perusahaan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga banyak perusahaan yang mengikuti langkah Sinar Mas ya, Mbak

      Delete
  12. Keren banget programnya Sinar Mas semoga bisa berkesinambungan ya kegiatan vaksin gratisnya untuk anak, menunggu giliran Semarang nih hehe...

    ReplyDelete
  13. Salut dengan kepedulian sinar mas di masa pandemi seperti saat ini. Dalam situasi serba sulit begini kita memang harus saling dukung, saling bantu supaya kondisi segera pulih

    ReplyDelete
  14. Mantep ini sinar mas mba. Semoga makin banyak lagi perusahaan yang melakukan hal sama ya. sehingga banyak masyarakat terbantu juga.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah ya Sinar Mas peduli covid19 sampai bikin acara vaksinasi, bagi2 sembako dan oksigen segala. Salut lah aku mba

    ReplyDelete
  16. Wah.. Kerenah sinarmas. Bantuannya banyak banget. Gak sekedar vaksin. Sbg masyarakat kt kudu dukung dg melakukan hal simple dulu ya. Taat prokes n vaksin.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah banyak juga ya bantuan dari Sinar Mas ini..Semoga bisa membantu lebih banyak lagi ya... Dan pandemi juga segera usai..

    ReplyDelete
  18. sinar mas bantu banyak orang semenjak pandemi ini ya mak
    aku inget dulu pakai donasi apd, donasi oksigen sampai sembako biar sama-sama bisa hadapi pandemi
    semangat semua semoga survive di masa pandemi

    ReplyDelete
  19. Sedih banget Chi kalo inget dua bulan yang lalu, lagi tinggi2nya kasus Covid, aku aja di rumah terus sempet khawatir dan panik karena banyak saudara, kerabat, teman, sahabat pada pergi duluan karena kopit, hiks.
    Semoga saja dengan bantuan dan aksinya dari Sinar Mas ini bener2 membantu pemulihan buat negeri ini, segera berlalu pandeminya. Yuk, saling bergandengan tangan dan mendoakan negeri ini. SAluut buat Sinar Mas, suksess!!

    ReplyDelete
  20. Salut banget sama Sinar Mas yang masih memiliki program Sinar Mas Peduli Pandemi COVID-19.
    Dengan pelayanan dan bantuan maksimal bekerjasama yang merangkul semua pihak, semoga pandemi ini segera bisa teratasi dengan baik. Dan sehat untuk kita semua.

    ReplyDelete
  21. Bagus dan salut apa yang dilakukan Sinar Mas. Dan aku setuju bahwa ini perlu dilakukan banyak pihak karena bukan tugas satu atau dua lembaga atau perorangan saja

    ReplyDelete
  22. setuju banget sama quotenya, ambil peran masing2, kit abisa membantu sesuai dengan kapasitas kita ya mba :)

    ReplyDelete
  23. Covid ini memang harus dilawan dengan saling bergandengan tangan serta saling bantu. Peran Sinar Mas dalam aksi sosial membantu masyarakat terdampak covid bikin seneng bacanya. Semoga banyak perusahaan lain juga ikut serta dalam aksi sosial kaya gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kompak pandemi bisa lekas pergi. Insya Allah

      Delete
  24. MasyaAllah semoga berkah barokah buat sinar mas, yang sudah membantu kepada yang membutuhkan. Selalu terharu kalau ada yang peduli begini. Makasih mba udah memberikan inspirasi

    ReplyDelete
  25. Seneng banget ya mak ngeliat Sinar Mas dan banyak pihak lainnya bahu membahu bersama pemerinah membantu Indoensia menghadapi pandemi ini. Semoga pandemi cepet berlalu yaaa.. aamiin..

    ReplyDelete
  26. banyak sekali bantuan dan kepedulian yang diberikan dalam upaya nasional memberantas COVID-19 ya chie. Yang pasti kita memang perlu saling peduli

    ReplyDelete
  27. Sinar Mas emang selalu terdepan saat ada bencana ya?

    Seperti sekarang, paham banget kalau anak2 rentan terkena Covid 19

    Tapi belum masuk prioritas pemerintah, sehingga Sinar Mas turun tangan

    ReplyDelete
  28. Yang terdampak semua orang, gak besar gak kecil perekonomian kena imbas semua. Alhamdulillah masih banyak orang2 baik yang mau berbagi di masa sulit. Semoga semua segera berakhir. Kita hidup normal seperti sedia kala lagi

    ReplyDelete
  29. Luar biasa sinar mas untuk aksi sosialnya. Saat sekarang dibutuhkan banyak perusahaan yang peduli terhadap masyarakat yang tertimpa dampak covid 19

    ReplyDelete
  30. Bantuan dari Sinar Mas ini sangat berarti.
    Apalagi di masa pandemi begini.
    Alhamdulillah,
    Semoga dengan kerjasama yang baik antara semua pihak, kita semua bisa melewati pandemi dengan sebaik-baiknya dan dalam keadaan sehat.

    ReplyDelete
  31. Bangga sana Sinarmas, aware dengan kondisi Indonesia yang berjuang melawan covid. Mantaps

    ReplyDelete
  32. Butuh seluruh elemen masyarakat, pihak swasta, dan pemerintah untuk saling bergandengan tangan mengatasi COVID-19.
    Yap, bener banget! Semoga makin banyak korporasi/komunitas/institusi yg makin peduli utk sama2 berkontribusi demi kebaikan sesama ya

    ReplyDelete
  33. Pemerintah gak bisa bergerak sendiri ya, tapi harus ada andil dari swatsa kaya Sinar Mas ini. Kepedulian Sinar mas sangat membantu apalagi di masa pandemi ini untuk menganggulangi Covid-19.
    Banyak juga ya aksi yang dilakukan Sinar Mas ini termasuk vansinasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Semua memberikan peran dalam menangani pandemi

      Delete
  34. Iya mbak, salah satu peran yang bisa kita lakukan adalah dengan disiplin prokes dan menaati peraturan agar kasus terinfeksi covid-19 tidak naik lagi. Terima kasih kepada Sinar Mas yang telah menginisiai program bantuan penanggulangan Covid 19 ini. Programnya bermafaat bagi warga terdampak dan semoga berkelanjutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Selalu patuh prokes dan bersedia divaksin juga termasuk berperan menangani pandemi

      Delete
  35. Sebagai salah satu organisasi/perusahaan yang memiliki asset dan profit dengan nilai yang tinggi, SINAR MAS tentunya memiliki kewajiban untuk melaksanakan berbagai program CSR sebagai bentuk peduli dan tanggungjawabnya pada masyarakat. Hal inipun sudah tertuang secara resmi dalam UU yang ditetapkan oleh negara melalui pemerintah. Jadi seharusnya lah program-program sosial seperti ini dapat berjalan rutin, berkala, bahkan terus-menerus dilaksanakan.

    ReplyDelete
  36. Selalu salut dengan apa yang dilakukan lembaga/orang jika untuk membantu sesama. Demikian juga Sinar Mas yang sudah peduli dengan orang terdampak COVID-19

    ReplyDelete
  37. alhamdulillah para pengusaha juga saling bekerja sama membantu mengatasi pandemi ini. Makin banyak yang mengadakan vaksinasi, jangkauan masyarakat yang telah tervaksin makin luas. Semoga pandemi cepat berlalu.

    ReplyDelete
  38. Keren banget ya kak Sinar Mas yang tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI turut membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Semoga pandemi lekas berakhir

    ReplyDelete
  39. Sinarmas benar benar peduli ya mba dengan masyarakat yg terimbas pandemi. Sya kagum banget

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^