Review Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser, Sabun Cuci Botol Bayi yang Aman

By Keke Naima - March 15, 2021

Review Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser, Sabun Cuci Botol Bayi yang Aman - Di masa pandemi ini, salah satu hal yang paling dikangenin adalah membuat bekal sekolah. Ya meskipun terkadang harus grabak-grubuk mempersiapkannya. Apalagi kalau udah kesiangan bangun. Tetapi, tetap aja rasanya senang.

Review Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser, Sabun Cuci Botol Bayi yang Aman

Dengan membawa bekal, pastinya lebih terkontrol makanan yang dikonsumsi oleh anak. Karena dengan membawa bekal, mereka gak jajan sembarangan.

Tetapi, bagaimana dengan kebersihannya?


Tips Menjaga Kebersihan Peralatan Makan dan Minum


tips menjaga kebersihan makan dan minum

Keke dan Nai masih suka membawa bekal ke sekolah. Padahal tadinya Chi pikir semakin gede, udah gak mau lagi dibekelin. Tetapi, malah mereka sendiri yang meminta. Mungkin karena mereka udah dibiasakan membawa bekal sejak masih PAUD. Chi sih senang aja dengan permintaan mereka.

Idealnya kalau bawa bekal sendiri, kebersihan akan terjaga. Karena kita sendiri yang mengolah. Padahal belum tentu juga, lho. Kebersihan juga tidak hanya tentang bahan makanan yang dimasak. Tetapi, juga peralatan makan dan minumnya.

Sebelum memasukkan makanan ke tempat bekal, Chi suka cek dulu kebersihannya. Siapa tau masih ada noda atau lemak yang menempel. Begitu juga dengan tempat minum mereka.

Meskipun mereka sekarang udah remaja, Chi tetap perhatikan kebersihan tempat makan dan minum. Apa jadinya ketika mereka harus menyantap makanan dan minuman yang dibawa bila wadahnya gak bersih?

Anak-anak udah pada remaja masih diperhatikan kebersihan makanan dan minumannya. Supaya gak terjadi masalah pada kesehatan mereka di kemudian hari. Apalagi ketika masih bayi. Tentu harus benar-benar dijaga kebersihannya.

Botol bayi, dot, peralatan makan/minum, teether, dan aksesoris bayi lainnya harus dijaga kebersihannya. Ketika mencuci bahan makanan seperti buah dan sayur juga harus benar-benar bersih. Pencernaan bayi kan masih rentan.

Mencuci peralatan makan/minum, dot bayi, dan lainnya sebetulnya tidak sulit. Asalkan kita tau tahapan dan caranya.


Segera Cuci Setelah Selesai Digunakan

Jangan biarkan berbagai peralatan dalam keadaan kotor terlalu lama. Bila ini sampai terjadi efeknya bisa menimbulkan bau atau kerak yang semakin sulit untuk dihilangkan.


Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum mencuci berbagai peralatan, pastikan tangan kita bersih. Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan bilas hingga bersih. Jangan sampai bakteri jahat yang ada di tangan berpindah ke peralatan yang harus dicuci.


Buang Semua Kotoran Sebelum Diberi Sabun

Pernah lihat gak ketika makan di kaki lima? Penjualnya membuang sisa makanan kemudian menaruh piring-piring kotor itu di ember berisi air. Setelah menumpuk baru deh dicuci.

Chi juga menggunakan cara yang kurang lebih sama. Bedanya tidak dengan cara menumpuk di ember/baskom yang berair. Tetapi, terlebih dahulu membuang sisa makanan ke tempat sampah. Bila piring terlihat kotor karena bumbu makanan, bisa dibilas dulu di air mengalir kemudian ditumpuk.


Pisah dan Kelompokan Peralatan yang Akan Dicuci

Biasanya Chi suka kelompokkan dulu peralatan yang akan dicuci. Piring-piring ditumpuk, gelas-gelas, sendok/garpu, dan lain sebaigainya. Pengelompokkan seperti ini akan memudahkan.

Kalau harus mencuci botol bayi, bagian-bagiannya dilepas dulu. Kebersihan botol bayi tidak hanya terletak pada mulut botolnya. Tetapi, juga pada dot dan bagian lainnya. Pastikan semua bagiannya dibersihkan.


Bila Perlu, Gunakan Peralatan dan Sabun Khusus

Membersihkan botol bayi, gak cukup hanya menggunakan spons pencuci piring seperti pada umumnya. Tetapi, harus yang ada gagangnya agar dapat menjangkau bagian dalam botol.

Meskipun banyak sabun pencuci piring di pasaran, untuk bayi sebaiknya pilih yang khusus. Pencernaan dan kulit bayi masih rentan. Pilih kandungan yang benar-benar aman untuk kesehatan mereka.


Bilas di Air yang Mengalir

Menggunakan air yang ditampung wadah untuk membilas, risiko terkontaminasi bakteri lebih besar. Lebih baik menggunakan air yang mengalir untuk membilas. Sehingga bakteri pun ikut terbuang ketika peralatan dicuci.


Simpan di Tempat yang Bersih

Setelah semua selesai dicuci, biasanya disimpan dalam rak. Pastikan raknya dalam keadaan bersih, ya. Biarkan hingga peralatan mongering. Bila perlu, dilap dengan kain yang bersih


Mensterilkan Berbagai Peralatan untuk Bayi

Botol bayi, peralatan MPASI, dan lainnya juga perlu disterilkan setelah selesai dibilas. Bisa dengan cara manual atau menggunakan alat khusus. Langsung keringkan dengan lap bersih setelah semua peralatan tersebut disterilkan.


Mengenal Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser untuk #KurangiWorry


sabun cuci botol bayi yang aman

Para mama tentunya selalu ingin memberikan yang terbaik bagi si kecil. Termasuk dalan menjaga kebersihan. Tetapi, terkadang masih ada rasa khawatir.

Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser merupakan cairan pembersih andalan banyak mama. Produk ini terbuat dari bahan yang natural, food grade, dan halal.

Ada beberapa alasan memilih Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser. Pastinya untuk #kurangiworry para mama.


Terbuat dari Tea Tree Extract sebagai Antibakteri Alami

Bagi Mama’s Choice, kategori ‘aman’ bukan hanya karena lolos BPOM. Tetapi, juga harus mengandung bahan alami. Berdasarkan hasil klinis dan riset, tea tree extract merupakan bahan alami untuk antibakteri


Bebas Toksin Berbahaya dan Tidak Meninggalkan Residu

Cairan Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser berwarna bening. Bila digunakan tidak menghasilkan busa yang melimpah. Justru bagus karena artinya produk ini berarti tidak mengandung SLS (bahan kimia pembuat busa). Efek samping SLS bisa membahayan sistem pernapasan, endokrin, reproduksi, pencernaan, dan saraf bayi.


Formula Food Grade
Di masa pandemi COVID-19 ini perhatian akan kesehatan semakin bertambah. Ketika harus mencuci buah dan sayur semakin berpikir. Apakah cukup hanya dengan air mengalir? Kalau dicuci pakai sabun, aman gak ya?

Formula food grade pada Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser menandakan kalau produk ini juga bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayur. Aman karena tidak mengganggu kesehatan pencernaan.


Lembut di Kulit

Sabun pencuci piring juga bisa membuat tangan bisa terasa kering dan panas. Apalagi kalau dalam sehari mencuci bisa berkali-kali. Tetapi, tetang aja kalau pakai Mama’s Choice Liquid Cleanser. Kulit tangan tetap dijaga kelembutannya. Tidak menjadi kering dan panas.


Membersihkan Noda Susu dengan Sempurna

Membersihkan botol ASIP juga bisa terasa menyulitkan. Lemak ASI yang menempel pada botol terkadang sulit dibersihkan dan menimbulkan bercak. Nah, menggunakan sabun pencuci botol bayi Mama’s Choice ini menjadi solusi karena efektif menghilangkan noda yang menempel.


Bersertifikat Halal

Produk yang belum bersertifikat halal memang bukan berarti haram. Tetapi, dengan adanya sertifikat halal tentu menambah kaum muslim menjadi lebih nyaman dan aman saat menggunakan produk ini.

mama's choice baby liquid cleanser aman untuk sayur dan buah

Selain beberapa keunggulan tadi, kemasan Mama’s Choice ini terlihat unik. Dikemas dalam botol berpompa seperti botol sabun mandi. Kemasan seperti ini memudahkan juga. Karena kita bisa menggunakan sabun secukupnya sesuai kebutuhan. Harga per botol (500 ml) adalah Rp69.000,00. Tetapi, sedang ada diskon menjadi Rp49.000,00.

Berbagai produk Mama’s Choice bisa dilihat di www.mamaschoice.id atau IG @mamaschoiceid. Sesuai dengan taglige Mama’s Choice “Aman di Hati untuk Mama dan Bayi” tentunya semua produknya memang dibuat aman sesuai kebutuhan ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi di Indonesia.

  • Share:

You Might Also Like

57 comments

  1. Walau masih asi eksklusif, tapi aku tetep butuh cleanser ini buat cuci botol susu isi asi perah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya asi juga lemaknya nempel banget. Butuh liquid cleanser kayak gini biar benar2 bersih dan tetap aman buat bayi

      Delete
  2. Aku pun kalau mencuci piring, dikelompok2an dulu. Gelas dan peralatan makan lainnya dipisah. Gelas dicuci duluan supaya bau atau lemak bekas makanan yang menempel di piring atau sendok, nggak kena gelas. Gelas atau botol minum sama aja sih. Sama-sama didahulukan :D
    Eh tapi sekarang sudah ada Mama's Choice Baby Liquid yang terbuat dari Tea Tree Extract sebagai Antibakteri Alami ya. Kayaknya ga masalah mana yang duluan dicuci ya mbak.

    Mantaplah Mama’s Choice, terdaftar di BPOM, mengandung bahan alami, dan antibakteri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Tetapi, yang penting buat saya dikelompokkan dulu

      Delete
  3. pas banget buat para moms yg punya bayik..apalgi bisa dipake juga ya sehari-hari karena kandungannya lebih aman. Harga yg ditawarkan make sense, gak mahal2 bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah gak punya baby pun tetap bisa pakai

      Delete
  4. Anak remaja saya juga termasuk yang masih terbiasa membawa bekal dan minum. Tapi memang kekurangn dari wadah berbahan plastik yg terbaik sekalipun, jika terkena minyak dan sejenisnya, perlu usaha lebih saat membersihkannya.
    Untung ada produk Mamas Choice baby liquid cleanser ini yg dapat diandalkan. Peralatan makan ga diragukan lagi kebersihannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa nempel gitu ya lemaknya. Makanya harus cari cleanser yang pas

      Delete
    2. Iya. Walaupun sudah bersih tapi kadang aromanya masih nyisa.
      Kalau menggunakan Mama's Choice baby liquid semua masalah cuci mencuci peralatan makan jadi teratasi. Lebih hemat waktu jg dalam bersih2 ya.

      Delete
  5. Senangnya itu selain buat cuci botol,juga bisa untuk mencuci buah buahan dan sayur sayuran...
    Praktis dan pastinya lebih hemat ya...

    ReplyDelete
  6. Pas aku punya baby.. aku juga percayain semua kebutuhan babyku sama mama choice. Karena terbukti sekali mama choice semu produknya aman untuk bayi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama's Choice tau apa yang dibutuhkan ibu dan anak, ya

      Delete
  7. Daku juga gitu nyupirnya kak Chi, sisa makanan di buang, lalu tumpuk piringnya dari yang besar ke kecil dan di airkan. Biar pas menyucinya nggak cari-cari tempat sampah lagi

    ReplyDelete
  8. Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser ini bener2 #KurangiWorry ya Mba
    Ibu2 muda yg punya bayi pasti mengalami susaaahhh bersihin noda susu di dot.
    kalo pake ini, jadi gampiill dah

    ReplyDelete
  9. cantik kemasannya mbak Mira

    ternyata isi Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser bagus banget untuk membersihkan peralatan ya?

    anak-anak saya juga lebih suka bawa tumbler mbak

    ReplyDelete
  10. Kebersihan peralatan nyatanya harus seimbang dengan kebersihan makanan dan minuman itu sendiri ya. Dan itu penting banget. Apalagi jika digunakan oleh bayi. Harus bener-bener diperhatikan. Melihat rinciannya sih MAMA'C CHOISE Baby Liquid Cleanser ini sudah memenuhi persyaratan tersebut.

    ReplyDelete
  11. Kadang memang kita gak aware dengan product sembarangan unt peralatan anak. Kl dah ada Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser, aman ya 👍

    ReplyDelete
  12. Formula khusus di sabun cuci khusus botol bayi dari mama's choice ini sangat aman ya untuk ke higienisa perlatan minum, makan, dan botol si bayi.
    Terlebih untuk bayi yangs ensitif terhadap sabun2 ini,

    ReplyDelete
  13. Sampai sekarang ak juga masih rutin mencuci buah dan sayur pake sabun cuci botol anak karna biasanya memang food grade. Kalo mamas choice aromanya gimana ya jadi penasaran ..

    ReplyDelete
  14. Mbak Chi, anakku mahasiswa masih bawa bekal ke kampus hehehe. ALhamdulillah ya gak malu. Semoga masih gak malu semester ini.

    Kalo punya anak kecil, bahkan anaknya sudah besar pun dengan Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser lebih nyaman ya karena pastinya bahan2nya aman buat bayi juga aman buat orang dewasa.

    ReplyDelete
  15. Produk Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser ini sering aku gunain untuk cuci buah dan sayuran moms. Karena bahannya food grade jadi aman.

    ReplyDelete
  16. Meski anak saya sudah besar, bukan baby lagi tapi saya juga menggunakan sebagai pencuci buah dan sayuran juga
    Lebih higienis apalagi saya dan keluarga ini penyuka makanan mentah alias lalapan. Jadi harus beneran bebas kuman

    ReplyDelete
  17. Paling asyik deh kalau pake Mama's choice baby liquid ini, karena nyuci-nyuci perlengkapan bayi, jadi lebih aman, plus tangan juga ga bakal jadi kayak Upik abu, karena tetep lembut hihihi.

    Wajib banget dipakai oleh para mama-mama terutama yang punya bayi ya.
    Pokoknya bersahabat dengan Mama's choice is the best deh

    ReplyDelete
  18. karena sudah food grade jadi bisa di pakai buat mencuci sayur dan buah juga ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tetap bisa dipakai meskipun udah gak punya bayi

      Delete
  19. Tea tree extract biasanya buat obat jerawat eh ternyata krn ada manfaat bisa menumpas bakteri yaa. Pantesan jd bahan sabun cuci peralatan kyk gini juga.
    Wah bisa aku rekomendasikan nih buat nyuci perlengkapan botol asip dan makanan keponakanku :D

    ReplyDelete
  20. Sepakat untuk memisahkan perlengkapan kita sebagai orang dewasa dan anak anak. Bahkan dulu perlengkapan masak ya aku pisahin. Bagus produknya Mamas Choice ya

    ReplyDelete
  21. Kangen masa-masa anak-anak masih kecil dan butuh dipersiapkan segala sesuatunya yaa, kak Myra...
    MashaAllah~
    Sekarang udah besar pun kudu banget kebersihan dan kesehatan keluarga nomer 1, menggunakan produk Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser yang pasti aman dan food grade.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Sekarang bisa dipakai untuk mencuci buah dan sayur

      Delete
  22. Begitu MPASI makin banyak cucian apalagi botol dot dengan sedotan. Kudu dilepasin satu persatu. Butuh liquid cleanser khusus peralatan makan anak.

    ReplyDelete
  23. Bener banget, botol bayi harus dicuci dengan sabun khusus. Soalnya kalo enggak, bisa kena diare kayak anakku dulu.

    ReplyDelete
  24. Waktu masih suka kasih Bi ASIP karena aku sibuk even-even butuh banget nih pembersih botol kayak gini, termasuk buat bersihin pompanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman lah ya ini untuk mencuci perlengkapan anak

      Delete
  25. Aku kok ya kangen nyiapin bekal untuk anakku, Chi :)) Udah setahun ya ga sekolah, emaknya nyante banget nih ga nyiapin apa2. Sarapan aja jamnya molor molor.

    Kadang pas nyuci piring tuh tertinggal aroma pekat sabun pencuci piringnya. Kayaknya lebih aman yang ingredientnya seperti Mama's Choice ini ya. Pilihan bijak mama untuk menjaga kesehatan keluarga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabunnya juga bikin kulit tangan tetap lembut

      Delete
  26. Ini bisa dipake buat bersihin buah dan sayur yaa mba, boleh juga nih kalo food grade utk bersihin kotoran dan sisa pestisida yg maybe masih nempel kan yaa mba

    ReplyDelete
  27. Wah aku butuh juga nih, secara si Nadine dah mulai mpasi sekarang. Bagus ya buat wadah makan dan buah2an? Thanks mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan wadah, Mbak. Tetapi sabun untuk mencuci sayur dan buah :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^