Pepsodent Active Defense Mouthwash Memberikan Perlindungan Extra Keluarga Indonesia dari Penularan Covid-19

By Keke Naima - December 13, 2020

Pepsodent Active Defense Mouthwash Memberikan Perlindungan Extra Keluarga Indonesia dari Penularan Covid-19 - Sudah masuk bulan Desember. Tahun baru 2021 tinggal menghitung hari. Sudah berapa lama Indonesia mengalami pandemi Corona?

Pepsodent Active Defense Mouthwash Memberikan Perlindungan Extra Keluarga Indonesia dari Penularan Covid-19
 
Kadang-kadang Chi merasa time flies. Gak berasa juga tau-tau udah mau tahun baru. Alhamdulillah masih bertahan dan diberi kesehatan. Meskipun pandemi masih juga belum jelas kapan akan berakhir.

Tetapi, kadang-kadang ya lelah juga. Hampir 9 bulan dalam keadaan seperti ini. Semua roda kehidupan banyak sekali yang berubah. Apakah bisa kembali ke seperti masa sebelum ada pandemi atau akan lebih baik?

Pastinya salah satu hikmah pandemi adalah semakin peduli dengan yang namanya kesehatan dan menjaga kebersihan. Semoga kepedulian akan kesehatan dan kebersihan ini ini akan terus terus menjadi kebiasaan meskipun pandemi sudah berlalu.


3 Partikel yang Menjadi Transmisi Virus Corona


droplets, virus penyebab penularan covid-19
 
Selasa (8/12), Chi mengikuti webinar peluncuran virtual Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mengandung CPC. Sesuai dengan komitmen Pepsodent yang selalu ingin menghadirkan senyum keluarga Indonesia, selalu ada inovasi produk yang diluncurkan.

dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes., Ketua Umum PERSI, mengatakan bahwa menurut salah satu penelitian, rumah sakit menjadi tempat kerja yang berisiko paling tinggi nomor 1. Risiko ini bisa meliputi berbagai hal yaitu tenaga kesehatan, pasien, hingga lingkungan. Oleh karenanya perlu ada berbagai upaya untuk meminimalkan risiko.
 
Sejak pandemi, kita menjadi akrab dengan istilah 'droplet' sebagai penyebab penularan virus corona. Droplet memang masih masih menjadi penyebab utama penularan melalui saluran pernapasan. Tetapi, sebetulnya ada 3 partikel yang bisa menjadi transmisi Covid-19.


Splatter

Partikel ini lebih besar dari droplet. Percikannya bisa keluar melalui aktivitas bicara atau menyanyi. Daya jangkaunya <1 meter dan tidak bertahan lama di udara.


Droplet

Droplet menjadi penyebab paling dominan dalam hal penularan. Bisa melalui aktivitas bicara, batuk, bersin, dan lain sebagainya. Daya jangkaunya bisa sampai 1,5 meter.

 

Aerosol

Ukurannya lebih kecil daripada droplet. Bertransmisi melalui bersin, bernapas dengan cepat, batuk, dan lain sebagainya. Bisa bertahan lebih lama di udara. 

 

Tips Aman ke Dokter Gigi

 
rongga mulut tempat bersarang virus corona, tips aman ke dokter gigi
 
Pengennya sih sehat terus selama pandemi. Tetapi, kadang-kadang sakit datang tanpa diundang. Mau ke dokter juga takut.

Dokter gigi memang tidak secara langsung menangani pasien Covid-19. Tetapi, bukan berarti tanpa risiko, lho. Justru risikonya sangat tinggi.

Saat memeriksa gigi dan mulut pasien, posisinya sangat berdekatan. Sangat dekat dengan sumber penularan. Tidak hanya droplet, tetapi juga aerosol. Karena ketika alat digunakan untuk 'scalling' dan 'pengeboran' bisa memicu aerosol beterbangan di dalam ruangan.


Protokol Ruangan Praktek Dokter Gigi di Masa Pandemi

Ruangan memiliki ventilasi atau exhaust fan agar aerosol bisa tersedot keluar. Memiliki alat untuk mensterilisasi ruangan dan peralatan.


Protokol Dokter Gigi

Dokter gigi sudah memahami dan patuh tentang protokol kesehatan dari mulai berangkat ke tempat praktek, saat bekerja, hingga pulang ke rumah. Selama praktek menggunakan APD level 3. APD yang selevel dengan para tenaga kesehatan yang menangani langsung pasien Covid-19.


Bila Harus ke Dokter Gigi

  1. Sangat disarankan untuk menelpon terlebih dahulu dan menceritakan kondisinya agar tidak terjadi penumpukan pasien di tempat praktek. Pasien yang lebih urgent akan lebih diprioritaskan. 
  2. Memastikan kalau tempat praktek tersebut sudah melaksanakan protokol kesehatan untuk ruangan dan juga dokternya. Cara memastikannya dengan menelpon dan bertanya sedetil mungkin. Gak apa-apa deh dibilang cerewet juga. 
  3. Bila kondisi tubuh sedang tidak fit, misalnya batuk dan pilek, atau baru pulang dari traveling sebaiknya tidak ke dokter gigi dulu. 
  4. Jujur menceritakan keadaannya kepada tenaga kesehatan, misalnya jangan ngaku hanya di rumah aja padahal sebetulnya baru aja pulang dari jalan-jalan.
  5. Pasien tidak boleh ditemani selama berada di ruang praktek untuk meminimalkan risiko, kecuali pasien anak

 

Pepsodent Active Defense Mouthwash Memberikan Ekstra Perlindungan di Masa Pandemi


pepsodent active defense mouthwash

drg. Tritarayati, SH, MHKes. Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menuturkan, “Di tengah ketidakpastian mengenai kapan virus ini akan terkendali, ternyata masih banyak masyarakat yang salah paham mengenai risiko penularan COVID-19. Selain di saluran pernafasan, banyak riset menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur. Hal ini harus kita waspadai karena di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus. Sementara, data terbaru dari CDC menunjukkan bahwa lebih dari 50% penyebaran virus SARS-CoV-2 berasal dari kasus konfirmasi tanpa gejala yang berada di sekitar kita.”
 
Padahal ya pandemi di Indonesia udah mau 1 tahun. Jumlah yang positif aja udah tembus angka 600 ribu. Angka kematian Covid-19 di Indonesia tertinggi se-Asia Tenggara. Tetapi, tetap aja sampai saat ini masih ada yang abai. Hadeuuuh!

Menurut drg. Tritarayati, penyebabnya karena masih banyak masyarakat yang belum paham risiko Covid-19. Ada juga yang mulai jenuh dengan pandemi berkepanjangan dan belum jelas kapan berakhir.

Kalau bicara jenuh, Chi pun kadang-kadang merasa seperti itu. Tetapi, gak tega juga bila mengingat beban garda kesehatan akan semakin bertambah berat bila jumlah pasien positif Covid-19 terus bertambah banyak. Selain itu, circle yang tertular pun rasanya semakin dekat. 
 
Ngeri membayangkan bila sampai harus kehilangan nyawa. Duh! Wafatnya papah secara mendadak 1,5 tahun lalu aja, kadang-kadang Chi belum bisa move on. Gak mau deh kalau sampa harus kehilangan orang-orang terdekat lagi di saat ini.

So, masih disiplin untuk patuh dengan protokol kesehatan, kan? Bagus banget kalau masih patuh. Sekarang ditambah lagi yuk dengan proteksi ekstra menggunakan Pepsodent Active Defense Mouthwash


"Swiss Cheese Model" untuk Mencegah Penularan Covid-19 

 swiss cheese model menekan penularan virus corona
 
Hingga saat ini belum ada satupun cara yang efektif 100% berhasil mencegah penularan covid-19. Protokol kesehatan aja ada 3M yaitu Menjaga jarak, Mencuci tangan, dan Menggunakan masker. Artinya hanya menjaga jarak saja tidak cukup melindungi tubuh dari paparan virus bila tidak rajin mencuci tangan dan menggunakan masker.

Saat ini juga ditambah lagi protokol VDJ yaitu Ventilasi, Durasi, dan Jarak. Selain menjaga jarak fisik dan sosial. Kalau bicara dengan orang lain secara langsung sebaiknya tidak terlalu lama. Hindari juga ruangan dengan ventilasi yang buruk. Makanya seperti yang ditulis di awal, ventilasi pada ruangan praktek dokter menjadi salah protokol yang tidak boleh diabaikan.


Pepsodent Active Defense Mouthwash Membantu Melawan Kuman dan Bakteri 

 berkumur menggunakan mouthwash berteknologi cpc
 
Pepsodent baru saja meluncurkan produk terbarunya yang dapat membantu melawan kuman dan bakteri. Hasil studi in vitro yang diprakarsai oleh Unilever ini menunjukkan bahwa mouthwash yang menggunakan teknologi CPC dapat mengurangi virus SARS-CoV-2 hingga 99.9%.
 
“Di tengah situasi pandemi yang masih mengkhawatirkan, studi awal kami menunjukkan hasil yang menjanjikan. Teknologi CPC yang kami gunakan telah dikenal oleh industri perawatan gigi dan mulut karena kemampuannya dalam mengurangi bakteri, mencegah plak gigi dan peradangan gusi–tanpa mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam rongga mulut," ujar drg. Ratu Mirah Afifah, GCCClinDent, MDSc, Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Production.
 
Dr. drg. Armelia Sari Widyarman M.Kes, selaku dokter gigi dan peneliti, mengapresiasi studi yang telah dilakukan oleh Pepsodent. Lebih lanjut dikatakan bahwa hasil studi ini didukung oleh sebuah uji klinis dari sekelompok peneliti independen di Singapura yang melibatkan sejumlah penderita COVID-19. Berkumur dengan takaran tertentu selama 30 detik menggunakan mouthwash berteknologi CPC, efektif mengurangi jumlah virus SARS-Cov-2 secara signifikan dan efeknya bertahan hingga 6 jam.

Pepsodent Active Defense Mouthwash bukan obat untuk menyembuhkan COVID-19
 
Hasil studi secara in vitro memang menunjukkan bahwa Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi CPC ini mampu mengurangi jumlah virus SARS-Cov-2 hingga 99,9%. Tetapi, mouthwash ini bukanlah obat. Melainkan produk yang bisa digunakan untuk memberikan perlindungan ekstra. Agar diri kita semakin terlindungi dari penularan virus Corona. Ya ibarat 'Swiss Cheese Model' itu, semakin berlapis perlindungannya diharapkan diri kita semakin terlindungi.

Kandungan CPC juga tidak hanya berfungsi untuk mengurangi jumlah virus pada rongga mulut. Tetapi, juga efektif dalam mengurangi akumulasi plak serta mencegah radang gusi.

Penggunaannya harus sesuai ketentuan bila ingin efektif, ya. Meskipun Pepsodent Active Defense Mouthwash ini memiliki rasa menthol dan tidak mengandung alkohol, bukan berarti boleh ditelan, ya. Ini kan bukan obat dan memang penggunaannya untuk berkumur. Mouthwash ini digunakan untuk usia minimal 12 tahun.
 
Hasil studi in vitro ini juga menginspirasi Pepsodent untuk mendonasikan 50 ribu Pepsodent Active Defense Mouthwash ke berbagai rumah sakit rujukan COVID-19 di Jabodetabek dan Wisma Atlet. Produk ini sebagai perlindungan bagi para tenaga kesehatan dan juga pasien. Diharapkan donasi ini dapat menekan laju transmisi penularan COVID-19.

protokol kesehatan 3m ekstra
 
Mengatasi pandemi memang tidak bisa dilakukan sendiri. Semua pihak harus peduli dan berperan. Di penutup acara, drg. Mirah mengajak seluruh masyarakat untuk terus melindungi diri dan keluarga. Caranya adalah melalui tindakan 3M Ekstra yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak fisik, Menggunakan masker, dan Menjaga kesehatan rongga mulut.

Tetap jaga kesehatan, ya!

  • Share:

You Might Also Like

67 comments

  1. Yes, mengatasi pandemi memang tidak bisa dilakukan sendiri. Semua pihak harus peduli dan berperan. Diantaranya kita mesti memproteksi dengan tambahan 1 M untuk ekstranya, menjaga kesehatan rongga mulut dengan menggunakan mouthwash yang mengandung CPC solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pandemi masih ada. Gak boleh abai ya, Mbak. Kita semua harus bekerjasama

      Delete
  2. Masa pandemi ini kita memang dituntut menjaga kesehatan ya mbak, termasuk untuk urusan mulut karena virus ini juga penyebarannya lewat droplet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Apalagi sarangnya virus ada di rongga mulut

      Delete
  3. Hal ini: kondisi tubuh sedang tidak fit, misalnya batuk dan pilek, atau baru pulang dari traveling ... masih banyak yang abai, Mbak. Kita kudu proteksi diri dengan sangat baik. Nah, perlu juga ini ya Pepsodent Active Defense Mouthwash untuk perlindungan maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal pandemi masih ada bahkan terus meningkat. Sayangnya semakin banyak juga yang cuek

      Delete
    2. seneng mba ada Pepsodent Active Defense Mouthwash yang bisa bantu mengurangi virus covid-19, trus gak ada alkohol nya juga jadi lebih nyaman digunakan oleh sekeluarga

      Delete
    3. Iya, Mbak. Anak-anak pun bisa pakai

      Delete
  4. Ah ada yang baruu dari pepsodent yaa, ko aku baru ngeh ada produk buat mouthwashnya. Benr banget Chi biar tanbah segar rongga mulutnya yaa, setelah di keukeup sama masker seharian. Cuss ahh semangat sehat melawan kkopit dengan menjaga diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha betul juga, Teh. Jadi lebih pede kan kalau pakai masker

      Delete
  5. AKu juga pakai produk Pepsodent terbaru ini. Enak, berkumur dengan rasa menthol dan ga mengandung alkohol. KIta kudu siap siaga ya dan menjaga diri dari virus corona. Apalagi di dalam rongga mulut ternyata rentan terhadap bakteri, kuman dan virus. TFS. Cocok deh pakai Pepsodent Active Defense Mouthwash ini.

    ReplyDelete
  6. Hasil studi secara in vitro memang menunjukkan bahwa Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi CPC ini mampu mengurangi jumlah virus SARS-Cov-2 hingga 99,9%.
    Mantuull banget ya Mbaaa. memang kita kudu terus meningkatkan perlindungan untuk menghadapi masa2 sulit seperti saat ini.
    Semoga semuanya sehaaatttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! Perlindungan ekstra. Harapannya tentu agar semakin terlindungi

      Delete
  7. Pepsodent Active Defense Mouthwash ini produk baru ya mbak?
    Setiap bulan saya pasti beli, tapi nggak prnah memperhatikan Pepsodent mouthwash yang mana yang saya pilih :D
    Gigi saya bermasalah karena sering kekambuhan epilepsi mbak
    Mouthwash membantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ternyata bisa berguna juga untuk epilepsi ya, Mbak

      Delete
  8. Jadi pengen punya Pepsodent active defense mouth nih, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. SElain itu jadi ikut menjaga juga nih kesehatan orang-orang di sekitar kita karena kita udah memproteksi kesehatan mulut kita.

    ReplyDelete
  9. Jaga kesehatan itu harus menyeluruh ya mak, percuma pakai masker tapi kebersihan rongga mulut ga dijaga hihihi

    Pepsodent emang bener bener jadi sahabat keluarga Indonesia dr dulu deh ya kalau utk merawat gigi 😍

    ReplyDelete
  10. Wah hebat ya Teh Pepsodent ini. Cepat tanggap dengan kebutuhan masyarakat dengan hadirnya obat kumur terbaru dari pepsodent ini yang mampu virus corona dan bakteri yang lain juga. Butuh ini apalagi di kondisi masih pandemi begini.

    Ngomong-ngomong acara virtualnya bergizi ya Teh apalagi disampaikan oleh para ahlinya juga

    ReplyDelete
  11. Wah nambah lagi senjata menghadapi pandemi, biar mulut makin bersih dan terlindungi dari kuman ya Mbak, harus makin ketat nih protokol kita jangzn sia-siakan 9 bulan di rumah saja dengan mulai abai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena seoerti teori swiss cheese itu. Belum ada satu pung langkah yang 100% protektif

      Delete
  12. pandemi ini emang harus membuat kita lebih ekstra menjaga daya tahan tubuh ya mbak
    dimulai dgn mrnjaga kesehatan gigi dan mulut dgn produk dari pepsodent ini

    ReplyDelete
  13. Wah ini bagus nih bisa melengkapi protokol kesehatan yang udah ada, jadi 3M+1 nih yaaa

    ReplyDelete
  14. Saya baru tau kalo Pepsodent mengeluarkan produk baru obat kumur ini.
    Pas pandemi ini kita emang harus ekstra jaga kebersihan ya mbak

    ReplyDelete
  15. Kalimat Active Defense ini memberikan keyakinan bahwa produk Pepsodent yang satu ini bakal membantu kita menangkal virus. Kalau dibaca secara rinci, makin menyadarkan kita untuk menjaga kesehatan mulut agar terjauhkan dari virus yang mungkin menyerang. Salut untuk Pepsodent yang sudah melahirkan produk yang begitu bermanfaat bagi masyarakat luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan masayarakat Indonesia banyak yang percaya dengan kualitas Pepsodent

      Delete
  16. Varian ini kalau di alfamart gitu ada gak ya Mba? Kayaknya jarang lihat deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru banget diluncurkan, Mbak. Biasanya memang hanya di beberapa tempat aja. Bisa jadi karena distribusi. Tapi, lama-kelamaan biasanya udah merata ada di mana-mana

      Delete
  17. Mantap nih inovasi terbaru dari Pepsoden. Saya mupeng dengan khasiatnya yang ampuh mencegah penularan COVID-19. So jadi merasa perlu juga menyediakan stok Pepsodent Active Defense Mouthwash di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stok deh, Mbak. Saya aja udah mau habis 2 botol hehehe

      Delete
  18. Pepsodent memang peduli banget ya dengan kesehatan mulut dan gigi masyarakat Indonesia. Sekarang mereka berinovasi dengan mouthwash yang menggunakan CPC yang dapat mencegah virus corona. Kudu pakai juga ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pepsodent memang termasuk terdepan urusan kesehatan mulut dan gigi

      Delete
  19. Kalau dah sikat gigi trus berkumur dgn mouthwash,baru deh afdol hehe
    Pakai pepsodent sudah lama. Tambah lagi bisa lawan virus, makin keren

    ReplyDelete
  20. Lelaaaaah yaa menghadapi situasi yang semakin tidak kondusif ini. Minimal kita berharap dan bersandar pada Allah SWt dan menberikan proteksi berlapis pada keluarga seperti menyediakan Pepsodent Mouthwash udah paling bener! 3 M ekstra pokoke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berharap kepada Allah SWT tentu menjadi kewajiban umat beragama. Tetapi, jangan smapai tidak berikhtiar

      Delete
  21. kasus semakin meningkat tapi banyak yang sudah tidak peduli. swmoga kita terlindungi ya mbak, dan semanGt memproteksi diri

    ReplyDelete
  22. nggak cuma butuh 3M ya mbak, tapi juga harus mrnjaga kesehatan gigi dan mulut supaya terhindar dari covid 19 ini.
    inovasi pepsodent ini sangat keren dan solutif

    ReplyDelete
  23. Berkumur pakai ini setidaknya bisa memberi perlindungan double2 ya mbak. Khususnya supaya droplet kita bebas virus.
    Mungkin ini sebaiknya disarankan dipakai oleh mereka yang kerjaannya banyak ngomong, kek guru, dokter, dll gtu
    Eh tapi masyarakat luas kalau banyak yang makai ya makin baik sih hehe

    ReplyDelete
  24. Penting banget yaa mbak menjaga kesehatan mulut selain dengan menggosok gigi dua kali sehari. Juga perlu nih berkumur dengan Pepsodent Active Defense Mouthwash untuk perlindungan ekstra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ditambah dengan mouthwash jadi ekstra perlindungannya

      Delete
  25. Sejak awal pandemi, para dokter gigi ternyata meneliti mengenai ke efektifan kumur-kumur dengan Mouthwash. Ternyata mengurangi 30% penyebaran virus. Apalagi yang kumur-kumur menggunakan Pepsodent Active Defense Mouthwash sampai ke rongga tenggorokan awal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dengan teknologi CPC, secara in vitro efektifnya malah 99,9%

      Delete
  26. Kebersihan mulut penting ya mba apalagi pandemi gini. Untung ada skrg yang bisa mengurangi kuman bakteri virus dengan pepsodent baru. Beli ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum pandemi pun kesehatan mulut wajib dijaga. Apalagi kondisi saat ini

      Delete
  27. Nah ini mba chi butuh banget aku apalagi aku masih aktif ngantor saban hari kadang meeting juga suka waswas aja kalau ngumpul gitu soalnya ga tau nih usernya abis darimana aja meski berjarak dan ttp pake masker ttp aja deg2an jadi pengen beli varian pepsodent ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Harus lebih ekstra lagi perlindungannya

      Delete
  28. Baru tau loh kalau ada istilah lain selain droplet ketika cairan dari dalam mulut nyemprot ke luar. Masih heran aja ada orang yang sama sekali ga mau pake masker. Nalarnya pada di mana yaa.. gemes deh kalau mengingat hal ini.

    Proteksi dari diri sendiri gini tuh penting ya. Paling tidak mengusahakan kuman dari mulut kita telah dibasmi dengan menggunakan mouthwash. Plus pake masker tetap lah kalau kemana-mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena mayoritas penularan memang dari droplet. Padahal ada transmisi lainnya juga

      Delete
  29. KZL emang kalau dengar ada orang yang masih acuh terhadap virus yang satu ini, bilangnya aahh covid itu udah gak ada kok, hadeeeehh.
    beberapa waktu lalu dokter langgananku beserta keluarganya juga terpapar virus ini, sedih deh pas tahu kabarnya itu, Alhamdulillah sekarang mereka semua udah sembuh.
    Noted nih mau cari juga ahh mouthwash terbaru dari Pepsodent ini biar makin lengkap ya usaha pencegahan kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kesel banget. Padahal pandemi udah beberapa bulan. Kok ya masih ada aja yang cuek

      Delete
  30. Semoga dengan pepsodent active defense mouthwash ini bisa menekan penyebaran virus yah

    ReplyDelete
  31. aku kira semua yg keluar dr mulut ya droplet. ternyata ada 3 macam ya jenisnya. tp yg jelas sama2 bertahan lama di udara dan jangkauannya jg jauh.

    pepsodent ngeluarin obat kumur yg bagus banget dong ya ini. udah bisa dibeli di minimarket gt mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya produk Pepsodent mudah ditemukan di minimarket

      Delete
  32. Wah manfaatnya ampuh juga ya pepsodent active defense mouthwash ini bisa nih dicobain siapa tau cocok

    ReplyDelete
  33. Saya baru ketiga partikel ini, Splatter, Droplet, dan Aerosol. Ternyata ketiganya menjadi transmisi covid-19. Semoga keadaan burukini secepatnya berlalu ya... Tetap jaga kesehatan.

    ReplyDelete
  34. Keinget keponakan yg kapan hari giginya mau diperiksakan, tapi dokter gigi nggak bisa melayani, Dari kejadian itu, apalagi masa pandemi gini, menjaga kebersihan mulut wajib hukumnya. Aku baru tahu juga kalau Pepsodent punya produk baru berupa Mouthwash, Soalnya seringnya pakai odolnya aja heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain deh, Mbak. Ini mouthwasnya enak di mulut

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^