5 Cara Mudah Mempersiapkan Makanan untuk Orang Tua yang Sibuk

5 Cara Mudah Mempersiapkan Makanan untuk Orang Tua yang Sibuk. Menyiapkan makanan sendiri untuk seluruh keluarga merupakan hal yang penting untuk dilakukan, meskipun kita sedang sibuk dengan pekerjaan. Memasak makanan di dalam kompor gas tentunya lebih terjamin kebersihan dan nilai gizinya jika dibandingkan dengan makanan siap saji atau yang dibeli di luar. Menyiapkan makanan sendiri juga akan meminimalisir kemungkinan terkontaminasi bakteri atau virus dari luar, sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi keluarga.

Namun, bagi orang tua yang sibuk, menyiapkan makanan untuk keluarga bisa menjadi tantangan tersendiri. Jika tidak diatur dengan benar. Menyiapkan makanan bisa sangat menyita waktu dan dapat memengaruhi waktu kerja. Untuk itu, bagi para orang tua yang sibuk, sebaiknya simak dulu 5 cara mudah menyiapkan makanan berikut ini.


1. Membuat Rencana Menu Masakan


Langkah awal untuk menghemat waktu saat mempersiapkan makanan adalah membuat rencana menu masakan. Teman-teman dapat membuat menu masakan selama satu minggu ke depan di waktu luang teman-teman, misalnya di hari Sabtu atau Minggu.

Dengan membuat rencana menu ini, teman-teman tidak perlu bingung mau mempersiapkan makanan apa di saat hari kerja, tinggal eksekusi rencana yang telah dibuat sebelumnya. Buatlah menu yang bervariatif agar teman-teman dan keluarga tidak bosan. Sesuaikan juga dengan kebutuhan gizi dan selera keluarga.

Cobalah untuk berkreasi dengan menu yang dibuat dan tetap mengutamakan menu yang sehat. Misalnya untuk hari Senin teman-teman merencanakan menu sayur dan ikan, Selasa menu dengan protein daging merah, Rabu dengan kacang-kacangan, dan sebagainya.


2. Berbelanja Bahan Makanan Sesuai Rencana Menu


Langkah berikutnya setelah membuat rencana menu adalah berbelanja bahan makanan. Buatlah daftar bahan makanan apa saja yang akan dibeli dengan melihat rencana menu untuk satu minggu kedepan. Untuk dapat menghasilkan masakan yang enak, pilihlah bahan makanan yang segar dan kualitasnya baik.

Saat membeli daging ayam atau ikan, mintalah penjual atau pegawai toko untuk membersihkan dan memotong-motong daging terlebih dahulu. Tujuannya untuk mempersingkat waktu saat mempersiapkan makanan. Perhatikan juga cara penyimpanan bahan makanan setelah berbelanja. Pilih dan pilah bahan makanan apa saja yang harus disimpan dalam lemari es.


3. Mempersiapkan Bahan Makanan


Langkah penting selanjutnya dalam mempersiapkan makanan agar lebih praktis dan hemat waktu bagi teman-teman yang sibuk adalah mempersiapkan bahan makanan yang akan diolah. Mempersiapkan bahan makanan di sini maksudnya adalah membersihkan dan memotong sayuran dan bahan makanan lainnya yang akan digunakan untuk memasak, misalnya jamur, bakso, atau sosis. Untuk daging ayam atau ikan, teman-teman dapat menyimpan dalam keadaan sudah dipotong-potong dan dibumbui, jadi teman-teman tinggal menggorengnya. Untuk daging sapi, sebaiknya disimpan dalam keadaan segar tanpa dibersihkan terlebih dahulu.


4. Membuat Stok Bumbu Halus


Langkah selanjutnya agar mempersiapkan makanan lebih praktis dan cepat adalah membuat bumbu halus dalam jumlah banyak untuk stok. Gunakan blender untuk menghaluskan bumbu dalam jumlah banyak. Stok bumbu halus dapat disimpan dalam wadah tertutup rapat di dalam kulkas. Selain bumbu inti, teman-teman juga dapat menyiapkan bumbu kemiri atau bumbu pedas.


5. Menyimpan Bahan Makanan yang Telah Disiapkan dengan Baik


Bahan makanan yang sudah dibersihkan, dipotong-potong, atau bumbu yang telah dihaluskan sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup atau wadah kedap udara. Teman-teman dapat menggunakan wadah plastik tebal dengan kualitas food grade atau wadah kaca dengan tutup.

Berilah label tanggal penyimpanan pada tiap wadah. Jadi teman-teman dapat mengatur untuk memakai bahan yang lebih lama disimpan terlebih dahulu. Masukkan bahan makanan dalam wadah-wadah tersebut dalam kulkas atau freezer. Saat akan memasak, teman-teman tinggal mengambil bahan yang sudah siap tersebut sehingga proses mempersiapkan makanan menjadi lebih cepat.

Dengan melakukan lima langkah di atas, teman-teman tidak hanya dapat menghemat waktu untuk mempersiapkan makanan, tetapi juga dapat menyediakan menu sehat untuk keluarga meskipun sedang sibuk bekerja. Selain itu, mempersiapkan makanan sendiri juga dapat membuat teman-teman lebih berhemat. Luangkan beberapa jam di akhir pekan khusus untuk mempersiapkan bahan makanan sehingga dapat mempersiapkan makanan dengan lebih cepat di hari kerja.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Kalau saya sih harus sedia telur di kulkas agar siap "nyeplok" hehe.

    BalasHapus
  2. Nah iya, stok bumbu halus tuh emang harus ada di rumah. Soalnya sering buru-buru nyiapin makanan. Jadi, butuh yang tinggal dipakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih hemat waktu kalau udah ada bumbu halus

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^