Buah yang Bagus untuk Lambung dan Atasi GERD

Buah merupakan makanan bernutrisi yang penting untuk dikonsumsi setiap hari. Namun bagi penderita GERD serta seseorang yang memiliki masalah lambung lainnya, ada buah tertentu yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, seperti buah lemon dan jeruk. Sebaliknya, ada juga buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi supaya bisa mengatasi GERD.

Buah yang Bagus untuk Lambung dan Atasi GERD



Penyakit GERD
atau gastroesophageall reflux disease merupakan gangguan lambung yang dialami banyak orang. Penyakit ini merupakan kondisi dimana adanya kerusakan pada otot bagian bawah kerongkongan (sfingter esofagus) yang menyebabkan terjadinya kebocoran. Hal tersebut yang menyebabkan naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Naiknya asam lambung menimbulkan banyak keluhan tubuh lainnya seperti rasa nyeri pada ulu hati, sensasi terbakar pada dada, hingga tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Untuk mencegahnya, perlu adanya kontrol baik dari asupan makanan hingga kebiasaan yang harus dihilangkan. Contoh makanan yang harus dihindari adalah minuman bersoda, kopi dan coklat ketika perut masih kosong.



Mengkonsumsi Buah yang Tepat Untuk Lambung dan Atasi GERD


Pepaya

Pepaya cukup mudah ditemukan disekitar kita, harganya pun terjangkau serta sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Buah yang satu ini sudah dikenal sebagai buah yang dapat melancarkan sistem pencernaan karena kandungan enzim papain yang terdapat di dalamnya. Namun, tahukah kamu bahwa pepaya juga baik untuk menetralkan kenaikan asam lambung? Selain itu, kandungan vitamin A, C, K, beta-karoten hingga kalsiumnya sangat diperlukan bagi tubuh.


Apel

Apel memiliki banyak jenis, meskipun demikian, semua jenis apel cenderung memiliki kandungan yang mirip dan sama-sama baik untuk lambung. Kandungan vitamin A, B,C,D, zat besi, kalsium dan magnesiumnya membantu tubuh dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Oleh sebab itu, seseorang yang mengkonsumsi pepaya setiap hari biasanya akan mengalami buang air besar yang lancar dan teratur. Selain itu, apel juga dapat menetralisir asam lambung dan membuat perut tenang, terutama bagi seseorang yang memiliki masalah lambung.


Alpukat

Buah yang satu ini seringkali dijadikan menu pada diet sehat. Tidak hanya sebagai sumber serat yang baik, alpukat juga banyak mengandung mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk kesehatan dan kecantikan. Alpukat juga buah yang disarankan bagi seseorang yang memiliki masalah lambung. Sebab ia dapat mengendalikan asam lambung serta meredakan maag.


Semangka

Buah semangka dikenal dengan kandungan airnya yang banyak. Bahkan menurut penelitian buah semangka mengandung sekitar 92% air di dalamnya. Semangka juga mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat kandungan nutrisi yang membuat buah yang satu ini dapat menetralkan asam lambung yang sedang naik.


Melon

pH-nya yang bernilai basa membuat melon menjadi buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita GERD. Sebab, kandungan basa pada melon dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, buah inipun manis dan menyegarkan tubuh.
Pir

Masih berkerabat dengan apel, buah pir juga dapat menetralkan asam lambung karena kadar pH nya 3,5-4,6. Selain itu, pir juga mengandung serat dan pektin yang baik untuk sistem pencernaan.
Tin

Buah yang berasal dari Timur Tengah yang satu ini memiliki banyak manfaat, salah satunya bagi sistem pencernaan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan kalium, kalsium, zat besi, serta serat di dalamnya. Ketika asam lambung sedang naik, cobalah mengkonsumsi buah tin untuk meredakannya.

Selain mengkonsumsi buah, kamu juga perlu siap sedia obat antasida yang bersifat penetral asam, seperti promag herbal. Sedia payung sebelum hujan sangat diperlukan, apalagi di tengah situasi genting. Selamat beraktivitas kembali dengan normal!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. aku punya penyakit asam lambung ato gerd.. makasih banget aku jadi tahu buah yang wajib untuk aku konsumsi

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^