Cara Melindungi Orang Terdekat Dari Penyakit Kritis

Tidak ada satu orang pun yang ingin sakit. Apalagi saat pandemi begini. Sekadar batuk dan bersin aja rasanya udah parno banget. Mau ke dokter? Duh! Bisa mikir ribuan kali, deh!

Kita memang harus semakin memperhatikan kesehatan di masa pandemi. Kalau bisa jangan sampai sakit, deh. Di saat normal aja, sedih rasanya kalau orang terdekat sedang sakit.

cara melindungi orang terdekat dari penyakit kritis

Cara Melindungi Orang Terdekat Dari Penyakit Kritis


Fokus hampir semua masyarakat saat ini memang sedang tertuju ke COVID-19. Virus yang penyebarannya sangat masih dan membuat pandemi. Hampir semua negara di dunia mengalaminya. Tetapi, sebetulnya ada beberapa penyakit kritis lain yang gak boleh diabaikan. Apalagi berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar (Rikerdas) tahun 2018, berbagai penyakit kritis yang tidak menular seperti jantung, stroke, gagal ginjal, dan lain sebagainya masih menjadi penyebab angka kematian tertinggi di Indonesia.

Apa yang harus dilakukan?


Menjalani Pola Hidup Sehat


Pertama kali yang harus dilakukan adalah menjalani pola hidup sehat. Hal ini membutuhkan kesadaran dan konsisten.

Kami semakin menyadari pentingnya pola hidup sehat saat almarhum papah mertua terkena diabetes. Penyakit ini belum ada obatnya. Tetapi, harus disiplin dengan pola hidup sehat supaya bisa tetap beraktivitas normal. Sayangnya, almarhum memang kurang disiplin sehingga menimbulkan berbagai komplikasi.

Tentu saja ini jadi pelajaran bagi kami. Makan, istirahat, dan berolahga secara teratur dan cukup, kami lakukan. Termasuk saat sedang masa PSBB karena pandemi, di mana godaan untuk makan terus selalu aja ada. Memang kadang-kadang masih suka ada gak disiplinnya. Tetapi, setidaknya sebisa mungkin kami maksimalkan untuk lebih disiplin. Asiknya kesadaran ini dilakukan bersama keluarga.


Menjaga Pikiran Tetap Sehat


Penyakit juga bisa datang dari pikiran, lho. Makanya penting banget untuk mengelola stress. Jangan sampai pikiran terlalu terkuras dengan banyak masalah.

Memang kadang-kadang sulit juga menjaga pikiran tetap positif dan gembira di saat lagi sedih. Itulah pentingnya circle yang saling mendukung. Biar tidak merasa sendirian. Dan mendapatkan dukungan di saat hati sedang sedih.


Pentingnya Memiliki Asuransi yang Cover Penyakit Kritis


cara melindungi orang terdekat dari penyakit kritis
Keluarga besar yang selalu menghibur di saat ada salah satu anggota keluarga ada yang sakit dan lain sebagainya

Saat ini, keluarga besar Chi juga lagi sedih. Beberapa minggu lalu, dokter mengatakan ada benjolan kembali di tubuh tante saya. Padahal udah sekitar setahunan dinyatakan bebas dari kanker. Pengobatan pun mulai dilakukan kembali.

Sedih? Udah pasti! Tetapi, kami semua berusaha untuk tidak berlarut-larut. Tetap ceria dan becanda-canda kalau di WAG keluarga besar. Biar tante merasa senang karena semua anggota keluarga menghibur.

Penyakit kanker memang bukan penyakit yang dalam hitungan hari bisa sembuh. Pengobatannya bis ajangka panjang. Ketika sudah sembuh juga harus tetap menjaga pola hidup sehat. Bahkan yang sudah dinyatakan bebas pun bisa mengalami kembali, seperti yang terjadi pada tante Chi.

Memang penting banget untuk mengenal penyakit yang menimpa diri sendiri atau orang terdekat dengan baik. Jangan mudah termakan hoax. Konsultasi ke dokter spesialis yang tepat. Memiliki circle yang mendukung dan akan terus menyemangati supaya kita atau orang terdekat tetap semangat menjalani pengobatannya.

fwd critical armor, asuransi penyakit kritis

Tidak kalah pentingnya memiliki asuransi yang cover penyakit kritis. Karena penyakit ini seringkali membutuhkan waktu penyembuhan dalam jangka panjang dengan biaya yang tidak sedikit. Bila tidak ada persiapan, bisa memakan pos-pos keuangan lainnya.

Akan lebih menyedihkan bila yang terkena penyakit kritis ini adalah tulang punggung keluarga. Pemasukan mungkin akan terkena imbasnya karena produktivitas berkurang. Sedangkan pengeluaran untuk pengobatan ini mulai menggerogoti berbagai pos keuangan lain.

Memang penting menyiapkan asuransi penyakit kritis sejak dini. Tentu bukan karena kita berharap dapat penyakit. Tetapi, ini ibarat membuat perlindungan untuk orang terdekat. Salah satu upaya supaya jangan panik juga bila penyakit ini menyerang.

FWD Critical Armor adalah produk asuransi penyakit kritis yang komprehensif, dirancang untuk membantu nasabah mengurangi kekhawatiran terhadap kerentanan keuangan saat terserang penyakit kritis.

Produk asuransi penyakit kritis FWD Life memiliki beberapa keuntungan. Asuransi FWD Critical Armor memungkinkan nasabah yang terkena salah satu dari 65 penyakit kritis major atau minor hinggalmlebih dari 3x claim dan dicover dengan 320% uang pertanggungan. Bila hingga usia 80 tahun nasabah tidak terdeteksi penyakit kritis major apapun, maka 100% uang nasabah akan dikembalikan. Tetapi, bila terdeteksi penyakit kritis major, nasabah akan dibebaskan dari seluruh biaya premi. Sehingga bisa lebih fokus dengan pemulihan.

Masih ada beberapa benefit lainnya dari asuransi penyakit kritis FWD Life ini. Patut dipertimbangakan karena tidak memberatkan nasabah. Malah jadi memiliki perencanaan yang matang untuk memproteksi orang terdekat. Bisa mengurangi rasa khawatir dalam menjalankan hidup karena merasa sudah ada perlindungan. Untuk informasi lebih lanjut tentang asuransi ini, silakan kunjungi fwd.co.id

40 Comments

  1. Penyakit kanker memang butuh biaya dan kesabaran super duper extra ya Mba
    Been there, karena Ibuku juga kena kanker paru.
    Semoga semuanyaa sehaaaattt, dan memang bijaksana bgt kalo pilih asuransi yg bisa meng-cover penyakit kritis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Jadi memang bagusnya kalau punya asuransi

      Hapus
  2. Aiihh ketemu lagi sama 3 poto cool 1 cengengesan, hahaaa.
    Chii, ngeri banget ya penyakit jaman sekarang, banyak yang kritis yang butuh biaya ga sedikit. Untungnya ada FWD Critical yang melayani asuransi untuk penyakit kritis ini.

    Ahh, semoga kita semua diberikan kesehatan, namun tetep berusaha mencegah dan proteksi keluarga yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahaha kan centrenya mah harus cengengesan.

      Aamiin. Tetapi, tetap harus ikhtiar untuk kesehatan keluarga

      Hapus
  3. FWD ini dari yang beberapa kali saya baca memang banyak kemudahannya, seperti pembebasan premi sejak terdiagnosa itu sangat membantu. Hnya saja untuk proses klaimnya susah nggak untuk kasus-kasus seperti itu? Kalau yang klaim untuk pengobatan biasa sih saya sering lihat temen saya karena pakek FWD juga jadi sudah tahu gak susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih enggak, ya. Karena yang sudah punya kan gak susah klaimnya

      Hapus
  4. Bener banget nih sejak covid merajalela, bikin orang yang butuh penanganan kontrol rutin karena penyakit kronis jadi was-was dan sementara menjauhi RS. Jadi harus penanganan ekstra di rumah. Ya butuh banget memang asuransi kesehatan yang bisa nanggung jika terjadi hal yang urgent.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini yang terjadi sama tante saya. Jadi was-was mau kontrol ke rumah sakit.

      Hapus
  5. duh sakit kanker itu bisa kambuh ya? Semoga tantenya mbak sembuh.. syafahallah untuk tantenya.. semoga bisa sehat kembali aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin

      iya bisa aja. Makanya harus terus dikontrol

      Hapus
  6. apalagi dalam kondisi hari-hari ini ya makchi, saat sakit menjadi pemicu menjadi rentan tertular covid. makin penting punya asuransi kesehatan kayak FWD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Sebaiknya emmang punya proteksi

      Hapus
  7. Menjaga pikiran tetap sehat tuh penting banget deh, apalagi disaat seperti sekarang ini ya mbak. Aku jadi pengen baca-baca nih tentang FWD, kebetulan lagi cari insight

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! Pikiran juga bisa memicu penyakit

      Hapus
  8. i agree wit you, try change lifestyle and mine about life, like enough to take rest, always smile, do little sport.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga segala ikhtiar membuahkan hasil yang manis. aamiin

      Hapus
  9. Iya yang punya penyakit harus lebih waspada masa pandemi ini ya kare a lebih rentan terjangkit covid lebih tenang jika ada asuransi yang terpercaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Mbak. Sebaiknya ada proteksi juga

      Hapus
  10. Aku baru tau neh ada jasa asuransi FWD. Semoga sehat semua ya Mbak seluruh anggota keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal FWD ini termasuk asuransi yang sudah lama ada :)

      Hapus
  11. Sebelum terjadi memang sebaiknya kita cegah ya mba, dengan memperbaiki pola hidup sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! mencegah lebih baik daripada mengobati

      Hapus
  12. Syafakillahu untuk tante yaa, kak..
    Semoga diberi kemudahan dalam menjalani proses pengobatan dan diberikan kemudahan untuk kesembuhan yang sempurna.

    Asuransi untuk keluarga memang sangat disarankan yaa..
    Agar meringankan beban anggota keluarga inti juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin

      iya disarankan punya asuransi untuk proteksi. Tante saya juga terbantu dengan asuransi

      Hapus
  13. Penerapan pola hidup sehat memang butuh komitmen kuat ya, Teh. Baru terasa pentingnya ketika sakit. Aku baru tau ada asuransi khusus untuk penyakit kritis. Btw, semoga tante diberi kekuatan, kesehataan.

    BalasHapus
  14. Betul.banget fikiran emang jahat yah bisa tau2 sakit aja fisiknya..aku ya pernah gitu makanya sekarang berusaha jaga mental juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jauh-jauh deh ya dari banyak pikiran

      Hapus
  15. Yup bener ini, asuransi emang penting banget. Berasa lebih aman gitu kalo pake asuransi karena banyak hal" tak terduga yang terjadi pada kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. merasa terlindungi dengan adanya asuransi

      Hapus
  16. Bulan Maret kemarin saat operasi leher anakku, terasa banget pentingnya asurasi kesehatan, karena yang namanya uang tunai atau pun uang yang ada di bank, belum tentu mencukupi biaya untuk rawat inapnya.
    Penting juga untuk memilih asuransi yang mengcover penyakit kritis.

    BalasHapus
  17. Penyakit zaman sekarang duh ngeri2 mak Chi, naudzubillah ya Allah semoga dijauhkan. Memang perlu nih kita punya dana darurat bagus lagi sih memang persiapan untuk hal-hal tak terduga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makanya sebaiknya emmang punya dana untuk kesehatan

      Hapus
  18. Memang penyakit sekarang banyak mengintai yaaa mba. Aku punya sampai pakai 2 asuransi di luar BPjS

    BalasHapus
  19. Aku masih mikir ini asuransi yang tepat apa ya kira2 buat keluargaku. FWD ini emang bisa dipertimbangkan nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyam harus banyak pertimbangan. Jangan sampai salah memilih

      Hapus
  20. Dengan adanya asuransi kita akan merasa terlindungi ya mbak. Setidaknya, kita tidak perlu memikirkan sejumlah biaya yang harus dikeluarkan jika jatuh sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Dan bisa lebih fokus ke penyembuhan

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^