Beragam Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan dan Kecantikan

Saat sedang dalam perjalanan pulang dari Sukabumi menuju Jakarta, Chi melihat pemandangan yang menarik. Ada banyak sekali burung beterbangan dan hinggap di tiang listrik. Ada juga yang masuk ke atap-atap rumah warga. Katanya sih itu burung walet.

Hmmm ... mungkin benar juga, ya. Karena Chi juga taunya burung walet itu bisa diternakan dan dibudidayakan oleh manusia. Cara yang paling sederhana dengan mengundang dan membiarkannya menetap di atap rumah.

Beragam Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beragam Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan dan Kecantikan

Image by Monika Helmecke from Pixabay

Sarang burung walet ini bernilai banget karena khasiatnya yang banyak, lho. Dan kabarnya, Indonesia adalah negara penghasil sarang burung walet terbaik di dunia.

Sarang burung walet (bird nest) yang dihasilkan dari air liurnya ternyata memiliki ragam manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan dan kecantikan? Apakah teman-teman sudah tau ada kandungan apa saja? Liur burung walet mengandung protein, yang tinggi kandungan asam aspartat, prolin, sistein, fenilalanin, tirosin, glukosamin, kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Tenang saja, liur burung walet aman dikonsumsi semua kalangan, kok. Dimulai dari pria, wanita, lansia, anak-anak, hingga ibu hamil. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini mengenai ragam manfaat sarang burung walet untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Sarang burung walet memiliki kandungan mineral tinggi yang sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Supaya mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, minumlah secara rutin seminggu dua kali. Caranya bisa direbus dengan air atau susu.

Selain itu, sarang burung walet termasuk ke dalam makanan yang tinggi antioksidan. Antioksidan adalah senyawa aktif yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis dan efek radikal bebas.

2. Manfaat Bagi Kesehatan dan Vitalitas Pria


Sarang burung walet sangat baik untuk kekebalan tubuh. Sehingga, jika rutin dikonsumsi akan terasa lebih fit dan sehat. Tak hanya itu, kandungan glikoprotein tinggi yang terdapat dalam sarang burung walet mampu meningkatkan stamina dan vitalitas pria. Kemampuan seksual yang dimiliki pria juga menjadi lebih baik.

3. Solusi Masalah Kulit


Bagi teman-teman yang memiliki permasalahan kulit seperti jerawat, sarang burung walet adalah solusi tepat untuk mengatasinya. Kolagen alami yang terkandung di dalam bird nest, mampu menyembuhkan peradangan akibat jerawat.

Selain itu, serat yang cukup tinggi bisa mengencangkan kulit dan menyamarkan garis-garis halus berupa kerutan di wajah. Kulit akan menjadi lebih cerah dan terasa kencang.

Jika teman-teman ingin melakukan perawatan kulit dengan sarang walet, saat ini sudah tersedia sheet mask yang terbuat dari bird nest. Mineral mangan yang terdapat pada sarang burung walet juga dapat mempercepat penyembuhan luka di kulit.

4. Manfaat Kesehatan Untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin


Sarang burung walet mengandung asam amino, mineral, dan protein yang berperan penting dalam pertumbuhan janin di dalam kandungan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga dapat meningkatkan kecerdasan calon bayi. Maka dari itu, ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi bird nest agar kesehatannya tetap terjaga.

5. Manfaat Kesehatan Untuk Lansia


Bagi orangtua yang sudah lanjut usia juga disarankan mengkonsumsi sarang burung walet karena khasiatnya mampu menghilangkan rasa lelah, sehingga tubuh terasa lebih segar, meningkatkan nafsu makan, dan memperlancar sistem pencernaan. Masalah kesehatan yang dialami para lansia dapat diatasi dengan sarang burung walet.

Seperti yang dilansir dari hellosehat.com, penelitian terbitan jurnal Drug Design, Development and Therapy tahun 2015 menyatakan bahwa sarang walet berpotensi menurunkan risiko pengentalan darah (hiperkoagulasi) akibat kolesterol tinggi. Bird nest juga dianjurkan untuk pengobatan batuk kronis karena juga berfungsi membersihkan dahak.

Bisa dibayangkan air liur burung walet yang secara bertahap mengeras dan membentuk sarang, ternyata memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Oleh karenanya, mulai sekarang, kita semua harus membiasakan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sarang burung walet dan berolahraga secara teratur.

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^