Alfamart Meluncurkan Alfagift 4.0 untuk Terus Menyenangkan Konsumen - "Yah, nanti pulang kantor beliin susu dan kecap di Alfamart."

Cukup sering Chi minta tolong K'Aie untuk belanja kebutuhan sehari-hari di Alfamart. Sebetulnya lokasi minimarket ini gak jauh juga dari rumah. Tetapi, kadang-kadang Chi suka mager. Mendingan minta K'Aie aja yang belanja.


peluncuran aplikasi alfagift 4.0 dari alfamart


Alfamart Meluncurkan Aplikasi Alfagift 4.0



launching alfagift 4.0

Senin (19/8) bertempat di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Alfamart resmi meluncurkan aplikasi Alfagift 4.0. Sebetulnya aplikasi ini bukanlah sesuatu yang baru. Tetapi, Alfagift 4.0 merupakan pengembangan dari aplikasi Alfagift sebelumnya.

"Pada tanggal 18 Oktober 2019, Alfamart akan memasuki usia ke-20 tahun. Dari toko pertama di daerah Karawaci, saat ini Alfamart sudah memiliki lebih dari 13.800 toko yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Hans Prawira, Presiden Direktur Alfamart.

Masih dalam rangka menyambut usia ke-20 tahun, Alfamart meluncurkan versi terbaru Alfagift. Dengan adanya globalisasi teknologi, Alfamart menyadari adanya perubahan perilaku konsumen. Saat ini, customer Alfamart yang memiliki kartu member jumlahnya sekitar 11 juta. Sedangkan follower minimarket ini di berbagai media sosial, ada sekitar 20 juta.

Aplikasi Alfagift versi terbaru ini diharapkan dapat lebih memuaskan konsumen serta memberikan sentuhan personal. Alfamart percaya kalau kepuasan belanja saat ini tidak hanya dengan berbelanja langsung di toko. Berbelanja lewat aplikasi juga bisa meningkatkan loyalitas konsumen.


alfamart meluncurkan alfagift 4.0

Acara ini berlangsung meriah. Dipandu oleh 2 MC kocak dari group Bajaj yaitu Melki dan Aden. Dihibur oleh suara merdu Yura Yunita. Hadir pula Raffi Ahmad, Brand Ambassador Alfamart.

[Silakan baca: Belanja Apa di Alfamart?]


Alfagift 4.0 Semua Pasti Dapat



Alfagift ini untuk belanja atau dapat poin?

Ketika Chi mengupload foto keseruan peluncuran Alfagift 4.0, ada beberapa yang bertanya tentang aplikasi ini. Apakah untuk belanja online atau dapat poin? Jawabannya, seperti tagline Alfamart, yaitu Semua Pasti Dapat.

Yup! Di Alfagift 4.0 ini pasti bisa mendapatkan apapun. Bisa belanja, menambah poin, hingga berbagai bonus. Banyak juga program yang menarik di aplikasi ini.


Ryan Alfons Kaloh, Direktur Marketing Alfamart, mengatakan kalau pada tahun 2014 saat Alfamart mulai serius mengembangkan membership jumlahnya baru mencapai 3,8 juta. Dalam kurun waktu 5 tahun, jumlahnya meningkat pesat menjadi lebih dari 11 juta. Kontribusi member memang cukup tinggi, bisa di atas 20%.


Dunia digital terus berkembang. Jumlah member Alfamart di dunia digital juga tingi. Terbesar ada di Line, sekitar 17 juta. Sebelum ini, Alfamart memiliki beberapa aplikasi. Tetapi, Alfagift 4.0 menyatukan berbagai aplikasi yang sudah ada.

Ada 5 keunggulan di aplikasi Alfagift 4.0 yaitu


Recommendation Engine

Langsung ketahuan produk apa aja yang paling sering dibeli


Fitur ini memberikan rekomendasi produk kepada member berdasarkan pola belanja. Dari foto di atas, kelihatan produk apa aja yang sering kami sekeluarga beli di Alfamart. Jadi, gak perlu cari-cari produknya lagi. Tinggal klik aja kalau memang mau beli lagi.

Kita bisa memilih barang yang mau dibeli untuk diantar ke rumah atau diambil di toko terdekat. Ada keuntungan juga kalau memilih barang belanjaan dulu dari rumah. Lebih hemat waktu dan menghindari belanja di luar list belanjaan. Pembayarannya bisa menggunakan transfer bank, e-money, atau GoPay.


Personalized Offer


Dengan lebih mengenali konsumen, aplikasi ini bisa menawarkan seseuatu yang lebih personal kepada konsumen. Bentuknya bisa berupa voucher kupon atau apapun.


AlfaStamp

Siapa yang suka mengumpulkan stamp Alfamart? Chi termasuk yang suka karena bagus-bagus produknya. Biasanya ada 2 pilihan cara mengumpulkan stamp. Bisa berupa kertas yang ditempelkan stiker atau melalui aplikasi. Tetapi, kalau dulu aplikasi AlfaStamp ini terpisah. Sekarang cukup download Alfagift 4.0 aja.

AlfaStars


AlfaStars ini tentang status keanggotaan kita. Ada 4 kategori yaitu Bronze, Silver, Gold, dan Platinum. Setiap kategori mempunyai keuntungan member yang berbeda-beda. Semakin sering belanja menggunakan aplikasi atau kartu, poinnya bisa semakin besar. Semakin besar poin, status keanggotaan kita juga semakin tinggi.


Store Location


Pernah gak ketika sedang jalan-jalan, kita pengen beli sesuatu di minimarket, tetapi gak tau mana yang terdekat? Sekarang, tinggal buka aplikasi Alfagift 4.0 aja. Seperti screenshot di atas ini. Chi lagi ada di salah satu event di jalan Gatot Subroto. Chi cek di aplikasi untuk mengetahui Alfamart mana yang terdekat.

Aplikasi akan langsung mencari store terdekat dengan kita sata itu. Tetapi, bisa juga mencari dengan cara memasukkan data seperti ini.

Kita juga bisa mencari Alfamart sesuai kebutuhan. Misalnya yang ada fasilitas WiFi, toilet, ATM, atau yang buka 24 jam. Ya, daripada nyari-nyari nanti malah nyasar, mendingan buka aplikasi ini. Nanti kalau udah ketemu Alfamart yang diinginkan, tinggal klik arahnya dan dialihkan ke Google Maps.

Sekarang lebih praktis dan menyenangkan kalau belanja di Alfamart pakai Alfagift 4.0. Semua asti dapat karena gak harus download banyak aplikasi lagi. Kalau Chi karena sebelumnya sudah punya kartu Ponta, jadi tinggal sign ini dengan nomor yang tertera di kartu tersebut. Gak perlu daftar jadi member lagi. Poinnya pun langsung kelihatan di akun Alfagift 4.0.