Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Perlindungan Keluarga - Keke Naima

Kamis, 25 Juli 2019

Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Perlindungan Keluarga

Sekian tahun lalu, Chi sempat protes ketika K'Aie membuat asuransi rawat inap bagi kami sekeluarga. Sikap ini berbanding terbalik saat K'Aie memutuskan membuat asuransi pendidikan untuk anak-anak.

Buat Chi, pendidikan memang sangat penting. Biayanya juga bisa cukup mahal. Kemungkinan juga biaya pendidikan akan naik setiap tahun. Jadi, memang butuh asuransi.

Tetapi, asuransi rawat inap? Memangnya K'Aie berharap kami sekeluarga sakit dan dirawat inap?

Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Perlindungan Keluarga

Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Perlindungan Keluarga


Chi memang cepat sekali berprasangka pada waktu itu. Sama langsung cepat protes hehehe. Padahal kalau mendengar penjelasan K'Aie, masuk akal juga. Pekerjaannya 'kan gak selalu di kantor. Kadang-kadang harus ke lapangan dan risikonya bisa cukup tinggi juga. Makanya merasa perlu buat asuransi rawat inap. Sekalian aja bikin untuk sekeluarga.

Gak ada satupun manusia yang ingin sakit. Tetapi, kadang-kadang sakit juga gak bisa ditahan kalau sudah datang. Seperti beberapa tahun lalu, Keke kena typus dan harus dirawat.

Sedih banget lah pastinya. Kami harus segera berbagi tugas pengasuhan. Keke yang gak mau ditinggal sama bundanya, membuat Chi ikut menginap selama beberapa hari di rumah sakit. Untungnya Nai mau mengalah. Gak rewel. Kalau enggak, bisa-bisa pikiran Chi makin tambah kusut.

Kalau siang, Nai ditemenin sama mamah. K'Aie selalu pulang kantor lebih cepat saat Keke dirawat supaya bisa ajak Nai menjenguk ke rumah sakit di sore hari. Paginya juga K'Aie menjenguk dulu sebelum berangkat kerja.

Ada cerita lucu waktu Nai jenguk kakaknya. Dia pakai baju gak matching banget. Kaos bunga-bunga, celana garis-garis. Pokoknya nabrak banget, deh. Bikin Chi gregetan. Tetapi, kata K'Aie, Nai yang pilih sendiri. Ya udahlah. Mungkin itu bedanya antara ibu dan ayah untuk urusan dandanin anak hahaha.

Tidak hanya tentang pengasuhan. Dirawat selama beberapa hari juga bikin Chi kepikiran berapa biayanya. Alhamdulillah, ternyata untuk biaya tertolong banget sama asuransi rawat inap yang kami punya.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat


Sejak itu, Chi menganggap asuransi kesehatan juga sama pentingnya dengan asuransi lain. Tetapi, tentunya jangan sampai salah memilih. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan.

  1. Anggaran - Berapa banyak kemampuan anggaran yang akan kita habiskan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga
  2. Tanggungan maksimal - Perhitungkan tanggungan maksimal yang bisa didapat sekeluarga. Pertimbangkan dengan anggaran yang dikeluarkan
  3. Jumlah tanggungan - Asuransi kesehatan untuk keluarga tentunya lebih dari 1 tanggungan. Perhitungkan berapa anggota keluarga yang ingin ditanggung.
  4. Proses Pengambilan Klaim - Nah ini juga jangan sampai menjadi masalah. Pilihlah asuransi yang memang banyak dipercaya masyarakat dan proses klaim mudah.

Sebetulnya masih banyak pertimbangan lainnya. Seperti rumah sakit mana aja yang mau menerima asuransi yang kita miliki, penyakit apa saja yang ditanggung, dan lain sebagainya. Tentunya jangan diabaikan pula proses saat membeli.

Dulu, ketika kami memutuskan memiliki asuransi, prosesnya lumayan rumit. Berlembar-lembar dokumen penawaran harus kami baca satu per satu dengan teliti. Di era digital saat ini, membeli asuransi bisa jauh lebih praktis karena sistemnya online. Tentunya lebih menghemat waktu kalau prosesnya online.

Jangan khawatir juga dengan informasi yang akan didapat bila membeli secara online. Kalau di Lifepal, segala informasi krusial tentang asuransi yang dibutuhkan sudah tersedia. Ada kalkulator premi juga yang hasilnya akan keluar dalam waktu sekian detik.

Enak ya beli asuransi di zaman sekarang. Kalau, teman-teman sudah terpikirkan memiliki asuransi apa?

2 komentar:

  1. Hmmm banyak juga manfaatnya. Sejauh ini yang pernah saya appluy hanyalah ASUIRANSI PENDIDIKAN

    BalasHapus
  2. Yup betul, biaya pendidikan cukup mengerikan karena setiap tahunnya naik. Kepikiran juga sih buat asuransi pendidikan.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^