Cara Mudah dan Tepat Mencari Lowongan Kerja - Keke Naima

Jumat, 28 Juni 2019

Cara Mudah dan Tepat Mencari Lowongan Kerja

Beberapa hari yang lalu di Twitter lagi ada trending topic dengan hashtag #GajiPertama. Banyak tweet receh yang bikin Chi ketawa dari hashtag tersebut. Tetapi, kalau dibalikin ke diri sendiri, Chi gak ingat gaji pertama buat apa. Ya iya, lah. Udah sekitar 20 tahun yang lalu hehehe.

Lowongan kerja saat ini mulai jadi pembahasan hangat lagi di keluarga besar. Beberapa sepupu Chi ada yang sudah kuliah bahkan udah mulai selesai. Ada juga yang baru diterima kerja. Tetapi, yang level SMA pun ada. 

Nah, buat yang masih SMA pun tetap bisa ikut pembahasan ini. Biar kelak mereka tau seperti apa dunia kerja dan cari mencari lowongan kerja. Berlaku juga untuk Keke yang tahun ini mulai jadi anak SMA, nih!

cara mudah mencari lowongan kerja di glints

Cara Mudah dan Tepat Mencari Lowongan Kerja


Balik sejenak ke zaman Chi cari kerja. Waktu baru lulus kuliah, surat kabar jadi yang paling ditunggu kedatangannya. Satu demi satu iklan baris tentang lowongan kerja dibaca. Seneng banget kalau ada yang sesuai dengan kriteria. 

Mulai deh kirim-kirim lamaran kerja via pos. Dari sekian banyak amplop coklat berisi surat lamaran dan CV yang dikirim, ada beberapa yang mendapatkan panggilan. Bolak-balik ikut proses penerimaan sampai akhirnya diterima di salah satu perusahaan besar.

Kalau mengenang masa itu memang suka bikin ketawa. Apalagi kalau dibandingkan dengan zaman sekarang. Jadi berasa kalau dulu tuh ribet ya untuk urusan cari kerja. Beda ma sekarang yang bisa lebih praktis.


glints situs pencari lowongan kerja

Coba deh lihat info lowongan kerja di glints.com. Ada banyak banget peluang untuk mendapatkan kerjaan di sana. Dengan peluang sebanyak itu, gak perlu juga nyetok sekian banyak amplop coklat dan bolak-balik ke kantor pos buat kirim lamaran kayak yang Chi lakukan dulu.

Di era digital ini mencari pekerjaan bisa semakin praktis. Di Glints, kita tinggal masukin aja kriteria pekerjaan yang diinginkan, skill yang kita miliki, ingin kerja di mana (di luar Indonesia juga ada opsinya), hingga jumlah gaji. Bisa juga kita apply dari berbagai info lowongan kerja yang ada di sana.

Kemudahan kayak begini jangan sampai bikin kita jadi asal-asalan pilih kerjaan, ya. Segala yang masuk kriteria kita apply. Padahal belum tentu tertarik dengan kerjaannya.

Harus banyak pertimbangannya ketika mencari kerja. Contohnya waktu sepupu Chi mendapatkan panggilan kerjaan di Jakarta. Tawaran kerjaan dan perusahannya memang  terlihat oke. Tetapi, sebagai kakak sepupu, Chi termasuk yang cukup cerewet.

“Yakin mau kerja di Jakarta?”

Itu salah satu pertanyaan yang cukup sering Chi tanyain ke sepupu. Bukannya apa-apa, udah beberapa kali kejadian di keluarga begitu dapat kerjaan di Jakarta cuma bertahan sebentar. Alasan yang paling sering adalah gak tahan macet dan panas Jakarta.

Makanya harus dipertimbangkan bener-bener deh kalau mau cari kerja. Sayang kalau kesempatan dibuang begitu aja. Udah keterima, kemudian berhenti karena gak betah. Alhamdulillah sepupu Chi yang ini kelihatannya betah. Anaknya memang lumayan tahan banting hehehe.

Sama sepupu yang lain juga begitu. Macam-macam keinginan mereka tentang pekerjaan. Sebagai kakak sepupu, Chi berusaha kasih masukan. Topik yang cukup menyenangkan untuk dibahas.

Chi juga mulai suka diskusi sama Keke meskipun dia baru masuk SMA. Chi pengen dia mulai tau apa yang menjadi passion-nya. Kerja berdasarkan passion memang lebih enak. 

Kalaupun bukan karena passion, setidaknya dia bisa loyal saat bekerja di perusahaan manapun. Jangan terlalu mudah berpindah-pindah. Makanya harus mulai belajar menimbang-nimbang dari sekarang. 

Ada keluarga atau teman yang lagi cari kerjaan juga. Coba deh lihat infonya di glints.com/id. Semoga bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan, ya!

1 komentar:

  1. Aku dulu waktu nyari kerja, nyarinya di web online kayak gitu. Lumayan ada beberapa kali yang diterima.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^