Tips Membersihkan Debu Rumah - Keke Naima

Kamis, 07 Maret 2019

Tips Membersihkan Debu Rumah

tips membersihkan debu rumah

Tips Membersihkan Debu Rumah

Sumber foto: pexels.com

Apa yang langsung terpikirkan oleh teman-teman ketika mendengar kata 'renovasi rumah'? Kalau Chi udah langsung merinding.

Punya alergi debu membuat Chi udah bisa membayangkan bakal kayak apa bermasalahnya ini kulit. Kebayang bakal gatal di sana-sini. Ugh! Udah stress duluan deh mikirnya. Padahal kalau udah stress justru malah bikin alergi jadi makin parah.

Biasanya Chi suka menutup salah satu ruangan. Tujuannya untuk meminimalkan debu yang masuk. Meskipun gak 100% jadi solusi karena partikel debu kan cukup halus. Tetapi, setidaknya di ruangan itu lebih sedikit debunya dibandingkan yang lain.

[Silakan baca: Tetangga yang Menyebalkan]

Saatnya Bersih-Bersih Debu Rumah


membersihkan debu rumah dengan vacuum cleaner

Udah beberapa hari ini di rumah lagi banyak tukang. Beberapa bagian rumah memang harus direnovasi. Jadi mau gak mau Chi harus terima dengan keadaan rumah yang lebih banyak debu.

Karena yang direnovasi di lantai atas, jadi Chi menutup pintu di rumah utama. Kalaupun tukang mau ke luar-masuk lewat dapur aja hehehe. Lumayan lah rumah utama gak terlalu debuan. Tetapi, tetap harus rajin bersih-bersih.

Mengelap

Benda-benda seperti bingkai foto, berbagai pajangan, televisi, dan lain sebagainya juga bisa jadi sarang debu. Kalau seperti ini, Chi bersihin dengan cara mengelap. Bagusnya pakai lap microfiber karena keunggulannya mampu menarik debu dibandingkan lap biasa

Menyapu dan Mengepel

Kalau debu rumah sedang banyak, menyapu aja gak cukup. Lantai masih berasa kasar kalau hanya disapu, Makanya harus dipel juga. Tetapi, menyapu dan mengepel berarti 2x kerja hehehe. Kadang-kadang Chi suka gak banyak waktu mengerjakannya atau malah malas *ups! 😂* Apalagi kalau ruangannya lagi sangat berdebu. Gak cukup sekali ngepelnya.

Nah, solusi yang biasa kami lakukan adalah menaburkan lantai dengan ampas kelapa parut. Harus benaran ampas, ya. Bukan kelapa yang baru diparut, trus ditaburkan ke lantai. Nanti malah jadi berminyak banget lantainya. Ampas kelapanya juga harus yang masih segar biar lantai gak bau apek.

Taburkan ampas kelapa ke beberapa bagian sambil sedikit diinjak-injak, kemudian disapu. Debu lantai akan dengan mudah terangkat dan lantai pun kembali bersih.

Menggunakan Vacuum Cleaner

Kadang-kadang, Chi menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai. Malah lebih suka pakai vacuum daripada menyapu. Selain, itu vacuum cleaner juga Chi pakai untuk menyedot debu di sofa, sprei, karpet, dan lain-lain. Selain debu, vacuum juga efektif menyedot tungau.

[Silakan baca: Tips Membersihkan Karpet Bulu]

Tentang IDEALIFE IL-130 Vacuum Cleaner + Blow


vacuum cleaner idealife

Punya vacuum cleaner buat Chi yang alergi debu begini memang membantu, deh. Contohnya nih salah satu sarang debu itu kan di sofa dan sprei. Malah 2 tempat itu suka luput dari perhatian karena gak mungkin dilap, disapu, apalagi dipel. Dicuci pun gak setiap hari. Nah, bisa deh pakai vacuum cleaner supaya debunya hilang.

Saat ini, Chi lagi pakai IDEALIFE IL-130 Vacuum Cleaner + Blow. Vacuum cleaner dengan berat 2,23 kg ini penggunaannya praktis karena ukurannya gak besar. Jadi gak hanya untuk bebersih rumah. Bebersih bagian dalam mobil pun juga bisa. Dengan listrik sebesar 600 watt, sedotannya udah pasti berasa kencang.

Memang praktis kalau vacuum cleaner yang seperti ini. Gak perlu didorong-dorong bawanya karena tinggal ditenteng. Kalau pun gak mau ditenteng, dikasih stripe juga jadi tinggal ditaro di pundak.

Gak hanya vacuum, tetapi alat ini juga bisa berfungsi sebagai blower. Katanya kalau kita punya binatang peliharaan seperti kucing atau anjing, mendingan mengeringkan bulu-bulunya dengan menggunakan blower daripada hairdryer. Tetapi, karena Chi gak punya binatang peliharan selain ikan, blower dipakai untuk mengeluarkan debu di beberapa sudut. Setelah itu baru deh divacum.

Di salah satu e-commerce Chi lihat harganya Rp356.000,00. Tetapi, teman-teman juga bisa kok lihat-lihat dulu produknya di website Idealife. Di sana gak hanya vacuum, tetapi banyak produk rumah tangga yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^