mamasuka, menu harian, resep, bumbu masak instant

Resep Praktis Menu Harian dengan Bumbu Masak Instant MamaSuka


Pekerjaan rumah tangga mana yang jadi favorit? Kalau Chi biasanya akan menjawab memasak. Tetapi, beneran memasak, ya. Soalnya kadang-kadang persiapannya suka bikin malas. Pengennya kayak di acara masak gitu. Segalanya udah disiapin di meja dan tinggal dimasak aja hehehe.

Walaupun gak begitu suka persiapannya, tetapi tetap aja Chi kerjain. Abis siapa lagi yang mau ngerjain. Biar semangat, Chi ngebayangin suami dan anak-anak akan senang menyantap masakannya.

Kadang-kadang Chi juga pakai bumbu instan. Misalnya hari ini harus ke luar rumah karena suatu urusan. Pagi-pagi udah masak dulu supaya keluarga tetap bisa makan makanan rumahan. Buat menghemat waktu, Chi pakai bumbu instan. Atau bisa aja kan sewaktu-waktu lagi gak enak badan. Nah, masak pakai bumbu instan juga jadi solusi. Biar gak berlama-lama di dapur. Jadi lebih banyak istirahat

Makanya, Chi selalu menyetok bumbu masak instan di rumah. Lagipula, bumbu masak instan termasuk yang tahan lama. Simpan saja di lemari, sewaktu dibutuhkan tinggal dikeluarkan.

3 Resep MamaSuka Bumbu Khas Indonesia


resep chef billy kalangi, bumbu instant mamasuka

Banyak produk MamaSuka yang Chi pakai. Tidak sebatas bumbu masak instant saja. Tepung, saus, makanan pembuka, dan lain sebagainya juga Chi suka.

Kali ini, Chi mau berbagi resep praktis menggunakan MamaSuka bumbu khas Indonesia. Bungkusnya yang berwarna putih langsung menarik perhatian karena terlihat clean. Tetapi, yang paling bikin Chi tertarik adalah Billy Kalangi. Chi langsung berpikir kalau ini semacam signature recipe dari MamaSuka.

Ada 7 varian MamaSuka Bumbu Khas Indonesia yaitu ayam goreng, gulai, nasi goreng, opor, rendang, soto ayam, dan sambal balado. Pas banget jumlahnya 7. Bisa buat menu masakan selama 1 minggu, nih.

MamaSuka bumbu khas Indonesia berbentuk bubuk dengan tekstur yang kering dan tidak lengket (kadar air di bawah 3%). Dengan pemrosesan seperti ini membuat bakteri pembusuk sulit tumbuh. Ada logo halal tentu saja menjadi alasan lain kenapa Chi memilih MamaSuka. Alasan lainnya adalah cukup menggunakan 1 bungkus, sudha bisa untuk sekeluarga.

Resep Opor Ayam MamaSuka

opor ayam mamasuka, resep masakan

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam, potong 8 atau 10
  • 1 bungkus MamaSuka Opor
  • Kencur secukupnya, ulek halus/kasar
  • 250 gr belimbing wuluh
  • 1 buah tomat, dipotong 8
  • Santan dari 1 butir kelapa

Cara Membuat:
  1. Campurkan seluruh bahan ke dalam panci. Aduk sebentar hingga tercampur rata
  2.  Masak dengan api kecil atau sedang hingga matang
  3. Sajikan

Catatan:
  1. Kental atau cairnya santan tergantung selera. Ada yang suka opor dengan santan yang kental. Tetapi, ada juga yang tidak
  2. Menurut Chi, bumbu opor dalam 1 bungkus MamaSuka ini sudah komplit rasanya. Termasuk rasa asin. Jadi jangan terburu-buru menaburkan garam supaya gak keasinan. Cicipi dulu setelah matang. 
  3. Kencur, belimbing wuluh, dan tomat hanyalah pelengkap. Supaya cita rasanya semakin komplit. Bila tidak ingin pakai pun cukup dengan 1 bungkus MamaSuka Opor aja udah pas rasanya.

Dulu, Chi gak suka opor, lho. Kalau mamah masak opor, pasti gak dimakan. Bukan karena gak suka masakan mamah, tapi mau opor ayam buatan siapapun juga gak akan Chi makan karena memang gak suka. Sampai suatu hari, Chi makan di salah satu rumah makan di pasar dengan menu ayam bakar. Rasanya enak dan kata yang jual ayamnya pakai bumbu opor, trus dibakar. Sejak itu, Chi kalau makan opor ayam selalu digoreng atau dibakar dulu.

Tapi, kan, ribet juga kalau harus selalu digoreng atau dibakar. Lebih tepatnya malas, sih. Udah tau kalau udah jadi opor pasti bisa langsung disantap. Ini malah cari ribet hehehe. Jadinya, Chi mulai cobain makan opor. Lama-lama suka juga dengan opor. Tetapi, sesekali kalau mau rasa yang bervariasi memang masih suka dibakar atau digoreng. Atau bisa juga dijadikan campuran untuk nasi goreng. Seperti resep di bawah ini.

cara membuat opor ayam
bahan opor ayam
resep opor ayam 
Setelah diberi bumbu MamaSuka, warna santan jadi agak kecoklatan
 

Resep Nasi Goreng Bakso dan Ayam MamaSuka

nasi goreng bakso ayam mamasuka

Bahan-bahan:
  • 6 butir bakso diiris tipis
  • 2-3 potong ayam opor, disuwir kasar
  • 3 porsi nasi dingin
  • 1 bungkus MamaSuka Nasi Goreng
  • Minyak goreng

Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak goreng
  2. Masukkan ayam dan bakso. Aduk-aduk
  3. Tuangkan nasi dan bumbu. Aduk rata
  4. Matikan api dan sajikan

Catatan:
  1. Untuk pelengkap bebas saja, sesuai selera. Bisa bakso, ayam, udang, telur, atau lainnya. Kebetulan masih ada sisa opor ayam, makanya Chi jadikan pelengkap nasi goreng.
  2. Untuk membuat nasi goreng, bagusnya pakai nasi yang sudah dingin. Malah lebih enak lagi kalau nasinya pera alias gak terlalu pulen.
  3. Salah satu bahan yang ada di MamaSuka Nasi Goreng ini adalah kecap bubuk. Tetapi, bila teman-teman merasa warnanya kurang coklat, bisa ditambahkan lagi kecap manis sedikit.
  4. Untuk rasa, menurut Chi udah pas. Gak perlu ditambah garam lagi.

Nasi goreng memang salah satu menu yang gak ada matinya, deh. Untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam juga enak. Apalagi kalau pakai bumbu masak yang praktis begini. Gak perlu waktu lama, nasi goreng enak sudah bisa dihidangkan.

resep nasi goreng bakso ayam
cara membuat nasi goreng

Resep Ayam Goreng MamaSuka

resep ayam goreng mamasuka

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam, potong 8 atau 10
  • 1 bungkus MamaSuka Ayam Goreng
  • 1-2 buah asam kandis
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulang dan sobek-sobek
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • gula merah secukupnya
  • 500 ml air 
  • Minyak goreng

Cara Membuat:
  1. Masukkan semua bahan ke dalam panci
  2. Ungkep dengan api kecil hingga matang
  3. Goreng dengan minyak panas
  4. Sajikan

Catatan:
  1. Komposisi dalam sebungkus MamaSuka Ayam Goreng cukup mirip dengan bumbu ayam goreng yang biasa Chi bikin. Ada lengkuas, gula, kunyit, ketumbar, bawang putih, sereh, dan jahe. Bedanya pada bumbu masak instan ini gak pakai bawang merah. Chi sempat kepikiran untuk menambahkan bawang merah. Tetapi, gak jadi karena pengen cobain dulu bumbu ayam goreng tanpa bawang merah. 
  2. Meskipun di komposisinya sudah ada gula, tetapi Chi tambahkan lagi dengan gula merah. Supaya ayam gorengnya jadi agak manis gitu. Kalau teman-teman gak mau ada rasa manis pada ayam gorengnya, gak usah ditambah gula lagi, ya

resep ayam goreng
cara membuat ayam goreng
bumbu ungkep ayam goreng

Menu ayam goreng juga termasuk yang gak ngebosenin, ya. Anak-anak umumnya pun bisa dengan mudah suka ayam goreng. Kalau lagi bingung masak apa, Chi tinggal bikin ayam goreng aja. Nanti tinggal tambahin tumis sayur atau bikin sambal. Udah bakal lahap deh makannya.

Buat yang hanya memiliki sedikit waktu untuk memasak, bumbu instan begini bisa jadi solusi. Ya, apalagi kalau tinggal di kota besar kayak Jakarta. Kadang-kadang waktu udah habis di jalan. Pagi-pagi udah harus berangkat, pulang ke rumah udah malam. Mau masak dengan bumbu yang komplit udah merasa ribet duluan.

Atau bisa juga kayak Chi. Pagi-pagi suka gak ada ide untuk bekal sekolah anak-anak. Kalau ada bumbu instan begini memang menolong banget. Bisa memasak dalam waktu singkat dan enak, lho. Mari makan!

MamaSuka


Website: www.mamasuka.com
YouTube: MamaSuka Indonesia
Instagram: @mamasukaindonesia
Fanpage: @mamasukaindonesia