Resep Praktis Menu Harian dengan Bumbu Masak Instant MamaSuka - Keke Naima

Jumat, 14 Desember 2018

Resep Praktis Menu Harian dengan Bumbu Masak Instant MamaSuka

mamasuka, menu harian, resep, bumbu masak instant

Resep Praktis Menu Harian dengan Bumbu Masak Instant MamaSuka


Pekerjaan rumah tangga mana yang jadi favorit? Kalau Chi biasanya akan menjawab memasak. Tetapi, beneran memasak, ya. Soalnya kadang-kadang persiapannya suka bikin malas. Pengennya kayak di acara masak gitu. Segalanya udah disiapin di meja dan tinggal dimasak aja hehehe.

Walaupun gak begitu suka persiapannya, tetapi tetap aja Chi kerjain. Abis siapa lagi yang mau ngerjain. Biar semangat, Chi ngebayangin suami dan anak-anak akan senang menyantap masakannya.

Kadang-kadang Chi juga pakai bumbu instan. Misalnya hari ini harus ke luar rumah karena suatu urusan. Pagi-pagi udah masak dulu supaya keluarga tetap bisa makan makanan rumahan. Buat menghemat waktu, Chi pakai bumbu instan. Atau bisa aja kan sewaktu-waktu lagi gak enak badan. Nah, masak pakai bumbu instan juga jadi solusi. Biar gak berlama-lama di dapur. Jadi lebih banyak istirahat

Makanya, Chi selalu menyetok bumbu masak instan di rumah. Lagipula, bumbu masak instan termasuk yang tahan lama. Simpan saja di lemari, sewaktu dibutuhkan tinggal dikeluarkan.

3 Resep MamaSuka Bumbu Khas Indonesia


resep chef billy kalangi, bumbu instant mamasuka

Banyak produk MamaSuka yang Chi pakai. Tidak sebatas bumbu masak instant saja. Tepung, saus, makanan pembuka, dan lain sebagainya juga Chi suka.

Kali ini, Chi mau berbagi resep praktis menggunakan MamaSuka bumbu khas Indonesia. Bungkusnya yang berwarna putih langsung menarik perhatian karena terlihat clean. Tetapi, yang paling bikin Chi tertarik adalah Billy Kalangi. Chi langsung berpikir kalau ini semacam signature recipe dari MamaSuka.

Ada 7 varian MamaSuka Bumbu Khas Indonesia yaitu ayam goreng, gulai, nasi goreng, opor, rendang, soto ayam, dan sambal balado. Pas banget jumlahnya 7. Bisa buat menu masakan selama 1 minggu, nih.

MamaSuka bumbu khas Indonesia berbentuk bubuk dengan tekstur yang kering dan tidak lengket (kadar air di bawah 3%). Dengan pemrosesan seperti ini membuat bakteri pembusuk sulit tumbuh. Ada logo halal tentu saja menjadi alasan lain kenapa Chi memilih MamaSuka. Alasan lainnya adalah cukup menggunakan 1 bungkus, sudha bisa untuk sekeluarga.

Resep Opor Ayam MamaSuka

opor ayam mamasuka, resep masakan

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam, potong 8 atau 10
  • 1 bungkus MamaSuka Opor
  • Kencur secukupnya, ulek halus/kasar
  • 250 gr belimbing wuluh
  • 1 buah tomat, dipotong 8
  • Santan dari 1 butir kelapa

Cara Membuat:
  1. Campurkan seluruh bahan ke dalam panci. Aduk sebentar hingga tercampur rata
  2.  Masak dengan api kecil atau sedang hingga matang
  3. Sajikan

Catatan:
  1. Kental atau cairnya santan tergantung selera. Ada yang suka opor dengan santan yang kental. Tetapi, ada juga yang tidak
  2. Menurut Chi, bumbu opor dalam 1 bungkus MamaSuka ini sudah komplit rasanya. Termasuk rasa asin. Jadi jangan terburu-buru menaburkan garam supaya gak keasinan. Cicipi dulu setelah matang. 
  3. Kencur, belimbing wuluh, dan tomat hanyalah pelengkap. Supaya cita rasanya semakin komplit. Bila tidak ingin pakai pun cukup dengan 1 bungkus MamaSuka Opor aja udah pas rasanya.

Dulu, Chi gak suka opor, lho. Kalau mamah masak opor, pasti gak dimakan. Bukan karena gak suka masakan mamah, tapi mau opor ayam buatan siapapun juga gak akan Chi makan karena memang gak suka. Sampai suatu hari, Chi makan di salah satu rumah makan di pasar dengan menu ayam bakar. Rasanya enak dan kata yang jual ayamnya pakai bumbu opor, trus dibakar. Sejak itu, Chi kalau makan opor ayam selalu digoreng atau dibakar dulu.

Tapi, kan, ribet juga kalau harus selalu digoreng atau dibakar. Lebih tepatnya malas, sih. Udah tau kalau udah jadi opor pasti bisa langsung disantap. Ini malah cari ribet hehehe. Jadinya, Chi mulai cobain makan opor. Lama-lama suka juga dengan opor. Tetapi, sesekali kalau mau rasa yang bervariasi memang masih suka dibakar atau digoreng. Atau bisa juga dijadikan campuran untuk nasi goreng. Seperti resep di bawah ini.

cara membuat opor ayam
bahan opor ayam
resep opor ayam 
Setelah diberi bumbu MamaSuka, warna santan jadi agak kecoklatan
 

Resep Nasi Goreng Bakso dan Ayam MamaSuka

nasi goreng bakso ayam mamasuka

Bahan-bahan:
  • 6 butir bakso diiris tipis
  • 2-3 potong ayam opor, disuwir kasar
  • 3 porsi nasi dingin
  • 1 bungkus MamaSuka Nasi Goreng
  • Minyak goreng

Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak goreng
  2. Masukkan ayam dan bakso. Aduk-aduk
  3. Tuangkan nasi dan bumbu. Aduk rata
  4. Matikan api dan sajikan

Catatan:
  1. Untuk pelengkap bebas saja, sesuai selera. Bisa bakso, ayam, udang, telur, atau lainnya. Kebetulan masih ada sisa opor ayam, makanya Chi jadikan pelengkap nasi goreng.
  2. Untuk membuat nasi goreng, bagusnya pakai nasi yang sudah dingin. Malah lebih enak lagi kalau nasinya pera alias gak terlalu pulen.
  3. Salah satu bahan yang ada di MamaSuka Nasi Goreng ini adalah kecap bubuk. Tetapi, bila teman-teman merasa warnanya kurang coklat, bisa ditambahkan lagi kecap manis sedikit.
  4. Untuk rasa, menurut Chi udah pas. Gak perlu ditambah garam lagi.

Nasi goreng memang salah satu menu yang gak ada matinya, deh. Untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam juga enak. Apalagi kalau pakai bumbu masak yang praktis begini. Gak perlu waktu lama, nasi goreng enak sudah bisa dihidangkan.

resep nasi goreng bakso ayam
cara membuat nasi goreng

Resep Ayam Goreng MamaSuka

resep ayam goreng mamasuka

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam, potong 8 atau 10
  • 1 bungkus MamaSuka Ayam Goreng
  • 1-2 buah asam kandis
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulang dan sobek-sobek
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • gula merah secukupnya
  • 500 ml air 
  • Minyak goreng

Cara Membuat:
  1. Masukkan semua bahan ke dalam panci
  2. Ungkep dengan api kecil hingga matang
  3. Goreng dengan minyak panas
  4. Sajikan

Catatan:
  1. Komposisi dalam sebungkus MamaSuka Ayam Goreng cukup mirip dengan bumbu ayam goreng yang biasa Chi bikin. Ada lengkuas, gula, kunyit, ketumbar, bawang putih, sereh, dan jahe. Bedanya pada bumbu masak instan ini gak pakai bawang merah. Chi sempat kepikiran untuk menambahkan bawang merah. Tetapi, gak jadi karena pengen cobain dulu bumbu ayam goreng tanpa bawang merah. 
  2. Meskipun di komposisinya sudah ada gula, tetapi Chi tambahkan lagi dengan gula merah. Supaya ayam gorengnya jadi agak manis gitu. Kalau teman-teman gak mau ada rasa manis pada ayam gorengnya, gak usah ditambah gula lagi, ya

resep ayam goreng
cara membuat ayam goreng
bumbu ungkep ayam goreng

Menu ayam goreng juga termasuk yang gak ngebosenin, ya. Anak-anak umumnya pun bisa dengan mudah suka ayam goreng. Kalau lagi bingung masak apa, Chi tinggal bikin ayam goreng aja. Nanti tinggal tambahin tumis sayur atau bikin sambal. Udah bakal lahap deh makannya.

Buat yang hanya memiliki sedikit waktu untuk memasak, bumbu instan begini bisa jadi solusi. Ya, apalagi kalau tinggal di kota besar kayak Jakarta. Kadang-kadang waktu udah habis di jalan. Pagi-pagi udah harus berangkat, pulang ke rumah udah malam. Mau masak dengan bumbu yang komplit udah merasa ribet duluan.

Atau bisa juga kayak Chi. Pagi-pagi suka gak ada ide untuk bekal sekolah anak-anak. Kalau ada bumbu instan begini memang menolong banget. Bisa memasak dalam waktu singkat dan enak, lho. Mari makan!

MamaSuka


Website: www.mamasuka.com
YouTube: MamaSuka Indonesia
Instagram: @mamasukaindonesia
Fanpage: @mamasukaindonesia

    53 komentar:

    1. ibuku walau usia 85 tahun masih memasak, tp krn sudah gak kuat nguleg dll mama pakai bumbu masak instan, ah aku mau rekomendasikan mama suka

      BalasHapus
    2. Praktis kalau sedia bumbu kyk gini di rumah ya mbak. Aku jg sesekali stock bumbu jadi. Tapi blm pernah sih yang merk Mamasuka. Kapan2 deh beli :D

      BalasHapus
    3. Sekarang ini masak makin mudah karena sudah ada bumbu instan. Kapan-kapan pengen beli bumbu instan mamasuka juga ah...

      BalasHapus
    4. Aku tuh belum pede kalau masak opor atau masak dengan bumbu lengkap gitu, kalau ada bumbu praktis mamasuka kayaknya jadi lebih pede pasti enak hehe

      BalasHapus
    5. Tos, Chi!
      Nasi goreng memang juara di hati.
      Jeleknya sih, kemana-mana aku jadi pengen coba varian nasi goreng aja.
      Jadi lupa yang lain, HEHEHE
      Soalnya, habis makan nasi goreng, perut sudah penuh :)

      BalasHapus
    6. Chiii...masakannya bikin selera makan menjadi-jadi nih. Hheemm, yummy banget. Tp baru tau sih ada opor pake blimbing wuluh, kencur dan tomatya, seperti bumbu "mangut". Aduuh jadi pengen makan nih Chi.

      BalasHapus
    7. seger banget ya opornya pakai belimbing wuluh. AKu gak pernah pakai kencur Myr, rasanya jadi gimana? pensaran nanti kapan 2bikin pakai kencur juga ah

      BalasHapus
    8. Yg hampir selalu ada di rumahku nih yg bumbu nasi goreng mbk chi, rasanya pas sesuai selera. Bumbu2 seperti mama suka gini membantu aku banget terutama pas lagi rempong-rempongnyeeeee..suka mama suka

      BalasHapus
    9. Bumbu jadi for the rescuuueee!!! Saya juga sedia bumbu jadi di rumah Mbak, tapi yang versi bikinan UKM di pasar gitu. Belum pernah nyoba dari Mamasuka. Kapan-kapan coba aaaah!

      BalasHapus
    10. Unch sedapnyeee, langsung lapar nih ujan-ujan di sni mba 😢
      Saya juga suka pake bumbu instan mba, lebih praktis gak perlu lagi mikirin olahan bumbu-bumbu 😂
      Pengsn coba ah bumbu Mama Suka 😍

      BalasHapus
    11. Wah ini demenan aku mama suka. Biasanya aku nyetok Tepung bakwannya nih buat cemilan sore pas anak anak baru pulang skul dan lagi lapar laparnya hehe

      BalasHapus
    12. Aku sekarang nyaris selalu pakai bumbu instan. Jadi MamaSuka pasti masuk list belanja bulanan, karena cocok sih dengan rasanya

      BalasHapus
    13. praktis memang pakai bumbu instan ya Mba..tinggal cemplung dan dimasak sampai matang. Aku tapi massif suka pakai bumbu yang segar Mba sejak kanker ini :)

      BalasHapus
    14. Mantap niih...tinggal cemplang-cemplung...makanan siap dalam sekejap.
      Berasa jadi chef terkenal.

      Bangga banget bisa masakin untuk keluarga menu sehat beginii...

      BalasHapus
    15. Bener banget, kadang kalau ada acara keluar rumah dan ingin masak untuk keluarga, saya juga biasa pakai yang praktis. Lebih praktis tanpa ngulek atau iris-iris hehehe

      BalasHapus
    16. Praktis banget mbak. Kadang saya beli bumbu yang sudah diuleg dan disimpan difrizer tapi tetap aja ga sesuai dengan apa yang saya inginkan. Oiya bumbu mama suka ada semur ga mbak Mira? Jadi pengen nyetok jadinya.

      BalasHapus
    17. Beli ah besok, kemarin liat bumbu ini di supermarket tapi belum baca reviewnya jadi belum ta beli. Kalo udah baca review gini kan enak ya.

      BalasHapus
    18. Wah, Mamasuka juga punya banyak varian bumbu instan ya. Aku seringnya masak yang bumbu krispi. Jadi kengen nyobain deh. Pastinya praktis banget. Gak usah racik-racik dan ngulek.

      BalasHapus
    19. Lihat Opor Ayam itu aku jadi ngiler mbak, udah lama soalnya nggak makan opor ayam ntar nyobain beli bumbunya

      BalasHapus
    20. Aku suka bumbu jadi. Gak repot ngerajang & ngulek bumbu yg bikin bercucuran air mata. Pilihan rasanya juga sekarang udah lengkap banget, kaya MamaSuka ini :)

      BalasHapus
    21. Lihat makanannya aku jadi laper deh hehhe. Kalo belanja bulanan pasti deh beli bumbu cepat saji gitu. Karena emg praktis banget

      BalasHapus
    22. Andalan banget di rumah tuh harus ada ayam goreng. Dan kayaknya aku mau nyoba ah pakai mama suka yang ayam goreng itu. Kliatannya enak banget nih :)

      BalasHapus
    23. Praktis banget ya, Mbak. Meskipun waktu buat memasak sedikit tapi kan jadi deh sebuah masakan. Ah nyari ah buat persediaan di dapur.

      BalasHapus
    24. Di rumahku juga sedia bumbu2 jadi kyk gini, khususnya bumbu nasgor.
      Tapi aku belum pernah nyobain kalau yang mamasuka. Jd pengen nyetok jg TFS :D

      BalasHapus
    25. Ahh gagal fokus sama masakannya. Aku jadi laper kan kak. Huhuhu

      BalasHapus
    26. Alhamdulillah ada penyelamat di dapur. Aku emang paling males ngulek bumbu. Bumbu masak instan kayak gini udah paling aman dan praktis.

      Baca postingan ini jadi terinspirasi mau masak apa hari ini. Makasih, Teh Chi.

      BalasHapus
    27. Liat masakannya jadi ngiler. Kapan2 nyobain juga ah masak pakai bumbu instan mama suka.

      BalasHapus
    28. Wah praktis banget ya mba jadinya, cocok buat aku yang anti ribet dan ga begitu bisa masak eheheh

      BalasHapus
    29. Wah, jadi pengin nyobain juga ah bumbu masak instan dari Mamasuka ini. Terutama yang bumbu ayam goreng nih. Anakku yang kecil tuh ayaaaammm aja sukaannya, kayak Upin Ipin ;)

      BalasHapus
    30. Aku belum nyobain nih bumbu instan MamaSuka karena agak susah diperoleh di minimarket. Soalnya aku jarang ke supermarket.

      BalasHapus
    31. ini bumbu praktis andalanku kalo lagi buru2 harus masak karena ada tamu yang mau datang.. hehehe

      BalasHapus
    32. aku suka tuh mencampur buku tepung ayam krispi pedas dan tidak pedas.. hasilnya jadi tidak terlalu pedas tapi masih ada pedasnya sedikit

      BalasHapus
    33. Bumbu kemasan seperti ini sangat menolong para moms yang waktunya terbatas nih alias buru2, seperti saya, hihii.
      Kemasannya praktis, takarannya sesuai dengan kebutuhan, rasanya pun enak, jadi anti gagal deh, dan keluargapun suka.

      BalasHapus
    34. Mpo baru tahu kalau ada pakai belimbing sayur untuk pemakaian opor.

      Apa rasanya, hem penasaran.

      BalasHapus
    35. Ini bumbu favorit mama saya, maupun mertua saya mba, saya juga dulu sebelum punya bayi.
      Enak banget pakai bumbu mama suka, masak jadi lebih praktis dan ga perlu lama-lama di dapur :)

      BalasHapus
    36. Kok sama kayak aku mbaa. Pengen ala ala d TV yg segalanya udh siap tinggal masak aja wkwk apalagi kalo harus belanja di pasar, secara ga bisa nawar haha.
      Anw resepmya boleh banget dicoba lho maa, aku termasuk yg suka pakai bumbu instan utk resep yg sulit XD

      BalasHapus
    37. Kalau aku kebalikannya Bun. Aku tu sebenrnya nggak suka masak. Nggak suka ribetnya. Tapi tetep aja harus dikerjain. Soalnya kalau nggak masak malah lebih mahal pengeluarannyan jadi terpaksa masak hahahah. Aku jadi penqsaran juga ama bumbu mama suka di atasn soalnya belum pernah nyoba. Lumayan bisa cepetlah ya kalau kita lagi buru-buru atau lagi sakit

      BalasHapus
    38. Pagi-pagi aku kok ngiler lihat nasi goreng. Pengen masak nasi goreng ayam dan bakso juga ah.

      BalasHapus
    39. Paling sering masak pakai MamaSuka Nasi Goreng...praktis, tiap pagi buat sarapan dan bebekalan sekolah tinggal sreng sreng..matang!

      BalasHapus
    40. Mbak asam kandis tu yg seperti apa ya? Apa asam yang hitam2 itu yang biasa dijual plastikan?

      BalasHapus
    41. huuoooowww mm liat ayam gorengnya kok mupeng dan laper nih aku. praktis ya mom dan enak pulak rasanya.

      BalasHapus
    42. Wah sama kayak aku banget nih mba Mira, biar praktis dan tetap lezat masaknya pake bumbu instan aja. Hehe aku Juga suka pakai mamasuka

      BalasHapus
    43. laparrrr dan jadinya semnagat pengen masak memasak
      aku contekin resepnya dehhh ah

      BalasHapus
    44. Praktis banget deh kalo udah nyetok bumbu instan begini, rasanya juga udah enak

      BalasHapus
    45. Waah, jadi mudah deh masaknya. Ibu-ibu baru mana suaranya???

      BalasHapus
    46. Aduh kok enak sekali jadi laper malam malam baca ini, duh
      Bumbunya memang pas rasanya ini.

      BalasHapus
    47. Sama mom! Aku juga suka banget masak. Banyak bumbu instan gini tuh jadi memudahkan masak memasak yaa... hihi

      BalasHapus
    48. saya suka beli tepung bakwannya
      jadi klu mau bikin camilan di rumah gampang banget
      bumbu instant lain juga saya sering pake

      BalasHapus
    49. Praktis banget ya makci kalau ada bumbu langsung pakai seperti ini. Biasanya kalau males ngulek emang BumBu macam begini andalan emak2... Hehehe

      BalasHapus
    50. Andalanku banget kalo lagi males masak nih. Tinggal cemplung2 gak pake ngulek bumbu :))

      BalasHapus
    51. Wuiihh, bikin opor bisa jadi sepraktis itu. Aku mau coba juga yang opor, gulai, n soto buat anakku yang suka makanan berkuah. Semoga aja pada suka :D

      BalasHapus
    52. Bumbu instan ini memang membantu banget ya, mbak kalau waktunya masaknya mepet. Apalagi saya yang bekerja kadang sampai rumah udah sore trus harus masak lagi. Ribet banget kalau harus nyiapin bumbu dulu

      BalasHapus
    53. kalo dapet semuanya, kayaknya aku binung mau masak duluan yg mana. enak semuaa :D

      BalasHapus

    Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

    Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^