Ingin Lulus Tes CPNS? Cari Tau Dulu tentang Computer Assisted Test (CAT) - Keke Naima

Entri yang Diunggulkan

5 Aksesoris Handphone yang Bisa Membantu Meningkatkan Produktivitas

5 Aksesoris Handphone yang Bisa Membantu Meningkatkan Produktivitas Jika teman-teman membeli smartphone, sebaiknya jangan sekadar untuk...

Senin, 19 November 2018

Ingin Lulus Tes CPNS? Cari Tau Dulu tentang Computer Assisted Test (CAT)

cat computer assisted test

Ingin Lulus Tes CPNS? Cari Tau Dulu tentang Computer Assisted Test (CAT)


Seberapa antusias teman-teman melamar sebagai CPNS? Apakah menjadi PNS adalah cita-cita sejak kecil?

Kalau Chi dan keluarga besar termasuk yang biasa aja. Mungkin karena profesi di keluarga kami beragam, tidak semua menjadi PNS. Meskipun demikian, fakta sejak dulu menjadi PNS adalah idaman banyak masyarakat. Bahkan di beberapa anggota masyarakat ada semacam kebanggaan bila berhasil menjadi PNS.

Makanya gak heran kalau setiap tahunnya pelamar CPNS membludak. Bahkan kabarnya pelamar CPNS di Jakarta pada tahun 2018 ini jumlahnya 10x lipat dari jumlah kebutuhan PNS di Jakarta. Besar kemungkinan di daerah lain juga begitu.

Lalu bagaimana dengan sistem penerimaan CPNS? Desas-desusnya kalau dulu kayaknya ribet, ya. Tahapannya panjang dan rawan kecurangan. Oleh karena itu sejak tahun 2007, Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuat sistem aplikasi Computer Assisted Test (CAT).

CAT memangkas banyak jalur rekrutmen. Prosesnya pun menjadi lebih transparan, adil, dan akuntabel. Sehingga CPNS yang lolos adalah benar-benar SDM yang memiliki kualitas kompetensi. Pada akhirnya akan berdampak kepada penguatan kapasitas PNS di masa depan.

“In Indonesia, the Civil Service Agency (BKN) succeeded in introducing a computer-assisted testing system (CAT) to disrupt the previously long-standing manual testing system that created rampant opportunities for corruption in civil service recruitment by line ministry officials. Now the database of questions is tightly controlled, and the results are posted in real time outside the testing center. Since its launch in 2013, CAT has become the defacto standard for more than 62 ministries and agencies."

Pada Oktober 2018, Bank Dunia melalui rilisnya dalam ""Global Report: Public Sector Performance" menobatkan CAT sebagai produk unggul Indonesia untuk kategori Civil Service Management. CAT dianggap berhasil mereformasi sistem rekrutmen CPNS. Ada 4 unsur utama yang dinilai, yaitu:

  1. Aspek political leadership - Pada tahun 2010, kepala BKN melakukan inisiasi dalam pengawasan terhadap proses rekrutmen CPNS. Kemudian pada tahun 2014, Wakil Presiden menetapkan penggunaan CAT BKN dalam sistem rekrutmen CPNS. Sistem ini diberlakukan bagi seluruh Instansi Pemerintah Pusat (Political leadership was essential to overcome the opposition of line ministries and agencies to adopt the new system and accept the results).
  2. Aspek Teknologi - BKN melakukan pemanfaatan dan pengembangan teknologi secara mandiri untuk mereformasi sistem rekrutmen dan melakukan kolaborasi dengan instansi pemerintah terkait (khususnya di bidang teknologi dan cyber security)
  3. Aspek Transparansi - ekrutmen CPNS dengan CAT berhasil menciptakan sistem yang transparan dan akuntabel karena hasilnya bisa dipantau masyarakat secara langsung (real time)
  4. Aspek Kapasitas Institusi - BKN secara konsisten memastikan kesiapan sistem CAT baik dari sisi infrastruktur dan skema mekanisme tes sebelum diaktualisasikan secara nasional dalam proses rekrutmen CPNS di Indonesia.

Jadi bagaimana? Siap menjadi CPNS? Sekarang sudah gak bisa 'jalan belakang', lho. Tetapi, jangan khawatir. Sistem ini justru bagus. Artinya, kita harus meningkatkan kualitas diri. Bangga dong kalau lolos jadi CPNS karena kualitas. 

tes cpns online

2 komentar:

  1. Saya dulu pernah ikutan CPNS, sekitar 3 atau 4 kali kalau ga salah, dan Alhamdulillaaaahhh.... GAK LULUS hahahaha.

    Semakin keren meski sedikit menakutkan yak, tapi sekaligus bangga kalau beneran PNS yang tersaring adalah yang berkualitas, karena dulu banyakan PNS masuk pakai duit ketimbang lulus normal hehehe

    BalasHapus
  2. Kedua orangtuaku PNS, mba. Tapi entah kenapa cita cita jadi PNS tuh nggak pernah terbersit dalam pikiranku. Skarang tes CPNS ini semakin maju dan smoga saja semakin banyak PNS yang lolos ya

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^