5 Tips Menjadi TEMAN Perjalanan yang Asyik
Goa Jomblang, salah satu destinasi yang kami datangi saat jalan-jalan keliling pulau Jawa


Beberapa waktu lalu, Chi pernah menulis di blog jalanjalankenai.com tentang Tips Traveling Bersama Anak. Di tulisan itu pun Chi mengakui kalau bukan tipe solo traveler. Tiap kali jalan-jalan harus ada temannya. Tapi bukan berarti bisa jalan dengan siapapun yang penting ada yang menemani, ya. Tetep aja harus bersama teman seperjalanan yang bisa diajak asyik.

Suami dan anak-anak adalah teman perjalanan Chi yang paling asyik. Iyess! Chi memang udah mulai jarang bepergian bersama teman-teman. Suka kangen juga sih pengen ngumpul lagi sesekali.


5 Tips Menjadi TEMAN Perjalanan yang Asyik


Tentunya gak sekadar alasan suami dan anak-anak yang menjadikan K’Aie, Keke, dan Nai menjadi teman perjalanan yang asik buat Chi. Ada beberapa alasan kenapa Chi suka jalan bersama mereka, yaitu

[Silakan baca: Happy Mom, Happy Traveling]


Diskusi

5 Tips Menjadi TEMAN Perjalanan yang Asyik 
Selalu berusaha berdiskusi di manapun dan kapanpun dengan seluruh anggota keluarga


“Bun, kalau Ayah mau ajak anak-anak naik gunung Gede pada mau, gak?”

Beberapa tahun lalu, K’Aie pernah tanya seperti itu ke Chi. Walaupun hanya anak-anak yang disebut, udah pasti maksudnya sepaket ma bundanya. Dulu, anak-anak mana mau jalan-jalan tanpa bunda.

Sebelum jalan-jalan, biasanya kami memang suka berdiskusi dulu. Kenapa mau ke sana? Naik apa? Ngapain aja di sana? Dan lain sebagainya. Kadang kami berbeda pendapat juga, lho.


Uang

“Nai, nanti jangan terlalu pemilih urusan makan, ya. Belum tentu ketemu restoran. lho.”

Ketika berencana jalan-jalan keliling pulanu Jawa via darat, Chi beberapa kali mengingatkan Nai. Sebetulnya Nai gak anti makanan kaki lima. Banyak kok makanan kaki lima yang Nai suka. Nai hanya gak suka makan di pinggir jalan. Kalau memang harus beli makanan kaki lima, sebisa mungkin dibungkus aja buat makan di rumah. Tapi kalau jalan-jalan gitu kan susah juga kalau dibungkus. Enakan langsung makan di lokasi.

Namanya jalan-jalan pasti mengeluarkan uang meskipun perjalanan murah meriah sekalipun. Biasanya sih K’Aie yang bayarin. Tapi kadang Chi suka ikut bayarin juga. *Kalau baru dapat transferan fee hehehe* Nah yang begini juga harus diobrolin. Ya jangan sampe pengeluaran jadi gak terkontrol karena gak diperhitungkan dengan cermat.


Nikmati Perjalanan

“Kalau pada kesel, mendingan kita pulang, ya.”

Mau jalan di dalam kota atau ke luar kota, memang sebaiknya dinikmati. Macet, panas, atau apapun itu nikmati aja. Udah paling males deh kalau jalan sama orang yang kerjanya ngegerutu melulu. Bukan berarti gak boleh kesel, lho. Kesel itu manusiawi, kok Asalkan jangan berlebihan dan bikin perjalanan jadi gak asik.

[Silakan baca: Garut Itu Ternyata...]


Fleksible

5 Tips Menjadi TEMAN Perjalanan yang Asyik 
Kalau bepergian dengan kendaraan pribadi biasanya waktunya lebih fleksible. Tapi kalau dengan pesawat atau kereta api pastinya harus lebih disiplin. Jangan sampai ditinggal pesawat atau kereta.


“Kalau nebeng ma Chi sekeluarga mah harus santai. Waktunya gak bisa diprediksi.”

Tante Chi pernah bilang kayak gitu. Kami memang cukup fleksible saat melakukan perjalanan. Rencana perjalanan sih selalu dibuat termasuk waktu keberangkatan. Tetapi prakteknya fleksible aja. Kalau memang bisa berangkat lebih cepat atau terpaksa terlambat, ya sudah.

Begitupun saat di perjalanan. Kalau pada lapar ya segera cari tempat makan. Tidur dulu sejenak di jalan kalau lagi cape. Chi yang gampang beser gini juga nyaman kalau jalan-jalan ma suami dan anak-anak. Bisa kapanpun cari toilet umum tanpa merasa gak enak hati *biasanya di pom bensin atau mini market*


Berpengalaman

“Tenang aja, tinggal kita lihat bintang. Gak akan nyasar.”

Saat masih pacaran, Chi pernah kesasar berdua ma K’Aie. Kesasar di hutan? Enggak, kesasar di Jakarta hahahaha. Tapi Chi masih inget banget dulu lokasinya gelap. Gak tau harus tanya ke mana dan saat itu belum bisa nanya mbah Google. Hp aja belum punya hehehe.

Tapi Chi percaya aja K’Aie ngomong gitu. Percaya karena K’Aie seorang pecinta alam. Jadi gak tau apa memang K’Aie beneran ngikutin bintang *Dulu langit Jakarta masih kelihatan bintang* atau cuma modus doang, tapi yang pasti setelah berputar-putar akhirnya ketemu juga jalan yang ramai.

Sekarang pun Chi tenang jalan ma K’Aie karena merasa dia lebih pengalaman. K’Aie juga gak gampang panikan. Nyaman deh kalau jalan-jalan ma seseorang yang lebih berpengalaman.

[Silakan baca: Perjalanan Menuju Bromo]


Promo TEMAN


5 hal di atas bisa dijadikan tips bila teman-teman ingin menjadi teman perjalanan yang asik. Tapi kayaknya Chi harus nambahin 1 lagi, ding. Teman perjalanan yang asik adalah teman yang mau kasih promo.

Teman-teman pernah menginap di salah satu hotel yang bekerjasama dengan Airy Rooms? Chi pernah menginap di salah satu hotel di Jakarta menggunakan Airy Rooms. Kesan yang Chi dapat, hotelnya cukup nyaman dan harganya juga murah. Ya, kalau teman-teman mencari hotel bujet yang nyaman bisa coba Airy Rooms, deh.

Tadinya sih pengen cobain hotel di luar kota menggunakan Airy Rooms. Tetapi selain belum ada waktu yang cocok, ke luar kota juga membutuhkan biaya transportasi yang lebih banyak. Apalagi kalau perginya menggunakan pesawat. Makin berhitung deh karena harus dikali 4.

Kabar menyenangkan, sekarang Airy Rooms tidak hanya bisa untuk booking hotel. Beli tiket pesawat pun sudah bisa dilakukan di Airy. Malah di sini harganya termurah.


Udahlah termurah, sekarang lagi ada promo TEMAN (Terbang Murah dan Nyaman) pula. Bila teman-teman booking tiket pada periode 28-31 Agustus 2017, maka akan langsung mendapatkan diskon hingga Rp125.000,00. Caranya dengan memasukkan kode kupon yang tertera di atas. Kode kupon ini bisa dipakai hingga 2x oleh setiap pelanggan asalkan bookingnya masih pada masa periode.


Periode terbang 28 Agustus – 31 Desember. Pas banget, tuh! Bakal ada libur semester 1 menjelang akhir tahun. Atau di akhir September juga long weekend, tuh. Promo ini berlaku untuk seluruh rute domestik Airy dengan berbagai pilihan maskapai.

Teman-teman download Airy apps nya aja dulu (minimal Android versi 1.13.0 atau iOS 1.11.0). Lihat syarat dan ketentuan yang lebih lengkap di sana. Setelah itu langsung deh booking. Promo ini gak bisa digabung dengan promo Airy lainnya, ya.

Selamat merencanakan liburan!