Fabian Belajar Alphabet Bersama Boci

By Keke Naima - July 10, 2015


Fabian belajar alphabet bersama Boci. Teman-teman KeNai ikutan juga, yuk!


Hai! Ketemu lagi sama Fabian. Masih ingat dia? Chi pernah cerita tentang Fabian di blog ini.  Singkatnya, Fabian ini anak ke-3 dari 4 bersaudara. Dia anak dari adik Chi yang perempuan. Tapi, sejak usia 6 bulan sudah tinggal bersama kami.

Walopun begitu, bukan Chi yang sehari-hari bertanggung-jawab mengasuh Fabian. Mama dan papah alias kakek-nenek Fabian yang sehari-hari mengurusnya. Chi bukannya gak mau mengurus, tapi mengasuh anak dengan pola asuh yang berbeda menurut Chi agak kurang baik untuk anak. Bikin si anak bingung nantinya. Jadi, karena memang papah-mamah yang dari awal berniat mengasuh, ya biarkan saja. Chi, K'Aie dan anak-anak paling hanya sekedar bermain bersama Fabian atau sesekali membantu saja.

Usia Fabian sudah lebih dari 4,5 tahun tapi belum bersekolah. Memang kelahiran akhir Oktober itu rada nanggung, ya. Bisa jadi kemudaan atau ketuaan diangkatannya kalau sekolah. Lagipula mamah dan papah juga pengennya Fabian masuk SD negeri aja. Kalau SD negeri kan minimal 7 tahun usianya, jadi memang sebaiknya tidak terburu-buru masuk TK. Rencananya baru tahun ajaran depan, Fabian baru masuk TK. Biar lulusnya di usia 7,5 tahun lebih.


Petualangan Boci



Beberapa waktu lalu Chi denger ada aplikasi yang bagus untuk anak usia 2-6 tahun. Namanya Petualangan Boci. Chi coba lihat aplikasinya di play store. Kelihatan bagus aplikasinya. Tapi gak mungkin juga Chi cobain ke Keke dan Nai. Mereka udah mulai beranjak ABG hehehe. Chi berpikir untuk cobain ke Fabian. Ya, untuk urusan pola asuh memang bukan tanggung jawab Chi. Tapi, sebagai uwa-nya boleh dong sesekali ngajari ke keponakan?



Aplikasi petualangan Boci ini ada beberapa macam. Belajar alphabet, angka, menulis, tracing, hingga berbagai minigames yang menarik untuk anak-anak. Bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Semua aplikasi ini diunduh secara terpisah. Dan kita bisa mengunduhnya di Google Play atau iOS.


Fabian Belajar Alphabet Bersama Boci


Yang pertama Chi kenalin adalah belajar alphabet bersama Boci. Sebetulnya untuk petualangan Boci yang alphabet ini untuk anak usia 2-4 tahun. Fabian usianya kan udah lewat dari 4 tahun. Tapi, Chi pengen tahu sejauh mana dia udah kenal alphabet. Awalnya kelihatan gampang banget. Cukup dengan sekali instruksi dia udah langsung ngerti bagaimana cara mencocokkan alphabet. Berarti dia udah hapal alphabet, dong? Owhhh ternyata belum.

Silakan unduh Boci Play Alphabet di Google Store atau iOS apabila ingin mengajarkan anak-anak tentang huruf


Dari beberapa kali uji coba, Chi berkesimpulan kalau
  1. Fabian sudah paham untuk mencocokkan pola yang sama
  2. Fabian juga sudah hapal warna
  3. Fabian belum hapal alphabet
 
    Bagaimana caranya supaya dia hapal alphabeth? Ngajarinnya harus pelan-pelan. Minta dia sedikit bersabar. Karena kalau mencocokkan alphabet kan dia cepet banget gerakan jarinya. Tinggal srat sret selesai dan lanjut ke level berikutnya. Jadi minta dia untuk bersabar. Sebelum mencocokkan, minta dia untuk mengucapkan huruf tersebut. Sekaligus ajarkan juga tentang warna kalau anaknya belum tau warna. Apalagi warna-warna alphabet di petualangan Boci belajar alphabeth itu solid. Jadi bagus banget untuk sekalian belajar warna. Memang sih ada juga aplikasi petualangan Boci yang tentang warna, tapi sekaligus sambil belajar alphabet juga bisa, kok.

    Untuk pengenalan dasar tentang alphabet, Chi rasa aplikasi ini bagus. Apalagi sekarang memang zaman digital, sedari kecil anak udah akrab dengan gadget. Ya, daripada buka aplikasi yang aneh-aneg. Mendingan sekalian cari yang bisa mengedukasi anak. Tapi, tetep ya sebagus apapun aplikasi ini, harus dibatasi penggunaannya. Jangan terlalu lama, lah. Kita tau kan resiko kalau anak sudah kecanduan gadget?

    Fabian pun sempet begitu. Begitu dikenalin aplikasi Boci langsung nagih melulu. Chi lagi tidur aja dibangunin buat dipinjem HPnya. Tapi tentu aja Chi gak bisa setiap saat kasih. Tetap ada waktu-waktu tertentu dimana dia boleh pegang gadget. Dan Chi harus tegas disitu.

    Di blog Chi lumayan sering menulis tentang metode belajar. Karena belajar itu memang harus menyenangkan. Apalagi buat anak-anak harus seperti bermain. Nah, cobain aplikasi ini, deh. Asalkan kita bisa disiplin dengan waktunya, aplikasi ini menyenangkan buat anak-anak usia 2-6 tahun untuk belajar :)

    Info lebih lanjut


    Petualangan Boci


    website: www.petualanganboci.com/apps

    • Share:

    You Might Also Like

    27 comments

    1. wahhh fabian bisa cepet pinter nih mak ^_^

      ReplyDelete
    2. satu lagi teknologi yang diperuntukkan bagi anak-anak, wajar jika kemudian mereka sangat menyukai dan kepandaiannya melebihi bundanya sendiri (waktu balita). ya...Boci-lah teknologi untuk belajar alphabet

      ReplyDelete
    3. anak-anak pasti suka nih mba, belajar sambil bermain :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau anak-anak saya sih suka. Semoga anak-anak lain juga begitu :)

        Delete
    4. sekarang metode belajar buat anak2 lebih banyak dan bervariasi ya mak,salah satunya Boci ini

      ReplyDelete
    5. belajar bersama BOCI menyenangkan ya

      ReplyDelete
    6. waah mau cobain ah buat ponakanku

      ReplyDelete
    7. Keren ya Mak .. Fabian pasti senang bermain bersama Boci

      ReplyDelete
    8. Fabian jadi anteng krn belajar bersama boci

      ReplyDelete
    9. Biasanya kalau belajar sudah pakai gadget, anak2 makin tertarik ya, Mbak. Fabian belajarnya nyantai banget. .. ;)

      ReplyDelete
    10. Baru tau nihh Boci... Tfs Bun, mo donlotin ah buat Gavin^^

      ReplyDelete
    11. klo mediasi nya gadget Anak-anak lebh senang belajar ya mbak...tentunya juga dg batasan-batasannya salam kenal mbak.. 😊

      ReplyDelete
      Replies
      1. karena gadget itu gambarnya menyenangkan buat anak. Tapi harus dibatasi penggunaannya, ya :)

        Delete
    12. wah, ada aplikasi boci.. mau coba download ahh u Rafasya..

      ReplyDelete
    13. Kirain Fabian itu adiknya Nai. Hehehehe...
      Aplikasi Boci emang seru. De Zaudan sangat suka yang Boci Pasar Malam. :)

      ReplyDelete
    14. wah fabian banyak dosennya ya ..

      ReplyDelete
    15. lucu juga ya, petualangan boci ini, jadi pengen download juga utk Fayda :)

      ReplyDelete

    Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

    Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^