Chi: “Dapet undangan dari SHARP, Yah.”
K’Aie: “Di mana? Dalam rangka apa?”
Chi: “Di Mall Kota Kasablanka, tanggal 28 Mei. SHARP mau launching produk smartphone. Perasaan, ini pertama kalinya SHARP bikin smartphone, ya? Gak pernah denger sebelumnya.”
K’Aie: “Iya, kayaknya yang pertama.”


sharp aquos
Nih, bukti kalau kami memilih SHARP AQUOS untuk tv :D


Chi penasaran dengan produk smartphone SHARP ini. Sebagus apa kualitasnya? Karena kalau dari brandnya sendiri, sih, udah familiar. Bahkan Chi suka dengan produk tv-nya. Bisa dibilang, gak bisa pindah ke lain hati untuk produk tv-nya. Spesifikasi boleh sama, tapi kualitas yang membedakan.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah pasar smartphone saat ini rasanya semakin banjir aja. Beberapa brand sudah meluncurkan produk handphone terbaru 2015. Kalau dulu, Chi mungkin bisa hapal brand ponsel yang beredar di Indonesia. Tapi kalau sekarang? Wah, nyerah deh! Kira-kira, smartphone SHARP bisa bersaing gak, ya? Atau recommended lah buat kita miliki.


sharp aquos crystal, smartphone android, handphone terbaru 2015

Acara dibuka oleh sambutan dari Fumihiro Irie, President Director PT SHARP Electronics Indonesia. Kemudian dilanjutkan oleh Junichi Iwaki, Unit Deputy General Manager, Personal Communication Systems unit 3, Communication System Division, SHARP Corporation Japan, yang menjelaskan tentang produk yang akan diluncurkan tersebut.

Setelah itu baru deh ‘gong’nya, yaitu peluncuran smartphone SHARP AQUOS Crystal dengan Brand Ambassador, Ully Triani. Kemudian dilanjut dengan booth touring. Di sinilah, para awak media dan blogger dipersilakan mencoba smartphone tersebut.


5 Alasan Menginginkan SHARP AQUOS Crystal


Ini 5 alasan kenapa Chi pengen punya smartphone android dari Sharp Aquos Crystal.


1. Seru-seruan dengan layar frameless

Hasil foto dengan menggunakan kamera belakang


Frameless menjadi salah satu keunggulan dari smartphone SHARP AQUOS Crystal. Lihat aja foto diatas nyaris terlihat tanpa bingkai, kan? Memaksimalkan hasil ‘tangkapan’ kamera kalau mau ambil gambar. Udah gitu kayak tembus pandang kalau kita mau motret karena nyaris gak ada framenya. Bayangkan aja seperti kita memandang ke depan dari balik kaca. Untungnya ada fitur Framing Advisor yang membantu kita banget untuk menentukan komposisi objek yang akan difoto.

Dengan layar frameless, memotret objek seperti melihat dari balik kaca.


Untuk kamera belakang resolusinya 8MP sedangkan kamera depan itu 1,2 MP. Biasa aja, ya? Karena sekarang pun udah mulai banyak kamera HP yang diatas 8MP untuk kamera belakang.

Eit! Tapi nanti dulu. Seperti yang Chi bilang diawal, spesifikasi boleh sama, tapi kualitas yang berbicara. Ketika Chi coba, untuk kamera 8MP itu hasilnya terlihat jernih banget. Sejernih kristal, sesuai dengan namanya – AQUOS Crystal. Bahkan untuk kamera depan yang ‘cuma’ 1,2MP, hasilnya di kamera tetap terlihat jernih.

Kekurangan dari kamera depan smartphone ini, tuh kameranya ada di bawah. Kalau mau selfie, ada 2 pilihan cara, yaitu melirik ke bawah (ke lensa kamera) atau smartphonenya dibalik, biar lensa kamera di posisi atas. Awalnya sih emang rada kagok. Cuma, Chi pikir ini tentang kebiasaan aja, sih. Lama-lama juga gak bakal kagok. Lagian yang penting itu kan hasil fotonya itu bagus atau enggak.

Udah gitu layar Sharp Aquos Crystal kan kualitas HD. Coba aja bandingkan tv yang udah kualitas HD dengan yang belum. Lebih bening mana? Pasti yang HD, lah. Selain itu, Chi memang pernah denger kalau SHARP ini memang salah satu rajanya layar untuk barang elektronik. Jadi kalau memang hasilnya terlihat jernih, bisa jadi karena keunggulan dari layar SHARP yang memang udah gak usah diragukan.


Ada pengalaman berharga yang bikin speechless, sayangnya pas kesana kameranya rada error. Jadi, foto-fotonya kurang maksimal. Kalau dikasih kesempatan seperti ini lagi, trus pake kamera dengan fitur Night Shot dari SHARP AQUOS Crystal, hasil fotonya bakal keren banget kayaknya


Selain itu, untuk kamera juga dilengkapi dengan fitur Night Shot yang membuat gambar tetap terlihat jelas di malam hari. Shutter Detect, cocok buat gerakan spontan tanpa khawatir hasilnya akan blur. Trus ada juga fitur Sequential Shot.

Chi itu kalau lagi mau foto kadang suka mikir, enaknya pake mode apa, ya? Kadang Chi suka pengen hasilnya yang rada beda gitu, lho. Seringkali jadinya untuk satu objek, Chi ambil beberapa kali jepretan dengan gonta-ganti mode. Jadinya rada makan waktu, sih. Tapi dengan fitur Sequential Shot, cukup tekan tombol sekali langsung deh bisa ambil beberapa gambar dari beberapa mode sekaligus, misalnya portrait, scenery, text, sephia, fisheye, miniature, panorama, dan lain sebagainya. Praktis banget, ya!

Sayangnya di acara launching tersebut Chi gak sempet nyobain ketiga fitur itu, uy! Gak mungkin juga cobain fitur night shot di mall yang terang benderang. Untuk shutter detect juga bagusnya dicobain pas lagi jalan-jalan sama anak-anak kali, yaaa. Karena anak-anak kan biasanya gak mau diam. Begitu juga dengan sequential shot. Lagian banyak juga yang hadir di acara launching. Jadi gak terlalu lama nyoba smartphonenya. Kira-kira kapan ya Chi bisa cobain ini smatphone sampe puas? *modus hehehe*


Lihat foto ini di akun twitter @sharpmobileusa, hahaha lucu ajah! Ya, ini salah satu seru-seruan ala SHARP AQUOS Crystal dengan layar frameless-nya :D


2. Kualitas HD yang bikin hemat baterai

Ketika sesi tanya-jawab, ada yang bertanya kenapa sekarang SHARP merambah ke pasar smartphone?

Junichi Iwaki menjelaskan kalau sebelum merambah ke pasar smartphone, SHARP sudah lebih dulu memproduksi layar LCD dengan kualitas HD untuk televisi. Bahkan bisa dibilang pada zaman dulu kalau ingat televisi itu adalah SHARP dan SHARP adalah televisi. Itu karena saking identik dan dikenalnya SHARP dengan produk tv-nya di masyarakat.

Teknologi LCD dengan kualitas HD itu selain bikin tampilan layar terlihat lebih bening, juga hemat daya. Gak perlu deh sering-sering ngecharge. Asiiikk, hemat listrik! Bahkan katanya, dengan teknologi tersebut plus baterai 2040 mAh Li-Ion, bisa tahan bicara sekitar 13 jam-an.


3. Bebas posisi apapun ketika menelpon

Chi: “Mbak, kalau mau denger ring tonenya dimana, ya? Saya mau denger suaranya, enak didenger apa cempreng.”

Mbak yang berseragam biru-putih itu pun dengan ramah membantu Chi. Ketika salah satu lagu di ring tone tersebut diaktifkan, Chi mulai mencari letak speakernya untuk ditempelkan di kuping. Maklum aja, mall kan rame :D

Mbak X : “Ini seluruh permukaan layarnyanya menghasilkan suara, Mbak. Jadi bisa denger dari mana aja.”

Wuiihhh, asik! Kadang kalau lagi di tempat rame, Chi suka semakin ngedeketin suara ke speaker biar lebih jelas kedengeran sama orang yang sedang bicara dengan Chi. Tapi, SHARP AQUOS Crystal ini punya fitur Direct Wave Receiver jadi Chi bisa nelpon dengan posisi apapun.

Keke dan Nai juga kalau nelpon senengnya pake loud speaker. Padahal kalau kata Chi, pake loud speaker itu bikin suara yang keterima jadi agak lebih kecil volumenya. Tapi kalau ada fitur ini kayaknya nelpon dengan loud speaker pun, volume yang keterima bisa lebih jelas, ya. Selain itu, fitur ini juga membuat mendengarkan musik atau video semakin lebih asyik karena suara yang keluar lebih jelas.


Sambil mendengarkan kualitas suara yang keluar, sekalian aja Chi perhatikan sizenya. Dengan size 131 x 67 x 10 mm dan berat 141 gr, menurut Chi sih smartphone ini masih nyaman untuk digenggam. Walopun tipis, tapi jangan ragu dengan kualitasnya. Sudah diuji coba terlebih dahulu sebelum diluncurkan ke pasaran


4. Screen shot jadi lebih mudah

SHARP AQUOS Crystal punya fitur Keep Now. Cukup dengan sekali tarikan atau sentuhan ringan, gambar yang pilih langsung ke screenshoots beserta URL gambar tersebut dan disimpan di folder keep now. Kabar gembira nih buat Chi yang hobi ngumpulin screenshoots. Kalau ada gambar atau berita yang layak disimpan, Chi suka screenshoots biar sewaktu-waktu bisa Chi baca lagi walopun tanpa pakai koneksi internet.


5. Rahasianya itu di otak

Setelah kejadian handphone hilang beberapa minggu lalu, Chi mencari handphone dengan spesifikasi kamera yang bisa diandalkan. Hobi jeprat-jepret hehehe. Bahkan untuk makan pun di suka foto dulu makanannya. Untuk foto-foto, Chi gak selalu mengandalkan kamera handphone. Sering juga pakai kamera digital karena resolusi kamera digital yang Chi punya lebih tinggi dari hp Chi (yang udah hilang itu).

Cuma, ya gitu, deh. Kadang masih suka ada rasa risih aja kalau mau motret pake kamera. Pengennya langsung pake hp. Selain itu gak praktis juga kalau motret pake kamera. Gak bisa langsung upload. Makanya, Chi tuh fokus ke resolusi kamera smartphone ketika mencari hp pengganti.

Tapi, kata K’Aie cari juga yang RAMnya lumayan besar. Minimal 1GB, lah. Syukur-syukur kalau bisa 2GB. Karena Chi kan lumayan aktif di dunia maya. Gak cuma RAM aja, sih. Pokoknya cari smartphone yang ‘otaknya’ pintar. Trus, kalau spesifkasi handphone terbaru SHARP AQUOS Crystal ini, sesuai dengan yang Chi mau gak, ya?

SHARP AQUOS Crystal dengan basis Android 4.4.2 (KitKat) ini memiliki RAM sebesar 1,5GB. Prosesornya itu MSM8926, Snapdragon™ Qualcomm®, 1.2GHz CPU Quad-core. Prosesor Snapdragon™ kan katanya memang paling pas untuk smartphone dengan teknologi tinggi. Sederhananya, smartphone dengan prosesor Snapdragon™ itu bisa bekerja secara multitasking dengan baik. Nah! Pas banget kan buat ibu-ibu yang umumnya memang multitasking :D

Trus sekarang juga zamannya koneksi internet 4G LTE. Chi pernah baca, kalau internet dengan konektivitas 4G LTE itu kecepatannya bisa sampe 10 kali lipat 3G. Bakalan say goodbye sama koneksi yang jalannya kayak siput kayaknya, ya :D

Sebentar lagi Ramadhan trus hari Idul Fitri. Langsung teringat THR, nih! Siapa tau bisa punya Hp Android SHARP AQUOS Crystal. Apalagi hari raya itu biasanya banyak momen bagus yang saying banget kalau gak diabadikan dalam bentuk foto. Kayaknya harus #semangattanpabatas untuk terus berusaha punya smarthone ini :)


Harga smartphone SHARP AQUOS Crystal


Harga handphone terbaru dari SHARP ini dibandrol Rp3.999.000,00. Sepadan banget lah dengan kualitasnya. Selama masa promosi (kurang lebih 3 bulan ke depan), smartphone ini juga dijual dengan paket bundling XL. Keuntungannya kita dapat free 3G starter pack hingga 600 MB per bulan selama 1 tahun. Udah beli…. beliii… *#semangattanpabatas ngomporin diri sendiri :p*

Ngomong-ngomong tentang #semangattanpabatas, lagi ada lomba blog SHARP AQUOS Crystal, nih. Hadiahnya jalan-jalan jelajah Bali tanpa batas. Woohoo! Ayo, tunjukkan #semangattanpabatas teman-teman! Info lebih lanjut silakan lihat di www.semangattanpabatas.com