Kapan Sebaiknya Anak Diberikan Buah Potong?

By Keke Naima - May 03, 2015

Ketika anak mulai diberikan MPASI, biasanya buah termasuk menu yang pertama kali diberikan. Karena pertama kali MPASI adalah usia 6 bulan, tentunya banyak yang menyarankan  sebaiknya makanan diblender halus dulu. Tapi, Chi juga pernah cerita di blog ini kalau Keke dan Nai itu selalu menolah makanan yang terlalu halus.

Jadinya, makananya MPASI mereka hanya dihaluskan dengan menggunakan garpu, kecuali buah. Kalau buah, Keke dan Nai mau mengkonsumsi buah yang diblender.


Kemudian pertanyaannya adalah, mulai kapan Keke dan Nai bisa diberikan buah potong?

Sejak mereka mulai ada tanda-tanda suka memasukkan benda-benda terutama jari-jarinya ke mulut, kami mulai coba kasih finger foods ke anak-anak. Pilihannya kalau gak biskuit bayi, ya buah potong. Tapi, kalau biskuit bayi itu kan mudah lumer di mulut. Sedangkan buah potong tidak. Kami suka khawatir kalau mereka menggigit potongan terlalu besar lalu ditelan tanpa sempat dikunyah. HAsilnya mereka akan tersedak trus kapok deh makan buah.

Kami jadi suka takut-takut kalau mau kasih buah potong. Ujung-ujungnya kalau gak diblender (lagi), ya kami haluskan kecil-kecil. Atau buah potongnya kami pegangin dan dimasukkan ke mulut mereka. Tapi, kalau dipegangin gitu, anak suka menolak. Pengennya megang sendiri. Suka gregetan kalau dilarang hehehe.

Pas jalan-jalan ke salah satu mal di Jakarta Selatan, kami menemukan alat buat makan buah potong. Namanya Baby Food Feeder. Ini menolong banget, lho. Cara pakainya juga gampang. Kita tinggal masukkin potongan buah ke dalam kantung trus kunci rapat. Untuk buah jeruk, sebaiknya dibuang dulu bijinya, supaya gak menimbulkan rasa pahit apabila kegigit.

Kantung untuk menyimpan buah terbuat dari jaring yang sangat lembut tapi kuat. Jadi jangan khawatir bagian mulut bayi akan luka karena menggigit kain. Atau gak perlu khawatir kainnya akan sobek karena digigit dan ditarik oleh anak. Lubang jaringnya yang sangat kecil, bikin Chi gak khawatir kalau Keke dan Nai akan tersedak karena yang akan keluar dari jaring tersebut adalah rasa dari makanan yang mereka gigit. Ngebersihinnya juga gampang, kok, tinggal cuci dengan air hangat trus kasih sabun sedikit. Kucek dan bilas, lalu keringkan dan simpan di tempat yang bersih.

Baby food feeder bisa membantu ketrampilan motorik tangan Keke dan Nai. Nanti pelan-pelan kalau kelihatannya mereka sudah mantap, Chi mulai kasih buah potong tanpa alat bantu. Selain buah, baby food feeder juga bisa buat makanan lain, misalnya sayuran. Tapi biasanya Chi cuma pake buat buah-buahan, sih.

Dari beberapa sumber yang Chi baca, termasuk ketika datang ke seminar tentang diabetes, membiasakan anak mengkonsumsi buah potong itu bagus. Bahkan menyantap buah potong itu lebih bagus daripada jus. Dengan membiasakan menyantap buah potong, gigi mereka akan terlatih untuk mengunyah. Malah ada yang bilang bisa bikin gigi jadi kuat. Lambung dan pencernaan mereka juga lebih bagus ketika menyantap buah potong daripada jus.

Etapi, bukan berarti jus gak baik, ya. Cuma jangan sampe keasikan mengkonsumsi jus, trus buah potong diabaikan. Atau kalau masih ragu kasih anak makan buah potong karena khawatir tersedak, coba kasih buahnya dengan baby food feeder :)

  • Share:

You Might Also Like

15 comments

  1. Iiih lucuu ada inovasi spt ini... hihihi...
    Coba dulu aku tau yaa.. eh mak tp ini infonya berguna nih utk keponakanku.. thanks yahh.. ^_^

    ReplyDelete
  2. uwa,hahaha...lucu ya mak. aku belum pernah lihat lo,baru kali ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalau debaynya udah lahir trus mulai MPASI dan mulai gigit-gigit, cobain kasih buah pake ini :D

      Delete
  3. wah asyik ya alatnya bisa membantu anak-anak belajar makan buah sendiri. Coba ada jaman pascal kecil dulu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman Keke aja udah ada, Lid. Dulu dia pake ini. Berarti zaman Pascal pun udah ada. Cuma mungkin belum ada yang dijual online aja. Harus ke mall. Kalau sekarang udah ada yang jual online

      Delete
  4. aku punya ini...munchkin kalo ga salah brandnya..dan sangat ngebantu banget buat naro buah potong di kasih ke baby ;))

    ReplyDelete
  5. Aku diksh ini pas fylly baru lahir dulu mba. Trs mulai dites ke fylly pas dia udh mulai bisa gigit2. Tp hasilnya dia emoh bgt ngisapin sari buahnya pake alat itu:p malah dibuang. Jd sampe skr tuh alat ga prnh kepake :D

    ReplyDelete
  6. Semua sepupu ku kayaknya dibiasain makan buah potong daripada jusnya, Mbak.. Kata Nenek sih biar belajar konsumsi serat.. :D

    ReplyDelete
  7. serat itu memang sangat penting.....

    ReplyDelete
  8. Buah pada adanya memang bagus..dan makin terbatas makan buah sejak kecil, makin baik mak...kami mencoba lebih banyak sarapan dengan buah juga...it's a good start..anak-anak pun kalau sudah terbiasa banyak yang suka..

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^