Ketika anak mulai diberikan MPASI, biasanya buah termasuk menu yang pertama kali diberikan. Karena pertama kali MPASI adalah usia 6 bulan, tentunya banyak yang menyarankan  sebaiknya makanan diblender halus dulu. Tapi, Chi juga pernah cerita di blog ini kalau Keke dan Nai itu selalu menolah makanan yang terlalu halus.

Jadinya, makananya MPASI mereka hanya dihaluskan dengan menggunakan garpu, kecuali buah. Kalau buah, Keke dan Nai mau mengkonsumsi buah yang diblender.


Kemudian pertanyaannya adalah, mulai kapan Keke dan Nai bisa diberikan buah potong?

Sejak mereka mulai ada tanda-tanda suka memasukkan benda-benda terutama jari-jarinya ke mulut, kami mulai coba kasih finger foods ke anak-anak. Pilihannya kalau gak biskuit bayi, ya buah potong. Tapi, kalau biskuit bayi itu kan mudah lumer di mulut. Sedangkan buah potong tidak. Kami suka khawatir kalau mereka menggigit potongan terlalu besar lalu ditelan tanpa sempat dikunyah. HAsilnya mereka akan tersedak trus kapok deh makan buah.

Kami jadi suka takut-takut kalau mau kasih buah potong. Ujung-ujungnya kalau gak diblender (lagi), ya kami haluskan kecil-kecil. Atau buah potongnya kami pegangin dan dimasukkan ke mulut mereka. Tapi, kalau dipegangin gitu, anak suka menolak. Pengennya megang sendiri. Suka gregetan kalau dilarang hehehe.

Pas jalan-jalan ke salah satu mal di Jakarta Selatan, kami menemukan alat buat makan buah potong. Namanya Baby Food Feeder. Ini menolong banget, lho. Cara pakainya juga gampang. Kita tinggal masukkin potongan buah ke dalam kantung trus kunci rapat. Untuk buah jeruk, sebaiknya dibuang dulu bijinya, supaya gak menimbulkan rasa pahit apabila kegigit.

Kantung untuk menyimpan buah terbuat dari jaring yang sangat lembut tapi kuat. Jadi jangan khawatir bagian mulut bayi akan luka karena menggigit kain. Atau gak perlu khawatir kainnya akan sobek karena digigit dan ditarik oleh anak. Lubang jaringnya yang sangat kecil, bikin Chi gak khawatir kalau Keke dan Nai akan tersedak karena yang akan keluar dari jaring tersebut adalah rasa dari makanan yang mereka gigit. Ngebersihinnya juga gampang, kok, tinggal cuci dengan air hangat trus kasih sabun sedikit. Kucek dan bilas, lalu keringkan dan simpan di tempat yang bersih.

Baby food feeder bisa membantu ketrampilan motorik tangan Keke dan Nai. Nanti pelan-pelan kalau kelihatannya mereka sudah mantap, Chi mulai kasih buah potong tanpa alat bantu. Selain buah, baby food feeder juga bisa buat makanan lain, misalnya sayuran. Tapi biasanya Chi cuma pake buat buah-buahan, sih.

Dari beberapa sumber yang Chi baca, termasuk ketika datang ke seminar tentang diabetes, membiasakan anak mengkonsumsi buah potong itu bagus. Bahkan menyantap buah potong itu lebih bagus daripada jus. Dengan membiasakan menyantap buah potong, gigi mereka akan terlatih untiuk mengunyah. Malah ada yang bilang bisa bikin gigi jadi kuat. Lambung dan pencernaan mereka juga lebih bagus ketika menyantap buah potong daripada jus.

Etapi, bukan berarti jus gak baik, ya. Cuma jangan sampe keasikan mengkonsumsi jus, trus buah potong diabaikan. Atau kalau masih ragu kasih anak makan buah potong karena khawatir tersedak, coba kasih buahnya dengan baby food feeder :)