Biasakan Cek dan Ricek, Nak

By Keke Naima - September 08, 2014

Sebetulnya lagi agak hilang semangat untuk ngeblog. Secara gak sengaja Chi menghapus banyak sekali komentar dari teman blogger yang masuk. Ada 15 postingan yang berubah jadi 0 jumlah komentarnya. Padahal komentar-komentar itu salah satu penyemangat ngeblog. Langsung lemes begitu nyadar. Gak ngerti gimana cara ngebalikin semua komentar itu. Maaf, ya. Insya Allah Chi tetep blogwalking, kok. Apalagi komentar yang masuk kan tetep ada di email. :(

--------

Tau mainan loom band yang lagi ngetrend saat ini? Cari aja di google apa itu loom band :p

Chi mulai tau mainan ini pas lebaran lalu. Sepupu lagi seneng main loom band. Tapi, Chi gak tertarik. Anak-anak juga keliatan nyantai aja. Setelah loom band semakin ngetrend, Nai pun mulai minta dibeliin.

Sebetulnya Chi males banget beliinnya. Tapi, karena Nai bilang belinya pake uang THR dia, susah juga buat ditolak. Itu uang kan hak dia mau dipake untuk apa, selama bukan untuk yang terlarang.

Setelah beli, Chi masih cuek. Yang terlihat menikmati justru Keke. Nai masih harus dibantuin kalau bikin. Lama-lama, Chi pun ikut ketagihan tertarik. Chi dan Nai bahkan berencana membuat beberapa loom band untuk dikasih ke beberapa sahabat Nai. Semacam gelang persahabatan gitu.

Belom juga jadi gelangnya, tau-tau di socmed dan hape rame banget pada share link berita tentang loom band yang katanya beracun kandungannya. Ada rasa gak rela karena baru aja mulai suka masa' udah harus brenti? Seperti biasa, kalau ada berita heboh, Chi gak mau langsung ikuitan heboh. Chi suka membiasakan cek-ricek dulu. Cari berita pembanding.

Chi belum ngomong tentang berita ini ke Keke dan Nai karena awalnya sempat khawatir kalau mereka jadi berhenti bermain loom band. Padahal loom band itu bagus buat berkreasi, lho. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat anak-anak ketika berkreasi dengan loom band.

Sampe Selasa lalu (2/9), Nai mulai tanya ke Chi apa benar kalau loom band itu beracun? Dia dapat info dari salah seorang temannya. Dan, temannya berhenti pakai loom band. Awalnya, Chi cuma bilang kalau loom band itu masih aman.

Hari berikutnya, Nai masih menanyakan hal yang sama. Dia kelihatan agak sedih. Rencana untuk kasih gelang persahabat ke para sahabatnya bisa terancam gagal karena berita loom band beracun. Padahal dia udah seneng banget sama rencana itu.

Bunda: "Oke, sekarang kita buka google. Keke coba ketik di google dengan kata kunci loom band beracun. Pilih salah satu berita, silakan kalian berdua baca dulu. Setelah itu, Bunda minta pendapatnya kalau udah selesai, ya."

Keke lalu membuka berita tentang loom band yang beracun ini dari portal Bo** Ki**si*

Keke: "Beritanya kurang jelas, Bun. Cuma disebut ada kandungan phthalates. Tapi, berbahayanya gimana?"
Bunda: "Di web itu, ada sumbernya gak dapet dari mana?"
Keke: "Dari web K**pa*, Bun."
Bunda: "Kalau gitu, coba cari berita dari web K**pa* trus dibaca."



Keke: "Bunda, ada yang aneh! Judul beritanya gelang loom band, tapi pas Keke baca sampe abis yang dibilang beracun itu hiasan tambahannya."
Bunda: "Pinter, Keke! Udah paham sekarang kenapa dari tadi Bunda minta kalian untuk baca beritanya sampai habis."
Keke: "Gak terlalu paham, sih."
Bunda: "Tadi, Keke bilang kalau ada yang aneh. Antara judul sama isi berita kelihatan kurang nyambung, kan? Sekarang ini banyak banget berita yang judulnya heboh tapi begitu dibaca isinya suka gak sesuai dengan judulnya. Sayangnya, masih banyak orang yang boro-boro mau melakukan cek-ricek dengan mencari berita pembanding. Sekedar untuk baca beritanya sampai tuntas pun enggak. Langsung termakan sama judul, emosi langsung kebakar."
Keke: "Jadi, kita harus benar-benar membaca, ya, Bun?"
Bunda: "Tepat banget! Coba Keke lihat lagi, ada kira-kira yang mau Keke tambahin lagi pendapatnya?
Keke: "Katanya, berbahaya kalau terhisap atau tertelan. Berarti kalau kita gak hisap atau tertelan, aman ya, Bun? Masa' kita mau nelen karet hehehe."
Bunda: "Yup! Makanya di bungkus mainan itu kan selalu ada standar usia. Kita harus benar-benar patuh. Loom band ini gak boleh untuk anak batita. Karena anak batita itu, apa-apa masih dimasukin ke mulut. Yang kandungannya aman pun belum tentu aman kalau dimasukin ke mulut. Kalau bendanya kotor gimana?"
Keke: Kayak Zahra, ya, Bun. Semua dimasukkin ke mulut. Susah dikasih taunya."
Bunda: "Namanya juga masih batita. Trus, yang di K**pa*s itu, beritanya dari mana sumbernya?"
Keke: "Daily mail."
Bunda: "Silakan Keke buka beritanya di Daily Mail. Atau di BBC juga gak apa-apa. Sama beritanya. Baca dulu, abis itu kasih tau Bunda pendapat Keke, ya"



Keke: "Bunda, kalau di berita ini judulnya charm isinya juga tentang charm."
Bunda: "Oke. Truuuss...? "
Keke: "Ada tulisan 'Some'. Some ini artinya gak semua charm itu berbahaya, kan? Cuma beberapa?"
Bunda: "Ya. Tapi, coba Keke tonton videonya untuk memastikan."

Chi lalu mengingatkan lagi tentang penting cek dan ricek. Benar-benar mencari sumber aslinya. Jangan cuma percaya katanya, katanya. Jangan juga langsung main share dan berkomentar macem-macem kalau belum melakukan cek-ricek.

Keke: "Keke boleh bagiin beritanya ke temen-temen, Bun? Biar kalau ada temen yang tanya kenapa Keke masih main loom band padahal beracun, Keke tinggal kasih lihat beritanya."
Bunda: "Silakan aja. Setidaknya kita udah ngasih berita pembanding."

Saat itu yang banyak berdiskusi memang Chi dan Keke. Nai lebih banyak diam, duduk manis di samping Chi.

Nai: "Jadi, Ima tetep kasih gelang gak, Bun?"
Bunda: "Terserah Ima."
Nai: "Kalau temen Ima tetep gak mau terima karena takut racun gimana? Padahal misalnya Ima udah jelasin beritanya."
Bunda: "Nah, sekarang Bunda terserahin ke Ima. Kalau tetep mau kasih, Ima gak boleh marah dan sedih kalau sahabat menolak karena takut. Sahabat Ima kan juga punya alasan. Tapi, kalau Ima gak siap ditolak, sebaiknya batalin dulu rencana kasih gelang persahabatan. Lagian, ada atau enggak ada gelang persahabatan, tetep bisa bersahabat, kan?"
Nai: "Iya, Bun."

Keputusan sementara, rencana untuk kasih gelang persahabatan dibatalkan dulu. Tunggu situasi aman hihihi. Kalau kami, sih, tetep aja berkreasi dengan loom band. Setelah mencari berita pembanding dan pakai feeling juga, kayaknya masih aman.

2 hari setelah diskusi itu, Nai manggil-manggil Chi

Nai: "Bundaaa, sini lihat tv, deh. Loom band katanya berbahaya."

Kami pun menonton berita tersebut sampai selesai.

Nai: "Jadi, beneran berbahaya, ya, Bun?"

Nai berkata dengan nada yang terdengar lemas. Diberita itu katanya ada seorang anak kecil yang matanya buta karena keselepet loom band. Trus, satu lagi ada anak kecil yang pergelangan tangannya nyaris diamputasi karena membiru gara-gara terlalu ketat mengikat loom band dipergelangan tangan.

Chi bilang ke Nai, benda apapun kalau kena mata bisa menimbulkan berbagai resiko. Dari yang ringan hingga buta. Begitu juga dengan pergelangan tangan. Pake jam tangan mahal sekalipun kalau makenya terlalu ketat juga bakal bikin pergelangan tangan membiru. Lama-lama bisa diamputasi karena aliran darah gak lancar bahkan berhenti.

Jadi, gak serta merta salah loom band. Tapi, gimana cara kita berhati-hati. Apalagi kalau anak kecil yang main. Orang tua tetep harus mengawasi dan mewanti-wanti.

Nai terlihat diam. Tapi, gak apa-apa. Nanti, lama-lama juga dia akan mengerti. Mungkin saat itu dia sedang kecewa karena rencananya jadi gagal.

Ada beberapa alasan kenapa Chi mengajak Keke dan Nai berdiskusi tentang loom band ini. Gak semata-mata karena loom band lagi ngetrend. Ini alasannya:


  1. Keke dan Nai udah mulai melek dunia internet. Walaupun ada beberapa kata yang kami 'lock' di internet, tapi bukan berarti 100% aman untuk mereka. Contohnya seperti berita tentang loom band ini
  2. Dengan melek internet, Chi anggap Keke dan Nai udah mampu diajak berdiskusi. Tentu aja disesuaikan dengan gaya bahasa dan cara berpikir mereka.
  3. Zaman sekarang banyak banget berita yang judulnya itu bikin heboh. Padahal isinya gak seperti itu. Sayangnya, banyak juga masyarakat yang cuma baca judul langsung main share. Chi gak kepengen banget Keke dan Nai seperti itu. Biasakan membaca sampe tuntas. Dicerna tulisannya. Lakukan cek-ricek kalau memang diperlukan.
  4. Membiasakan diri untuk selalu membaca sampe tuntas juga artinya membiasakan mereka untuk membaca.
  5. Membiasakan untuk cek-ricek juga membiasakan mereka untuk hati-hati dalam berpendapat. Di dunia maya ini banyak yang berpendapat hanya karena alasan kebebasan berpendapat. Tapi, sebetulnya pendapat mereka hanya asal-asalan. Akhirnya, ada beberapa netizen yang kesandung sama pendapatnya sendiri. Kalau udah gitu, sanksi sosialnya bikin serem.
  6. Yang Chi lakukan ini sebetulnya salah satu bentuk dari sikap orang tua untuk melindungi anak. Abis kalau cuma sekedar dilarang, mereka akan penasaran. Jadi, ajak juga Keke dan Nai berdiskusi. Dengan berdiskusi, Chi juga jadi tau apa jalan pikiran Keke dan Nai

  • Share:

You Might Also Like

28 comments

  1. Si Keke jeli banget ya,,,sepertinya rajin bertanya ya,,,sesuatu yg menjadi perhatian dia,,,berarti emak spt mak chi emang harus ekstra ya,,,jadi malu ama mak chi kalo spt ini,,,hihihihi

    ReplyDelete
  2. iya ya, kalau komen NOL itu bikin gimanaaa gituh. Kok kayaknya gak ada yg tertarik baca walau viewer sebenarnya banyak juga.

    ditambahi foto loom-nya dong, Bun Chi ... Biar yang belum tahu ini ngertih :D
    Wah anak2nya pada pintar2 semua. Anak melek internet karena ibunya pun begitu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari di google aja kalau mau lihat penampakannya :)

      Kalau melek internet aja sih gampang. Yang selanjutnya harus diajarkan bagaimana behati2 dengan dunia internet

      Delete
  3. Iya ni, padahal Marwah baru aja dikasi loom band ini sama kk Olive, eeeeh katanya berbahaya :D sampai akhirnya saya baca ini deh

    ReplyDelete
  4. baru tahu juga beritanya pas baca statusnya mak myra,croscek memang lebih baik,jangan hanya mentah2 dari satu sumber...

    ReplyDelete
  5. Croscek mang penting bgt ya mak.. skr byk beeita simpang siur ga jls.
    Btw si loom band ini untung bln smp ke tangan nadia jd dunia persilatan aman..soalnya nadia blm bisa dikasih tau kya nai gitu sih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi bisa heboh dunia persilatan kalau Nadia tau, ya :p

      Delete
  6. loom band apa sih, Mak Chi? anaknya masih dibawah umur, jadina ga paham :D.

    Selalu tertarik baca artikelnya Mak Chi, pengen privat mendidik anak boleh ga neh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat di google aja, Mak untuk tau tentang loom band hehe

      terima ksih udah tertarik. Kalau ada yang mau ditanya boleh naya disini atau japri. Nanti saya coba bantu berdasarkan pengalaman saya, ya :)

      Delete
  7. mungkin ya kalau anak-anak kecil yang belum mengerti makan-makan lommband jadi berbahaya tertelan zat berbahayanya. tapi untuk keke & Nay sih pasti gak dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada standar usia, Lid. Jaid mending kita patuh aja :)

      Delete
  8. Memang kita harus cermat ya baca berita.Soalnya terkadang judul.tidak.sesuai isi.Jadinya menyesatkan kalau gak cermat baca.

    ReplyDelete
  9. loom band apaan sih, Ci? masa kalah ama keke dan nai? melek internet dulu, ah ...

    ReplyDelete
  10. Itulah kenapa Mbak Chi pas banget nulis tentang parenting, karena sudah bisa membangun komunikasi yang demokratis dengan anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita selalu berusaha untuk terus menjalin komunikasi yang baik dengan anak-anak, Pak :)

      Delete
  11. bener sekali untuk membiasakan membaca berita sampai tuntas dan meng-crosscheck dulu dengan berita yang lain. Keke sama Nai semakin pintar, salut sama mereka, mak!

    ReplyDelete
  12. Keren, pinter banget. Salam ya buat Si Kecil

    ReplyDelete
  13. kalau saya sudah stop sama sekali sama loom band ini mak, padahal sblmnya Farras lagi senang membuat gelang2 dan sempat dijual juga ke teman2nya. Tapi saya termasuk ortu yg parno, bawaannya khawatir melulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. syaa juga kadang parno, Mak. Tpai, kalau segala hal dibawa parno bisa-bisa gak bergerak sama sekali. Apalagi setiap hari rasanya ada aja beriita yang bikin miris. Tapi, terserah aja. Keputusan kembali ke masing2 :)

      Delete
  14. wah azka lagi suka main bloon band juga nich ...selama ini belum pernah liat dia masukin ke mulut tapi mungkin bahaya juga ya abis main bloom band gak cuci tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis main apapun memang sebaiknya cuci tangan sesudahnya, Mak :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^